Panduan – Juknis MPLS TransisI PAUD – SD Yang Menyenangkan Tahun Pelajaran 2023/2024


Dalam Panduan – Juknis MPLS TransisI PAUD – SD Yang Menyenangkan Tahun Pelajaran 2023/2024, dinyatakan bahwa Kemampuan pondasi yang harus dibangun supaya masa transisi PAUD-SD karena akan menyebabkan masalah yang lebih serius di masa-masa selanjutnya.kemampuan pondasi ini di SD dengan merancang kegiatan yang tidak menimbulkan beban bagi murid.pembelajaran yang tidak hanya sekedar menghafal dan tidak mengunakan tes Asesmen tertulis yang berpotensi menimbulakan stress murid.Karena tidak semua anak mengikuti PAUD sebelum masuk kejenjang SD ini. Namun demikian setiap anak berhak mendapatkan pembinaan pondasi.

 

Ada enam pondasi yang perlu dikembangkan terlebih dahulu sebelum anak diperkenalkan konsep atau keterampilan yang lebih komplek. Program masa PAUD-SD ini merupakan program pemerintah ,sebagai upaya penguatan karakter Profil Pelajar Pancasila di awal sekolah jenjang SD.

 

Secara sederhana, MPLS dapat diartikan sebagai sebuah kegiatan yang diselenggarakan oleh sekolah dalam rangka memperkenalkan para siswa baru terhadap semua hal yang berhubungan dengan sekolah. Perkenalan yang dilakukan tersebut tidak hanya sebatas antar siswa baru saja atau hanya dengan kakak kelas saja, namun juga disertai oleh pengenalan terhadap guru-guru di sekolah tersebut dan juga komponen-komponen lainnya.

 

Berdasarkan penjelasan tersebut dapat disimpulkan bahwa MPLS merupakan kegiatan pertama di sekolah yang bertujuan untuk pengenalan program sekolah, sarana dan prasarana sekolah, bagaimana cara belajar di sekolah tersebut, penanaman konsep pengenalan diri siswa, serta pembinaan enam pondasi penting di awal sekolah.

 

Pada Panduan – Juknis Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah MPLS Transisi PAUD – SD yang Menyenangkan Tahun Pelajaran 2023/2024 dinyatakan bahwa Tujuan MPLS TransisI PAUD – SD Yang Menyenangkan Tahun Pelajaran 2023-2024 adalah sesuai dengan Permendikbud No.18 tahun 2016, yakni sebagai sarana mengenali potensi diri siswa baru, Membantu siswa baru untuk beradaptasi dengan lingkungan sekolah dan sekitarnya, yaitu seperti terhadap aspek keamanan, fasilitas umum, dan pengenalan sarana prasarana yang ada di sekolah., Menumbuhkan motivasi, semangat, dan bagaimana cara belajar efektif sebagai siswa baru di sekolah. Menumbuhkan perilaku yang positif, seperti kejujuran, kemandirian, sikap saling menghargai, menghormati keanekaragaman dan wujud dari persatuan, sikap yang disiplin, hidup bersih dan sehat guna untuk mewujudkan siswa yang memiliki nilai integritas, etos kerja yang baik dan semangat gotong royong

 

Hal yang perlu diperhatikan selama kegiatan MPLS TransisI PAUD – SD Yang Menyenangkan Tahun Pelajaran 2023-2024. Adapun beberapa hal yang harus diperhatikan selama kegiatan MPLS dilakasanakan, antara lain yaitu sebagai berikut: Kegiatan perencanaan dan penyelenggaraan kegiatan hanya menjadi hak guru. Dilarang melibatkan siswa senior dan/atau alumni sekolah sebagai penyelenggara kegiatan MPLS. Kegiatan MPLS dilakukan di lingkungan sekolah, kecuali sekolah tidak memiliki fasilitas yang memadai. Dilarang memungut biaya kepada siswa baru.- Wajib melakukan kegiatan yang bersifat edukatif. Dilarang bersifat perpeloncoan atau melakukan tidak kekerasan lainnya. Wajib menggunakan seragam dan atribut resmi yang berasal dari sekolah. Dilarang memberikan tugas kepada siswa baru, misalnya seperti menggunakan atribut yang tidak relevan dengan kegiatan pembelajaran siswa. Kegiatan ini dapat melibatkan tenaga kependidikan yang relevan dengan materi kegiatan pengenalan lingkungan sekolah.

