Latest

CONTOH JADWAL REMEDIAL DAN PENGAYAAN SD MI SMP MTS SMA MA MAK FORMAT WORD DAN EXCEL

Contoh Jadwal Remedial Dan Pengayaan SD MI SMP MTS SMA MA MAK Format Word dan Excel


Contoh Jadwal Remedial Dan Pengayaan SD MI SMP MTS SMA MA MAK Format Word dan Excel. Pembelajaran remedial (remedial teaching) secara terminologis adalah suatu kegiatan belajar mengajar yang bersifat menyembuhkan atau perbaikan ke arah pencapaian hasil yang diharapkan. Pembelajaran remedial adalah pengajaran khusus yang memperbaiki kemampuan peserta didik dari kesulitan-kesulitan yang dihadapinnya. Pembelajaran remedial pada hakekatnya merupakan pemberian bantuan bagi peserta didik yang mengalami kesulitan atau kelambatan belajar.

 

Pembelajaran remedial berguna untuk memperbaiki atau mengatasi kesulitan dan kelemahan peserta didik dalam menguasai materi atau pokok bahasan tertentu untuk mencapai CPL yang ditetapkan, dengan sifat belajar yang lebih khusus yakni menggunakan pendekatan kelompok atau individual. Pelaksanaan pembelajaran remedial mencakup diagnosis kesulitan belajar, memberikan tindakan perbaikan yang sesuai dan memberikan dukungan untuk pencapaian akhir suatu perkuliahan.

 

Implementasi program remedial telah terbukti efektif dengan memulihkan peserta didik. Antisipasi kegagalan dalam proses pembelajaran bagi pembelajar lambat dapat dilakukan secara efektif melalui pembelajaran remedial.

 

Tindakan yang harus dilakukan pada pembelajaran remedial tergantung pada kelompok kesullitan belajar (ringan, sedang atau berat) dan jumlah peserta didik kesullitan belajar dalam suatu kelas. Pada kasus kesullitan belajar ringan maka tindakan yang akan diambil yaitu langsung memberikan pengajaran remedial. JIka kasus kesullitan belajar sedang atau berat, maka sebelum diberikan pengajaran remedial harus diberi layanan konseling lebih dahulu, yaitu untuk mengatasi hambatan hambatan emosional yang mempengaruhi cara belajarnya.

 

Pelaksanaan pengajaran remedial meliputi dua tahap utama, yaitu: 1) melakukan diagnosis kesulitan belajar; dan 2) memberikan perlakukan pembelajaran remedial. Diagnosis kesulitan belajar dilakukan melalui ujian sumatif dengan teknik ujian prasyarat pengetahuan dan/atau prasyarat keterampilan, wawancara, atau pengamatan langsung. Pemberian pembelajaran remedial dapat dilaksanakan dalam bentuk sebagai berikut:

1) Pemberian pembelajaran ulang jika jumlah peserta lebih dari 50%;

2) Pemberian tugas kelompok jika jumlah peserta lebih dari 20% dan kurang dari 50%; atau

3) Pemberian bimbingan secara khusus, seperti bimbingan perorangan jika jumlah peserta maksimal 20%.

 

Berikut ini Contoh Jadwal Remedial Dan Pengayaan SD MI SMP MTS SMA MA MAK Format Word dan Excel


Contoh Jadwal Remedial Dan Pengayaan SD MI MTS SMA MA MAK Format Word dan Excel



Link download Contoh Jadwal Remedial Dan Pengayaan SD MI SMP MTS SMA MA MAK Format Word dan Excel (disini)

 

Demikian informasi tentang Contoh Jadwal Remedial Dan Pengayaan SD MI SMP MTS SMA MA MAK Format Word dan Excel. Semoga ada manfaatnya.



= Baca Juga =



No comments:

Post a Comment