Latihan Soal ANBK SMP Kelas 8 Tahun 2024-2025
Latihan Soal ANBK SMP MTs Kelas 8 Tahun 2024-2025 (Literasi dan Numerasi). Dalam era baru Menteri Pendidikan Nadiem Makarim memiliki inovasi baru untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia salah satunya program pengganti Ujian Nasional (UN) dengan Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK). ANBK merupakan alat untuk mengukur kemampuan peserta didik dalam bernalar menggunakan Bahasa, bernalar menggunakan matematika dan penguatan dalam Pendidikan karakter pada peserta didik.
Sehubungan dengan itu ANBK
merupakan penilaian dalam mutu Pendidikan di Indonesia yang dimulai dari
jenjang sekolah dasar sampai dengan jenjang sekolah menengah atas. Dalam hal
ini dapat ditarik kesimpulan bahwa ANBK adalah program yang dapat meningkatkan
penilaian peserta didik dalam bernalar untuk meningkatkan kualitas Pendidikan
di Indonesia.
Salah satu tujuan ANBK adalah
untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik melalui informasi yang didapatkan
oleh guru. ANBK merupakan program yang sangat bagus untuk peserta didik
dikarenakan dalam program ini peserta didik tidak hanya sekedar menghafal
materi akan tetapi dapat mendorong peserta didik untuk belajar menganalisis, menalar
situasi serta menguasai siombol dan angka. Tujuan ANBK yaitu untuk meningkatkan
Pendidikan yang menghasilkan informasi yang dapat meningkatkan hasil belajar
siswa. Jadi ANBK diadakan untuk meningkatkan kualitas Pendidikan dengan
memberikan informasi hasil belajar siswa dengan tidak sekedar menghafal materi
akan tetapi, dapat mendorong siswa untuk menalar.
ANBK memiliki 3 instrumen di
dalamnya yaitu Asesmen Kompetensi Minimum (AKM), survey karakter, serta survey
lingkungan. Asesmen Kompetensi Minimum merupakan salah satu instrumen AN yang memiliki
tujuan untuk mengukur hasil belajar secara kognitif yang dapat diukur dari 2
literasi yaitu literasi membaca, dan literasi numerasi. Survey karakter
merupakan alat ukur untuk mengukur sikap, nilai, kebiasaan yang mencerminkan
karakter siswa. Survey lingkungan yang bertujuan untuk mengukur kualitas dalam proses
pembelajaran dan lingkungan sekolah yang mendukung fasilitas proses
pembelajaran peserta didik. Dalam hal ini siswa SD hingga SMA dapat diukur dari
3 instrumen yaitu AKM, survey karakter dan survey lingkungan guna meningkatkan
mutu Pendidikan di Indonesia.
Pelaksanaan ANBK
dilaksanakan pada jenjang sekolah dasar hingga sekolah menengah atas dengan kriteria
kelas 5, 8, dan 11. Pelaksanaan Asesmen Nasional dilaksanakan serentak pada
tahun ajaran 2024/2025 dengan diikuti maksimal 40 orang. Hal ini dapat
disimpulkan bahwa pelaksanaan ANBK tidak digunakan sebagai penentu kelulusan dan
juga tidak digunakan sebagai dasar seleksi siswa untuk ke jenjang berikutnya.
Lalu apa yang dimaksud AKM
dalam ANBK ? Asesmen Kompetensi Minimum (AKM ANBK) merupakan salah satu
kebijakan baru yang terdapat dalam Instrumen Asesmen Nasional. Asesmen
Kompetensi Minimum adalah penilaian kompetensi dasar yang dibutuhkan oleh
setiap siswa untuk mengembangkan keterampilan dan berpartisipasi aktif dalam masyarakat.
Hal ini sejalan dengan pernyataan dari Asesmen Kompetensi Minimum (AKM)
mengukur kemampuan siswa melalui literasi membaca dan numerasi, hal yang
dimaksudkan adalah bernalar melalui Bahasa yakni literasi membaca, dan
kemampuan dalam menghitung.
Asesmen Kompetensi Minimum
(AKM ANBK) memiliki tujuan yakni untuk menonjolkan focus utama dalam
pengembangan kemampuan dan karakter siswa di sekolah. AKM ANBK digunakan
sebagai alat ukur yang dapat memetakan secara komprehensif kualitas Pendidikan
di Indonesia dengan adanya keterampilan minimal. Akm memiliki sisi penting
untuk diterapkan disekolah baik sekolah negeri maupun swasta. Tujuan
dilaksanakan AKM oleh Menteri Pendidikan Nadiem Makarim dapat menghasilkan
informasi terkait tingkat keterampilan siswa dalam kualitas proses pembelajaran
dan hasil belajar
Didalam kegiatam AKM ANBK memuat
3 komponen didalamnya untuk mengukur kompetensi yang diberikan kepada siswa, yaitu
konten, konteks, dan tingkat kognitif. Konten merupakan topik yang digunakan
sebagai landasan pada soal akm, konteks merupakan aspek dari situasi yang
digunakan untuk konten. Tingkat kognitif merupakan proses berfikir siswa untuk menyelesaikan
soal.
Asesmen Kompetensi Minimum (AKM
ANBK) dirancang oleh Kemendikbudristek sebagai alat ukur pencapaian siswa dari
belajar kognitif. Hal ini asesmen kompetensi minimum memiliki dua kompetensi
yaitu literasi dan numerasi, dua kompetensi ini menjadi syarat siswa untuk berkontribusi
dalam masyarakat yang dikaitkan dengan abad 21. Literasi salah satu kompetensi
yang dikuasai oleh siswa yang dimulai dari jenjang sekolah dasar hingga
menengah atas. Kompetensi AKM ANBK memiliki dua muatan yaitu Literasi Membaca
dan Numerasi. Jadi AKM ANBK memiliki dua kompetensi yang dimuat yaitu literasi
membaca dan numerasi untuk digunakan sebagai alat ukur pencapaian siswa dalam
proses pembelajaran.