 

Aktivitas yang dilarang selama MPLS TransisI PAUD – SD Yang Menyenangkan Tahun Pelajaran 2023-2024 yaitu meliputi: memberikan tugas kepada siswa baru untuk wajib membawa suatu produk tertentu ke sekolah. menghitung sesuatu yang tidak bermanfaat. memberikan hukuman kepada siswa baru yang tidak mendidik, misalnya menyiram air atau memberikan hukuman yang mengarah kepada tindak kekerasan. memberi tugas yang tidak masuk akal, misalnya seperti membawa barang yang sudah tidak diproduksi atau berbicara kepada hewan. Melakukan beberapa aktivitas lainnya yang tidak relevan dengan aktivitas pembelajaran di sekolah.

 

Apa saja materi Inti dalam kegiatan MPLS TransisI PAUD – SD Yang Menyenangkan Tahun Pelajaran 2023-2024, Berdasarkan Panduan – Juknis MPLS TransisI PAUD – SD Yang Menyenangkan Tahun Pelajaran 2023/2024, Materi wajib dalam kegiatan MPLS yang akan diramu dan disampaikan dengan cara cara menyenangkan adalah;

1. Enam pondasi masa transisi PAUD-SD

Mengenal nilai agama dan Budi pekerti,Kematanagan Emosi yang cukup untuk berkegiatan di lingkungan belajar,Keterampilan Sosial dan Bahasa yang memadai untuk berinteraksi sehat dengan teman,pemaknaan terhadap belajar yang positif,Pengembangan keterampilan Motorik dan Perawatan yang memadai untuk dapat berpartisipasi di lingkungan sekolah secara mandiri.Kematangan kognitif yang cukup melakukan kegiatan belajar.

Kegiatan MPLS dilakukan sebagai bentuk pengenalan lingkungan sekolah kepada para siswa baru agar mereka bisa beradaptasi dengan lingkungan sekolah dan beberapa aktivitas kegiatan belajar yang akan mereka lakukan nantinya. Adapun beberapa contoh ide kegiatan MPLS yang dapat Anda jadikan referensi di tahun ajaran baru kelak, yaitu meliputi:

 

2.      Pengenalan Kegiatan Ekstrakulikuler di Sekolah

Salah satu kegiatan MPLS yang tidak bisa ketinggalan yaitu mengenalkan beragam ekstrakulikuler yang ada di sekolah. Sebagai bentuk pengenalan ekstrakulikuler, pihak sekolah biasanya akan melakukan acara pensi, misalnya seperti kegiatan pesta seni atau bisa pula dalam bentuk pameran.

Dengan adanya pengenalan ekstrakulikuler ini, diharapkan para siswa baru dapat mengenali minatnya dengan mudah dan mulai membuat beberapa rencana yang akan mereka lakukan di sekolah tersebut.

 

3.      Bermain Game yang Bersifat Edukatif dan Menarik

Kegiatan MPLS akan terkesan membosankan jika hanya berisikan tentang materi saja. Oleh karena itu, pihak panitia penyelenggaran perlu menghadirkan beberapa permainan seru yang akan dilakukan para siswa baru. Permainan yang perlu dihadirkan yaitu berupa permainan yang edukatif, menarik dan juga menghibur. Adapun beberapa contoh permainan yang dapat dilakukan selama kegiatan MPLS, yaitu meliputi:

 

- Tebak Kata atau Kalimat

Permainan ini dapat menguji kreativitas siswa dalam berpikir. Dalam pelaksanaannya, permainan ini dilakukan secara berkelompok yang terdiri dari 5 – 10 orang. Untuk melakukan permainan ini salah satu perwakilan kelompok harus memperagakan kata atau kalimat yang tertera, kemudian siswa lainnya akan menebak kata atau kalimat tersebut.

 

- Ekor Naga

Salah satu permainan yang dapat melihat kekompakan suatu kelompok yaitu dengan bermain ekor naga. Pada permainan ini siswa harus membentuk kelompok dan berbaris memanjang seperti ular. Siswa yang berada di barisan terakhir harus dikaitkan dengan balon, kemudian siswa lainnya harus berpegangan pada pinggang temannya, lalu siswa yang berapa di barisan terdepan harus memecahkan balon yang ada.

