Contoh Program Kerja ABM SMP MTs Tahun 2024 versi WORD atau DOC


Pada kesempatan ini admin akan membagikan link Download Contoh Program Kerja ABM (Asesmen Bakat dan Minat ) SMP MTs Tahun 2024 versi WORD atau DOC. Sebagaimana diketahui Asesmen Bakat dan Minat Pusmendik (ABM) merupakan asesmen yang mengukur potensi seseorang yang dirancang untuk memprediksi kemampuan seseorang pada bidangbidang khusus dan minat seseorang berdasarkan ketertarikannya pada suatu jenis kegiatan atau pekerjaan tertentu. ABM diharapkan dapat menempatkan siswa pada bidang keahlian yang tepat sehingga menimbulkan motivasi dan kenyamanan dalam proses pembelajaran.

 

Aspek yang diukur dalam Asesmen Bakat terdiri atas kemampuan verbal, kuantitatif, penalaran, spasial, mekanik, klerikal, dan penggunaan bahasa serta dilengkapi dengan Asesmen Minat.

 

Berbeda dari tes prestasi yang mengukur pengetahuan akademik, ABM disusun tidak berdasar silabus mata pelajaran tertentu sehingga dalam menjawab soal lebih tergantung pada daya nalar. Prosedur pengembangan butir soal ABM sudah terstandar sehingga menghasilkan soal-soal yang valid dan terkalibrasi. Melalui soal yang terkalibrasi tersebut, hasil asesmen dari beberapa subtes, waktu, dan paket yang berbeda akan dapat dibandingkan. Asesmen bakat dirancang untuk memprediksi keberhasilan siswa pada jurusan yang dikehendaki. Akurasi prediksi keberhasilan siswa pada jenjang/kelas yang lebih tinggi dapat terlihat berdasarkan hasil asesmen. Asesmen minat dirancang untuk mengetahui ketertarikan siswa pada bidang-bidang tertentu. Penggunaan tes prestasi, asesmen bakat, dan asesmen minat secara bersama akan memberikan gambaran kemampuan siswa secara lebih lengkap.

 

Salah satu langkah yang dilakukan Pusmendik dalam membantu sekolah untuk mengetahui gambaran bakat dan minat siswa adalah melalui pelayanan ABM. Pelayanan ABM diselenggarakan untuk sekolah-sekolah jenjang SMP di seluruh Kota dan Kabupaten melalui asesmen berbasis komputer (Computerized Based Test - CBT) secara daring.

 

Sebelum admin membagikan link Download Contoh Program Kerja ABM (Asesmen Bakat dan Minat) SMP MTs Tahun 2024 versi WORD atau DOC, perlu diktahui bahwa Pelayanan ABM di sekolah bertujuan untuk memberikan informasi ke sekolah mengenai potensi siswa pada bidang-bidang khusus berdasarkan aspek yang diukur dan kesesuaian dengan minatnya. ABM juga bermanfaat untuk memprediksi kemampuan seseorang jika diberikan kesempatan untuk melanjutkan belajar ke jenjang yang lebih tinggi atau pada situasi yang baru. Pelayanan ABM tahun 2024 ditawarkan kepada seluruh SMP/MTs  kelas IX di seluruh Indonesia.

 

Salah satu bagian dari isi Program Kerja ABM SMP MTS Tahun 2024 versi WORD atau DOC adalah terkait dengan penjelasan mekanisme Pelaksanaan Asesmen Bakat dan Minat di sekolah yakni sebagai berikut:

A. Mekanisme Pelayanan ABM

1.     Keikutsertaan satuan pendidikan dalam pelayanan ABM tidak bersifat wajib, sehingga satuan pendidikan yang berminat harus mendaftarkan satuan pendidikannya.

2.     Pusmendik tidak memberi dan menarik biaya apapun. Biaya penyelenggaraan di satuan pendidikan ditanggung secara mandiri oleh satuan pendidikan.

3.     Pelaksanaan ABM hanya dilaksanakan dengan moda online, dan mandiri serta tidak dapat menumpang pada satuan pendidikan lain.

4.     Sumber daya yang perlu disiapkan oleh satuan pendidikan, yaitu:

·          ruang laboratorium komputer satuan pendidikan /ruang kelas/ruang lain di satuan pendidikan yang difungsikan sebagai ruang asesmen;

·          komputer proktor dengan OS minimal Windows 7/MacOS;

·          komputer klien dengan OS minimal Windows 7/Chromebook/MacOS yang jumlahnya disesuaikan dengan jumlah peserta dan sesi yang didaftarkan;

·          komputer dengan kamera yang berfungsi (opsional);

·          koneksi jaringan internet yang stabil (minimal 16 Mbps per 20 client); dan

·          penanggung jawab, teknisi, proktor dan pengawas ujian.

 

B. Waktu dan Tempat

Pelayanan ABM dilaksanakan di satuan pendidikan masing-masing pada tanggal 19 - 23 Februari 2024 dan 26 Februari - 1 Maret 2024.

 

Adapun Jadwal Pelayanan ABM tahun 2024 adalah sebagai berikut:

NO

KEGIATAN

WAKTU

KETERANGAN

1

Sosialisasi dan Pengumuman ABM

23 Januari 2024

sesi Pagi

(08.00-10.00 WIB) :

Indonesia bagian Tengah dan bagian Timur

sesi Siang

(14.00-16.00 WIB) :

Indonesia bagian Barat

Dilakukan secara daring melalui Zoom Meeting dan Live Streaming.

Informasi mengenai sosialisasi ABM dapat diperoleh melalui laman ABM.

2

Pendaftaran Satuan Pendidikan

23 Januari s.d.

3 Februari 2024

Mengikuti langkah pada poin

D. Mekanisme pendaftaran

3

Pendaftaran Peserta dan pengaturan jadwal

23 Januari s.d.

9 Februari 2024

Mengikuti langkah pada poin

D. Mekanisme pendaftaran

4

Pengisian data panitia pelaksana satuan pendidikan dan pakta integritas

23 Januari s.d.

9 Februari 2024

Mengisi sesuai petunjuk yang ada dalam laman ABM

5

Simulasi aplikasi

15 - 16 Februari 2024

Hanya proktor dan teknisi, tidak melibatkan siswa.

6

Cetak perlengkapan ujian

15 - 16 Februari 2024

Kartu login, daftar hadir, dan berita acara pelaksanaan.

7

Pelaksanaan asesmen

19 - 23 Februari 2024

dan 26 Februari - 1

Maret 2024.

Di satuan pendidikan masing masing

8

Unggah kelengkapan ujian

19 Februari s.d.

1 Maret 2024

Setelah selesai pelaksanaan di satuan pendidikan

9

Cetak hasil

11 Maret 2024

Hasil akan diumumkan pada laman ABM

 

Untuk contoh lengkap Program Kerja ABM SMP MTs Tahun 2024 dari kaper, lembaran pengesahan, kata pengantar, daftar isi, penjelasan tiap BAB hingga lampiran silahkan download Contoh Program Kerja ABM SMP MTs Tahun 2024 versi WORD atau DOC pada link download yang Admin sediakan. Link Download Contoh Program Kerja SMP MTs versi WORD atau DOC (disini)

 

Demikian informasi tentang link Download Contoh Program Kerja ABM (Asesmen Bakat dan Minat) SMP MTs Tahun 2024 versi WORD atau DOC. Semoga ada manfaatnya.


= Baca Juga =


Post a Comment

Previous Post Next Post