Latihan Soal ANBK SMP Kelas 8 Tahun 2024-2025

Latihan Soal ANBK SMP MTs Kelas 8 Tahun 2024-2025 (Literasi dan Numerasi)



Latihan Soal ANBK SMP MTs Kelas 8 Tahun 2024-2025 (Literasi dan Numerasi). Dalam era baru Menteri Pendidikan Nadiem Makarim memiliki inovasi baru untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia salah satunya program pengganti Ujian Nasional (UN) dengan Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK). ANBK merupakan alat untuk mengukur kemampuan peserta didik dalam bernalar menggunakan Bahasa, bernalar menggunakan matematika dan penguatan dalam Pendidikan karakter pada peserta didik.

 

Sehubungan dengan itu ANBK merupakan penilaian dalam mutu Pendidikan di Indonesia yang dimulai dari jenjang sekolah dasar sampai dengan jenjang sekolah menengah atas. Dalam hal ini dapat ditarik kesimpulan bahwa ANBK adalah program yang dapat meningkatkan penilaian peserta didik dalam bernalar untuk meningkatkan kualitas Pendidikan di Indonesia.

 

Salah satu tujuan ANBK adalah untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik melalui informasi yang didapatkan oleh guru. ANBK merupakan program yang sangat bagus untuk peserta didik dikarenakan dalam program ini peserta didik tidak hanya sekedar menghafal materi akan tetapi dapat mendorong peserta didik untuk belajar menganalisis, menalar situasi serta menguasai siombol dan angka. Tujuan ANBK yaitu untuk meningkatkan Pendidikan yang menghasilkan informasi yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Jadi ANBK diadakan untuk meningkatkan kualitas Pendidikan dengan memberikan informasi hasil belajar siswa dengan tidak sekedar menghafal materi akan tetapi, dapat mendorong siswa untuk menalar.

ANBK memiliki 3 instrumen di dalamnya yaitu Asesmen Kompetensi Minimum (AKM), survey karakter, serta survey lingkungan. Asesmen Kompetensi Minimum merupakan salah satu instrumen AN yang memiliki tujuan untuk mengukur hasil belajar secara kognitif yang dapat diukur dari 2 literasi yaitu literasi membaca, dan literasi numerasi. Survey karakter merupakan alat ukur untuk mengukur sikap, nilai, kebiasaan yang mencerminkan karakter siswa. Survey lingkungan yang bertujuan untuk mengukur kualitas dalam proses pembelajaran dan lingkungan sekolah yang mendukung fasilitas proses pembelajaran peserta didik. Dalam hal ini siswa SD hingga SMA dapat diukur dari 3 instrumen yaitu AKM, survey karakter dan survey lingkungan guna meningkatkan mutu Pendidikan di Indonesia.

 

Pelaksanaan ANBK dilaksanakan pada jenjang sekolah dasar hingga sekolah menengah atas dengan kriteria kelas 5, 8, dan 11. Pelaksanaan Asesmen Nasional dilaksanakan serentak pada tahun ajaran 2024/2025 dengan diikuti maksimal 40 orang. Hal ini dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan ANBK tidak digunakan sebagai penentu kelulusan dan juga tidak digunakan sebagai dasar seleksi siswa untuk ke jenjang berikutnya.

 

Lalu apa yang dimaksud AKM dalam ANBK ? Asesmen Kompetensi Minimum (AKM ANBK) merupakan salah satu kebijakan baru yang terdapat dalam Instrumen Asesmen Nasional. Asesmen Kompetensi Minimum adalah penilaian kompetensi dasar yang dibutuhkan oleh setiap siswa untuk mengembangkan keterampilan dan berpartisipasi aktif dalam masyarakat. Hal ini sejalan dengan pernyataan dari Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) mengukur kemampuan siswa melalui literasi membaca dan numerasi, hal yang dimaksudkan adalah bernalar melalui Bahasa yakni literasi membaca, dan kemampuan dalam menghitung.

 

Asesmen Kompetensi Minimum (AKM ANBK) memiliki tujuan yakni untuk menonjolkan focus utama dalam pengembangan kemampuan dan karakter siswa di sekolah. AKM ANBK digunakan sebagai alat ukur yang dapat memetakan secara komprehensif kualitas Pendidikan di Indonesia dengan adanya keterampilan minimal. Akm memiliki sisi penting untuk diterapkan disekolah baik sekolah negeri maupun swasta. Tujuan dilaksanakan AKM oleh Menteri Pendidikan Nadiem Makarim dapat menghasilkan informasi terkait tingkat keterampilan siswa dalam kualitas proses pembelajaran dan hasil belajar

 

Didalam kegiatam AKM ANBK memuat 3 komponen didalamnya untuk mengukur kompetensi yang diberikan kepada siswa, yaitu konten, konteks, dan tingkat kognitif. Konten merupakan topik yang digunakan sebagai landasan pada soal akm, konteks merupakan aspek dari situasi yang digunakan untuk konten. Tingkat kognitif merupakan proses berfikir siswa untuk menyelesaikan soal.

 

Asesmen Kompetensi Minimum (AKM ANBK) dirancang oleh Kemendikbudristek sebagai alat ukur pencapaian siswa dari belajar kognitif. Hal ini asesmen kompetensi minimum memiliki dua kompetensi yaitu literasi dan numerasi, dua kompetensi ini menjadi syarat siswa untuk berkontribusi dalam masyarakat yang dikaitkan dengan abad 21. Literasi salah satu kompetensi yang dikuasai oleh siswa yang dimulai dari jenjang sekolah dasar hingga menengah atas. Kompetensi AKM ANBK memiliki dua muatan yaitu Literasi Membaca dan Numerasi. Jadi AKM ANBK memiliki dua kompetensi yang dimuat yaitu literasi membaca dan numerasi untuk digunakan sebagai alat ukur pencapaian siswa dalam proses pembelajaran.

