Latest

LINGKUP MATERI DAN CONTOH SOAL SURVEI LINGKUNGAN BELAJAR

Lingkup Materi atau Kisi-kisi dan Contoh Soal Survei Lingkungan Belajar


Lingkup Materi dan Contoh Soal Survei Lingkungan Belajar. Survei lingkungan belajar sebagai instrumen dalam Asesmen Nasional akan mengukur kualitas pembelajaran dan iklim keamanan serta inklusivitas sekolah yang menunjang pembelajaran. Selain itu, survei lingkungan belajar juga menjadi refleksi bagi guru dan menjadi tolok ukur perbaikan praktik pengajaran serta mengetahui latar belakang keluarga siswa.

 

Informasi dari survei lingkungan belajar berguna untuk melakukan diagnosis masalah dan perencanaan perbaikan pembelajaran oleh guru, kepala sekolah, dan dinas pendidikan setempat. Dengan instrumen lainnya yakni asesmen kompetensi minimum (AKM) literasi numerasi dan survei karakter, Asesmen Nasional akan menghasilkan potret komprehensif yang berguna bagi sekolah, madrasah, program kesetaraan jenjang dasar dan menengah, serta pemerintah daerah untuk melakukan evaluasi diri dan perencanaan perbaikan mutu pendidikan.

 

Lingkup Materi atau Kisi-kisi dan Contoh Soal Survei Lingkungan Belajar. Adapun Lingkup Materi atau Kisi-kisi Survei Lingkungan Belajar mencakup 1) lklim keamanan sekolah dengan indikator Keamanan dan well being siswa, Sikap dan keyakinan guru dan Kebijakan & program sekolah; 2) Iklim kebhinekaan sekolah dengan indikator: Praktik multikultural di kelas, Sikap & keyakinan guru/kepala sekolah,  Kebijakan & program sekolah; 3) Indeks Sosial Ekonomi dengan indikator:  Pendidikan orang tua, Profesi orang tua dan Faslilitas belajar di rumah; 4) Kualitas Pembelajaran dengan indikator: Manajemen kelas,  Dukungan afektif, dan Aktivasi kognitif; 5) Pengembangan Guru dengan indikator: Refeksi dan perbaikan pembelajaran, dan dukungan untuk refleksi guru.

 

Bagaimana Contoh Soal Survei Lingkungan Belajar yang bereda di internet pada saat pelaksanaan Survei Lingkungan Belajar di Program Sekolah Penggerak.


Kisi-kisi dan Contoh Soal Survei Lingkungan Belajar


 

Berikut ini beberapa Contoh Soal Survei Lingkungan Belajar yang bertujuan untuk mengukur Iklim kebhinekaan sekolah, yakni sebagai berikut.

Apa Anda lebih senang mengajar dan membimbing siswa yang beretnis sama

a) Sangat Tidak Setuju

b) Tidak Setuju

c) Cenderung Setuju

d) Setuju

e) Sangat Setuju

 

Apakah Anda Setuju kalau Pimpin dijabat oleh laki-laki daripada perempuan

a) Sangat Tidak Setuju

b) Tidak Setuju

c) Cenderung Setuju

d) Setuju

e) Sangat Setuju

 

Apakah Anda setuju perempuan sebagai wakil pemimpin daripada ketua.

a) Sangat Tidak Setuju

b) Tidak Setuju

c) Cenderung Setuju

d) Setuju

e) Sangat Setuju

 

Informasi yang dihasilkan dari Survei Lingkungan Belajar merupakan indeks satuan pendidikan untuk iklim keamanan, indeks inklusivitas dan kebinekaan, dan indeks kualitas pembelajaran. Sesuai dengan POS AN Tahun 2021. Pendidik dan Kepala Satuan Pendidikan harus mengisi survei lingkungan belajar dalam jangka waktu 4 hari sesuai dengan jadwal AN satuan pendidikan masing-masing.  Pendidik dan Kepala Satuan Pendidikan mengisi  survei  lingkungan  belajar  dengan  menggunakan perangkat komputer, laptop, atau gawai di satuan pendidikan atau di tempat masing-masing sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan. Pendidik dan Kepala Satuan Pendidikan  mengisi survei dilakukan secara mandiri tanpa bertanya atau bekerja sama dengan peserta lain; dan  mengisi  survei  sesuai  dengan  keadaan  dan  kondisi  yang sebenarnya.

 

Demikian informasi tentang Lingkup Materi atau Kisi-kisi dan Contoh Soal Survei Lingkungan Belajar. Semoga ada manfaatnya.




= Baca Juga =



No comments:

Post a Comment