Latihan Soal Asesmen Kompetensi GTK Madrasah MI MTS MA Tahun 2024


Latihan Soal Asesmen Kompetensi GTK Madrasah Tahun 2024. Untuk mengetahui mutu dan kompetensi guru perlu melalui asesmen hal ini disampiakan Plt. Direktur GTK Madrasah, M.Sidik Sisdiyanto. Ia menyatakan bahwa pembinaan dan pengembangan keprofesian harus berpedoman pada data yang valid dari hasil Asesmen Kompetensi GTK Madrasah Tahun 2024. Nantinya akan ada pengenalan aplikasi yang digunakan dalam asesmen tersebut.

 

Pendidikan merupakan skala prioritas dalam pembangunan. Guru dan tenaga kependidikan mempunyai tugas, fungsi dan peran yang sangat strategis dalam pencapaian tujuan pendidikan Indonesia. Guru dan tenaga kependidikan yang profesional mampu mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk berkembanya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab. Salah satunya dengan peningkatan sumber daya manusia .Kualitas sumberdaya manusia sangat penting dalam upaya mempercepat pengembangan potensi manusia untuk mampu mengembangkan tugas yang menjadi tanggung jawabnya. Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama RI terus melakukan upaya peningkatan mutu pendidikan di madrasah melalui peningkatan profesionalisme pendidik dan tenaga kependidikan.

 

Salah satu kewajiban pengawas adalah meningkatkan dan mengembangkan kualifikasi akademik dan kompetensi secara berkelanjutan sejalan dengan perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni.

 

Guru adalah pendidik profesional dengan tugas utama mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik pada pendidikan anak usia dini, jalur pendidikan formal, pendidikan dasar dan pendidikan menengah. Sebagai tenaga profesional, guru dituntut untuk selalu mengembangkan diri sejalan dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi.

 

Peningkatan keprofesian guru dapat dilakukan dengan program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) melalui Kelompok Kerja Guru Madrasah Ibtidaiyah (KKGMI), Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP), dan Musyawarah Guru Bimbingan dan Konseling (MGBK). Dalam rangka mendukung pengembangan keprofesian berkelanjutan ini, Kementerian Agama melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Islam melakukan pemetaan kompetensi guru dan tenaga kependidikan madrasah melalui Asesmen Kompetensi Guru dan Tenaga Kependidikan tahun 2024-2025. Baseline pemetaan ini menjadi dasar Direktorat Jenderal Pendidikan Islam dalam menyusun program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan Guru dan Tenaga Kependidikan yang terdiri atas kepala dan pengawas madrasah.


Asesmen Kompetensi GTK Madrasah Tahun 2024 - 2025 adalah salah satu cara untuk mengetahui mutu dan kondisi guru, serta pemenuhan kompetensi sebagai guru profesional. Menurut Plt. Direktur GTK Madrasah, M.Sidik Sisdiyanto, hasil Asesmen Kompetensi GTK Madrasah Tahun 2024 - 2025 nantinya dapat digunakan untuk mendiagnosis kelebihan dan kekurangan kemampuan pedagogi dan profesional guru, kepala madrasah dan pengawas madrasah," ujar Sidik.

 

Dijelaskan juga, Jika hasil asesmen terhadap pemahaman materi/konten pembelajaran itu hanya mencapai 30-40% saja, tentunya dianggap cukup miris Output dari kegiatan ini adalah nantinya akan ada sinkronisasi antara asesmen dari bagian KSKK dengan GTK Madrasah, karena selama ini hasil dari asesmen dapat dijadikan acuan bagi para pemangku kepentingan, stakeholders untuk menentukan langkah-langkah strategis terhadap peningkatan mutu pendidikan Islam.

 

Kasubdit Bina GTK MI dan MTs, Fakhruozi menambahkan bahwa bahwa salah satu prioritas Rencana Strategis Kementerian Agama dalam meningkatkan mutu Pendidikan Islam adalah peningkatan mutu pembelajaran melalui peningkatan mutu guru, kepala madrasah dan tenaga kependidikan di madrasah. Implementasi dari Peraturan Menteri Agama Nomor 38 Tahun 2018 terkait dengan pengembangan keprofesian berkelanjutan salah satunya adalah Asesmen Kompetensi GTK Madrasah Tahun 2024 - 2025.

 

Menurut Kasubdit Bina GTK MI dan MTs, Fakhruozi , hasil Asesmen Kompetensi GTK Madrasah Tahun 2024 – 2025 nantinya akan dilakukan pemetaan terhadap guru-guru kita baik kompetensi maupun kualifikasinya. Hasil asesmen tersebut, akan dijadikan acuan dalam rancangan program pengembangan terhadap guru dan tenaga kependidikan juga sebagai dasar penyamaan persepsi terhadap asesmen yang akan dilakukan agar tidak overlap.

