Capaian Pembelajaran CP Al-Qur'an Hadis MI, MTS, MA, MAK Kurikulum Merdeka


Rasional Capaian Pembelajaran CP Al-Qur'an Hadis MI, MTS, MA, MAK Kurikulum Merdeka bahwa Al-Qur'an dan Hadis adalah sumber pokok ajaran Islam dan pedoman hidup kaum muslimin. Memahami dengan tepat dua warisan Rasulullah Saw., adalah syarat utama untuk memahami ajaran Islam. Tanpa pemahaman yang tepat terhadap Al-Qur'an dan Hadis, mustahil dapat mengamalkan ajaran Islam sesuai dengan makna yang terkandung di dalamnya.

 

Memahami Al-Qur'an dan Hadis berarti mempelajari bacaan, struktur bahasa, makna kandungan, sebab nuzul, dan sebab wurud hadis. Sehingga dapat dipahami konteks ayat Al-Qur'an diturunkan dan hadis disampaikan oleh Rasulullah Saw. Kewajiban mempelajari Al-Qur'an dan Hadis berarti kewajiban mempelajari ilmu-ilmu yang berkaitan dengan Al-Qur'an dan Hadis. Dengan demikian, pesan tersurat dan tersirat dalam Al-Qur'an dan Hadis dapat dipahami dengan baik dan benar.

 

Nilai-nilai ajaran Islam yang terdapat dalam Al-Qur'an dan Hadis menjadi ketentuan yang wajib diamalkan dan diaktualisasikan sesuai perkembangan zaman. Kontekstualisasi ini penting sebagai pengejawantahan Islam yang rahmatan lil `alamin, akomodatif dengan segala kondisi, melintasi batas ruang dan waktu. Pada titik ini, Al-Qur'an dan Hadis hadir menjadi solusi bagi umat dalam menghadapi perubahan, tantangan, dan perkembangan peradaban.

 

Maka dari itu, pembelajaran AI-Qur'an dan Hadis dilakukan secara berkelanjutan dan berkesinambungan. Pembelajaran Al-Qur'an dan Hadis diberikan kepada peserta didik untuk membentuk karakter dan pondasi keimanan yang kokoh. Pembelajaran tersebut meliputi bacaan, hafalan, pemahaman yang tepat serta pembiasaan ajaran Islam hingga menjadi sebuah budaya dalam kehidupan. Pada akhirnya, ajaran yang terkandung dalam Al-Qur'an dan Hadis benar-benar mampu menjadi pedoman hidup yang akan membawa manusia meraih kebahagiaan di dunia dan akhirat.

 

Al-Qur'an dan Hadis menjadi mata pelajaran wajib bagi seluruh peserta didik termasuk Peserta Didik Berkebutuhan Khusus (PDBK). Akan tetapi, proses, penilaian dan capaian pembelajarannya ditetapkan secara fleksibel disesuaikan dengankarakteristik dan kondisi peserta didik sesuai hasil asesmen yang tertuang dalam profil peserta didik berkebutuhan khusus.

 

Dalam Naskah Capaian Pembelajaran CP Al-Qur'an Hadis MI, MTS, MA,MAK Kurikulum Merdeka, dinyatakan bahwa secara substansial, mata pelajaran Al-Qur'an Hadis bertujuan memberikan motivasi kepada peserta didik untuk mencintai kitab sucinya, mempelajari, dan mempraktikkan ajaran dan nilai-nilai yang terkandung dalam Al-Qur'an dan Hadis sebagai sumber utama ajaran Islam dan sekaligus menjadi pegangan hidup dalam kehidupan sehari-hari.

