Latihan Soal Penilaian (Asesmen) Sumatif Akhir Jenjang (PSAJ atau ASAJ) SMP Tahun 2024


Latihan Soal Penilaian (Asesmen) Sumatif Akhir Jenjang (PSAJ atau ASAJ) SMP Tahun 2024. Penilaian (assessment) adalah istilah umum yang mencakup semua metode yang biasa digunakan untuk menilai untuk kerja individu atau kelompok peserta didik. Selain itu, penilaian hasil belajar mencakup pengukuran dan evaluasi yang merupakan kegiatan bersifat hierarki. Maksudnya kegiatan ini dilakukan secara berurutan, dimulai dengan pengukuran, kemudian penilaian, dan terakhirevaluasi.

 

Antara penilaian pengukuran dan evaluasi terdapat saling keterkaitan. Mengukur adalah membandingkan sesuatu dengan satu ukuran. Pengukuran bersifat kuantitatif. Menilai adalah mengambil suatu keputusan terhadap sesuatu dengan ukuran baik, buruk. Penilaian bersifat kualitatif. Sedangkan mengadakan evaluasi meliputi kedua langkah diatas, yakni mengukur dan menilai. Jadi Evaluasi dan penilaian lebih bersifat komperehensif yang meliputi pengukuran, dan tes. Tes merupakan salah satu alat (instrument) pengukuran.

 

Namun pengukuran lebih membatasi pada gambaran yang bersifat kuantitatif (angka-angka) tentang kemajuan belajar peserta didik (learning progress), sedangkan evaluasi dan penilaian lebih bersifat kualitatif. Dalam kegiatan evaluasi, fungsi alat juga untuk memperoleh hasil yang lebih baik sesuai dengan kenyataan yang dievaluasi. Disamping itu, evaluasi dan penilaian pada hakikatnya merupakan suatu proses membuat keputusan tentang nilai suatu objek. Keputusan penilaian (value judgement) tidak hanya didasarkan pada hasil pengukuran (quantitative description), tetapi dapat pula didasarkan pada hasil pengamatan dan wawancara (qualitative description).

 

Hasil asesmen atau penilaian peserta didik dinyatakan kompeten apabila telah menguasai domain-doamin sebagai berikut:

a. Kognitif (Cognitive), domain ini meliputi aspek-aspek: pengetahuan (knowledge), pemahaman (comprehension), penerapan (application), analisis(analysis), sintesis(synthesis), dan penilaian (evaluation).

b. Sikap (Attitude), domain ini meliputi aspek-aspek: penerimaan (receiving), kemampuan merespon (responding), kemampuan menghargai (valuing), pengorganisasian atau pengintegrasian (integration), pengkarakterisasian (characterization).

c. Keterampilan (Psikomotor-skill), domain ini meliputi aspek-aspek: persepsi (perception), kesiap-sediaan (mentalset), respon/gerakan terpimpin/terbimbing (guidedrespons), gerakan khas/kompleks, yang menunjukkan taraf keterampilan/kemahiran tertentu (skillful) serta profisiensi (koordinatif), dan gerakan penyesuaian (adaptation).

 

Sebelum admin Latihan Soal Penilaian (Asesmen) Sumatif Akhir Jenjang (PSAJ atau ASAJ) SMP SMPLB dan Paket C Tahun 2024. Perlu diketahui bahwa asesmen atau penilaian terhadap hasil belajar peserta didik harus dilakukan dengan memperhatikan prinsip-prinsip penilaian yakni: a) Sahih (valid), yakni penilaian didasarkan pada data yang mencerminkan kemampuan yang diukur; b) Objektif, yakni penilaian didasarkan pada prosedur dan kriteria yang jelas, tidak dipengaruhi subjektivitas penilai; c) Adil, yakni penilaian tidak menguntungkan atau merugikan peserta didik,dan tidak membedakan latar belakang sosial, ekonomi, budaya, agama, bahasa, suku bangsa, dan jender; d) Terpadu, yakni penilaian merupakan komponen yang tidak terpisahkan dari kegiatan pembelajaran; e) Terbuka, yakni prosedur penilaian, kriteria penilaian, dan dasar pengambilan keputusan dapat diketahui oleh pihak yang berkepentingan; f) Menyeluruh dan berkesinambungan, yakni penilaian mencakup semua aspek kompetensi dengan menggunakan berbagai teknik yang sesuai, untuk memantau perkembangan kemampuan peserta didik; g) Sistematis, yakni penilaian dilakukan secara berencana dan bertahap dengan mengikuti langkah-langkah yang baku; h) Menggunakan acuan kriteria, yakni penilaian didasarkan pada ukuran pencapaian kompetensi yang ditetapkan; i) Akuntabel, yakni penilaian dapat dipertanggung jawabkan, baik dari segi teknik, prosedur, maupun hasilnya.

