Latihan Soal Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) Pusdiktan Tahun 2023/2024 dan Pembahasan


Latihan Soal Tes Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) Pusdiktan Tahun 2023/2024 dan Pembahasan. Kementerian Pertanian menyelenggarakan pendidikan tinggi vokasi pada 7 (tujuh) Politeknik yaitu Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) Medan, Bogor, Malang, Yogyakarta-Magelang, Gowa, Manokwari, dan Politeknik Enjiniring Pertanian Indonesia (PEPI) di Serpong, Banten di bawah naungan Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP) c.q Pusat Pendidikan Pertanian. Polbangtan dan PEPI disiapkan untuk mendidik dan mencetak SDM pertanian yang profesional, berdaya saing dan berjiwa kewirausahaan.

 

Sebelum admin membagikan Latihan Soal Tes Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) Pendidikan Tinggi Vokasi Lingkup Kementerian Pertanian (PMB Pusdiktan) Tahun 2023/2024, perlu diketahui bahwa Polbangtan dan PEPI menyelenggarakan program pendidikan Sarjana Terapan dan Diploma 3 bidang pertanian, peternakan, perkebunan, serta keteknikan pertanian dengan proporsi praktik lebih dari 60% untuk menajamkan kompetensinya. Pengakuan kompetensi peserta didik di Polbangtan dan PEPI dilakukan melalui sertifikasi kompetensi oleh lembaga sertifikasi pertanian.

 

Kementerian Pertanian juga menyelenggarakan pendidikan menengah vokasi pertanian yaitu Sekolah Menengah Kejuruan Pembangunan Pertanian (SMKPP) yaitu SMKPP Sembawa, SMKPP Banjarbaru, dan SMKPP Kupang, serta melakukan pembinaan pada SMK Pertanian di seluruh Indonesia melalui Polbangtan dan PEPI. Lulusan SMK Pertanian merupakan calon mahasiswa yang berpotensi dididik di Polbangtan dan PEPI mengingat penerapan pembelajaran praktik lebih dari 60% sehingga penguasaan teknis pertanian dan budaya pertanian telah dikuasai. Penerimaan mahasiswa baru terdiri atas jalur undangan, jalur umum, jalur kerjasama, jalur tugas belajar dan jalur prestasi yang dilakukan secara daring melalui website Pusat Pendidikan Pertanian sehingga dapat diakses secara luas.

 

Pada kesemptan ini admin akan membagikan Latihan Soal Tes Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) Pusdiktan Tahun 2023/2024 dan Pembahasan yang diperuntukkan bagi Anda yang akan mengikuti seleksi penerimaan mahasiswa baru baik melalui jalur Tugas Belajar; Undangan; Kerjasama; Umum; mapun POSKM.

Bagi Anda yang berminat menjadi Calon Mahasiswa Baru Pusdiktan, Persyaratan umum adalah: a) Warga Negara Indonesia (WNI); b) memiliki Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan Nomor Induk Siswa Nasional (NISN); c) memiliki ijazah/Surat Keterangan Hasil Ujian Nasional (SKHUN)/Surat Keterangan Lulus (SKL)/Surat Keterangan dari Kepala Sekolah yang menyatakan bahwa calon mahasiswa baru adalah siswa tahun terakhir pada Pendidikan menengah yang akan lulus pada tahun berjalan: (1) SMK-PP/ SMK Pertanian/ SMA IPA/ MA IPA untuk semua prodi di Polbangtan dan PEPI. (2) SMA IPS/MA IPS untuk Prodi penyuluhan dan Agribisnis di Polbangtan. (3) SMK Teknik untuk semua Prodi di PEPI dan Prodi Mekanisasi di Polbangtan. D) mengisi formulir pendaftaran calon mahasiswa baru; (1) jalur tugas belajar (terlampir pada Form 1); (2) jalur undangan (terlampir pada Form 2); (3) jalur kerjasama (terlampir pada Form 3); (4) jalur umum (terlampir pada Form 3); (5) jalur POSKM (terlampir pada Form 4). E) memiliki tinggi badan untuk calon: (1) - putri diutamakan paling kurang 155 cm; dan (2) putra diutamakan paling kurang 160 cm; f) melampirkan Surat Pemeriksaan Kesehatan (terlampir pada Form 5a, Form 5b dan Form 5c); g) melampirkan Surat Pernyataan Mentaati Peraturan Akademik, Surat Pernyataan kesanggupan untuk tidak menikah selama mengikuti pendidikan, kecuali jalur Tugas Belajar dan surat pernyataan tidak menuntut menjadi Aparatur Sipil Negara (terlampir pada Form 6); h) melampirkan Surat Persetujuan Pemilihan Program Studi dari instansi pengusul bagi jalur Tugas Belajar; i) melampirkan Surat penyataan kesanggupan menyelesaikan studi selama 4 tahun bagi Program Studi DIV dan 3 tahun bagi program Studi DIII (terlampir pada Form 7); j) setiap peserta dapat mendaftar pada 2 (dua) Prodi di 1 (satu) Lembaga Pendidikan Tinggi Vokasi Lingkup Kementerian Pertanian; dan k) lokasi ujian kompetensi dasar ditentukan oleh Lembaga Pendidikan Tinggi Vokasi tersebut.

 

Bagi Anda yang membutuhkan Latihan Soal Tes Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) Pendidikan Tinggi Vokasi Lingkup Kementerian Pertanian (PMB Pusdiktan) Tahun 2023/2024, berikut ini download kumpulan Latihan Soal Tes Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) Pusdiktan Tahun 2023/2024 yang diambil dari soal try out.


Link download Latihan Soal Tes Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) Pusdiktan Tahun 2023/2024 materi ujian Matematika dan Pembahasan (DISINI)

 

Link download Latihan Soal Tes Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) Pusdiktan Tahun 2023/2024 materi ujian Bahasa Inggris dan Pembahasan (DISINI)

 

Link download Latihan Soal Tes Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) Pusdiktan Tahun 2023/2024 materi ujian Teknis Pertanian dan Pembahasan (DISINI)

 

Link download Latihan Soal Tes Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) Pusdiktan Tahun 2023/2024 materi ujian Peminatan dan Pembahasan (DISINI)

 

 

Demikian informasi tentang Latihan Soal Tes Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) Pusdiktan Tahun 2023/2024 atau Latihan Soal Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) Pendidikan Tinggi Vokasi Lingkup Kementerian Pertanian (PMB Pusdiktan) Tahun 2023/2024. Semoga ada manfaatnya.



= Baca Juga =


Post a Comment

Previous Post Next Post