 

Tujuan pembelajaran mata pelajaran Al-Qur'an Hadis antaralain: 1) Meningkatkan kecintaan peserta didik terhadap Al-Qur'an dan Hadis; 2) Membimbing peserta didik agar mampu membaca, menerjemahkan, menganalisis kandungan ayat-ayat Al-Qur'an dan Hadis; 3) Membekali peserta didik dengan dalil-dalil yang terdapat dalam Al-Qur'an dan Hadis sebagai pedoman dalam kehidupan dan solusi dalam mennyelesaikan segala permasalahannya; 4) Meningkatkan pemahaman peserta didik secara tekstual dan kontekstual dan pengamalan isi kandungan Al-Qur'an dan Hadis secara komprehensif dan mendalam; 5) Melahirkan perubahan sikap dan perilaku peserta didik sebagaimana nilai-nilai yang diajarkan dalam Al-Qur'an dan Hadis; 6) Membekali kemampuan untuk mengeksplorasi makna-makna ayat dalam rangka menilai, memilih, dan memilah pemaknaan yang Salih likulli zamanin wa makanin wa halin

 

Apa Karakteristik Mata Pelajaran Al-Qur'an Hadis ? Mata pelajaran Al-Qur'an Hadis merupakan mata pelajaran yang memuat pedoman dasar ajaran agama Islam, yakni Al-Qur'an dan Sunnah Nabi Muhammad saw. (Hadis). Al-Qur'an Hadis sebagai sebuah mata pelajaran menekankan kemampuan baca tulis yang baik dan benar, memahami makna secara tekstual dan kontekstual, serta mengamalkan kandungannya dalam kehidupan sehari-hari. Tidak kalah pentingnya adalah menumbuhkan rasa cinta dan penghargaan tinggi kepada Al-Qur'an dan Hadis sebagai pedoman hidup.

 

Karakteristik materi dalam mata pelajaran Al-Qur'an Hadis cukup kompleks, antara lain materi yang berkaitan dengan kemampuan membaca Al-Qur'an dan Hadis sesuai kaidah ilmu Tajwid, menulis dengan benar, dan menghafal surah-surah dan Hadis pendek. Selain itu juga menyangkut pemahaman dan penghayatan makna yang terkandung dalam Al-Qur'an dan Hadis yang dipelajari. Puncaknya ialah pengamalan dan pembiasaan dalam kehidupan sehari-hari. Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa mata pelajaran A1-Qur'an Hadis mempelajari dasar pedoman ajaran Islam, memahami kandungan maknanya, sekaligus mengamalkan ajaran tersebut. Kemampuan tersebut sebagai pondasi utama bagi setiap muslim dalam beraktifitas, baik hablun minallah maupun hablun minannas wal (alam. Hal ini sesuai tujuan hidup manusia yakni ibadatullah (beribadah kepada Allah Swt.) dan imaratul ardl (memakmurkan bumi) dalam kerangka pengabdian/ibadah kepada Allah Swt.


Apa saja Elemen Mata Pelajaran Al-Qur'an Hadis ? Berdasarkan Naskah Capaian Pembelajaran CP Al-Qur'an Hadis MI, MTS, MA, MAK Kurikulum Merdeka, Elemen Al-Qur'an Hadis terdiri dari lima elemen kunci beserta cakupan substansinya sebagai berikut:

1. Elemen: Ilmu Tajwid

Deskripsi: lmu membaca Al-Qur'an meliputi ketentuan membaca dan melafalkan ayat-ayat Al-Qur'an dengan baik dan benar.

2 Elemen: Ilmu Al-Qur'an

Deskripsi: Ilmu yang mengkaji tentang hal ihwal Al- Qur'an terkait dari aspek turunnya, transmisinya, lafaz dan maknanya, yang berhubungan dengan hukum serta lainnya.

3. Elemen: Ilmu Hadis

Deskripsi: Ilmu yang mempelajari dasar dan kaidah untuk mengetahui hal ihwal tentang asbabul wurud, sanad, matan dan rawi hadis dari aspek diterima atau ditolaknya hadis.

4. Elemen Al-Qur'an

Deskripsi: Kemampuan membaca, menerj emahkan, menghafal, memahami makna secara tekstual dan kontekstual, menganalisis ayat-ayat Al-Qur'an tentang tema-tema tertentu dalam kehidupan, dan menyajikannya secara lisan atau tertulis, serta membiasakan diri melaksanakan tilawah, tadabbur dan berusaha mengamalkannya dalam kehidupan keseharian.

5. ElemanL Hadis

Deskripsi: Kemampuan menghafal menerjemahkan, memahami makna secara tekstual dan kontekstual, menganalisis, dan menyajikannya secara lisan atau tertulis, hadis-hadis tentang tema-tema tertentu dalam kehidupan, dengan membiasakan diri mengamalkan kandungannya dalam kehidupan keseharian.