 

Sebelum Anda mendownload Latihan Soal Asesmen Kompetensi GTK Madrasah Tahun 2024, perlu diketahui bahwa Tujuan Asesmen Kompetensi GTK Madrasah Tahun 2024 adalah 1) Memperoleh data kompetensi pedagogik dan profesional guru pada jenjang MI, MTs, dan MA/MAK; 2) Memperoleh data kompetensi manajerial, supervisi, dan kewirausahaan kepala madrasah pada jenjang MI, MTs, dan MA/MAK; 3) Memperoleh data kompetensi supervisi manajerial, supervisi akademik, evaluasi pendidikan, penelitian dan pengembangan pengawas madrasah pada jenjang MI, MTs, dan MA/MAK; 4) Memperoleh data pemetaan kompetensi guru, kepala, pengawas madrasah pada jenjang MI, MTs, dan MA/MAK dari tingkat kecamatan, kabupaten/kota, provinsi, dan nasional; 5) Menyiapkan data kompetensi guru, kepala dan pengawas madrasah pada jenjang MI, MTs, dan MA/MAK dalam rangka penyusunan program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB).

 

Adapun Manfaat Asesmen Kompetensi GTK Madrasah Tahun 2024 -2025 adalah: 1) Untuk Guru, kepala dan pengawas madrasah sebagai bahan refleksi tentang kompetensi pedagogik dan profesional bagi guru, kompetensi manajerial, supervisi pembelajaran bagi kepala madrasah serta supervisi manajerial, supervisi akademik, evaluasi pendidikan serta penelitian dan pengembangan bagi pengawas madrasah. 2) Untuk Madrasah sebagai bahan evaluasi kepala madrasah, pengawas madrasah, dan segenap pemangku kepentingan madrasah tentang kompetensi guru di madrasah sehingga dapat disusun program peningkatan kompetensi yang tepat sasaran. 3) Untuk Kementerian Agama Kabupaten/Kota adalah sebagai dasar bagi Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten/Kota untuk penyelenggaraan program pengembangan keprofesian guru, kepala madrasah, dan pengawas madrasah di wilayahnya. 4) Untuk Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi adalah sebagai bahan bagi Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi untuk menyusun program pengembangan keprofesian berkelanjutan guru, kepala dan, pengawas madrasah di wilayahnya; 5) Untuk Direktorat Guru dan Tenaga Kependidikan Madrasah sebagai bahan dalam penyusunan kebijakan dalam meningkatkan kompetensi guru dan guru, kepala dan, pengawas madrasah.

 

Ruang lingkup Asesmen Kompetensi GTK Madrasah Tahun 2024 untuk guru meliputi literasi, numerasi, dan sain untuk guru MI, Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Ilmu Pengetahuan Alam, dan Bimbingan Konseling untuk guru MTs, Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Fisika, Kimia, Biologi, dan Bimbingan Konseling untuk guru MA/MAK. Materi Asesmen Kompetensi GTK Madrasah Tahun 2024 untuk kepala madrasah meliputi kompetensi dan manajerial, supervisi. Sedangkan untuk pengawas madrasah mencakup kompetensi supervisi manajerial, supervisi akademik, evaluasi pendidikan, penelitian dan pengembangan.

 

Berikut ini Link download Latihan Soal Asesmen Kompetensi GTK Madrasah Tahun 2024 untuk Guru dan Kepala MI MTS dan MA sebagai bahan refleksi awal serta sebagai sarana untuk meningkatkan pengetahuan atau wawasan.

 

Link download Latihan Soal Asesmen Kompetensi GTK Madrasah Tahun 2024 untuk Guru MI Semua Mata Ujian (disini)

Link download Latihan Soal Asesmen Kompetensi GTK Madrasah Tahun 2024 untuk Guru MTs Semua Mata Ujian (disini)

Link download Latihan Soal Asesmen Kompetensi GTK Madrasah Tahun 2024 untuk Guru MA Semua Mata Ujian (disini)

Link download Latihan Soal Asesmen Kompetensi GTK Madrasah Tahun 2024 untuk Kepala MI MTS dan MA (disni)

Link download Latihan Soal Asesmen Kompetensi GTK Madrasah Tahun 2024 untuk Kepala MI MTS dan MA (disni)

NEW Link download Latihan Soal Asesmen Kompetensi GTK Madrasah Tahun 2024 untuk Kepala MI MTS dan MA (disni)

 

Demikian informasi tentang Link download Latihan Soal Asesmen Kompetensi GTK Madrasah Tahun 2024 untuk Guru MI MTS dan MA dan Kepala MI MTS dan MA. Semoga ada manfaatnya, selamat berlatih semoga kesuksesan menanti Anda bapak/ibu guru dan Kepala MI MTS dan MA,

 


= Baca Juga =


Post a Comment

Previous Post Next Post