Latihan Soal SAS Kelas 7 SMP Kurikulum Merdeka Tahun Pelajaran 2023-2024


Latihan Soal SAS Kelas 7 SMP Kurikulum Merdeka Tahun Pelajaran 2023/2024. Asesmen adalah proses pengumpulan dan pengolahan informasi untuk mengetahui kebutuhan belajar dan capaian perkembangan atau hasil belajar peserta didik. Asesmen hasil belajar Peserta Didik dilakukan sesuai dengan tujuan Penilaian secara berkeadilan, objektif, dan edukatif. Asesmen hasil belajar secara berkeadilan merupakan Asesmen yang tidak bias oleh latar belakang, identitas, atau kebutuhan khusus Peserta Didik. Asesmen hasil belajar secara objektif merupakan Asesmen yang didasarkan pada informasi faktual atas pencapaian perkembangan atau hasil belajar Peserta Didik.

 

Sebelum kamu membaca Latihan Soal Asesmen SAS (Sumatif Akhir Semester) Kelas 7 SMP Kurikulum Merdeka Tahun Pelajaran 2023/2024, perlu dikethui bahwa dalam Kurikulum Merdeka dikenal ada istilah asesmen diagnosis, asesmen formatif dan asesmen sumatif. Asesmen SAS (Sumatif Akhir Semester) merupakan asesmen yang hasilnya digunakan sebagai umpan balik bagi Pendidik, Peserta Didik, dan orang tua untuk meningkatkan proses pembelajaran dan hasil belajar.

 

Asesmen formatif dilaksanakan pada pendidikan anak usia dini, jenjang pendidikan dasar, dan jenjang pendidikan menengah. Asesmen sumatif dilaksanakan pada jenjang pendidikan dasar dan jenjang pendidikan menengah. Asesmen formatif bertujuan untuk memantau dan memperbaiki proses pembelajaran serta mengevaluasi pencapaian tujuan pembelajaran. Asesmen formatif dilakukan dengan mengumpulkan informasi mengenai: a) Peserta Didik yang mengalami hambatan atau kesulitan belajar; dan b) perkembangan belajar Peserta Didik. Informasi tersebut digunakan sebagai umpan balik bagi: a) Peserta Didik untuk mengembangkan kemampuan dalam memonitor proses dan kemajuan belajar sebagai bagian dari keterampilan belajar sepanjang hayat; dan b) Pendidik untuk merefleksikan dan meningkatkan efektivitas pembelajaran.

 

Sedangkan Asesmen sumatif pada jenjang pendidikan dasar dan jenjang pendidikan menengah bertujuan untuk menilai pencapaian hasil belajar Peserta Didik sebagai dasar penentuan: a) kenaikan kelas; dan b) kelulusan dari Satuan Pendidikan. Asesmen pencapaian hasil belajar Peserta Didik dilakukan dengan membandingkan pencapaian hasil belajar Peserta Didik dengan kriteria ketercapaian tujuan pembelajaran.

 

Penentuan kenaikan kelas dilakukan dengan mempertimbangkan laporan kemajuan belajar yang mencerminkan pencapaian Peserta Didik pada semua mata pelajaran dan ekstrakurikuler serta prestasi lain selama 1 (satu) tahun ajaran. Penentuan kelulusan dari Satuan Pendidikan dilakukan dengan mempertimbangkan laporan kemajuan belajar yang mencerminkan pencapaian Peserta Didik pada semua mata pelajaran dan ekstrakurikuler serta prestasi lain pada: a) kelas V dan kelas VI untuk sekolah dasar atau bentuk lain yang sederajat; dan b) setiap tingkatan kelas untuk sekolah menengah pertama atau bentuk lain yang sederajat dan sekolah menengah atas atau bentuk lain yang sederajat.

 

Berdasarkan penjelasan singkat di atas kamu perlu mempersiapkan diri menghadapi Asesmen Sumatif Akhir Semester (SAS) karena hasilnya dijadikan bahan pertimbangan untuk kenaikan kelas. Salah satunya dengan mempelajari Latihan Soal Asesmen SAS (Sumatif Akhir Semester) Kelas 7 SMP Kurikulum Merdeka Tahun Pelajaran 2023/2024, serta yang lebih penting belajar dengan rajin dan displin baik di sekolah maupun di rumah.

 

Bagi yang membutuhkan Latihan Soal Asesmen SAS (Sumatif Akhir Semester) Kelas 7 SMP Kurikulum Merdeka Tahun Pelajaran 2023/2024, berikut ini kumpulan contoh soal SAS SMP Kelas 7 mudah-mudahan bisa membantu dalam persiapan menghadapi Sumatif Akhir Semester tahun ini

 

Link download Latihan Soal SAS Bahasa Indonesia Kelas 7 Kurikulum Merdeka Tahun Pelajaran 2023/2024


Link download Latihan Soal SAS Bahasa Inggris Kelas 7 Kurikulum Merdeka Tahun Pelajaran 2023/2024


Link download Latihan Soal SAS Informatika Kelas 7 Kurikulum Merdeka Tahun Pelajaran 2023/2024


Link download Latihan Soal SAS IPA Kelas 7 Kurikulum Merdeka Tahun Pelajaran 2023/2024


Link download Latihan Soal SAS IPS Kelas 7 Kurikulum Merdeka Tahun Pelajaran 2023/2024


Link download Latihan Soal SAS Matematika Kelas 7 Kurikulum Merdeka Tahun Pelajaran 2023/2024


Link download Latihan Soal SAS PAI BP Kelas 7 Kurikulum Merdeka Tahun Pelajaran 2023/2024 


Link download Latihan Soal SAS Pendidikan Seni Kelas 7 Kurikulum Merdeka Tahun Pelajaran 2023/2024


Link download Latihan Soal SAS Pendidikan Pancasila Kelas 7 Kurikulum Merdeka Tahun Pelajaran 2023/2024


Link download Latihan Soal SAS PJOK - Penjaskes Kelas 7 Kurikulum Merdeka Tahun Pelajaran 2023/2024


Link download Latihan Soal SAS Prakarya Kelas 7 Kurikulum Merdeka Tahun Pelajaran 2023/2024

 

Demikian informasi tentang Latihan Soal SAS (Sumatif Akhir Semester) Kelas 7 SMP Kurikulum Merdeka Tahun Pelajaran 2023/2024. Semoga ada manfaatnya. Selamat belajar, semoga sukses.

 




= Baca Juga =


Post a Comment

Previous Post Next Post