Instrumen Akreditasi PAUD Sekolah Madrasah Tahun 2024

Perangkat dan Instrumen Akreditasi PAUD Sekolah Madrasah Tahun 2024?


Bagaimana Perangkat dan Instrumen Akreditasi PAUD Sekolah Madrasah Tahun 2024? Sebagaimana diketahui pada tahun 2023 pelaksanaan akreditasi sekolah madrasah masih menggunakan Instrumen Akreditasi Sekolah Madrasah atau IASP 2020 dan sedangkan pelaksanaan akreditasi jenjang PAUD menggunkan Instrumen Akreditasi PAUD dan PNF Tahun 2021.


Lalu bagaimana dengan pelaksanaan akreditasi tahun 2024? Akreditasi tahun 2024 akan menggunakan instrumen baru, hal ini karena berdasarkan Permendikbudristek Nomor 38 Tahun 2023 Tentang Akreditasi Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, Dan Pendidikan Menengah pada Pasal 57 dinyatakan bahwa pada saat Peraturan Menteri ini mulai berlaku:

a. mekanisme dan instrumen Akreditasi Satuan Pendidikan Anak Usia Dini pada saat berlakunya Peraturan Menteri ini, tetap berlaku sepanjang tidak bertentangan dengan Peraturan Menteri ini paling lama sampai dengan tanggal 31 Desember 2025; dan

b. mekanisme dan instrumen Akreditasi Satuan Pendidikan Dasar, Satuan Pendidikan Menengah (IASP 2020) dan Program Pendidikan Kesetaraan pada saat berlakunya Peraturan Menteri ini, tetap berlaku sepanjang tidak bertentangan dengan Peraturan Menteri ini, paling lama sampai dengan tanggal 31 Desember 2023.


Instrumen Akreditasi PAUD Sekolah Madrasah Tahun 2024 terdiri dari 17 (tujuh belas) butir umum yang dapat digunakan oleh seluruh tingkat dan jenis layanan. Penyusunan Instrumen Akreditasi untuk PAUD, Dasmen, SMK, SLB dan PKBM adalah berdasarkan kontekstualisasi dari butir umum tersebut. Penggalian data dilakukan untuk membuktikan apakah sudah terjadi peristiwa atau kondisi di layanan yang bentuk penerapannya dapat sangat beragam antar sekolah.

 

Pada akrediasi 2024, Asesor hanya menentukan suatu indikator terpenuhi atau tidak berdasarkan hasil wawancara, observasi dan dokumen. Penentuan skor level per butir kemudian dilakukan otomatis oleh sistem.yang dikembangkan oleh BAN-PDM. Asesor serta BAN-P tidak mengetahui hasil akhir akreditasi hingga hasil akhir ditetapkan oleh oleh BAN-PDM (Pusat)

 

Instrumen Akreditasi PAUD Sekolah Madrasah Tahun 2024 terdiri empat komponen, yakni Hasil Belajar, Kinerja Pendidik dalam Proses Pembelajaran, Iklim Lingkungan Belajar dan Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Pengelolaan Satuan Pendidikan. Komponen Hasil Belajar terkait dengan bagaimana Satuan pendidikan mampu membangun kompetensi dan karakter yang selaras dengan SKL dan diperlukan oleh peserta didik untuk kebaikan bersama. Komponen Kinerja Pendidik dalam Proses Pembelajaran terkait dengan bagaimana pendidik mampu merancang dan melaksanakan proses pembelajaran, melalui pengelolaan kelas, interaksi empatik yang memberikan dukungan psikologis pada peserta didik, serta strategi pembelajaran yang secara efektif membangun kompetensi dan karakter peserta didik dengan memperhatikan kebutuhan belajarnya. Komponen Iklim Lingkungan Belajar terkait dengan bagaimana Satuan pendidikan mampu membangun iklim lingkungan belajar yang aman, sehat, inklusif, dan berkebinekatunggalikaan. Komponen Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Pengelolaan Satuan Pendidikan terkait dengan bagaimana Kepala Sekolah mampu mengelola pembelajaran, PTK, sarana/prasarana, dan sumber daya lainnya secara partisipatif, transparan, dan akuntabel untuk mewujudkan visi misi satuan pendidikan dan perbaikan layanan secara berkelanjutan.

 

Kelebihan dari perangkat atau Instrumen Akreditasi PAUD Sekolah Madrasah Tahun 2024, antara lain: a) aspek kualitas yang diukur dapat dipahami oleh asesor dan masyarakat luas (bukan hafal butir, namun paham kondisi berkualitas seperti apa yang menjadi fokus pengukuran dan perbaikan berkelanjutan); b) memberi kepercayaan dan ruang bagi satuan pendidikan untuk dapat menjelaskan prosesnya dalam mencapai kondisi kualitas yang diharapkan; c) mengurangi beban asesor untuk melakukan professional judgment terlalu besar.

 

Perangkat atau Instrumen Akreditasi PAUD Sekolah Madrasah Tahun 2024 ini dapat Anda download melalui link yang tersedia, apabila Instrumen Akreditasi PAUD Sekolah Madrasah Tahun 2024 ini telah disahkan melalui Kepmendikbudrsitek tentang Kriteria dan Perangkat Akreditasi Pendidikan Anak Usia Dini, Dasar dan Menengah. Link download Perangkat atau InstrumenAkreditasi Pendidikan Anak Usia Dini, Dasar dan Menengah.


Perlu disampaikan bahwa berdasarkan infomasi dari BAN PDM bahwa khusus Perangkat dan Instrumen Akreditasi PAUD PNF Tahun 2024 masih menggunakan Instrumen Akreditasi PAUD PNF Tahun 2021 yang dapat di download DISINI


Demikian informasi tentang Instrumen Akreditasi PAUD Sekolah Madrasah Tahun 2024. Semoga ada manfaatnya.


= Baca Juga =


No comments

Theme images by ainamulyana. Powered by Blogger.