Latest

SERBA SERBI GURU

Berita Pendidikan AKtual, Informatif, Normatif dan Aspiratif

LATIHAN SOAL ANBK SMA TAHUN 2022-2023

Latihan Soal ANBK SMA MA SMK Tahun 2022-2023


Latihan Soal ANBK SMA MA SMK Tahun 2022-2023, Pada dasarnya, ANBK (Asesmen Nasional Berbasis Komputer) adalah sebutan untuk ujian nasional. Namun ANBK berbeda dengan UN. Jika UN itu lebih fokus pada nilai akhir, maka ANBK justru lebih fokus pada evaluasi input, proses, dan output dari pembelajaran melalui serangkaian tahapan tertentu.

 

Soal ANBK SMA MA SMK Tahun Pelajaran 2022/2023 adalah soal-soal sebagian bagian dari program penilaian mutu yang dilakukan oleh setiap sekolah, madrasah, dan program kesetaraan pada jenjang dasar maupun menengah. Penilaian ini nantinya akan dilakukan berdasarkan pada kemampuan dasar peserta didik mulai dari literasi, numerasi, dan karakter. Tidak hanya itu saja, ANBK ini juga disebut-sebut mampu untuk menilai bagaimana kualitas dari proses belajar-mengajar dan iklim dalam satuan pendidikan. Informasi akan hal-hal tersebut diperoleh melalui tiga instrumen utama, yakni Asesmen Kompetensi Minimum (AKM), Survei Karakter, dan Survei Lingkungan Belajar.

 

Keberadaan ANBK ini dinilai mampu memberikan informasi yang berguna untuk memantau bagaimana perkembangan mutu sekolah dari waktu ke waktu. Bahkan ANBK juga dapat digunakan untuk memantau adanya kesenjangan antarbagian yang terjadi di dalam sistem pendidikan. Contohnya adalah kesenjangan antarkelompok sosial antara satu peserta didik dengan peserta didik lain, kesenjangan antara satuan pendidikan negeri dan swasta, kesenjangan sekolah antardaerah, hingga kesenjangan antarkelompok yang didasarkan pada atribut tertentu.

 

Dalam ANBK ini, terdapat beberapa instrumen penilaian yang nantinya akan menghasilkan informasi mengenai tingkat pemahaman dari peserta didik maupun kualitas proses belajar-mengajar dari lembaga pendidikan tersebut. Nah, berikut ini adalah instrumen penilaian yang digunakan dalam ANBK:

 

1. Asesmen Kompetensi Minimum (AKM)

Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) ini akan diikuti oleh seluruh peserta didik di lembaga pendidikan yang tujuan utamanya adalah untuk mengukur kemampuan literasi dan numerasi sebagai hasil belajar secara kognitif.

2. Survei Karakter

Survei Karakter ini akan diikuti oleh peserta didik dan guru yang mengajar dalam lembaga pendidikan. Penilaian ini digunakan untuk mengukur sikap, kebiasaan, dan nilai-nilai (values) sebagai hasil belajar secara non-kognitif.

3. Survei Lingkungan Belajar

Survei Lingkungan Belajar ini akan diikuti oleh kepala satuan pendidikan. Penilaian tersebut digunakan untuk mengukur bagaimana kualitas pembelajaran dan iklim sekolah yang menunjang proses pembelajaran.

 

ANBK merupakan inovasi baru dari ujian akhir yang diselenggarakan di satuan pendidikan dan dilaksanakan oleh peserta didik hingga guru, tentu saja keberadaannya memiliki tujuan yang baik demi masa depan pendidikan negara Indonesia. Tujuan ANBK SMA MA SMK Tahun 2022-2023 ini terdiri atas tiga hal penting yang merupakan turunan dari instrumen penilaiannya, yakni:

 

1. Meningkatkan Kualitas Belajar-Mengajar

Dari adanya ANBK ini, kita dapat mengetahui bagaimana kualitas dari proses belajar-mengajar dan mengadakan perbaikan untuk hal mana yang memang perlu ditingkatkan. Apabila proses belajar-mengajar memang berjalan secara baik, tentu saja hasil belajar pada peserta didik akan turut maksimal.

 

2. Meningkatkan Kemampuan Literasi dan Numerasi

Sebelumnya, telah dijelaskan bahwa dalam ANBK ini memiliki instrumen penilaian berupa AKM yang didalamnya berisikan soal-soal literasi dan numerasi. Nah dari soal-soal itulah dapat dijadikan sebagai bahan evaluasi untuk meningkatkan kemampuan literasi dan numerasi pada setiap peserta didik.

 

3. Menganalisis Karakter

Dari adanya ANBK ini, hasil akhirnya dapat digunakan untuk menganalisis bagaimana karakter dan sosial-emosional dari peserta didik dan gurunya. Dalam menganalisis karakter ini akan dikaitkan dengan aspek profil belajar Pancasila.

 

Nah, jika Grameds termasuk pada peserta didik yang akan mengerjakan ANBK pada tahun ini atau tahun depan, jangan risau mengenai bagaimana cara verifikasi datanya. Sebab berikut ini adalah uraiannya yang didasarkan pada penjelasan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud).

