Link Contoh Program Kerja Pramuka Penegak SMA SMK Tahun 2023/2024 format PDF dan DOC/WORD


Link Contoh Program Kerja Pramuka Penegak SMA SMK Tahun 2023/2024 format PDF dan DOC/WORD akan admin sajikan pada akhir tulisan ini. Program Kerja Pramuka Penegak jenjang SMA SMK merupakan susunan rencana kegiatan kerja kepramukaan yang sudah dirancang dan telah disepekati bersama untuk dilaksanakan dalam jangka waktu tertentu. Program Kerja Pramuka Penegak jenjang SMA SMK harus dibuat agar organisasi kepramukan yang ada di SMA SMK bisa lebih tearah, sebab akan menjadi pegangan organisasi dalam mencapai sebuah tujuan.

 

Selengkapny berikut ini cuplikan Contoh Program Kerja Pramuka Penegak SMA SMK Tahun 2023/2024 format PDF dan DOC/WORD. Bagi Anda yang membutuhkan silahkan di download pada link yang admin sediakan.

 

 

 

KATA PENGANTAR

 

 

Puji syukur kami ucapkan ke hadirat Allah SWT, Tuhan yang Maha Esa atas rahmat dan hidayah-Nya kami dapat menyelesaikan penyusunan Progran Kerja Ektsrakurikuler Pramuka Gugus Depan (Gudep) Pangkalan SMA SMK ,,,,,,,,,,,,,,,,,,,, pada tahun ajaran 2023/2024.

 

Program kerja ini merupakan acuan bagi Pembina Pramuka serta Dewan Kerja Penegak Gudep Pangkalan SMA SMK ,,,,,,,,,,,,,,,,,,,, untuk menjalankan aktivitas atau kegiatan kePramukaan di lingkungan SMA SMK ,,,,,,,,,,,,,,,,,,,, dalam 1 (satu) periode. Dengan selesainya penyusunan program kerja ini, diharapkan pelaksanaan kegiatan kePramukaan pada Gudep Pangkalan SMA SMK ,,,,,,,,,,,,,,,,,,,, dapat terarah, terencana dan berhasil dengan baik sehingga berkontribusi positif bagi peningkatan mutu pendidikan di lingkungan SMA SMK ,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,.

 

Kami menyadari bahwa dalam penyusuan program kerja ini masih jauh dari sempurna. Oleh sebab itu saran dan kritik yang konstruktif kami harapkan demi kesempurnaan Progran Kerja Ektsrakurikuler Pramuka Gugus Depan Pangkalan SMA SMK ,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,. Akhirnya semoga program kerja ini bermanfaat bagi kita semua.

 

 

 

 

 

 

 

DAFTAR ISI

 

LEMBAR PENGESAHAN

 

KATA PENGANTAR

BAB I

 

PENDAHULUAN

A. LATAR BELAKANG

 

B. DASAR PEMIKIRAN

 

C. MAKSUD DAN TUJUAN

D. SASARAN

 

BAB II

 

STRUKTUR ORGANISASI

 

A. SUSUNAN MAJELIS PEMBIMBING GUGUS DEPAN

 

B. SUSUNAN DEWAN KERJA AMBALAN

 

C. DEWAN KEHORMATAN AMBALAN

 

D. STRUKTUR ORGANISASI GUGUS DEPAN

 

BAB III

 

PROGRAM KERJA GUGUS DEPAN

 

A. PROGRAM RUTIN

 

B. PROGRAM BERJANGKA

 

BAB IV

 

PENUTUP

 

 

 

 

BAB I

 

PENDAHULUAN

 

A.  LATAR BELAKANG

 

Pramuka sebagai satu-satunya wadah kegiatan kepanduan di SMA SMK ,,,,,,,,,,,,,,,,,,,, merupakan tempat pendidikan bagi anak-anak yang dilaksanakan dengan penuh kegembiraaan, penuh pendidikan dan dilakukan di luar jam-jam sekolah maupun jam-jam keluarga. Sebagai satu-satunya kegiatan kepanduan di SMA SMK ,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,, Pramuka diharapkan dapat memberikan peranan penting dalam peningkatan dan pembentukan sikap dan mental peserta didik menuju hal yang positif.

