Latest

LATIHAN SOAL ASESMEN NASIONAL (AN) SMP TAHUN 2021

Latihan Soal Asesmen Nasional (AN-BK) Literasi dan Numerasi SMP MTS Tahun 2021


Latihan Soal Asesmen Nasional (AN-BK) Literasi dan Numerasi SMP MTS Tahun 2021. Asesmen Nasional merupakan pemetaan mutu pendidikan pada seluruh sekolah, madrasah, dan program keseteraan jenjang sekolah dasar dan menengah. Perubahan mendasar pada Asesmen Nasional adalah tidak lagi mengevaluasi capaian murid secara individu, tetapi mengevaluasi dan memetakan sistem pendidikan berupa input, proses, dan hasil.

 

Asesmen Nasional dirancang tidak hanya sebagai pengganti ujian nasional dan ujian sekolah berstandar nasional, namun sebagai penanda perubahan paradigma tentang evaluasi pendidikan. AKM juga merupakan langkah dari memerdekakan siswa dengan bebasnya peserta didik dari diskriminasi sistemik yang berdampak pada pembelajaran atau pemerolehan materi.

 

Perubahan mendasar pada Asesmen Nasional adalah tidak lagi mengevaluasi capaian peserta didik secara individu, tetapi mengevaluasi dan memetakan sistem pendidikan berupa input, proses, dan hasil. Asesmen Nasional terdiri dari tiga bagian, yakni: Asesmen Kompetensi Minimum, yakni mengukur literasi membaca dan numerasi sebagai hasil belajar kognitif; Survei Karakter yakni mengukur sikap, kebiasaan, nilai-nilai (values) sebagai hasil belajar nonkognitif; dan Survei Lingkungan Belajar yakni mengukur kualitas pembelajaran dan iklim sekolah yang menunjang pembelajaran.

 

Apa itu literasi dan numerasi? Pengertian Literasi adalah seperangkat kemampuan dan keterampilan individu dalam membaca, menulis, berbicara, menghitung, dan memecahkan masalah pada tingkat keahlian tertentu yang diperlukan dalam kehidupan sehari-hari. Pada abad 21 ini, keterampilan literasi adalah kebutuhan mendesak yang perlu dimiliki oleh siapa pun untuk dapat bersaing secara global.

 

Sebelum mengetahui contoh atau Latihan Soal Asesmen Nasional (ANBK) Literasi Dan Numerasi SD Mi Tahun 2021, perlu diketahui bahwa berdasarkan Panduan Gerakan Literasi Nasional Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI terdapat 6 (enam) keterampilan literasi menjadi 6 dasar, yakni Literasi Baca Tulis, Literasi Numerasi, Literasi Sains, Literasi Digital, Literasi Finansial, Literasi Budaya dan Kewargaan

 

Lalu apa Pengertian Literasi Numerasi ? Literasi numerasi adalah pengetahuan dan kecakapan untuk: a) Menggunakan berbagai macam angka dan simbol-simbol yang terkait dengan matematika dasar untuk memecahkan masalah praktis dalam berbagai macam konteks kehidupan sehari-hari dan; b) Menganalisis informasi yang ditampilkan dalam berbagai bentuk (grafik, tabel, bagan, dsb.) lalu menggunakan interpretasi hasil analisis tersebut untuk memprediksi dan mengambil keputusan.

 

Literasi dan numerasi adalah kompetensi yang sifatnya general dan mendasar. Kemampuan berpikir tentang, dan dengan, bahasa serta matematika diperlukan dalam berbagai konteks, baik personal, sosial, maupun profesional. Dengan mengukur kompetensi yang bersifat mendasar (bukan konten kurikulum atau pelajaran), pesan yang ingin disampaikan adalah bahwa guru diharapkan berinovasi mengembangkan kompetensi siswa melalui berbagai pelajaran melalui pengajaran yang berpusat pada siswa.

 

Jadi secara sederhana, numerasi dapat diartikan sebagai kemampuan untuk mengaplikasikan konsep bilangan dan keterampilan operasi hitung di dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya: di rumah, pekerjaan, dan partisipasi dalam kehidupan masyarkaat dan sebagai warga negara. Dan kemampuan untuk menginterpretasi informasi kuantitatif yang terdapat di sekeliling kita. Kemampuan tersebut ditunjukkan dengan kenyamanan terhadap bilangan dan cakap menggunakan keterampilan matematika secara praktis untuk memenuhi tuntutan kehidupan. Kemampuan tersebut juga merujuk pada apresiasi dan pemahaman informasi yang dinyatakan secara matematis, misalnya: grafik, bagan, dan tabel.