 

- Dan kegiatan lain dalam bentuk game yang edukasi

.

4.      Pengenalan Guru dan Staff Sekolah

Pada kesempatan ini, pihak panitia akan mengenalkan guru-guru yang mengajar di sekolah serta para straf yang bekerja di sekolah. Kegiatan ini harus dilakukan, karena dengan adanya pengenalan guru tersebut siswa bisa lebih mudah dalam menjalani proses kegiatan belajar di kelas.

 

5.      Pengenalan Visi, Misi, dan Sarana Prasarana di Sekolah

Selain mengenal guru dan staff yang bekerja di sekolah, para siswa baru juga perlu diperkenalkan dengan visi misi sekolah. Dengan begitu, siswa bisa lebih memahami tujuan dari kegiatan pembelajaran yang diadakan pihak sekolah.

 

6.      Kegiatan Renungan dan Memberikan Motivasi pada Siswa Baru

Adapun contoh ide kegiatan MPLS lain yang dapat dilakukan yaitu mengadakan kegiatan renungan dan motivasi di akhir kegiatan MPLS. Untuk membuat kegiatan menjadi lebih seru dan menarik, panitia kegiatan bisa mengadakan lomba yel-yel. Setelah perlombaan tersebut selesai, kegiatan MPLS bisa ditutup dengan melakukan renungan, menyampaikan motivasi belajar, dan doa bersama

  

Asesmen penilaian dalam MPLS TransisI PAUD – SD Yang Menyenangkan Tahun Pelajaran 2023/2024 adalah sebagai berikut

 

1. Aspek kemampuan pondasi: Mengenal Nilai agama dan budi pekerti

Perilaku /kemampuan yang dinilai: 1) Mengenal konsep agama dan ibadah sesuai agamanya; 2) Mengenal interaksi dengan teman-teman sebayanya

2. Aspek kemampuan pondasi: Kematangan Emosi yang cukup untuk kegiatan di lingkungan belajar

Perilaku /kemampuan yang dinilai: 1) Mampu menunggu; 2) Bertahan focus dalam rentang waktu mengikuti pembelajaran sesuai umur mereka

3. Aspek kemampuan pondasi: Pemaknaan terhadap belajar yang positif Perilaku /kemampuan yang dinilai: 1) Senang datang kesekolah; 2) Mau mencoba kembali jika salah/gagal Mengujudkan keingin tahuan dengan mengajukan pertanyaan.

4 Aspek kemampuan pondasi: Keterampilan sosial berbahasa yang memadai untuk berinteraksi sehat dengan teman.

Perilaku /kemampuan yang dinilai: 1) Dapat meminta tolong; 2) Mengucapkan maaf; 3) Mengucapkan terimakasih; 4) Meminta ijin memakai barang teman;

5. Aspek kemampuan pondasi: Pengembangan keterampilan motoric dan perawatan yang memadai dan berpartisipasi di lingkungan sekolah secara mandiri dilingkungan sekolah secara mandiri.       

Perilaku /kemampuan yang dinilai: 1) Mampu mengelola barang barang milik pribadi di sekolah; 2) Menjaga kebersihan diri dan lingkungan

6) Aspek kemampuan pondasi: Kematangan kognitif yang cukup melakukan kegiatan belajar seperti dasar litersi dan numerasisrta dasar mengenal cara dunia kerja

Perilaku /kemampuan yang dinilai: 1) Kemampuan menyimak dan menyampaikan gagasan sederhana; 2) Menyadari keterhubungan antara symbol dengan angka dan hurufserta kata dengan biliangan; 3) Mampu membilang benda/objek; 4) Mampu memahami kosa kata konsep waktu.

 

Demikian info tentang Panduan – Juknis MPLS TransisI PAUD – SD Yang Menyenangkan Tahun Pelajaran 2023/2024. Dengan kegiatan MPLS ini, diharapkan mampu menumbuhkan budaya positif pembelajaran sepanjang hayat pada murid baru di Sekolah Dasar.dengan semangat membentuk generasi Manusia Indonesia yang merdeka dalam belajar . dalam Kurikulum Merdeka ini.


= Baca Juga =


Post a Comment

Previous Post Next Post