 

Untuk lebih berperan aktif dalam pembentukan sikap, maka diperlukan keseragaman langkah bagi pengelola gerakan Pramuka yang tergabung dalam suatu gugus depan, yang meliputi Majelis Pembimbing Gugus Depan, Dewan Pembina Ambalan, Dewan Kerja Ambalan, serta Anggota Gugus Depan. Karena tanpa kerja sama yang baik dari unsur-unsur tersebut, rasanya tidak mungkin Gerakan Pramuka SMA SMK ,,,,,,,,,,,,,,,,,,,, bisa berperan aktif dalam pembentukan sikap peserta didik.

 

Oleh sebab itu, untuk menyelaraskan dan menyeragamkan langkah, perlu disusun

 

Progran Kerja Gerakan Pramuka SMA SMK ,,,,,,,,,,,,,,,,,,,, Gugus Depan …… Ambalan ………. Tahun 2023 – 2024 yang berisikan segala sesuatu yang dapat mengatur langkah dan gerak dari gugus depan tersebut.

 

 

B.  DASAR PEMIKIRAN

 

Penyusunan Program Kerja Pramuka SMA SMK ,,,,,,,,,,,,,,,,,,,, ini didasari oleh:

 

1. Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga Gerakan Pramuka Hasil Keputusan Munas No. 11/Munas/2013 Tahun 2013

 

2. SK Gerakan Pramuka No. 231 Tahun 2007 Tentang Petunjuk Penyelenggaraan Gugus Depan Gerakan Pramuka

 

3. SK Gerakan Pramuka No. 202 Tahun 2007 Tentang Petunjuk Penyelenggaraan Sistem Pendidikan dan Latihan Gerakan Pramuka.

 

4. SK Gerakan Pramuka No. 220 Tahun 2007 Tentang Petunjuk Penyelenggaraan Pokok-Pokok Gerakan Pramuka

 

5. Adat Ambalan Kencana Pramuka SMA SMK ,,,,,,,,,,,,,,,,,,,, Hasil Rapat Ambalan Tahun 2023

 

6. Program Kerja Waka Kesiswaan SMA SMK ,,,,,,,,,,,,,,,,,,,, Tahun 2023 – 2024.

 

7. Program Kerja Pramuka SMA SMK ,,,,,,,,,,,,,,,,,,,, Tahun 2021 – 2023 (Tahun Sebelumnya)

 

 

C.  MAKSUD DAN TUJUAN

 

Tujuan yang hendak dicapai dengan disusunnya program kerja ini adalah :

 

 

1. Memberikan arahan kepada Dewan Kerja Ambalan agar pelakasanaan kegiatan Gerakan Pramuka SMA SMK ,,,,,,,,,,,,,,,,,,,, Tahun 2023 - 2024 dapat berjalan dengan baik.

 

2. Sebagai sarana peningkatan mutu pendidikan kepramukaan di sekolah.

 

 

D.  SASARAN

 

Sasaran pelaksanaan program kerja ini adalah unsur-unsur yang terdapat dalam suatu gugus depan yang meliputi:

 

1. Majelis Pembimbing Gugus Depan (Mabigus) yang diketuai oleh Kepala Sekolah yang dibantu dengan Urusan Kesiswaan, Urusan Kurikulum dan beberapa guru.

 

2. Unsur Pembina Pramuka yang merupakan unsur pelaksana kegiatan secara teknis dalam suatu gugus depan.

 

3. Peserta didik yang menjadi obyek pendidikan kepramukaan di sekolah.

 

 

Selengkapnya Silhkan download dan baca Contoh Program Kerja Pramuka Penegak SMA SMK Tahun 2023/2024 format PDF dan DOC/WORD.

 

Link Contoh Program Kerja Pramuka Penegak SMA SMK Tahun 2023/2024 format PDF dan DOC/WORD (DISINI)

 

Demikian informasi tentang Link Contoh Program Kerja Pramuka Penegak SMA SMK Tahun 2023/2024 format PDF dan DOC/WORD. Semoga ada manfaatnya, terima kasih.



= Baca Juga =


Post a Comment

Previous Post Next Post