Latihan Soal UTS PTS  Kelas 3 SD Semester 2 (Genap) Kurikulum 2013 Tahun Pelajaran 2021 2022 2023 2024

Latihan Soal UTS PTS  Kelas 3 SD Semester 2 (Genap) Kurikulum 2013 Tahun Pelajaran 2021/2022. Apa itu penilaian tengah semester (PTS)? Dalam buku itu, penilaian hasil belajar oleh pendidik penilaian terdiri dari pelaksanaan penilaian harian (PH) dan penilaian tengah semester (PTS). Sedangkan penilaian hasil belajar oleh satuan pendidikan (sekolah) dilakukan dalam bentuk penilaian akhir semester (PAS), penilaian akhir tahun (PAT), dan ujian sekolah (US).

 

Penilaian Harian (PH, sebelumnya disebut Ulangan Harian/UH) adalah proses pengumpulan dan peng­olahan informasi hasil belajar peserta didik yang digunakan untuk menetapkan program perbaikan atau pengayaan berdasarkan tingkat penguasaan kompetensi dan memperbaiki proses pem­belajaran (assessment as dan for learning), dan mengetahui tingkat penguasaan kompetensi serta menetapkan ketuntasan penguasaan kompetensi (assessment of learning).

 

Penilaian Tengah Semester (PTS, sebelumnya disebut Ulangan Tengah Semester/UTS) adalah penilaian yang dilaksa­nakan pada pekan ke­-8 atau ke­-9 dalam satu semester. Adapun materi PTS meliputi semua KD yang sudah dipelajari sampai dengan pekan ke­-7 atau ke­-8.

 

Penilaian Akhir Semester (PAS, sebelumnya disebut Ulangan Akhir Semester/UAS) adalah penilaian yang dilaksa­nakan pada akhir semester gasal dengan materi semua KD pada semester tersebut.

 

Penilaian Akhir Tahun (PAT, sebelumnya disebut Ulangan Kenaikan Kelas/UKK) adalah penilaian yang dilaksanakan pada akhir semester genap dengan materi semua KD pada semes­ter genap.

 

Ujian Sekolah (US) adalah kegiatan pengukuran dan penilaian kompetensi peserta didik terhadap Standar Kompetensi Lulusan untuk mata pelajaran yang tidak diujikan dalam Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) dan dilakukan satuan pendidikan.

 

Tujuan diadakannya PTS antara lain: Mengukur kemajuan belajar siswa setelah setengah semester; Mengukur pencapaian kompetensi siswa setelah proses pembeljaran selama setengah semester; Menentukan nilai hasil belajar siswa setelah proses pembelajaran beberapa KD (Kompetensi Dasar); Melakukan perbaikan pembelajaran pada setengah semester berikutnya.

 

PTS merupakan singkatan dari penilaian tengah semester. Fungsi dari PTS ini adalah sebagai bentuk penilaian kinerja dan belajar siswa selama setengah semester. PTS akan terlaksana pada pekan ke-8 atau ke-9 dalam setiap kali semester. Selain itu, fungsi dari  Penilaian Tengah Semester adalah Sebagai pendorong peningkatan mutu belajar, Bentuk evaluasi bagi para guru, sebagai Alat pengendali mutu pendidikan secara umum. Adapun Materi yang akan diujikan pada Penilaian Tengah Semester mengenai kompetensi dasar. Selain itu, PTS sendiri memiliki beberapa fungsi dan tujuan.

 

Bentuk lain penilaian selain PTS. Selain PTS terdapat beberapa istilah lainnya seperti: PAS dan UKK. PAS sendiri merupakan singkatan dari Penilaian Akhir Semester. Penilaian akhir semester berlaku setiap kali akhir semester. Tak jauh berbeda dengan PTS tujuan dari PAS antara lain: Mengetahui kemajuan dan hasil belajar pelajar selama satu semester; Sebagai bahan acuan perbaikan sistem belajar mengajar kedepannya; Memotivasi para siswa melalui cara mengenal diri serta merangsang untuk melakukan perbaikan kedepannya.

 

Sebagai bahan contoh atau bahan Latihan berikut ini disahrekan Kumpulan yang dapat di download Latihan Soal UTS PTS Kelas 3 SD Semester 2 (Genap) Kurikulum 2013 Tahun Pelajaran 2021/2022 melalui link yang tersedia.

 

Latihan Soal PTS UTS Bahasa Indonesia Kelas 3 SD MI Kurikulum 2013 Semester 2 (Genap) ---disini---

Latihan Soal PTS UTS Bahasa Jawa Kelas 3 SD MI Kurikulum 2013 Semester 2 (Genap) ---disini---

Latihan Soal PTS IPA Kelas 3 SD MI Kurikulum 2013 Semester 2 (Genap) ---disini---

Latihan Soal PTS UTS IPS Kelas 3 SD MI Kurikulum 2013 Semester 2 (Genap) ---disini---

Latihan Soal PTS UTS Matematika Kelas 3 SD MI Kurikulum 2013 Semester 2 (Genap) ---disini---

Latihan Soal PTS UTS PJOK – Penjas Orkes  Kelas 3 SD MI Kurikulum 2013 Semester 2 (Genap) ---disini---

Latihan Soal PTS UTS PPKn  Kelas 3 SD MI Kurikulum 2013 Semester 2 (Genap) ---disini---

Latihan Soal PTS UTS PAI BK (Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti) Kelas 3 SD MI Kurikulum 2013 Semester 2 (Genap) ---disini---

Latihan Soal PTS UTS Seni Budaya dan Prakraya (SBP - SBdP) Kelas 3 SD MI Kurikulum 2013 Semester 2 (Genap) ---disini---

 

Demikian informasi tentang Latihan Soal UTS PTS Kelas 3 SD Semester 2 (Genap) Kurikulum 2013 Tahun Pelajaran 2021/2022. Semoga ada manfaatnya, terima kasih.




= Baca Juga =



1 Comments

  1. Terima kasih, informasi sangat bermanfaat. Kami menunggu update informasi lainnya.

    ReplyDelete

Post a Comment

Previous Post Next Post