 

Berikut ini Capaian Pembelajaran CP Kurikulum Merdeka Al-Qur'an Hadis MI, MTS, MA

1. Fase A (Kelas I dan II Madrasah Ibtidaiyah) atau Capaian Pembelajaran CP Al-Qur'an Hadis MI Kurikulum Merdeka fase A

Pada akhir Fase A, elemen tajwid, peserta didik mampu mengenal huruf hijaiyah secara terpisah dan bersambung beserta tanda bacanya, bacaan Ghunnah, Al-Qamariyah, dan Al-Syamsiyah. Pada elemen Al-Qur'an, peserta didik mampu melafalkan, menghafalkan, memahami arti surah-surah pendek/pilihan, dan membiasakan diri tilawah, tadabbur, serta mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari. Pada elemen hadis, peserta didik mampu melafalkan, menghafal, dan memahami hadis tentang kebersihan dan keutamaan belajar agar memiliki pola perilaku hidup bersih dan semangat belajar sepanjangh hayat.

a) Elemen: Ilmu Tajwid

 Capaian Pembelajaran: Peserta didik mampu mengenal huruf hijaiyah secara terpisah dan bersambung beserta tanda bacanya, bacaan Ghunnah, Al Qamariyah, dan Al Syamsiyah, sehingga mampu melafalkan dan mempraktikkan hukum bacaan tajwid dengan baik dan benar, sebagai prasyarat membaca Al-Qur'an secara fasih untuk menjalankan kewajiban menghayati dan mengamalkannya dalam konteks beragama, berbangsa dan bernegara.

b) Elemen: Al-Qur'an

Capaian Pembelajaran: Peserta didik mampu melafalkan, menghafalkan, memahami arti surah-surah pendek/pilihan, dan membiasakan diri tilawah, tadabbur, serta mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari sebagai langkah awal menghayati dan mengamalkan Al-Qur'an dalam konteks beragama, berbangsa dan bernegara.

c) Elemen: Hadis

Capaian Pembelajaran: Peserta didik mampu melafalkan, menghafal, dan memahami hadis tentang kebersihan dan keutamaan belajar agar memiliki pola perilaku hidup bersih dan semangat belajar sepanjang hayat, hormat kepada orang tua sebagai upaya mendasari pola hidup yang sesuai dengan tuntunan Rasulullah saw. dalam konteks beragama, berbangsa, dan bernegara.

 

2. Fase B (Kelas III dan IV Madrasah Ibtidaiyah) atau Capaian Pembelajaran CP Al-Qur'an Hadis MI Kurikulum Merdeka fase B

Pada akhir Fase B, elemen tajwid, peserta didik mampu memahami hukum bacaan Qalqalah, Mad Thabi'i, Izhar, Ilchfa, Idgham Bighunnah, Idgham Bilaghunnah, dan Iqlab agar terbiasa membaca Al-Qur'an dengan baik dan benar. Pada elemen A1-Qur'an, peserta didik mampu melafalkan, menghafalkan, memahami, mengomunikasikan arti dan isi kandungan surah-surah pendek/pilihan secara tekstual dan kontekstual. Pada elemen hadis, peserta didik mampu melafalkan, menghafalkan, memahami, dan mengomunikasikan arti dan kandungan hadis tentang shalat berjamaah, persaudaraan, takwa, niat, dan silaturahmi, serta menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari.

 a) Elemen: Ilmu Tajwid

Capaian Pembelajaran: Peserta didik mampu menerapkan hukum bacaan Qalqalah, Mad Thabi'i, Izhar, Ikhfa, Idgham Bighunnah, Idgham. Bilaghunnah, dan Iqlab agar terbiasa membaca A1-Qur'an dengan baik dan benar, sebagai prasyarat membaca Al-Qur'an secara fasih untuk menjalankan kewajiban menghayati dan mengamalkannya dalam kontek beragama, berbangsa, dan bernegara.