 

Dalam Soal AKM ANBK SMA MA SMK Tahun 2022-2023 akan terdiri atas literasi membaca-numerasi, survei karakter, dan survei lingkungan belajar. Nah, berikut adalah penjabarannya:

 

1. Literasi Membaca dan Numerasi

Literasi membaca dan numerasi adalah suatu kompetensi mendasar yang mana memang diperlukan oleh semua peserta didik dari jenjang Sekolah Dasar hingga Menengah Akhir, supaya dirinya dapat belajar dan berkontribusi pada masyarakat. Pengukuran literasi dan numerasi ini justru dapat mendorong guru untuk lebih berfokus pada pengembangan daya nalar dibandingkan pengetahuan konten yang luas tetapi malah dangkal.

 

2. Survei Karakter

Sebenarnya, karakter yang dimiliki oleh setiap peserta didik itu memang akan sulit diukur secara mendalam, terutama dengan menggunakan asesmen berskala besar. Meskipun demikian, Survei Karakter ini dapat memberikan informasi mengenai sikap, nilai, dan kebiasaan yang mencerminkan adanya profil Pelajar Pancasila. Melalui Survei Karakter ini, nantinya akan memberikan sinyal kepada institusi pendidikan memang perlu memperhatikan tumbuh kembang dari setiap peserta didiknya secara utuh. Perhatian atas tumbuh kembang tersebut mencakup dimensi kognitif, afektif, dan spiritual.

 

3. Survei Lingkungan Belajar

Dalam Survei Lingkungan Belajar ini akan mengukur beberapa hal, yakni: Kualitas pembelajaran, Iklim keamanan dan inklusif sekolah, Refleksi guru, Perbaikan praktik pengajaran. Latar belakang keluarga peserta didik. Melalui informasi yang dihasilkan dari Survei Lingkungan Belajar ini, nantinya akan berguna untuk melakukan sebuah diagnosis akan masalah dan perencanaan perbaikan pembelajaran oleh pihak guru, kepala sekolah, dan dinas pendidikan setempat. Bahkan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan juga turut menjabarkan konsep AKM atau Asesmen Kompetensi Minimum ini, yakni: “AKM mengukur kompetensi yang diperlukan dalam kehidupan, juga sesuai dengan pengertian Literasi Membaca dan Numerasi yang telah disampaikan terdahulu, soal AKM diharapkan tidak hanya mengukur topik atau konten tertentu tetapi berbagai konten, berbagai konteks dan pada beberapa tingkat proses kognitif. Konten pada Literasi Membaca menunjukkan jenis teks yang digunakan, dalam hal ini dibedakan dalam dua kelompok yaitu teks informasi dan teks fiksi. Pada Numerasi konten dibedakan menjadi empat kelompok, yaitu Bilangan, Pengukuran dan Geometri, Data dan Ketidakpastian, serta Aljabar. Tingkat kognitif menunjukkan proses berpikir yang dituntut atau diperlukan untuk dapat menyelesaikan masalah atau soal. Proses kognitif pada Literasi Membaca dan Numerasi dibedakan menjadi tiga level. Pada Literasi Membaca, level tersebut adalah menemukan informasi, interpretasi dan integrasi serta evaluasi dan refleksi. Pada Numerasi, ketiga level tersebut adalah pemahaman, penerapan, dan penalaran.”

 

Dalam Soal AKM ANBK SMA MA SMK Tahun 2022-2023 secara konteks akan menunjukkan aspek kehidupan atau situasi. Konteksnya akan dibedakan menjadi tiga hal yakni personal, sosial budaya, dan saintifik. Kemudian, hasilnya akan dilaporkan menjadi empat kelompok yang menggambarkan tingkat kompetensi yang berbeda. Urutan tingkat kompetensi tersebut adalah Perlu Intervensi Khusus, Dasar, Cakap dan Mahir

 

Dalam Soal AKM ANBK SMA MA SMK Tahun 2022-2023  ini, terdapat tiga komponen penting yang mana ketiganya mewakili pengertian dari literasi membaca dan numerasi. Komponen-komponen AKM tersebut adalah konten, konteks, dan tingkat kognitif. Selain itu, soal-soal yang digunakan dalam AKM ini juga diharapkan dapat mengukur beberapa komponen tersebut.

 

Konten

Komponen konten pada bagian literasi membaca lebih mengacu pada berbagai jenis teks yang digunakan, yakni berupa teks informasi dan fiksi. Nah, berikut adalah uraiannya: 1) Teks Informasi: Teks yang bertujuan untuk memberikan fakta, data, dan informasi terutama untuk pengembangan wawasan serta ilmu pengetahuan yang tentu saja bersifat ilmiah. 2)Teks Fiksi: Teks yang bertujuan memberikan pengalaman hiburan, cerita, dan renungan bagi pembaca.

