Capaian Pembelajaran CP PAI BP SD SMP SMA SMK Tahun 2025 2026 ditetapkan melalui Keputusan Kepala Badan Standar, Kurikulum, Dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan Dasar Dan Menengah atau Kepmendikdasmen Nomor 046/H/KR/2025 Tentang Capaian Pembelajaran Pada Pendidikan Anak Usia Dini.
Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti adalah pendidikan yang memberikan pengetahuan dan membentuk sikap, kepribadian, dan keterampilan murid dalam mengamalkan ajaran agama Islam. Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti merupakan salah satu mata pelajaran wajib dalam Kurikulum sebagai perwujudan unsur pokok agama (iman, Islam, dan ihsan). Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti diarahkan untuk menyiapkan murid agar memiliki pemahaman dan menerapkan dasar-dasar agama Islam pada kehidupan sehari-hari dalam wadah Negara Kesatuan Republik Indonesia, meliputi (1) kecenderungan kepada kebaikan (al-ḥanīfiyyah); (2) akhlak mulia (makārim al-akhlāq); (3) sikap toleransi (al-samḥah); dan (4) kasih sayang untuk alam semesta (raḥmat li al-ālamīn). Keempat hal tersebut tergambarkan melalui elemen Al-Qur’an Hadis, akidah, akhlak, fikih, dan sejarah peradaban Islam.
Mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan
Budi Pekerti menjadi pedoman bagi murid dalam melaksanakan ajaran Islam dan
menerapkan akhlak mulia dalam kehidupan sehari-hari. Dengan memahami Pendidikan
Agama Islam dan Budi Pekerti, murid mampu menghadapi tantangan yang terjadi
dalam kehidupan sehari-hari sehingga dapat mengoptimalkan potensi dirinya.
Ruang lingkup Pendidikan Agama Islam dan Budi
Pekerti mencakup hubungan manusia dengan Allah Swt. (ḥablumin Allāh), sesama manusia
(ḥabl min al-nās), dan lingkungan alam (ḥabl min al-ālam).
Untuk itu, perlu pendekatan beragam yang berpihak
pada murid Muatan materi pada Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti terdiri
atas lima elemen, yaitu Al-Qur'an Hadis, akidah, akhlak, fikih, dan sejarah
peradaban Islam. Melalui muatan materi tersebut, pembelajaran Pendidikan Agama
Islam dan Budi Pekerti dapat berkontribusi dan menguatkan terbentuknya dimensi
profil lulusan.
Tujuan mata pelajaran PAI BP
Mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan
Budi Pekerti bertujuan untuk membimbing murid agar:
a)
beriman,
bertakwa kepada Allah Swt., dan berakhlak mulia;
b)
menjadi
pribadi yang memahami dengan baik prinsip-prinsip agama Islam terkait akidah berdasar
ahl al-sunnah wa al-jamā‘ah, syariat, akhlak mulia, dan perkembangan sejarah
peradaban Islam;
c)
mampu
menerapkan prinsip-prinsip Islam dalam berpikir sehingga dapat menyimpulkan
sesuatu dan mengambil keputusan dengan benar, tepat, dan arif;
d)
mampu
bernalar kritis dalam menganalisis perbedaanpendapat sehingga berperilaku
moderat (wasaṭiyyah);
e)
menyayangi
lingkungan alam dan menumbuhkan rasa tanggung jawab sebagai khalifah di muka
bumi; dan
f)
menjunjung
tinggi nilai persatuan dan kesatuan sehingga dapat menguatkan persaudaraan kemanusiaan
(ukhuwwah basyariyyah), persaudaraan seagama (ukhuwwah Islāmiyyah), dan persaudaraan
setanah air (ukhuwwah waṭaniyyah
Karakteristik mata pelajaran PAI BP
Mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan
Budi Pekerti sebagai satu kesatuan sistem pembelajaran bertujuan untuk
membangun dan mengembangkan murid menjadi hamba Allah Swt. yang berakhlak mulia
berdasarkan pemahaman yang benar dari bangunan ilmu yang terdiri atas Al-Qur'an
Hadis, akidah, akhlak, fikih, dan sejarah peradaban Islam.
Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti
mencakup elemen yang meliputi (1) Al-Qur'an Hadis, (2) akidah, (3) akhlak, (4)
fikih, dan (5) sejarah peradaban Islam. Elemen dan deskripsi elemen mata
pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti adalah sebagai berikut.
|
|
Al-Qur’an
Hadis |
Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti menekankan
pemahaman Al-Qur’an dan hadis secara tekstual dan kontekstual yang teraktualisasikan
sebagai nilai kehidupan. |
Akidah
|
Akidah berkaitan dengan prinsip keyakinan yang
akan mengantarkan murid dalam memahami iman kepada Allah, para malaikat, kitab-kitab
Allah, nabi dan rasul, hari akhir serta qadā’ dan qadr. Keimanan ini menjadi landasan dalam
melakukan amal saleh dan berakhlak mulia. |
Akhlak |
Akhlak merupakan buah dari iman dan ilmu yang
mewarnai keseluruhan elemen dalam Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti. Akhlak
juga menjadi ukuran kesempurnaan manusia dalam kehidupan pribadi dan sosial. Elemen
akhlak dikelompokkan Elemen akhlak dikelompokkan dalam perilaku
baik (maḥmūdah) dan perilaku tercela (mażmūmah). Pemahaman ini dapat
mendorong murid untuk berusaha memilih dan melatih diri (riyāḍah), disiplin
(tahżīb), dan upaya sungguh-sungguh dalam mengendalikan diri (mujāhadah) supaya
berperilaku baik terhadap Allah Swt., diri sendiri, sesama manusia, dan lingkungan alam. |
Fikih |
Fikih merupakan interpretasi atas syariat yang
memberikan pemahaman tentang hukum yang berkaitan dengan perbuatan mukalaf yang
mencakup hubungan kepada Allah Swt. dan sesama manusia. |
Sejarah Peradaban Islam |
Sejarah Peradaban Islam menekankan pada kemampuan
memahami sejarah untuk menjadi ibrah, teladan, dan inspirasi generasi penerus
bangsa dalam menyikapi dan menyelesaikan berbagai permasalahan dalam membangun
peradaban. |
Capaian Pembelajaran CP PAI BP SD SMP SMA SMK Tahun 2025 2026
1. Fase A (Umumnya untuk Kelas I dan II SD/MI/Program
Paket A)
Pada akhir Fase A, murid
memiliki kemampuan sebagai berikut.
1.1. Al-Qur’an Hadis
Memahami huruf hijaiah
berharakat, huruf hijaiah bersambung, Surah al-Fātiḥah, beberapa surah pendek Al-Qur’an,
dan hadis tentang kebersihan.
1.2. Akidah
Memahami rukun iman,
iman kepada Allah Swt., beberapa asmaulhusna, dan iman kepada malaikat.
1.3. Akhlak
Memahami akhlak terhadap
Allah Swt. Dengan menyucikan dan memuji-Nya dan akhlak terhadap diri sendiri.
1.4. Fikih
Memahami rukun Islam,
syahadatain, tata cara bersuci, salat fardu, azan, ikamah, zikir , dan berdoa
setelah salat.
1.5. Sejarah
Peradaban Islam
Memahami kisah
beberapa nabi dan rasul.
2. Fase B (Umumnya untuk Kelas III dan IV SD/MI/Program
Paket A)
Pada akhir Fase B, murid
memiliki kemampuan sebagai berikut.
2.1. Al-Qur’an Hadis
Memahami beberapa surah
pendek, ayat Al-Qur’an dan hadis tentang kewajiban salat dan menjaga hubungan
baik dengan sesama.
2.2. Akidah
Memahami sifat-sifat
Allah Swt., beberapa asmaulhusna, iman kepada kitab-kitab Allah Swt. dan
rasul-rasul Allah Swt.
2.3. Akhlak
Memahami akhlak terhadap
Allah Swt. Dengan berbaik sangka kepada-Nya, akhlak terhadap orang tua,
keluarga, dan pendidik.
2.4. Fikih
Memahami puasa, salat
jumat dan salat sunah, balig dan tanggung jawab yang menyertainya (taklīf).
2.5. Sejarah
Peradaban Islam
Memahami kisah Nabi
Muhammad saw. Sebelum dan sesudah menjadi rasul periode Makkah.
3. Fase
C (Umumnya untuk Kelas V dan VI SD/MI/Program Paket A)
Pada akhir Fase C, murid
memiliki kemampuan sebagai berikut.
