Contoh Program Kerja Ekstrakurikuler OSIS SMP SMA SMK dan Contoh AD ART OSIS dalam format word aatau doc dan pdf Tahun 2023/2024


Link download  Contoh Program Kerja Ekstrakurikuler OSIS SMP SMA SMK dan Contoh AD ART OSIS Tahun 2023/2024 dalam format word aatau doc dan pdf tersedia pada akhir tulisan ini. Sebagaimana diketahui salah satu kegiatan Ekstrakurikuler  yang wajib dilaksanakan di sekolah selain Pramuka adalah OSIS. Kegiatan OSIS pada inti bertujuan agar siswa memiliki kemampuan berorganisasi serta memiliki jiwa kejuangan, keperintisan, kepekaan terhadap lingkungan, disiplin dan sikap mandiri serta memiliki sifat yang bertanggung jawab, sehat, cerdas, patriotik, kreatif, produktif, inovatif,ulet, tangguh, jujur serta berani dan rela berkorban dengan dilandasi oleh semangat Cinta tanah air.

 

Sebelum admin menyampaikan Contoh Program Kerja Ekstrakurikuler OSIS SMP SMA SMK. Perlu diketahu bahwa Pelaksanaan kegiatan OSIS harus berpedoman pada program kerja OSIS dan AD/ART OSIS. Dalam pelaksanaannya tersebut juga diperlukan organisasi serta kerjasama yang mantap, untuk mewujudkan menjadi cita-cita dan tujuan serta sasaran OSIS sebagai wadah, motivator, dan preventif sekolah. Untuk mewujudkan koordinasi dan kerjasama yang mantap terutama bagi pihak yang terkait, maka diperlukan suatu hubungan yang baik. Mulai dari perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan pengendalian serta pertanggungjawaban dan pengembangan kegiatan.

 

Selengkapnya berikut ini Contoh Cuplikan Program Kerja OSIS SMP SMA SMK

 

KATA PENGANTAR

Puji syukur yang mendalam hanya patut kiranya kami hanturkan atas segala limpahan karunia dan rahmat-Nya yang selalu menyertai kami dalam menyelesaikan penyususnan Program Kerja OSIS SMP SMA SMK ................, Masa Bhakti 2023/2024 ini sebagai acuan dasar pelaksanaan kegiatan siswa dalam lingkungan sekolah.

Program kerja ini disusun untuk mempermudah pelaksanaan kegiatan berdasarkan kerangka prioritas, waktu dan dana tertentu untuk mencapai peranan organisasi sebagai wadah seluruh kegiatan siswa dalam sekolah dan sebagai motivator yang bersifat preventif. Kami selaku tim gabungan antara Pengurus OSIS dan Pengurus Inti Musyawarah Perwakilan Kelas (MPK) menyadari bahwa belum semua aspirasi siswa tertampung dalam program kerja ini. Oleh karena itu, kami sadar “Tiada Gading Yang Tak Retak”, Program Kerja ini masih jauh dari kesempurnaan sehingga sumbangan pemikiran baik kritik maupun saran yang bersifat membanguun sangat kami harapkan demi kesempurnaan si masa mendatang.

Akhirnya, kami sampaikan terima kasih atas bantuan san dukungan dari semua pihak, baik fisik maupun moral dalam penyusunan program kerja ini. Semoga program kerja ini dapat membawa manfaat dalam pengembangan dan peningkatan mutu kegiatan siswa di SMP SMA SMK .................

 

BAB I

PENDAHULUAN

A. LATAR BELAKANG

Sebelum terbentuknya OSIS di sekolah-sekolah tingkat SMP dan SMA terdapat Organisasi Siswa yang beranekaragam bentuknya baik intern maupun ekstern. Organisasi disekolah yang bersifat ekstern bisa mengarah kepada hal-hal yang bersifat politis sehingga timbulah situasi yang tidak menguntungkan sebagai tempat diselenggarakannya proses belajar mengajar.

Akibat dari situasi tersebut, timbulah loyalitas ganda. Di satu pihak harus melaksanakan peraturan yang dibuat oleh sekolah, di lain pihak harus tunduk kepada organisasi yang dikendalikan dari luar.

Itulah sebabnya pada tahun 1970 sampai dengan tahun 1972 beberapa pimpinan organisasi di Jakarta yang sadar akan maksud dan tujuan belajar di sekolah, ingin menghindari bahaya perpecahan diantara para siswa. Mereka sepakat merintis dan mendirikan Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) yang sah di Sekolah masing¬masing. Setelah mendapatkan pengarahan dari pimpinan Departemen Pendidikan dan Kebudayaan hingga terlaksana sampai sekarang.

Pelaksanaan kegiatan OSIS harus berpedoman pada program kerja OSIS dan AD/ART OSIS. Dalam pelaksanaannya tersebut juga diperlukan organisasi serta kerjasama yang mantap, untuk mewujudkan menjadi cita-cita dan tujuan serta sasaran OSIS sebagai wadah, motivator, dan preventif sekolah. Untuk mewujudkan koordinasi dan kerjasama yang mantap terutama bagi pihak yang terkait, maka diperlukan suatu hubungan yang baik. Mulai dari perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan pengendalian serta pertanggungjawaban dan pengembangan kegiatan.

Selanjutnya Program Kerja disusun berdasarkan aspirasi siswa secara demokratis. Dalam Program kerja tersebut digambarkan, diuraikan dan diinterprestasikan dalam segala bentuk kegiatan. Selain digunakan sebagai pedoman OSIS, juga dapat digunakan sebagai tolak ukur dalam proses kegiatan mulai dari perencanaan sampai pertanggungjawaban dan digunakan sebagai pengambilan kebijakan-kebijakan yang berkaitan dengan pelaksanaan kegiatan.

 

B. LANDASAN HUKUM

Penyusunan Program Kerja OSIS SMP SMA SMK ................ masa bakti 2023/2024 memiliki landasan seebagai berikut :

1.     UUD 1945

2.     Undang-Undang No. 20 Tahun 2003 tentang system pendidikan nasional

3.     Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 19 Tahun 2010  tentang engelolaan Dan Penyelenggaraan Pendidikan

4. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 39 Tahun 2008 Tentang Pembinaan Kesiswaan

5. Permendikbud Nomor 6 Tahun 2019 tetang Pedoman Organisasi dan Tata Kerja Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah

 

BAB II

SUSUNAN KEPENGRUSAN DAN STRUKTUR ORGANISASI

 

BAB III

PROGRAM KERJA

 

BAB IV

PENUTUP

Demikian proposal ini kami susun dengan harapan mendapat dukungan dari Bapak/Ibu Pembina OSIS SMP SMA SMK ................. Kami selaku pengurus OSIS akan berusaha sebaik¬baiknya dalam menjalankan dan melaksanakan kegiatan yang terlampir diatas.

Atas perhatian dan dukungannya kami ucapkan terima kasih.

 

Selengkapnya silahkan download Contoh Program Kerja Ekstrakurikuler OSIS SMP SMA SMK dan Contoh AD ART OSIS Tahun 2023/2024 dalam format word aatau doc dan pdf. LINK DOWNLOAD DISINI

 

Demikian informasi tentang Link download Contoh Program Kerja Ekstrakurikuler OSIS SMP SMA SMK dan Contoh AD ART OSIS dalam format word aatau doc dan pdf. Semoga ada manfaatnya.

 



= Baca Juga =


Post a Comment

Previous Post Next Post