Latest

CONTOH HASIL EVALUASI DIRI MADRASAH MI MTS MA MAK FORMAT WORD DAN EXCEL

Contoh Instrumen dan Hasil Evaluasi Diri Madrasah (EDM)  MI MTS MA MAK Format Word


Contoh Instrumen dan Hasil Evaluasi Diri Madrasah (EDM)  MI MTS MA MAK Format Word. Evaluasi Diri Madrasah (EDM) merupakan mekanisme evaluasi internal yang dilakukan oleh kepala Madrasah bersama pendidik atau guru, Karyawan, Tokoh Masyarakat, komite Madrasah, orang tua, dengan bantuan pengawas. Hasil EDM dimanfaatkan sebagai bahan untuk menyusun program pengembangan Madrasah lebih lanjut. EDM dilaksanakan oleh setiap Madrasah sebagai satu kebutuhan untuk meningkatkan kinerja dan mutu Madrasah secara berkelanjutan.

 

Maksud dari EDM adalah agar Kementerian Agama memiliki sistem informasi Evaluasi Diri Madrasah untuk mengetahui kebutuhan dan kelemahan  madrasah yang terintegrasi mulai dari tingkat madrasah, kabupaten/kota, provinsi hingga pusat.

 

Pada prinsipnya EDM adalah penilaian yang dilakukan oleh warga madrasah itu sendiri dengan penuh kesadaran dan kejujuran yang akan digunakan oleh madrasah itu sendiri untuk perbaikan mutu pendidikan

 

Evaluasi Diri Madrasah (EDM) adalah suatu proses penilaian mutu penyelenggaraan pendidikan yang dilakukan oleh pemangku kepentingan ditingkat madrasah berdasarkan indikator-indikator kunci yang mengacu pada 8 Standar Nasional Pendidikan (SNP). Melalui EDM, madrasah dapat mengetahui aspek-aspek yang perlu ditingkatkan, serta kekuatan dan kelemahan yang ada di madrasah dapat diidentifikasi. Hasil EDM akan digunakan sebagai bahan untuk menetapkan jenis-jenis program/kegiatan prioritas dalam penyusunan rencana peningkatan dan pengembangan madrasah yang dituangkan dalam rencana kerja dan anggaran madrasah (RKAM).

 

Berdasarkan identifikasi kekuatan dan kelemahan tersebut, madrasah menentukan program, kegiatan, dan sub kegiatan yang akan dilaksanakan. Klasifikasi program, kegiatan dan sub kegiatan berdasarkan kelebihan dan kekurangan tersebut adalah:

 

1. Terhadap indikator kinerja yang telah dicapai:

a. Program, kegiatan dan sub kegiatan untuk mempertahankan capaian yang telah dicapai.

b. Program, kegiatan dan sub kegiatan untuk meningkatkan capaian yang telah dicapai.

 

2. Terhadap indikator kinerja yang belum dicapai: Program, kegiatan dan sub kegiatan untuk menghilangkan/meminimalisir penyebab yang mengakibatkan tidak tercapai indikator kinerja, sehingga indikator kinerja dapat dicapai.   Program, kegiatan dan sub kegiatan yang telah diindentifikasi tersebut selanjutnya dituangkan dalam dokumen perencanaan dan penganggaran madrasah, yaitu:

1. Dokumen perencanaan penganggaran jangka menengah madrasah (RKJM = Rencana Kerja Jangka Menengah), bagi madrasah yang belum memiliki RKJM.

2. Untuk memutakhirkan RKJM yang telah ada. 3. Dituangkan dalam dokumen perencanaan dan penganggaran tahunan atau RKAM (Rencana Kerja dan Anggaran Madrasah).

Dalam aplikasi e-RKAM, EDM dilaksanakan EDM merupakan salah satu menu yang tersedia dan harus disusun oleh madrasah sehingga EDM dan RKAM dapat dikerjakan secara online dan terintegrasi.

 

Uraian lebih lengkap tentang EDM dijelaskan lebih lanjut dalam Pedoman Evaluasi Diri Madrasah sedangkan uraian lebih rinci tentang keterkaitan antara EDM dan e-RKAM dijelaskan pada modul-modul berikut dari manual pengoperasian e-RKAM

 

Berikut ini Contoh Instrumen dan Hasil Evaluasi Diri Madrasah (EDM)  MI MTS MA MAK Format Word


Contoh Instrumen dan Hasil Evaluasi Diri Madrasah (EDM)  MI MTS MA MAK Format Word



Link download Contoh Instrumen dan Hasil Evaluasi Diri Madrasah (EDM)  MI MTS MA MAK Format Word (disini)

 

Demikian informasi tentang Contoh Instrumen dan Hasil Evaluasi Diri Madrasah (EDM)  MI MTS MA MAK Format Word. Semoga ada manfaatnya.



= Baca Juga =



No comments:

Post a Comment