b. Elemen: Al-Qur'an

Capaian Pembelajaran: Peserta didik mampu melafalkan, menghafalkan, memahami, mengomunikasikan arti dan isi kandungan surah-surah pendek/ pilihan secara tekstual dan kontekstual dalam kehidupan sehari-hari, sebagai upaya menghayati dan mengamalkan Al-Qur'an dalam konteks beragama, berbangsa, dan bernegara.

c) Elemen: Hadis

Capaian Pembelajaran: Peserta didik mampu melafalkan, menghafalkan, memahami dan mendemonstrasikan arti dan isi kandungan hadis tentang shalat berjamaah, persaudaraan, takwa, niat, dan silaturahmi, sebagai upaya mendasari pola hidup sehari-hari bernilai ibadah berdimensi ukhrawi sesuai dengan tuntunan Rasulullah saw. dalam konteks beragama, berbangsa, dan bernegara.

 

3. Fase C (Kelas V dan VI Madrasah Ibtidaiyah) atau Capaian Pembelajaran CP Al-Qur'an Hadis MI Kurikulum Merdeka fase C

Pada akhir Fase C, elemen tajwid, peserta didik mampu menerapkan hukum bacaan mim mati/sukun, tafkhim, tarqiq dan jawazul wajhain agar mampu membaca Al-Qur'an sesuai dengan kaidah hukum bacaan tersebut. Pada elemen Al-Qur'an, peserta didik mampu melafalkan, menghafalkan, menganalisis arti dan isi kandungan surah-surah pendek/pilihan secara tekstual dan kontekstual serta mengomunikasikannya agar dapat meyakini kebenaran Al-Qur'an sebagai pedoman hidup dan mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari. Pada elemen hadis, peserta didik mampu melafalkan, menghafalkan, menganalisis, dan mengomunikasikan arti dan isi kandungan hadis tentang ciri-ciri orang munafik, menyayangi anak yatim, keutamaan memberi, dan amal salih agar mampu berfikir kritis dan menerapkannya dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

 

a) Elemen: Ilmu Tajwid

Capaian Pembelajaran: Peserta didik mampu menerapkan hukum bacaan mim mati/ sukun, Waqaf-Washal, tafkhim, tarqiq dan jawazul wajhain agar mampu membaca AI-Qur'an sesuai dengan kaidah hukum bacaan dengan baik dan benar, sebagai prasyarat membaca Al-Qur'an secara fasih untuk menjalankan kewajiban menghayati dan mengamalkannya dalam kontek beragama, berbangsa, dan bernegara.

b) Elemen: Al-Qur'an

Capaian Pembelajaran: Peserta didik mampu melafalkan, menghafalkan, menganalisis arti dan isi kandungan surah-surah pendek/pilihan secara tekstual dan kontekstual serta mengomunikasikannya agar dapat meyakini kebenaran Al-Qur'an sebagai pedoman hidup dan mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari dalam konteks beragama, berbangsa, dan bernegara.

c) Elemen: Hadis

Capaian Pembelajaran:Peserta didik mampu melafalkan, menghafalkan, menganalisis, dan mengomunikasikan arti dan isi kandungan hadis tentang ciri-ciri orang munafik, menyayangi anak yatim, keutamaan memberi, dan aural saleh sebagai dasar menjadi pribadi yang jujur dan memiliki kesalehan sosial sesuai dengan tuntunan Rasulullah saw. untuk merespon tantangan masyarakat global dalam konteks kehidupan berbangsa dan bernegara.

 

4. Fase D (Kelas VII, VIII, IX MTs Madrasah Tsanawiyah) atau Capaian Pembelajaran CP Al-Qur'an Hadist MTS Kurikulum Merdeka fase D