 

Hasil belajar adalah sebagai terjadinya perubahan tingkah laku pada diri seseorang yang dapat diamati dan diukur bentuk pengetahuan, sikap dan keterampilan. Perubahan tersebut dapat diartikan sebagai terjadinya peningkatan dan pengembangan yang lebih baik dari sebelumnya dan yang tidak tahu menjadi tahu. Hasil belajar dapat diartikan sebagai hasil maksimum yang telah dicapai oleh seseorang siswa setelah mengalami proses belajar mengajar dalam mempelajari materi pelajaran tertentu. Hasil belajar tidak mutlak berupa nilai saja, akan tetapi dapat berupa perubahan, penalaran, kedisiplinan, keterampilan dan lain sebagainya yang menuju pada perubahan positif.

 

Oleh karena itu hasil belajar merupakan proses untuk menentukan nilai belajar siswa melalui kegiatan penilaian atau pengukuran hasil belajar. Adapun tujuan utamanya adalah untuk mengetahui tingkat keberhasilan yang dicapai oleh siswa setelah mengikuti suatu kegiatan pembelajaran, dimana tingkat keberhasilan tersebut kemudian ditandai dengan skala nilai berupa huruf atau kata atau symbol.

 

Hasil belajar menunjukkan kemampuan siswa yang sebenarnya yang telah mengalami proses pengalihan ilmu pengetahuan dari seseorang yang dapat dikatakan dewasa atau memiliki pengetahuan kurang. Jadi dengan adanya hasil belajar, orang dapat mengetahui seberapa jauh siswa dapat menangkap, memahami, memiliki materi pelajaran tertentu. Atas dasar itu pendidik dapat menentukan strategi belajar mengajar yang lebih baik. Hasil belajar atau hasil penilaian/asesmen ini pada akhlirnya difungsikan dan ditunjukan untuk keperluan berikut ini:

a. Untuk seleksi, hasil dari belajar seringkali digunakan sebagai dasar untuk menentukan siswa-siswa yang paling cocok untuk jenis jabatan atau jenis pendidikan tertentu.

b. Untuk kenaikan kelas, untuk menentukan apakah seseorang siswa dapat dinaikkan ke kelas yang lebih tinggi atau tidak, memerlukan informasi yang dapat mendukung keputusan yang dibuat guru.

c. Untuk penempatan, agar siswa dapat berkembang sesuai dengan tingkat kemampuan dan potensi yang mereka miliki, maka perlu dipikirkan ketepatan penempatan siswa pada kelompok yang sesuai.

 

Penilaian/asesmen hasil belajar mencakup tiga ranah yaitu:

1) Ranah Kognitif

Adalah ranah yang mencakup kegiatan mental (otak). Segala upaya yang menyangkup aktivitas otak adalah termasuk ranah kognitif. Ranah kognitif itu terdapat enam jenjang proses berfikir yaitu: knowledge (pengetahuan/ hafalan/ ingatan), compherehension (pemahaman), application (penerapan), analysis (analisis), syntetis(sintetis), evaluation (penilaian).

2) Ranah afektif

Ranah afektif adalah ranah yang berkenaan dengan sikap seseorang dapat diramalkan perubahannya bila seseorang telah memiliki penguasaan kognitif tingkat tinggi. Tipe hasil belajar afektif akan Nampak pada murid dalam berbagai tingkahlaku seperti: perhatiannya terhadap pelajaran, disiplin, motivasi belajar, menghargai guru dan teman sekelas, kebiasan belajar dan hubungan sosial.

