Cara download dan Install Safe Exam Browser untuk tes Seleksi Kompetensi Teknis Tambahan PPPK Kemenag 2022

Cara download dan Install Safe Exam Browser untuk tes Seleksi Kompetensi Teknis Tambahan PPPK Kemenag 2022


Cara download dan Install Safe Exam Browser untuk tes Seleksi Kompetensi Teknis Tambahan PPPK Kemenag 2022. Kementerian Agama (Kemenag) tengah melakukan pra pelaksanaan Seleksi Teknis Tambahan (SKT) untuk calon PPPK tahun 2022, pada 10 April 2023. Adapun Pra Pelaksanaan Seleksi Kompetensi Teknis (SKT) Tambahan ini, sebagai langkah untuk melakukan ujian SKT Tambahan yang akan dilaksanakan, pada 12 hingga 13 April 2023.

 

Seleksi Teknis Tambahan PPPK Kemenag (Kementerian Agama) sebagai tes tambahan untuk kompetensi teknis. Dimana, tidak termasuk manajerial sosio kultural dan wawancara. Adapun bobot dari SKT Tambahan ini adalah 40%. Tes SKT Tambahan berupa Tes Moderasi Beragama dengan CAT. Kompetensi teknis yang sudah dilaksanakan sebelumnya pada CAT BKN memiliki bobot 60%. Oleh karena itu, tes Seleksi Kompetensi Teknis Tambahan Tambahan ini merupakan rangkaian pelaksanaan Seleksi Kompetensi.

 

Sebagaimana diketahui syarat untuk mengikuti jian SKTT PPPK 2022, ada beberapa syarat ujian PPPK 2022 adalah sebagai berikut: 1) Peserta wajib memenuhi ketentuan dan persyaratan dalam SKTT PPPK 2022 pos Kemenag Berbasis Daring sesuai Domisili; 2) Peserta wajib memenuhi tata tertib pelaksanaan ujian; 3) Aplikasi Ujian di sisi peserta menggunakan aplikasi SEB (Safe Exam Browser); 4) Instalasi SEB dan file konfigurasi SEB sepenuhnya menjadi tanggung jawab peserta;

 

Untuk mengikuti Seleksi Kompetensi Teknis Tambahan PPPK Kemenag 2022, peserta diwajibakan sudah mengunduh Safe Exam Browser (SEB). Safe Exam Browser (SEB) adalah aplikasi ujian peserta PPPK 2022 dan wajib memenuhi ketentuan peralatan dan koneksi internet untuk mengikuti SKT Tambahan PPPK 2022 untuk pos di Kemenag.

 

Bagaimana Cara Download Safe Exam Browser? Dalam akun Instagram resmi CASN Kemenag dijelaskan, bahwa dalam melakukan download Safe Exam Browser sebagai aplikasi yang digunakan dalam mengikuti ujian. Adapun cara download sebagai berikut:

·          Peserta dapat mengakses link https://safeexambrowser.org/download_en.html untuk mengunduh aplikasinya.

·          Setelah link sudah dibuka, peserta dapat mengunduh aplikasi sesuai jenis dari sistem operasi yang gunakan.

·          Kemudian, peserta mengunduh versi terbaru dari aplikasi yaitu 3.4.1.

·          Alternatif lain, jika versi terbaru gagal install. Maka peserta dapat menggunakan aplikasi versi 2.4.1.

·          Lalu, peserta melakukan instalasi hingga selesai.

 

Adapun dalam melakukan konfigurasi setelah sukses menginstal aplikasi Safe Exam Browser. Masih menurut akun Instagram resmi CASN Kemenag, langkah-langkahnya sebagai berikut:

·          Hal pertama yang harus Anda lakukan untuk melakukan konfigurasi adalah dengan membuka SEB Configuration Tools.

·          Setelah itu pada bagian tab General isi link SKTT dengan link berikut https://sktt.kemenag.go.id.

·          Kemudian buka tab browser.

·          Isi bagian Suffix dengan: skttkemenag23.

·          Selanjutnya klik bagian ‘menu file’ > Save Settings.

·          Jika sudah tutup SEB Configuration Tools lalu jalankan Safe Exam Browser.

·          Setelah itu jika proses instalasi berhasil maka akan muncul Halaman Login.

Demikian informasi tentang Cara download dan Install Safe Exam Browser untuk tes PPPK Kemenag 2022. Semoga ada manfaatnya.



= Baca Juga =


No comments

Theme images by ainamulyana. Powered by Blogger.