Pada akhir Fase D, elemen tajwid, peserta didik mampu menerapkan hukum bacaan Mad Thabi'i, Mad Far'i, dan bacaan Gharib agar dapat membiasakan membaca Al-Qur'an dengan baik dan benar. Pada elemen Al-Qur'an, peserta didik mampu melafalkan, menghafalkan, menganalisis, dan mengomunikasikan arti dan isi kandungan ayat-ayat Al-Qur'an secara tekstual dan kontekstual pada tema-tema pilihan yang relevan dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara. Pada elemen hadis, mampu membaca, menghafalkan, memahami dan menganalisis arti dan isi kandungan hadis secara tekstual dan kontekstual tentang tema-tema tertentu agar mampu berpikir kritis dan menerapkannya dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

a) Elemen: Ilmu Tajwid

Capaian Pembelajaran: Peserta didik mampu menerapkan hukum bacaan Mad Tabi'i, Mad Far'i, dan bacaan Gharib agar dapat membiasakan membaca Al-Qur'an dengan baik dan benar, sebagai prasyarat membaca Al-Qur'an secara fasih untuk menjalankan kewajiban menghayati dan mengamalkannya dalam kontek beragama, berbangsa, dan bernegara.

b) Elemen: Al-Qur'an

Capaian Pembelajaran: Peserta didik mampu melafalkan, menghafal, memahami, mengomunikasikan, menganalisis arti dan isi kandungan ayat-ayat Al-Qur'an secara tekstual dan kontekstual tentang; kekuasaan dan rahmat Allah Swt, sifat pemurah, optimis dan sabar, infak di jalan Allah Swt., kehidupan dunia yang sementara dan akhirat yang kekal, sikap peduli terhadap masyarakat dan lingkungannya, bersikap jujur dalam bermuamalah, semangat menuntut ilmu baik secara tekstual maupun kontekstual agar terwujud pribadi yang berakhlakul karimah, menghindari sifat sekulerisme, hedonisme, dan korupsi yang dapat merugikan diri sendiri maupun orang lain dalam kehidupan bermasyarakat berbangsa dan bernegara.

c) Elemen: Hadis

Capaian Pembelajaran: Peserta didik mampu membaca, menghafal, memahami dan menganalisis arti dan isi kandungan hadis secara tekstual dan kontekstual tentang; kekuasaan dan rahmat Allah Swt, sifat pemurah, optimis dan sabar, infak di jalan Allah Swt., kehidupan dunia yang sementara dan akhirat yang kekal, sikap peduli terhadap masyarakat dan lingkungannya, bersikap jujur dalam bermuamalah, semangat menuntut ilmu baik secara tekstual maupun kontekstual agar terwujud pribadi yang saleh secara sosial, berakhlakul karimah, menghindari sifat sekulerisme, hedonisme, dan korupsi yang dapat merugikan diri sendiri maupun orang lain dalam kehidupan bermasyarakat berbangsa dan bernegara.

 

5. Fase E (Kelas X Madrasah Aliyah/Madrasah Aliyah Kejuruan) atau Capaian Pembelajaran CP Al-Qur'an Hadis MA MAK Kurikulum Merdeka fase E

Pada akhir Fase E, pada elemen Ilmu Al-Qur'an, Peserta didik dapat menganalisis hal ihwal ilmu Al-Qur'an tentang pengertian Al-Qur'an menurut pendapat para ulama', sejarah turun dan kodifikasinya, bukti-bukti keautentikan, kemukjizatan, pokok-pokok kandungan, dan struktur Al-Qur'an, untuk meyakini kebenaran Al-Qur'an dan mengamalkan pesan Al-Qur'an dalam konteks kehidupan bermasyarakat berbangsa dan bernegara. Pada elemen Ilmu Hadis, peserta didik mampu menganalisis hal ihwal tentang ilmu hadis yang meliputi; perbedaan hadis, sunah, khabar, dan asar, sejarah kodifikasi dan perkembangan hadis, unsur¬unsur hadis, kedudukan dan fungsi hadis terhadap ayat Al-Qur'an, pembagian hadis, serta tokoh-tokoh ulama hadis untuk meyakini kebenaran hadis-hadis tersebut bersumber dari Rasulullah saw., balk secara sanad dan matan maupun kualitas kesahihannya serta mengamalkan ilmu hadis agar lebih kritis dalam menerima dan merespon berita di masyarakat dalam konteks kehidupan berbangsa dan Berne ara.

a) Elemen: Ilmu Al-Qur'an

Capaian Pembelajaran: Peserta didik dapat menganalisis hal ihwal ilmu Al-Qur'an yang meliputi; pengertian Al-Qur'an menurut pendapat para ulama', sejarah turun dan kodifikasinya, bukti-bukti keautentikan, kemukjizatan, pokok-pokok kandungan, dan struktur Al-Qur'an, untuk meyakini kebenaran Al-Qur'an dan mengamalkan pesan Al-Qur'an dalam konteks kehidupan bermasyarakat berbangsa dan Bernegara.