 

Asesmen Kompetensi Minimum (AKM ANBK) memiliki sebuah karakteristik, karakteristik tersebut dirancang berdasarkan konteks, konten, level kognitif. Soal AKM ANBK SMP MTs dan jenjang lainnya memiliki karakteristik yang menarik, variative, melalui pertimbangan tingkat perkembangan siswa. Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) dirancang dengan tujuan siswa dapat menikmati dalam mengakses. Wujud dari AKM ANBK tersebut berupa teks yang terdapat stimulus dalam setiap soal menjadi daya tarik siswa dalam menyelesaikan soal AKM dengan senang hati. Karakteristik AKM dapat dirancang dengan konteks yang beragam menggunakan stimulus yang disajikan dalam bentuk tulisan, tabel, grafik, ilustrasi. Dapat ditarik kesimpulan bahwa karakteristik AKM dapat mendorong siswa untuk belajar literasi dengan cara soal AKM disajikan dengan cara yang menarik.

 

Lalu apa yang dimaksud ANBK Literasi? Asesmen Kompetensi Minimum (AKM ANBK) mencangkup dua kompetensi didalamnya salah satu dari kompetensi tersebut yakni literasi membaca. AKM ANBK Literasi membaca dapat mendorong siswa untuk belajar membaca, mengingat presentase literasi dunia Pendidikan di Indonesia masih terbilang rendah disbanding negara lain. Kemendikbudristek memiliki kebijakan baru yang bertujuan sebagai perkembangan dunia Pendidikan di Indonesia salah satunya literasi. Sehubungan dengan hal tersebut menurut. AKM ANBK literasi membaca merupakan kemampuan memahami, mengevaluasi, refleksi, yang menggunakan macam-macam bentuk jenis teks dalam menyelesaikan masalah dengan mengembangkan penduduk di Indonesia menjadi produktif dengan kegiatan yang positif salah satunya membaca. Literasi membaca adalah kemampuan peserta didik dalam menganalisis bacaan, Dapat disimpulkan bahwa literasi membaca merupakan bagian yang sangat penting dalam kehidupan yang merupakan kemampuan yang harus dimiliki oleh peserta didik dalam menganalisis, serta mengevaluasi.

 

Literasi membaca sangat penting di dunia pendidikan yang mewajibkan peserta didik dapat membaca. Untuk itu pemerintah, Kemedikbudrsitek memiliki kebijakan baru yang dapat mengembangkan mutu Pendidikan di Indonesia yang masih dibilang rendah dengan adanya program AKM ANBK yang didalamnya terdapat dua kompetensi salah satunya literasi membaca. Tujuan literasi membaca dapat mendorong siswa aktif dalam membaca,tidak hanya membaca akan tetapi juga menalar dan mencari informasi.

 

AKM ANBK literasi membaca memiliki tiga tingkat level kognitif atau tiga tingkatan level kognitif tersebut adalah: a) Access – Retrive yakni Kemampuan siswa dalam menemukan informasi yang telah disajikan pada teks soal; b) Inteprete – Integrate, yakni Kemampuan dalam menjelaskan sekaligus menyatukan antara potongan informasi yang dijadikan sebuah pemahaman yang lengkap; c) Evaluate – reffect, yakni Evaluasi serta refleksi informasi pada teks

 

Bentuk soal yang disajikan AKM ANBK SMP MTS tahun 2024/2025 memiliki sifat mengajak artinya mengajak seluruh siswa dapat memahami situasi atau konteks kehidupan yang dapat dikerjakan oleh siswa dalam kehidupan sehari-hari dengan kemampuan membaca dan menghitung. Soal akm yang disajikan mendorong siswa untuk menguasai kompetensi yang luas tidak hanya menguasai topic pembelajaran. Literasi membaca memiliki dua konten yang disajikan dalam soal yaitu konten teks informasi, dan teks sastra.

 

Literasi membaca tidak hanya membaca dan memahami teks bacaan, namun peserta didik harus merefleksikan, mengevaluasi serta berkontribusi dalam kehidupan sehari-hari terkait hal yang positif. Hal ini dapat ditarik kesimpulan bahwa bentuk soal dari literasi membaca tidak hanya sekedar membaca teks, serta memahami bacaan namun mendorong peserta didik untuk mengevaluasi, menganalisis, dan merefleksikan dalam kehidupan sehari-hari.

 

Selengkapnya silahkan download dan baca Contoh atau Latihan Soal ANBK SMP MTs Kelas 8 Tahun 2024-2025 (Literasi dan Numerasi), melaui link download yang tersedia di bawah ini

 

Latihan Soal ANBK Numerasi SMP MTs Kelas 8 Tahun 2024-2025 (DISINI).

 

Latihan Soal ANBK Literasi SMP MTs Kelas 8 Tahun 2024-2025 (DISINI).

 

Demikian update informasi tentang Latihan Soal ANBK SMP MTs Kelas 8 Tahun 2024-2025 (Literasi dan Numerasi). Semoga ada manfaatnya dan dapat digunakans sebagai bahan latihan menghadapi ANBK yang akan segera dilaksanakan.



= Baca Juga =


No comments

Theme images by ainamulyana. Powered by Blogger.