Latest

KATA-KATA SAMBUTAN PENYERAHAN CALON MEMPELAI PRIA DALAM ACARA AKAD NIKAH (PERNIKAHAN)

Kata-Kata Sambutan Penyerahan Calon Mempelai Pria Dalam Acara Pernikahan


Kata-Kata Sambutan Penyerahan Calon Mempelai Pria Dalam Acara Pernikahan. Dalam konsep pernikahan islami, pasangan pengantin tidak berada di satu ruangan yang sama. Prosesi akad nikah dilakukan oleh calon pengantin pria dengan orangtua atau wali nikah, sementara pengantin wanita biasanya berada di kamar pengantin atau di ruangan terpisah. Setelah akad nikah selesai dan pernikahan telah dinyatakan sah, pengantin pria mendatangi pengantin wanita, kemudian sangat disarankan untuk memegang ubun-ubun istrinya sambil membaca doa: “Allahumma inni as’aluka min khoirihaa wa khoirimaa jabaltahaa ‘alaih. Wa a’udzubika min syarrihaa wa syarrimaa jabaltaha ‘alaih.”

 

Pada dasarnya pernikahan dilakukan hanya dengan akad saja bagi yang beragama islam, tetapi saat ini sudah banyak yang mengadakan pernikahan yang dilakukan dengan akad dan resepsi penikahan, baik dilakukan secara berurutan di hari yang sama atau di hari yang berbeda. Resepsi pernikahan adalah acara pesta pernikahan yang di hadiri oleh para tamu undangan seperti teman-teman, sahabat, keluarga, saudara, bahkan tetangga kedua pempelai yang bertujuan untuk memberitahu kabar bahagia bahwa kedua pempelai sudah resmi menikah dan menjadi ajang silaturahmi. Resepsi pernikahan merupakan moment yang diharapkan karena hanya akan terjadi sekali seumur hidup. Bukan hanya kedua pempelai saja yang menginginkan resepsi pernikahan, pihak kedua keluarga pempelai juga sangat menginginkan adanya resepsi pernikahan

 

Berikut Contoh Kata-Kata Sambutan Penyerahan Calon Mempelai Pria Dalam Acara Akad Nikah (Pernikahan)

 

Yang kami hormati Bapak Kepala KUA Kecamatan beserta staf.

Yang kami hormati Bapak Kepala Desa  beserta Staf.

Yang kami hormati Para ‘Alim ulama, para ustadz, ustadzah, yang mudah-mudahan selalu dimuliakan oleh Allah SWT

Yang kami hormati seluruh tokoh masyarakat yang berkenan hadir pada acara pernihkahan anak kami.

Dan secara khusus kami sampaikan rasa hormat Bapak --- dan Ibu …….. selaku kedua orang tua calon mempelai Wanita.
Tak lupa kepada kepada hadirin tamu undangan sekalian yang kami muliakan.

 

Pertama-tama marilah kita panjatkan puji syukur kehadirat Allah swt. Bahwa pada kesempatan yang berbahagia ini,  kita semua masih diberi kesehatan, sehingga dapat bertemu dan berkumpul dalam rangka menjadi saksi dan sekaligus mendoakan prosesi Akad Nikah antara dua insan yang telah dipertemukan jodohnya oleh Allah swt.

 

Shalawat serta salam marilah kita sampaikan kepada junjungan alam Baginda Nabi Besar Muhammad saw.  kepada keluarga, dan para sahabatnya serta mudah-mudahan termasuk kepada kita sebagai umatnya. Aaamiin…..



Kami, atas nama perwakilan dari mempelai pria, selaku kedua orang tua calon mempelai pria yang bernama : ………….. Putra kesatu dari tiga bersaudara.

 

Hadirin yang berbahagia dan dimulyakan oleh Allah SWT. Izinkan kami berdiri dihadapan bapak/ibu dan hadirin, untuk menyapaikan beberapa hal terkait dengan penyerahan putra kami :

 

Pertama : kami ucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya atas sambutan penerimaan, serta penghormatan terhadap keluarga kami beserta rombongan pengantar calon mempelai pria.  Kami datang dari ……………. di pagi yang cerah dengan penuh kebahagiaan. Alhamdulillah perjalanan kami tidak mengalami tantangan yang berati. Ini tentunya berkat do’a dari seluruh keluarga, handai tolan, termasuk dari Bapak/Ibu yang hadir pada kesemoatan ini.


Kedua : Kami datang ke sini semata-mata untuk menyerahkan sepenuhnya Putra Kami, yang mudah-mudahan dapat diterima untuk dinikahkan dengan ……… putri dari Bapak …………… dan Ibu …………… secara syar’i atau sesuai dengan ketentuan agama dan pemerintah.

 

Ketiga, Kami serahkan bawaan atau seserahan ala kadarnya kepada Bapak ….. dan Ibu ……….. selaku orang tua dari (nama calon mempelai wanita).  Kami mohon, barang bawaan kami jangan dilihat dari jumlah dan nilainya, tetapi ini sebagai tanda pengikat rasa tali kasih kekeluargaan yang sangat erat dan tulus antara keluarga bapak (bapak calon mempelai pria) dan bapak (bapak calon mempelai wanita).

 

Terakhir : Kami mengucapkan terimakasih atas sambutan, jamuan serta penghormatan kepada kami serombongan.  Kepada keluaraga calon mempelai wanita, kami menyampaikan permohonan maaf apabila kedatangan kami, dari awal hingga sampai kepulangan nanti, banyak hal yang kurang berkenan, baik ucapan, tingkah laku, ataupun hal-hal yang menyangkut adat istiadat dan kebiasaan. 

 

Serta tak lupa kami kepada kepada seluruh hadirin dan tamu undangan, kami mengucapkan terimakasih atas kehadiran dan dukungannya. Kami tidak dapat membalas, kami hanya dapat berdoa dan memohon kepada Allah, semoga kebaikan dari keluarga calon mempelai wanita serta dari Bapak/Ibu yang hadir di kesempatan ini mendapatkan balasan yang berlimpah dari Allah SWT. Aamiin.

 

Billahi taufik wal hidayah wassalamu-alaikum Wr.Wb.

 

Demikian sedikit informasi tentang Kata-Kata Sambutan Penyerahan Calon Mempelai Pria Dalam Acara Akad Nikah (Pernikahan). Semoga ada manfaatnya, terima kasih atas perkenan Bapak/Ibu untuk mengunjungi blog ini. 



= Baca Juga =



No comments:

Post a Comment