3.1. Al-Qur’an
Hadis
Memahami beberapa surah
pendek dan ayat Al-Qur’an serta hadis tentang keragaman.
3.2. Akidah
Memahami beberapa
asmaulhusna, iman kepada hari akhir , qadāʾ dan qadr.
3.3. Akhlak
Memahami akhlak terhadap
Allah Swt. Dengan berdoa dan bertawakal kepada-Nya, akhlak terhadap teman, tetangga,
non muslim, hewan, dan tumbuhan.
3.4. Fikih
Memahami puasa sunah,
zakat, infak, sedekah, hadiah, makanan dan minuman yang halal dan haram.
3.5. Sejarah
Peradaban Islam
Memahami kisah Nabi Muhammad
saw. Periode Madinah dan khulafaurasyidin.
4. Fase
D (Umumnya untuk Kelas VII, VIII dan IX SMP/MTs/Program Paket B)
Pada akhir Fase D, murid
memiliki kemampuan sebagai berikut.
4.1. Al-Qur’an Hadis
Memahami ayat Al-Qur’an
dan hadis tentang pentingnya iman, takwa, toleransi, cinta tanah air , semangat
keilmuan dan sabar dalam menghadapi musibah dan ujian.
4.2. Akidah
Memahami rukun iman dan
hal-hal yang dapat meneguhkan iman.
4.3. Akhlak
Memahami ikhlas, bersyukur
kepada Allah Swt., cinta rasul, husnuzan, kasih sayang kepada sesama dan
lingkungan alam.
4.4. Fikih
Memahami ketentuan sujud,
salat, kewajiban terhadap jenazah, haji dan umrah, penyembelihan hewan, kurban,
akikah, dan rukhsah dalam perspektif mazhab fikih.
4.5. Sejarah
Peradaban Islam
Memahami peradaban Bani
Umayyah, Abbasiyyah, Fatimiyah, Turki Usmani, Syafawi, dan Mughal.
5. Fase
E (Umumnya untuk Kelas X SMA/MA/SMK/MAK/Program Paket C)
Pada akhir Fase E, murid
memiliki kemampuan sebagai berikut.
5.1. Al-Qur’an Hadis
Memahami ayat Al-Qur’an
dan hadis tentang perintah berlomba-lomba dalam kebaikan, larangan pergaulan
bebas, dan zina.
5.2. Akidah
Memahami beberapa cabang
iman (syu‘ab al-īmān).
5.3. Akhlak
Memahami manfaat
menghindari penyakit hati.
5.4. Fikih
Memahami sumber hukum
Islam dan pentingnya menjaga lima prinsip dasar hokum Islam (al-kulliyāt
al-khamsah).
5.5 Sejarah
Peradaban Islam
Memahami sejarah masuknya
Islam ke Indonesia dan peran tokoh ulama dalam penyebarannya.
6. Fase
F (Umumnya untuk Kelas XI dan XII SMA/ MA/ SMK/ MAK/ Program Paket C)
Pada akhir Fase F , murid
memiliki kemampuan sebagai berikut.
6.1. Al-Qur’an Hadis
Memahami ayat Al-Qur’an
dan hadis tentang pentingnya berpikir kritis, ilmu pengetahuan dan teknologi, memelihara
kehidupan manusia, dan moderasi beragama.
6.2. Akidah
Memahami beberapa cabang
iman (syu‘ab al-īmān), keterkaitan antara iman, Islam, dan ihsan.
6.3. Akhlak
Memahami manfaat
menghindari penyakit sosial; Memahami adab bermasyarakat dan etika digital dalam
Islam.
6.4. Fikih
Memahami ketentuan khotbah,
tablig dan dakwah, muamalah, munakahat, dan mawāris.
6.5. Sejarah Peradaban
Islam
Memahami peran tokoh
ulama dalam perkembangan peradaban Islam di dunia dan peran
organisasi-organisasi Islam di Indonesia.
Demikian informasi tentang Capaian Pembelajaran CP PAI BP SD SMP SMA
SMK Tahun 2025 2026 berdasarkan Kepmendikdasmen Nomor 046/H/KR/2025. Semoga ada manfaatnya
Post a Comment for "CAPAIAN PEMBELAJARAN PAI BP SD SMP SMA SMK TAHUN 2025 2026"