 

Sementara itu, komponen konten pada bagian numerasi lebih menekankan pada kemampuan bilangan, pengukuran dan geometri, data dan ketidakpastian, serta aljabar. Nah, berikut adalah uraiannya: 1) Bilangan: Kemampuan yang meliputi representasi, sifat urutan, dan operasi beragam jenis bilangan (cacah, bulat, pecahan, desimal). 2) Pengukuran dan Geometri: Kemampuan untuk mengenal bangun datar, termasuk menggunakan volume dan luas permukaan dalam kehidupan sehari-hari. Serta pemahaman tentang pengukuran panjang, berat, waktu, volume dan debit, serta satuan luas menggunakan satuan baku. 3) Data dan Ketidakpastian: Kemampuan pemahaman, interpretasi, serta penyajian data maupun peluang. 4) Aljabar: Kemampuan tentang persamaan dan pertidaksamaan, relasi dan fungsi (termasuk pola bilangan), serta rasio dan proporsi.

 

Konteks

Komponen AKM berupa konteks ini akan berkaitan erat dengan aspek kehidupan atau situasi yang terjadi pada konten yang tengah digunakan. Dalam komponen konteks terutama pada bagian literasi membaca dan numerasi, dapat dibagi menjadi 3 hal yakni personal, sosial budaya, dan saintifik. Nah, berikut ini adalah uraian dari 3 konteks Literasi dan Numerasi tersebut:

·          Personal: berkaitan dengan kepentingan diri secara pribadi.

·          Sosial Budaya: berkaitan dengan kepentingan antar individu, budaya dan isu kemasyarakatan.

·          Saintifik: berkaitan dengan isu, aktivitas, serta fakta ilmiah baik yang telah dilakukan maupun futuristik.

 

Tingkat Kognitif

Komponen AKM atau Asesmen Kompetensi Minimum yang terakhir adalah proses kognitif yang mana berkaitan dengan cara berpikir yang dibutuhkan oleh para peserta didik dalam upaya menyelesaikan masalah atau soal. Pada aspek bagian literasi membaca dan numerasi, tingkat kognitifnya dibagi menjadi 3 level. Jika dalam proses kognitif untuk literasi membaca, akan terdiri atas menemukan informasi, interpretasi dan integrasi, serta evaluasi dan refleksi.

 

Berikut adalah uraian mengenai komponen tingkat kognitif literasi adalah:

·          Menemukan informasi: Meliputi kemampuan mencari, mengakses, serta menemukan informasi tersurat dari wacana.

·          Interpretasi dan integrasi: Kemampuan memahami informasi tersirat atau tersurat, memadukan interpretasi antar bagian teks untuk menghasilkan inferensi.

·          Evaluasi dan refleksi: Kemampuan menilai kredibilitas, kesesuaian maupun keterpercayaan teks, serta mampu mengaitkan isi teks dengan hal lain di luar teks

 

Sementara itu, untuk numerasi adalah pemahaman, penerapan, dan penalaran. Nah, berikut adalah uraian mengenai komponen tingkat kognitif numerasi adalah:

·          Pemahaman: Kemampuan memahami fakta, prosedur, serta alat matematika.

·          Penerapan: Kemampuan menerapkan konsep matematika dalam situasi nyata yang bersifat rutin.

·          Penalaran: Bernalar dengan konsep matematika untuk menyelesaikan masalah bersifat non rutin.

 

Dalam Soal AKM ANBK SMA MA SMK Tahun 2022-2023 terdapat 6 ragam butir, diantaranya: Pilihan ganda: Siswa hanya dapat memilih satu jawaban benar dalam satu soal; Pilihan ganda kompleks: Siswa dapat memilih lebih dari satu jawaban benar dalam satu soal; Menjodohkan: Siswa menjawab dengan cara menarik garis dari satu titik ke titik lainnya yang merupakan pasangan pertanyaan dengan jawabannya;Isian singkat: Siswa dapat menjawab berupa bilangan, kata untuk menyebutkan nama benda, tempat, atau jawaban pasti lainnya; dan Uraian: Siswa menjawab soal berupa kalimat-kalimat untuk menjelaskan jawabannya.

 

Kemudian, jumlah soal yang diujikan dalam AKM ini juga beragam dengan menyesuaikan pada tingkatan atau jenjang pendidikan. Untuk kelas 5 SD, soal AKM akan berjumlah 30 soal dengan masing-masing adanya literasi dan numerasi. Kemudian untuk kelas 8 dan kelas 11, soal AKM akan berjumlah 36 soal.

 

Untuk kamu yang membutuhkan Kumpulan Latihan Soal ANBK SMA MA SMK 2022-2003 berikut kunci jawaban dan pembahasaannya, silahkan download atau akses melalui link yang tersedia di bawah ini.

 

Link download Kumpulan Latihan Soal ANBK SMA MA SMK 2022-2003 berikut kunci jawaban dan pembahasaannya (DISINI)

 

Demikian informasi tentang Kumpulan Latihan Soal ANBK SMA MA SMK 2022-2003 berikut kunci jawaban dan pembahasaannya PDF. Semoga bermanfaat, selamat belajar mudah-mudah Kamu sukses meraih masa depan yang lebih baik.

 



= Baca Juga =



1 komentar: