Buku Saku Benahi Literasi melalui Pembelajaran dan Asesmen

Download Buku Saku Benahi Literasi melalui Pembelajaran dan Asesmen


Download Buku Saku Benahi Literasi melalui Pembelajaran dan Asesmen. Buku saku Buku Saku Benahi Literasi melalui Pembelajaran dan Asesmen ini disusun dalam rangka memberikan inspirasi program benahi yang ada di Platform Rapor Pendidikan, khususnya yang terkait dengan Kompetensi Literasi.

 

Sebagaimana kita ketahui, krisis pembelajaran di Indonesia telah berlangsung lama. Programme for International Students Asesment (PISA) menunjukkan bahwa Indonesia tidak mengalami peningkatan yang signifikan dalam 10 sampai 15 tahun terakhir. Sekitar 70% peserta didik usia 15 tahun berada dibawah kompetensi minimum membaca dan matematika. Krisis pembelajaran diperparah oleh pandemic Covid-19 dengan adanya learning loss dan meningkatnya kesenjangan pembelajaran. Data hasil Asesmen Nasional tahun 2021 menunjukkan bahwa 1 dari 2 peserta didik belum mencapai kompetensi minimum literasi dan 2 dari 3 peserta didik belum mencapai kompetensi minimum numerasi.

 

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi telah melakukan beragam upaya dalam rangka pemulihan dan transformasi pembelajaran. Beberapa upaya yang telah dilakukan antara lain peluncuran episode Merdeka Belajar yang sejauh ini sudah sampai episode 24 dan pencetakkan serta pengiriman buku bacaan bermutu sekitar 500 judul untuk dikirimkan kepada sekolah yang prioritas untuk dibantu. Upaya lainnya yang dihadirkan pada kesempatan ini berupa strategi meningkatkan hasil belajar murid, terutama pada salah satu kompetensi fondasi seperti literasi. Strategi sebagaimana dimaksud tertuang dalam dua buku saku ini.


Buku Saku Benahi Literasi melalui Pembelajaran dan Asesmen

 

Isi Buku Saku Benahi Literasi melalui Pembelajaran dan Asesmen antara lain membahas bagaimana meningkatkan kapasitas guru dalam pembelajaran yang menguatkan literasi dengan menggunakan PMM dan sumber penunjang, apa dan bagaimana Asesmen Awal dan Pembelajaran Literasi Terdiferensiasi, apa dan bagaimana Literasi dalam AKM, Bagaimana Penguatan pembelajaran literasi dan Numerasi dengan menggunakan modul literasi dan Numerasi berbasis tema dan sumber lainnya di luar Platform Merdeka Mengajar, Bagaimana menerapkan kegiatan membaca dan mendiskusikan beragam buku dari berbagai sumber dan genre secara rutin oleh guru dan siswa, bagaimana guru Refleksi pembelajaran oleh guru dan kepala sekolah untuk mengidentifikasi tantangan dalam pembelajaran dengan melibatkan pemangku kepentingan sekolah

 

Buku Saku Benahi Literasi melalui Pembelajaran dan Asesmen sangat menarik karena selain isinya yang sangat bermanfaat juga desain buku dan cara menyampaikan isi buku juga sangat interaktif dan mudah dipahami. Semoga dengan hadirnya Buku Saku Benahi Literasi melalui Pembelajaran dan Asesmen ini dapat menginspirasi satuan pendidikan dalammembuat perencanaan program yang berfokus pada peningkatan kompetensi literasi.


Pendidik secara umum, baik kepala sekolah, guru, pustakawan/tenaga perpustakaan, pendamping literasi dan pemangku kepentingan, dapat menggunakan Buku Saku Benahi Literasi melalui Pembelajaran dan Asesmen ini sebagai inspirasi untuk meningkatkan skor literasi dalam rapor pendidikan di satuan pendidikan.

 

Bagi yang membutuhkan Salinan Buku Saku Benahi Literasi melalui Pembelajaran dan Asesmen silahkan download DISINI

 

Demikian informasi tentang Link Download Buku Saku Benahi Literasi melalui Pembelajaran dan Asesmen. Semoga ada manfaatnya.

 



= Baca Juga =


No comments

Theme images by ainamulyana. Powered by Blogger.