Contoh Program Kerja Kepala Perpustakaan Sekolah SD SMP SMA SMK

Link download Contoh Program Kerja Kepala Perpustakaan Sekolah SD SMP SMA SMK


Link download Contoh Program Kerja Kepala Perpustakaan Sekolah SD SMP SMA SMK kami sajikan pada bagian akhir tulisan ini. Sebagaimana diketahui Pengelola Perpustakaan SD SMP SMA SMK memiliki kewjiban melakukan terobosan dan revitalisasi peran dan fungsi perpustakaan sekolah untuk mendukung program dan visi-misi sekolah yang tertuang dalam Program Kerja Kepala Perpustakaan Sekolah SD SMP SMA SMK.

 

Dengan adanya Program Kerja Kepala Perpustakaan Sekolah SD SMP SMA SMK, berbagai program dan terobosan yang direncanakan, diharapkan dapat memberi ruang yang lebih besar agar perpustakaan sekolah sebagai center of knowledge (pusat ilmu pengetahuan) dapat terealisasi secara optimal.

 

Berikut Contoh Program Kerja Kepala Perpustakaan Sekolah SD SMP SMA SMK.

 

 

 

Kata Pengantar

Assalamu'alaikum warahmatullahi wa barokatuh,

Alhamdulillahirabbil alamin, dengan memanjatkan puji syukur kehadirat Allah SWT, yang telah melimpahkan rahmat dan hidayah-Nya sehingga pengelola Perpustakaan SD SMP SMA SMK dapat menyelesaikan Laporan dan Penyusunan Rencana Kerja Perpustakaan tahun 2023-2024.

Laporan Program Kerja Perpustakaan ini disusun untuk memaparkan tujuan pengelolaan perpustakaan itu sendiri. Salah satu tujuan umum perpustakaan adalah menyediakan bahan pustaka untuk memenuhi kebutuhan anak didik dan pendidik dalam kegiatan belajar sehari-hari. Kemudian tidak kalah penting adalah tujuan perpustakaan yaitu sebagai sumber tempat pengembangan kemampuan berpikir intelektual yang mandiri dan berwawasan global untuk membentuk sikap kreatif, inovatif, dan mengembangkan minat dan bakat siswa, baik dalam kegiatan intrakulikuler maupun kegiatan ekstrakulikuler. Oleh karena itu sangat penting sekali perpustakaan sekolah perlu perhatian dari pihak warga sekolah dan memerlukan pengembangan khusus demi terbentuk sebuah perpustakaan ideal di SD SMP SMA SMK yang merupakan jantung sebuah sekolah.

Guna meningkatkan mutu pendidikan serta pemanfaatan sarana penunjang yang terdapat dalam perpustakaan. Maka laporan dan penyusunan rencana kerja kami buat seefisien dan sesederhananya, walaupun dalam laporan dan penyusunan

Rencana kerja perpustakaan ini kurang sempurna, kami telah berusaha dengan maksimal tetapi kami menyadari keterbatasan kemampuan kami. Oleh sebab itu kami mengharapkan saran yang dapat membantu dan menambah wawasan kami dalam pengelolaan manajemen perpustakaan di SD SMP SMA SMK.

 

---------------------, Januari 2023

Penyusun

 

 

 

BAB I

PENDAHULUAN

A. Latar Belakang

 

Perpustakaan berkembang pesat dari waktu ke waktu menyesuaikan dengan perkembangan pola kehidupan masyarakat, kebutuhan, pengetahuan, dan teknologi informasi. Perkembangan tersebut juga membawa dampak kepada "pengelompokkan" perpustakaan berdasarkan pola-pola kehidupan, kebutuhan, pengetahuan, dan teknologi informasi tadi. Istilah-istilah perpustakaan "membengkak" menjadi sangat luas namun cenderung mempunyai sebuah spesifikasi tertentu. Dilihat dari perkembangan teknologi informasinya perpustakaan berkembang dari perpustakaan tradisional, semi-tradisional, elektronik, digital hingga perpustakaan "virtual". Kemudian dilihat dari pola kehidupan masyarakat berkembang mulai perpustakaan desa, perpustakaan masjid, perpustakaan pribadi, perpustakaan keliling, dan sebagainya. Kemudian juga dilihat dari perkembangan kebutuhan dan pengetahuan sekarang ini banyak bermunculan istilah perpustakaan umum, perpustakaan khusus, perpustakaan anak-anak, perpustakaan sekolah, perpustakaan akademik (perguruan tinggi), perpustakaan perusahaan, dan lain sebagainya.