3) Ranah psikomotorik.

Hasil belajar psikomotor dikemukakan oleh simpson. Hasil belajar ini tampak dalam bentuk keterampilan (skill), dan kemampuan bertindak individu. Ada enam tingkatan keterampilan, yakni: gerakan reflek (keterampilan pada gerakan yang tidak sadar), keterampilan pada gerak-gerak sadar, kemampuan perceptual, termasuk di dalamnya membedakan visual, membedakan auditif, motorik dan lain-laian, kemampuan di bidang fisik, misalnya kekuatan, keharmonisan dan ketetapan, gerakan-gerakan skill, mulai keterampilan sederhana sampai pada keterampilan yang komplek, kemampuan yang berkenaan dengan komunikasi nondecursive, seperti gerakan ekspresif dan interpretatif.

 

Berikut ini kumpulan Latihan Soal Penilaian (Asesmen) Sumatif Akhir Jenjang (PSAJ atau ASAJ) SMP Tahun 2024, yang dapat digunakan sebagai sarana persiapan serta meningkatkan pengetahuan.


Latihan Online Soal Penilaian Sumatif Akhir Jenjang (PSAJ - ASAJ) IPA SMP Tahun 2024 (DISINI)

Latihan Online Soal Penilaian Sumatif Akhir Jenjang (PSAJ - ASAJ) MATEMATIKA SMP Tahun 2024 (DISINI)

Latihan Online Soal Penilaian Sumatif Akhir Jenjang (PSAJ - ASAJ) Bahasa Indonesia Smp Tahun 2024 (DISINI)

Latihan Online Soal Penilaian Sumatif Akhir Jenjang (PSAJ - ASAJ) Bahasa Inggris SMP Tahun 2024 (DISINI)

Latihan Online Soal Penilaian Sumatif Akhir Jenjang (PSAJ - ASAJ) IPA SMP Tahun 2024 Versi 2 (BACA DISINI)

Latihan Online Soal Penilaian Sumatif Akhir Jenjang (PSAJ - ASAJ) Matematika SMP Tahun 2024 Versi 2 (Baca Disini)

Latihan Online Soal Penilaian Sumatif Akhir Jenjang (PSAJ - ASAJ) Bahasa Inggris SMP Tahun 2024 Versi 2 (Baca DISINI)

Latihan Online Soal Penilaian Sumatif Akhir Jenjang (PSAJ - ASAJ) Bahasa Indonesia SMP Tahun 2024 Versi 2 (Baca DISINI)

Soal Dan Kunci Jawaban Penilaian Sumatif Akhir Jenjang (PSAJ - ASAJ) Matematika SMP ---DISINI--

Soal Dan Kunci Jawaban Penilaian Sumatif Akhir Jenjang (PSAJ - ASAJ) IPA SMP 2024-2025 ---DISINI--

Soal Dan Kunci Jawaban Penilaian Sumatif Akhir Jenjang (PSAJ - ASAJ) Bahasa Indonesia SMP 2024-2025 ---DISINI--

Soal Dan Kunci Jawaban Penilaian Sumatif Akhir Jenjang (PSAJ - ASAJ) Bahasa Inggris SMP 2024-2025 ---DISINI--

Latihan Online Soal Penilaian Sumatif Akhir Jenjang (PSAJ - ASAJ) PAI SMP Tahun 2024 (Baca DISINI)

Latihan Online Soal Penilaian Sumatif Akhir Jenjang (PSAJ - ASAJ) PPKN (PKn) SMP Tahun 2024 (Baca DISINI)

Latihan Online Soal Penilaian Sumatif Akhir Jenjang (PSAJ - ASAJ) IPS Kurikulum 2013 SMP Tahun 2024 (Baca DISINI)

Latihan Online Soal Penilaian Sumatif Akhir Jenjang (PSAJ - ASAJ) PPKN (PKn) Kurikulum 2013 Smp Tahun 2024 (Baca DISINI)

