Link Download Buku Saku Benahi Literasi melalui Lingkungan Belajar


Download Buku Saku Benahi Literasi melalui Lingkungan Belajar. Buku saku ini disusun dalam rangka memberikan  inspirasi  program  benahi  yang  ada  di  Platform  Rapor  Pendidikan, khususnya yang terkait dengan Kompetensi Literasi.

 

Sebagaimana kita ketahui, krisis pembelajaran di Indonesia telah berlangsung lama. Programme  for  International  Students  Asesment  (PISA)  menunjukkan  bahwa Indonesia tidak mengalami peningkatan yang signifikan dalam 10 sampai 15 tahun terakhir.  Sekitar  70%  peserta  didik  usia  15  tahun  berada  dibawah  kompetensi minimum membaca dan matematika. Krisis pembelajaran diperparah oleh pandemic Covid-19  dengan  adanya  learning  loss  dan  meningkatnya  kesenjangan pembelajaran. Data hasil Asesmen Nasional tahun 2021 menunjukkan bahwa 1 dari 2 peserta didik belum mencapai kompetensi minimum literasi dan 2 dari 3 peserta didik belum mencapai kompetensi minimum numerasi.

 

Kementerian  Pendidikan,  Kebudayaan,  Riset  dan  Teknologi  telah  melakukan beragam upaya dalam rangka pemulihan dan transformasi pembelajaran. Beberapa upaya yang telah dilakukan antara lain peluncuran episode Merdeka Belajar yang sejauh  ini  sudah  sampai  episode  24  dan  pencetakkan  serta  pengiriman  buku bacaan bermutu sekitar 500 judul untuk dikirimkan kepada sekolah yang prioritas untuk dibantu. Upaya lainnya yang dihadirkan pada kesempatan ini berupa strategi meningkatkan hasil belajar murid, terutama pada salah satu kompetensi fondasi seperti literasi. Strategi sebagaimana dimaksud tertuang dalam dua buku saku ini.

 

Isi Buku Saku Benahi Literasi melalui Lingkungan Belajar antara lain membahas bagaimana Menumbuhkan Minat Baca Siswa, Bagaimana Membangun Lingkungan Kaya Teks, Bagaimana Membangun Lingkungan Belajar yang Kaya Kegiatan Literasi, Bagaimana Membangun Kecakapan Berpikir melalui Aktivitas Membaca.


Buku Saku Benahi Literasi melalui Lingkungan Belajar


Buku Saku Benahi Literasi melalui Lingkungan Belajar sangat menarik karena selain isinya yang sangat bermanfaat juga desain buku dan cara menyampaikan isi buku juga sangat interaktif dan mudah dipahami. Semogadengan  hadirnya  buku  saku  ini  dapat  menginspirasi  satuan  pendidikan  dalammembuat  perencanaan  program  yang  berfokus  pada  peningkatan  kompetensi literasi.


Satuan pendidikan dapat memanfaatkan Buku Saku Benahi Literasi melalui Lingkungan Belajar ini mengingat Rapor Pendidikan 2.0 telah diluncurkan. Referensi dan inspirasi yang ada dalam buku saku ini diharapkan dapat memberikan inovasi bagi kepala sekolah, guru, dan tenaga kependidikan dalam membuat berbagai aktivitas dan kegiatan yang dapat meningkatkan kemampuan literasi melalui lingkungan belajar.

 

Bagi yang membutuhkan Salinan Buku Saku Benahi Literasi melalui Lingkungan Belajar silahkan download DISINI

 

Demikian informasi tentang Link Download Buku Saku Benahi Literasi melalui Lingkungan Belajar. Semoga ada manfaatnya.

 



= Baca Juga =


Post a Comment

Previous Post Next Post