Pengertian perpustakaanpun berkembang dari waktu ke waktu. Pada abad ke-19 perpustakaan didefinisikan sebagai " suatu gedung, ruangan atau sejumlah ruangan yang berisi koleksi buku yanng dipelihara dengan baik, dapat digunakan oleh masyarakat atau golongan masyarakat tertentu. Kemudian ALA (The American Library Association) menggunakan istilah perpustakaan untuk suatu pengertian yang luas yaitu termasuk pengertian "pusat media, pusat belajar, pusat sumber pendidikan, pusat informasi, pusat dokumenstasi dan pusat rujukan ". Sedangkan menurut Keputusan Presiden RI nomor 11, disebutkan bahwa " perpustakaan merupakan salah satu sarana pelestarian bahan pustaka sebagai hasil budaya dan mempunyai fungsi sebagai sumber informasi ilmu pengetahuan, teknologi dan kebudayaan dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa dan menunjang pelaksanaan pembangunan nasional.

Kemudian perpustakan jika tinjau secara umum adalah sebuah bangunan yang berisi kumpulan koleksi buku dari berbagai kategori didalamnya dan koleksi penunjang pustaka lainnya. Sedangkan Perpustakaan sekolah adalah perpustakaan yang tergabung pada sebuah sekolah, dikelola sepenuhnya oleh sekolah yang bersangkutan dengan tujuan usaha membantu sekolah untuk mencapai tujuan khusus sekolah dan tujuan pendidikan pada umumnya (Sulistyo Basuki, 1993).

Di samping itu dalam penjelasan Undang-Undang Pendidikan Nasional kita, di sebutkan bahwa salah satu sumber belajar di sekolah yang amat penting tetapi bukan satu satunya adalah perpustakaan. Sebagai salah satu sumber belajar di sekolah perpustakaan membantu tercapainya misi dan visi sekolah tersebut. Mengingat pentingnya peran perpustakaan sekolah maka perlu adanya suatu pengelolaan atau manajemen yang tepat dan cepat sehingga fungsi perpustakaan sekolah benar-benar terwujud. Namun masalahnya sekarang adalah tidak sedikit perpustakaan sekolah yang pengelolaannya masih kurang profesional. Kalaupun sudah baik, bagaimana perpustakaan sekolah mampu memenuhi kebutuhan penggunanya akan berbagai pengetahuan dan informasi secara mudah dan cepat di era globalisasi ini. Untuk itu diperlukan suatu sistem informasi managemen perpustakaan (SIM Perpus) dengan memanfaatkan komputer. Akan tetapi mampukah para pengelola perpustakaan terutama kepala sekolah sebagai stake holder di sekolah mewujudkan perpustakaan sekolah yang berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi ( TIK ) dengan menggunakan SIM Perpustakaan?. Jawabannya sebenarnya tidak terlalu rumit karena rata-rata sebuah sekolah hanya memiliki ratusan koleksi buku tidak seperti perpustakaan daerah atau provinsi yang mempunyai ribuan atau ratusan ribu koleksi buku. Dengan kemampuan sederhana dan pengelolaan sederhana, InsyaAllah manajemen perpustakaan sekolah akan tertata dengan benar sesuai dengan yang diharapkan banyak pihak.

Karena pentingnya keberadaan perpustakaan sekolah maka ada sebuah pepatah mengatakan "Perpustakaan sebagai jantung sebuah lembaga pendidikan". Oleh karena itu sudah selayaknya mendapatkan porsi dan posisi yang strategis guna merealisasikan visi dan misi sekolah. Semua pihak, khususnya kepala sekolah harus memberi perhatian lebih akan eksistensi perpustakaan di sekolah, dan tidak lagi dianggap sebagai tempat menyimpan buku bekas, barang-barang tidak terpakai, bahkan hanya sebagai tempat bermain anak-anak murid saat tidak ada KBM. Itulah yang kebanyakan terjadi disekolah-sekolah yang ada dinegri ini. Hal ini tentu sangat ironis dan tidak mendidik.