Asesmen Kompetensi Minimum (AKM
ANBK) memiliki sebuah karakteristik, karakteristik tersebut dirancang
berdasarkan konteks, konten, level kognitif. Soal AKM ANBK SMP MTs dan jenjang
lainnya memiliki karakteristik yang menarik, variative, melalui pertimbangan
tingkat perkembangan siswa. Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) dirancang dengan
tujuan siswa dapat menikmati dalam mengakses. Wujud dari AKM ANBK tersebut
berupa teks yang terdapat stimulus dalam setiap soal menjadi daya tarik siswa
dalam menyelesaikan soal AKM dengan senang hati. Karakteristik AKM dapat
dirancang dengan konteks yang beragam menggunakan stimulus yang disajikan dalam
bentuk tulisan, tabel, grafik, ilustrasi. Dapat ditarik kesimpulan bahwa
karakteristik AKM dapat mendorong siswa untuk belajar literasi dengan cara soal
AKM disajikan dengan cara yang menarik.
Lalu apa yang dimaksud ANBK Literasi?
Asesmen Kompetensi Minimum (AKM ANBK) mencangkup dua kompetensi didalamnya
salah satu dari kompetensi tersebut yakni literasi membaca. AKM ANBK Literasi
membaca dapat mendorong siswa untuk belajar membaca, mengingat presentase
literasi dunia Pendidikan di Indonesia masih terbilang rendah disbanding negara
lain. Kemendikbudristek memiliki kebijakan baru yang bertujuan sebagai
perkembangan dunia Pendidikan di Indonesia salah satunya literasi. Sehubungan
dengan hal tersebut menurut. AKM ANBK literasi membaca merupakan kemampuan
memahami, mengevaluasi, refleksi, yang menggunakan macam-macam bentuk jenis
teks dalam menyelesaikan masalah dengan mengembangkan penduduk di Indonesia
menjadi produktif dengan kegiatan yang positif salah satunya membaca. Literasi
membaca adalah kemampuan peserta didik dalam menganalisis bacaan, Dapat
disimpulkan bahwa literasi membaca merupakan bagian yang sangat penting dalam
kehidupan yang merupakan kemampuan yang harus dimiliki oleh peserta didik dalam
menganalisis, serta mengevaluasi.
Literasi membaca sangat
penting di dunia pendidikan yang mewajibkan peserta didik dapat membaca. Untuk
itu pemerintah, Kemedikbudrsitek memiliki kebijakan baru yang dapat
mengembangkan mutu Pendidikan di Indonesia yang masih dibilang rendah dengan
adanya program AKM ANBK yang didalamnya terdapat dua kompetensi salah satunya
literasi membaca. Tujuan literasi membaca dapat mendorong siswa aktif dalam
membaca,tidak hanya membaca akan tetapi juga menalar dan mencari informasi.
AKM ANBK literasi membaca
memiliki tiga tingkat level kognitif atau tiga tingkatan level kognitif
tersebut adalah: a) Access – Retrive yakni Kemampuan siswa dalam menemukan
informasi yang telah disajikan pada teks soal; b) Inteprete – Integrate, yakni Kemampuan
dalam menjelaskan sekaligus menyatukan antara potongan informasi yang dijadikan
sebuah pemahaman yang lengkap; c) Evaluate – reffect, yakni Evaluasi serta
refleksi informasi pada teks
Bentuk soal yang disajikan
AKM ANBK SMP MTS tahun 2024/2025 memiliki sifat mengajak artinya mengajak
seluruh siswa dapat memahami situasi atau konteks kehidupan yang dapat
dikerjakan oleh siswa dalam kehidupan sehari-hari dengan kemampuan membaca dan
menghitung. Soal akm yang disajikan mendorong siswa untuk menguasai kompetensi
yang luas tidak hanya menguasai topic pembelajaran. Literasi membaca memiliki
dua konten yang disajikan dalam soal yaitu konten teks informasi, dan teks
sastra.
Literasi membaca tidak hanya
membaca dan memahami teks bacaan, namun peserta didik harus merefleksikan,
mengevaluasi serta berkontribusi dalam kehidupan sehari-hari terkait hal yang
positif. Hal ini dapat ditarik kesimpulan bahwa bentuk soal dari literasi
membaca tidak hanya sekedar membaca teks, serta memahami bacaan namun mendorong
peserta didik untuk mengevaluasi, menganalisis, dan merefleksikan dalam kehidupan
sehari-hari.
Selengkapnya silahkan
download dan baca Contoh atau Latihan Soal ANBK SMP MTs Kelas 8 Tahun
2024-2025 (Literasi dan Numerasi), melaui link download yang tersedia di
bawah ini
Latihan
Soal ANBK Numerasi SMP MTs Kelas 8 Tahun 2024-2025 (DISINI).
Latihan
Soal ANBK Literasi SMP MTs Kelas 8 Tahun 2024-2025 (DISINI).
Demikian update informasi tentang
Latihan Soal ANBK SMP MTs Kelas 8 Tahun
2024-2025 (Literasi dan Numerasi). Semoga ada manfaatnya dan dapat
digunakans sebagai bahan latihan menghadapi ANBK yang akan segera dilaksanakan.
No comments
Post a Comment