 

Mengapa Literasi Numerasi itu sangat penting atau apa pentignya Literasi Numerasi? Menurut Andreas Schleicher dari OECD (Organisation for Economic Co-operation and Development), kemampuan numerasi yang baik merupakan proteksi terbaik terhadap angka pengangguran, penghasilan yang rendah, dan kesehatan yang buruk. Literasi numerasi dibutuhkan dalam semua aspek kehidupan, baik di rumah, di pekerjaan, maupun di masyarakat. Dalam kehidupan sehari-hari, ketika berbelanja atau merencanakan liburan, meminjam uang dari bank untuk memulai usaha atau membangun rumah, semuanya membutuhkan keterampilan literasi numerasi.

 

Sesingguhnya fungsi AN terbagi dari tiga bagian. Pertama, sebagai evaluasi sistem yang tidak memiliki konsekuensi pada murid peserta AN. Kedua, pemetaan dan umpan balik bagi satuan dan dinas pendidikan. Peta dan umpan balik ini harapannya dapat memicu cara berpikir guru, kepala sekolah, pengawas, hingga dinas pendidikan. Sehingga dapat memicu perbaikan cara mengajar, cara kepala sekolah memimpin sekolahnya, cara pengawas mengawasi. Kemudian bagian ketiga, untuk perbaikan proses pembelajaran dan pengelolaan satuan pendidikan. Asesmen Nasional dirancang sebagai instrumen pemetaan mutu pendidikan pada seluruh sekolah, madrasah, dan program kesetaraan jenjang sekolah dasar dan menengah.

 

Berikut ini beberapa contoh Latihan Soal Asesmen Nasional (AN-BK) Literasi Dan Numerasi SMP MTs Tahun 2021 yang dapat diakses melalui link yang tersedia di bawah ini.

 

Contoh Latihan Soal Asesmen Nasional (AN) Literasi dan Numerasi SMP MTs Tahun 2021/2022 Bagian 1 https://bit.ly/39Bb8gA

 

Contoh Latihan Soal Asesmen Nasional (AN) Literasi dan Numerasi SMP MTs Tahun 2021/20221 Bagian 2 https://bit.ly/38RoOFg

 

Contoh Latihan Soal Asesmen Nasional (AN) Literasi dan Numerasi SMP MTs Tahun 2021/2022 Bagian 3 https://bit.ly/3qqT27Y

 

Contoh Latihan Soal Asesmen Nasional (AN) Literasi dan Numerasi SMP MTs Tahun 2021/2022 Bagian 4 https://bit.ly/3bKMzRd

 

Contoh Latihan Soal Asesmen Nasional (AN) Literasi dan Numerasi SMP MTs Tahun 2021/2022 Bagian 5 https://bit.ly/2KjbFeq

 

Contoh Latihan Soal Asesmen Nasional (AN) Literasi dan Numerasi SMP MTs Tahun 2021/2022 Bagian 6 https://bit.ly/3sE5CTl

 

Contoh Latihan Soal Asesmen Nasional (AN) Literasi dan Numerasi SMP MTs Tahun 2021/2022 Bagian 7 https://bit.ly/2LvHSA5

 

Contoh Latihan Soal Asesmen Nasional (AN) Literasi dan Numerasi SMP MTs Tahun 2021/2022Bagian 8 https://bit.ly/3nNTXxy

 

Contoh Latihan Soal Asesmen Nasional (AN) Literasi dan Numerasi SMP MTs Tahun 2021/2022 Bagian 1 https://bit.ly/38N5s40

 

Contoh Latihan Soal Asesmen Nasional (AN) Literasi dan Numerasi SMP MTs Tahun 2021/2022 Bagian 2 https://bit.ly/3qE8TQL

 

Demikian informasi tentang Latihan Soal Asesmen Nasional (ANBK) Literasi Dan Numerasi SMP MTs Tahun 2021. Semoga ada manfaatnya, terima kasih.




= Baca Juga =



No comments:

Post a Comment