Dari berbagai sudut pemikiran diatas, Pengelola Perpustakaan SD SMP SMA SMK berupaya melakukan terobosan dan revitalisasi peran dan fungsi perpustakaan sekolah untuk mendukung program dan visi-misi sekolah. Berbagai program dan terobosan yang direncanakan, diharapkan dapat memberi ruang yang lebih besar agar perpustakaan sekolah sebagai center of knowledge (pusat ilmu pengetahuan) dapat terealisasi secara optimal.

 

B. Visi dan Misi Perpustakaan Sekolah

1. VISI

a.   Menjadikan perpustakaan SD SMP SMA SMK sebagai  Jantung Pemebelajaran, pusat layanan informasi dan ilmu  Pengetahuan dengan standar pengelolaan yang berlaku.

b.   Sebagai sumber belajar warga sekolah guna mendukung kegitan belajar mengajar yang terdepan sebagai investasi sumber daya pengetahuan yang cukup lengkap.

c.   Memberikan layanan kepada civitas akademika dan pengguna perpustakaan secara luas, dan ikut merealisasikan visi misi serta suksesnya program utama perpustakaan sekolah yaitu sebagai jantung Pembelajaran ilmu pengetahuan seluruh warga sekolah.

 

2. MISI

a.   Pengembangan Organisasi dan Sumber Daya Manusia

b.   Pengembangan Sumber Daya Informasi Tercetak dan Elektronik

c.   Pengembangan Layanan layanan prima berbasis komputer

d.   Melaksanakan layanan perpustakaan terautomasi

e.   Mengelola informasi serta menyebarluaskan informasi

f.     Mewujudkan kualitas dan kuanitas buku bacaan dan referensi

g.   Melayani semua warga sekolah dengan layanan prima

h.   Menerapkan administrasi pustaka yang professional dan akuntabel

 

 

C. Landasan Progam Kegiatan

Terwujudnya perpustakaaan sekolah yang berdaya guna dan berhasil guna di sekolah, menjadi pusat kegiatan belajar mengajar, dan terbinanya anak didik menjadi gemar membaca, bisa membaca. Untuk pembinaan dan pengembangan tersebut dapat dipetik beberapa langkah sebagai landasan antara lain :

1.  Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No.0103/0/1981 tanggal 11 Maret 1981. Mengenai pokok-pokok kebijakan Pembinaan dan pengembangan perpustakaan sekolah di Indonesia

2.  Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem pendidikan Nasional

3.  Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan

4.  Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 43 tahun 2007 tentang Perpustakaan

 

D. Maksud dan Tujuan

Dengan melihat latar belakang maka maksud dan tujuan perpustakaan sekolah diselenggarakan untuk :

1.    Menyediakan buku-buku pengetahuan sebagai bahan ajar bagi guru dan sumber bacaan bagi siswa Mengembangkan minat, kemampuan, dan kebiasaan membaca khususnya serta mendayagunakan budaya tulisan dalam berbagai sektor kehidupan

2.    Mengembangkan kemampuan mencari dan mengolah serta memanfaatkan informasi

3.    Mendidik siswa agar memelihara dan memanfaatkan bahan pustakan secara tepat guna dan berhasil guna

4.    Meletakkan dasar kearah proses pembelajaran mandiri

5.    Memupuk dan mengembangkan minat dan bakat siswa

6.    Menumbukan penghargaan siswa terhadap pengalaman imajinatif

7.    Mengembangkan kemampuan untuk memecahkan masalah yang dihadapi atas tanggungjawab dan usaha sendiri

8.    Mengembangkan kemampuan berpikir siswa secara kreatif dan inovatif dalam memecahkan masalah

9.    Membantu siswa, guru, dan staf sekolah dalam mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi

10. Sumber pengembangan kebudayaan dan peradaban ilmu sekolah terkait.

E. Fungsi Perpustakaan Sekolah

Perpustakaan Sekolah berfungsi sebagai pusat belajar mengajar, pusat informasi, pusat penelitian sederhana dan rekreasi sehat melalui bacaan hiburan. Dalam kaitan dengan kurikulum yang diterapkan di SD SMP SMA SMK, perpustakaan sekolah berfungsi:

1.     Wadah atau wahana pengetahuan, administrasi dan organisasi yang sesuai sehingga memudahkan penggunaannya

2.     Sumber rujukan (reference centre) siswa, guru, tenaga bimbingan, tenaga administrasi dan pegawai yang berada dibawah naungan SD SMP SMA SMK

3.   Sarana pendukung dalam proses belajar mengajar, guna mencapai tujuan pendidikan nasional

4.   Pusat informasi bagi kegiatan belajar mengajar

5.     Sumber yang menyediakan bahan-bahan yang bermanfaat bagi kegiatan penunjang kegiatan belajar mengajar, seperti kegiatan yang berkaitan dengan budaya, seni, kreasi dan budaya.