Latihan Soal Penilaian Sumatif Akhir Jenjang (PSAJ - ASAJ) Bahasa Indonesia SMP - MTS Kurikulum 2013 Tahun 2024 (DISINI)

Latihan Soal Penilaian Sumatif Akhir Jenjang (PSAJ - ASAJ) Bahasa Indonesia SMP - MTS Tahun 2024-2025 (DISINI)

Latihan Soal Penilaian Sumatif Akhir Jenjang (PSAJ - ASAJ) IPA SMP - MTS Kurikulum 2013 Tahun 2024-2025 (DISINI)

Latihan Soal Penilaian Sumatif Akhir Jenjang (PSAJ - ASAJ) IPA SMP - MTS Tahun 2024-2015 (DISINI)

Latihan Soal Penilaian Sumatif Akhir Jenjang (PSAJ - ASAJ) Bahasa Inggris SMP - MTS Kurikulum 2013 Tahun 2024 (DISINI)

Latihan Soal Penilaian Sumatif Akhir Jenjang (PSAJ - ASAJ) Bahasa Inggris SMP - MTS Tahun 2024-2025 (DISINI)

Latihan Soal Penilaian Sumatif Akhir Jenjang (PSAJ - ASAJ) Matematika SMP - MTS Kurikulum 2013 Tahun 2024 (DISINI)

Latihan Soal Penilaian Sumatif Akhir Jenjang (PSAJ - ASAJ) Matematika SMP - MTS Tahun 2024 (DISINI)

Latihan Soal Penilaian Sumatif Akhir Jenjang (PSAJ - ASAJ) Pend. Pancasila PPKN SMP - MTS Kurikulum 2013 Tahun 2023 (DISINI)

Latihan Soal Penilaian Sumatif Akhir Jenjang (PSAJ - ASAJ) Pendidikan Pancasila PPKN SMP - MTS Tahun 2024 (DISINI)

Latihan Soal Penilaian Sumatif Akhir Jenjang (PSAJ - ASAJ) IPS SMP - MTS Kurikulum 2013 Tahun 2024 (DISINI)

Latihan Soal Penilaian Sumatif Akhir Jenjang (PSAJ - ASAJ) IPS SMP - MTS Kurikulum Merdeka Tahun 2024 (DISINI)

Latihan Soal Penilaian Sumatif Akhir Jenjang (PSAJ - ASAJ) Pendidikan Agama Islam (PAI) SMP - MTS Kurikulum 2013 Tahun 2024 (DISINI)

Latihan Soal Penilaian Sumatif Akhir Jenjang (PSAJ - ASAJ) Pendidikan Agama Islam (PAI) SMP - MTS Kurikulum Merdeka Tahun 2024 (DISINI)

Latihan Soal Penilaian Sumatif Akhir Jenjang (PSAJ - ASAJ) Penjaskes - Penjasorkes SMP - MTS Kurikulum 2013 Tahun 2024 (DISINI)

Latihan Soal Penilaian Sumatif Akhir Jenjang (PSAJ - ASAJ) Penjaskes - Penjasorkes SMP - MTS Kurikulum Merdeka Tahun 2024 (DISINI)

Latihan Soal Penilaian Sumatif Akhir Jenjang (PSAJ - ASAJ) Seni Budaya SMP - MTS Kurikulum 2013 Tahun 2024 (DISINI)

Latihan Soal Penilaian Sumatif Akhir Jenjang (PSAJ - ASAJ) Seni Budaya SMP - MTS Kurikulum Merdeka Tahun 2024 (DISINI)

Latihan Soal Penilaian Sumatif Akhir Jenjang (PSAJ - ASAJ) Prakarya SMP - MTS Kurikulum 2013 Tahun 2024 (DISINI)

Latihan Soal Penilaian Sumatif Akhir Jenjang (PSAJ - ASAJ) TIK SMP - MTS Kurikulum Merdeka Tahun 2024 (DISINI)

 

Demikian informasi tentang Latihan Soal Penilaian (Asesmen) Sumatif Akhir Jenjang (PSAJ atau ASAJ) SMP Tahun 2024. Semoga ada manfaatnya.


= Baca Juga =


Post a Comment

Previous Post Next Post