Latihan Soal SAS Kelas 8 SMP Kurikulum Merdeka Tahun Pelajaran 2024-2025

Latihan Soal SAS (Sumatif Akhir Semester) Kelas 8 SMP Kurikulum Merdeka Tahun Pelajaran 2024/2025


Latihan Soal SAS (Sumatif Akhir Semester) Kelas 8 SMP Kurikulum Merdeka Tahun Pelajaran 2024/2025. Asesmen adalah proses pengumpulan dan pengolahan informasi untuk mengukur pencapaian hasil belajar peserta didik. Pengumpulan informasi tersebut ditempuh melalui berbagai teknik Asesmen, menggunakan berbagai instrumen, dan berasal dari berbagai sumber. Penilaian harus dilakukan secara efektif. Oleh karena itu, meskipun informasi dikumpulkan sebanyak-banyaknya dengan berbagai upaya, kumpulan informasi tersebut tidak hanya lengkap dalam memberikan gambaran, tetapi juga harus akurat untuk menghasilkan keputusan. Pengumpulan informasi pencapaian hasil belajar peserta didik memerlukan metode dan instrumen penilaian, serta prosedur analisis sesuai dengan karakteristiknya masing-masing.


Asesmen Sumatif Akhir Semester (SAS) adalah Asesmen yang dilaksanakan pada akhir semester gasal dengan materi semua KD pada semester tersebut Asesmen Sumatif Akhir Semester (SAS) adalah suatu bentuk evaluasi yang dilakukan oleh siswa untuk mengetahui pencapaian kompetensi diakhir satuan pendidikan Tujuan diadakannya Asesmen Sumatif Akhir Semester (SAS) ialah sebagai bentuk evaluasi atau tes yang mengukur pencapaian hasil kompetensi belajar siswa yang diajarkan oleh guru atau pendidik selama satu semester.

 

Sebelum kamu membaca Latihan Soal SAS (Sumatif Akhir Semester) Kelas 8 SMP Kurikulum Merdeka Tahun Pelajaran 2024/2025, kamu harus tahu bahwa Asesmen Sumatif Akhir Semester (SAS) berfungsi untuk mengukur pencapaian kompetensi peserta didik di akhir semester dan di akhir tahun pelajaran, memantau kemajuan belajar setelah proses pembelajaran 1 semester, menentukan nilai hasil belajar peserta didik setelah proses pembelajaran 1 semester baik semester ganjil maupun semester genap, melakukan perbaikan pembelajaran pada semester berikutnya atau tahun pelajaran berikutnya.

 

Dengan demikian, kegiatan Asesmen Sumatif Akhir Semester (SAS) merupakan bentuk evaluasi rutin yang dilaksanakan semua jenjang pendidikan. Hal tersebut bertujuan untuk mengetahui pencapaian kompetensi peserta didik setelah mengikuti proses kegiatan belajar mengajar di dalam kelas, seperti (1) mengukur hasil pembelajaran peserta didik, setelah mengikuti kegiatan belajar mengajar selama beberapa bulan. (2) Mengukur apakah materi pelajaran yang diberikan bapak/ibu guru setiap mata pelajaran sudah mampu dipahami oleh peserta didik. (3) Sebagai membangun motivasi belajar untuk peserta didik. Sementara penilaian akhir semester memiliki beberapa fungsi antara lain (1) Sebagai pendorong peningkatan mutu dalam pembelajaran. (2) Bentuk evaluasi bagi para guru. (3) Alat pengendalian mutu pendidikan umum.

 

Jadi Asesmen Sumatif Akhir Semester (SAS) harus digunakan bukan sekadar untuk mengetahui pencapaian hasil belajar, justru yang lebih penting adalah bagaimana penilaian mampu meningkatkan kemampuan peserta didik dalam proses belajar. Penilaian seharusnya dilaksanakan melalui tiga pendekatan, yaitu assessment of learning (penilaian akhir pembelajaran), assessment for learning (penilaian untuk pembelajaran), dan assessment as learning (penilaian sebagai pembelajaran).

 

Cakupan yang akan didapatkan dengan melaksanakan Asesmen Sumatif Akhir Semester (SAS) adalah sebagi berikut: a) Urgensi: indikator yang secara teoretis, mutlak harus dikuasai oleh siswa; b) ontinuitas: indikator lanjutan yang merupakan pendalaman indicator sebelumnya; c) Relevansi: indikator yang diperlukan untuk mempelajari dalam mata pelajaran lain; d) Keterpakaian: indikator yang memiliki nilai terapan tinggi dalam kehidupan sehari-hari.

 

Adapun beberapa teknik, bentuk dan pelaksanaan Asesmen Sumatif Akhir Semester (SAS) antara lain: a) Teknik dan bentuk penilaian yang dipilih sesuai yang direncanakan pada saat mengembangkan silabus; b) Teknik penilaian yang dapat digunakan lebih cenderung pada bentuk tes tertulis dengan menggunakan bentuk tes objektif dan atau tes bentuk uraian; c) Dilaksanakan oleh guru di bawah koordinasi satuan pendidikan, sehingga biasanya dilaksanakan secara bersama dan terjadwal; d) Instrumen penilaian yang dikembangkan mengacu pada jenis dan bentuk yang ada pada silabus.

 

Pengolahan hasil pengukuran pencapaian dilihat dari hasil pencapaian kompetensi peserta didik untuk semua kompetensi dasar yang diperoleh dari pelaksanaan Asesmen Sumatif Akhir Semester (SAS) dikoreksi/diperiksa oleh guru mata pelajaran untuk menghasilkan nilai akhir yang biasanya digunakan sebagai pelaporan hasil belajar

 

Link download Latihan Soal ASAS Bahasa Indonesia Kelas 8 Kurikulum Merdeka Tahun Pelajaran 2024/2025


Link download Latihan Soal SAS Bahasa Inggris Kelas 8 Kurikulum Merdeka Tahun Pelajaran 2024/2025


Link download Latihan Soal SAS Informatika Kelas 8 Kurikulum Merdeka Tahun Pelajaran 2024/2025


Link download Latihan Soal SAS IPA Kelas 8 Kurikulum Merdeka Tahun Pelajaran 2024/2025


Link download Latihan Soal SAS IPS Kelas 8 Kurikulum Merdeka Tahun Pelajaran 2024/2025


Link download Latihan Soal SAS Matematika Kelas 8 Kurikulum Merdeka Tahun Pelajaran 2024/2025


Link download Latihan Soal SAS PAI BP Kelas 8 Kurikulum Merdeka Tahun Pelajaran 2024/2025


Link download Latihan Soal SAS Pendidikan Seni Kelas 8 Kurikulum Merdeka Tahun Pelajaran 2024/2025


Link download Latihan Soal SAS Pendidikan Pancasila Kelas 8 Kurikulum Merdeka Tahun Pelajaran 2024/2025


Link download Latihan Soal SAS PJOK - Penjaskes Kelas 8 Kurikulum Merdeka Tahun Pelajaran 2024/2025


Link download Latihan Soal SAS Prakarya Kelas 8 Kurikulum Merdeka Tahun Pelajaran 2024/2025

 

Demikian informasi tentang Latihan Soal SAS (Sumatif Akhir Semester) Kelas 8 SMP Kurikulum Merdeka Tahun Pelajaran 2024/2025. Semoga ada manfaatnya. Selamat belajar, semoga sukses.


= Baca Juga =


No comments

Theme images by ainamulyana. Powered by Blogger.