 

F. Ruang Lingkup

Untuk memperjelas program pengembangan perpustakaan sekolah khususnya Perpustakaan SD SMP SMA SMK, ruang lingkup sekolah antara lain :

1.  Administrasi

2.   Pengadaan Sarana / Prasarana

3.  Operasional

4.  Laporan

G. Sumber Dana

Untuk mengembangkan perpustakaan perlu adanya sumber dana. Adapun sumber dana untuk pengembangan perpustakaan SD SMP SMA SMK antara lain :

1.   RAPBS tahun 2023-2024

2.  Dana BOS

3.   Kartu Anggota Perpustakaan

4.   Denda Anggota Perpustakaan

5.   Pemerintah, penerbit dll. yang tidak mengikat

 

 

BAB II

PENGORGANISASIAN

A.  Struktur Organisasi Perpustakaan SD SMP SMA SMK

1.   Kepala Sekolah  :

2.   Kepala Perpustakaan :

3.   Pustakawan        :

4.   Staf Bag.Pelayanan    :

B.  Tugas Masing-Masing Bagian Dalam Sistem Organisasi Perpustakaan

1. Kepala Sekolah :

a.    Bertugas dan bertanggungjawab utama segala penyelenggaraan kegiatan dibidang perpustakaan sekolah.

b.    Membina dan membimbing pengembangan organisasi perpustakaan sekolah

2. Kepala Bagian Perpustakaan :

a.   Bertugas dan bertanggungjawab tentang penyelenggaraan dan pengelolaan seluruh unit perpustakaan sekolah.

b.   Mengorganisir dan mengkoordinir tata kerja dan tata hubungan seluruh staf perpustakaan sekolah.Menetapkan kebijakan intern yang khusus dalam bidangnya.

c.   Pembuatan program / perencanaan bulanan.

d.   Merancang program kerja dan rencana pengembangan perpustakaan setahun kedepan

e.   Membuat laporan dsb.

3. Pustakawan (Bagian Teknis & Administrasi)

Bertugas mengadakan pengadaan bahan pustaka dan pengolahannya :

a.   Administrasi Surat-Menyurat

b.   Menginventaris Koleksi dan Sarana Perpustakaan

c.   Membuat Katalogisasi deskriptif.

d.   Mengklasifikasi Koleksi Perpustakaan

e.   Menginput data di Komputer

f.    Penyelesaian koleksi

g.   Perencanaan dana dan penggunaannya.

h.   Penyusunan koleksi dan kartu katalog/OPAC

4. Bagian Pelayanan

Bertugas mengadakan pekerjaan pelayanan sirkulasi :

a.   Peminjaman dan pengembalian bahan pustaka

b.   Pelayanan referensi

c.   Pelayanan jam perpustakaan

d.   Menyiapkan buku tamu, buku penunjang, dan buku induk dll.

 

 

 

BAB III

PROGRAM KERJA PERPUSTAKAAN SD SMP SMA SMK

 

Rencana kerja perpustakaan sekolah yang tertuang dalam program kerja perpustakaan secara umum akan mengacu pada tugas pokok perpustakaan sekolah, tujuan institusi, visi dan misi sekolah. Hal ini didasari oleh kepentingan bersama untuk menciptakan suasana kegiatan belajar mengajar yang efektif dan efisien.

 

1.   Program Kerja Bulanan

 

BULAN

PROGRAM KERJA

JULI

a.   Mendata Ulang fasilitas penunjang perpustakaan

b.   Pengolahan bahan pustaka yang baru

c.   Membuat NIB, Pengklasifikasian buku, katalog, Cap, Nomor punggung buku, Sampul

d.   Mendata ulang koleksi buku perpustakaan dan buku paket

e.   Mendata buku yang rusak dan hilang

f.     Memperbaiki buku yang rusak

g.   Melayani pendaftaran anggota baru

h.   Melayani peminjaman dan pengembalian

i.     Memanggil siswa / siswi yang terlambat mengembalikan buku pinjaman

j.     Melayani peminjaman dan pengembalian buku paket

k.    Membuat laporan bulanan

AGUSTUS

a.   Pengolahan bahan pustaka yang baru

b.   Membuat NIB, Pengklasifikasian buku, katalog, Cap, Nomor punggung buku, Sampul