b) Elemen: Ilmu Hadis

Capaian Pembelajaran: Peserta didik mampu menganalisis hal ihwal tentang ilmu hadis yang meliputi; perbedaan hadis, sunah, khabar, dan asar, sejarah kodifikasi dan perkembangan hadis, unsur-unsur hadis, kedudukan dan fungsi hadis terhadap ayat Al-Qur'an, pembagian hadis, serta tokoh-tokoh ulama hadis untuk meyakini kebenaran hadis-hadis tersebut bersumber dari Rasulullah saw., baik secara sanad dan matan maupun kualitas kesahihannya serta menggunakan ilmu hadis agar selektif terhadap hadis yang dijadikan dasar beramal, sebagai sarana menanamkan sikap kritis dalam menerima dan merespon berita di masyarakat dalam konteks kehidupan berbangsa bernegara. dan

 

5. Fase F (Kelas XI dan XII Madrasah Aliyah/Madrasah Aliyah Kejuruan Kejuruan) atau Capaian Pembelajaran CP Al-Qur'an Hadis MA MAK Kurikulum Merdeka fase F

Pada akhir Fase F, pada elemen Al-Qur'an, peserta didik mampu menganalisis dan menyajikan kandungan ayat-ayat Al-Qur'an tentang tema-tema tertentu dan mampu mengamalkannya dalam konteks kehidupan bermasyarakat berbangsa dan bernegara. Pada elemen Hadis, Peserta didik mampu menganalisis dan menyajikan kandungan hadis yang relevan dengan perannya dalam kehidupan berbangsa, bermasyarakat, dan bernegara.

a) Elemen: Al-Qur'an

Capaian Pembelajaran:Peserta didik mampu menganalisis dan menyajikan kandungan ayat-ayat Al- Qur'an tentang manusia sebagai khalifah Allah, perintah berbuat baik kepada kedua orang tua, menghindari perbuatan keji, toleransi, kewajiban menuntut ilmu pengetahuan dan pengembangannya, tanggung jawab manusia, berkompetisi dalam kebaikan, menyikapi kehidupan dunia yang sementara dan akhirat yang kekal, makanan yang halal dan baik, kewajiban bersyukur, pola hidup sederhana, sabar menghadapi cobaan, pelestarian lingkungan, kewajiban dakwah, amar makruf nahi munkar, musyawarah dan demokrasi, serta bersikap jujur dan adil, dan mengamalkannya dalam konteks kehidupan bermasyarakat berbangsa dan bernegara.

b) Elemen: Hadis

Capaian Pembelajaran: Peserta didik mampu menganalisis dan menyajikan kandungan hadis tentang manusia sebagai khalifah Allah, perintah berbuat baik kepada kedua orang tua, menghindari perbuatan keji, toleransi, kewajiban menuntut ilmu pengetahuan dan pengembangannya, tanggung jawab manusia, berkompetisi dalam kebaikan, menyikapi kehidupan dunia yang sementara dan akhirat yang kekal, makanan yang halal dan baik, kewajiban bersyukur, pola hidup sederhana, sabar menghadapi cobaan, pelestarian lingkungan, kewaj iban dakwah, amar makruf nahi munkar, musyawarah dan demokrasi, serta bersikap jujur dan adil, dan mengamalkannya dalam konteks kehidupan bermasyarakat berbangsa dan berne:ara.

 

Link download Capaian Pembelajaran Al-Qur'an Hadis MI, MTS, MA berdasakan Lampiran Ii Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Islam Nomor 3211 Tahun 2022 Tentang Capaian Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dan Bahasa Arab Kurikulum Merdeka Pada Madrasah (DISINI)

 

Demikian informasi tentang Capaian Pembelajaran CP Al Quran Hadist MI, MTS, MA, MAK Kurikulum Merdeka. Semoga ada manfaatnya.

 


= Baca Juga =


Post a Comment

Previous Post Next Post