c.   Memperbaiki buku yang rusak

d.   Melayani pendaftaran anggota baru

e.   Melayani peminjaman dan pengembalian

f.     Memanggil siswa / siswi yang terlambat mengembalikan buku pinjaman

g.       Membuat laporan bulanan

SEPTEMBER

a.    Pengolahan bahan pustaka yang baru

b.    Membuat NIB, Pengklasifikasian buku, katalog, Cap, Nomor punggung buku, Sampul

c.     Memperbaiki buku yang rusak

d.    Melayani pendaftaran anggota baru

e.    Melayani peminjaman dan pengembalian

f.      Memanggil siswa / siswi yang terlambat mengembalikan buku pinjaman

g.    Membuat laporan bulanan

OKTOBER

a.   Pengolahan bahan pustaka yang baru

b.   Membuat NIB, Pengklasifikasian buku, katalog, Cap, Nomor punggung buku, Sampul

c.   Memperbaiki buku yang rusak

d.   Melayani pendaftaran anggota baru

e.   Melayani peminjaman dan pengembalian

f.     Memanggil siswa / siswi yang terlambat mengembalikan buku pinjaman

g.   Membuat laporan bulanan

NOPEMBER

a.   Pengolahan bahan pustaka yang baru

b.   Membuat NIB, pengklasifikasian buku, katalog, Cap, Nomor punggung buku, Sampul

c.   Memperbaiki buku yang rusak

d.   Melayani pendaftaran anggota baru

e.   Melayani peminjaman dan pengembalian

f.     Memanggil siswa / siswi yang terlambat mengembalikan buku pinjaman

g.   Membuat laporan bulanan

DESEMBER

a.   Pengolahan bahan pustaka yang baru

b.   Membuat NIB, pengklasifikasian buku, katalog, Cap, Nomor punggung buku, Sampul

c.   Memperbaiki buku yang rusak

d.   Melayani pendaftaran anggota baru

e.   Melayani peminjaman dan pengembalian

f.     Memanggil siswa / siswi yang terlambat mengembalikan buku pinjaman

g.       Membuat laporan bulanan dan semester pertama

JANUARI

a.   Pengolahan bahan pustaka yang baru

b.   Membuat NIB, Pengklasifikasian buku, katalog, Cap, Nomor punggung buku, Sampul

c.   Memperbaiki buku yang rusak

d.   Melayani pendaftaran anggota baru

e.   Melayani peminjaman dan pengembalian

f.     Memanggil siswa / siswi yang terlambat mengembalikan buku pinjaman

g.       Membuat laporan bulanan

PEBRUARI

a.   Pengolahan bahan pustaka yang baru

b.   Membuat NIB, Pengklasifikasian buku, katalog, Cap, Nomor punggung buku, Sampul

c.   Memperbaiki buku yang rusak

d.   Melayani pendaftaran anggota baru

e.   Melayani peminjaman dan pengembalian

f.     Memanggil siswa / siswi yang terlambat mengembalikan buku pinjaman

g.       Membuat laporan bulanan

MARET

a.   Pengolahan bahan pustaka yang baru

b.   Membuat NIB, Pengklasifikasian buku, katalog, Cap, Nomor punggung buku, Sampul

c.   Memperbaiki buku yang rusak

d.   Melayani pendaftaran anggota baru

e.   Melayani peminjaman dan pengembalian

f.     Memanggil siswa / siswi yang terlambat mengembalikan buku pinjaman

g.       Membuat laporan bulanan

APRIL

a.   Pengolahan bahan pustaka yang baru

b.   Membuat NIB, Pengklasifikasian buku, katalog, Cap, Nomor punggung buku, Sampul

c.   Memperbaiki buku yang rusak

d.   Melayani pendaftaran anggota baru

e.   Melayani peminjaman dan pengembalian

f.     Memanggil siswa / siswi yang terlambat mengembalikan buku pinjaman

g.       Membuat laporan bulanan

MEI

a.   Pengolahan bahan pustaka yang baru

b.   Membuat NIB, Pengklasifikasian buku, katalog, Cap, Nomor punggung buku, Sampul

c.   Memperbaiki buku yang rusak

d.   Melayani pendaftaran anggota baru

e.   Melayani peminjaman dan pengembalian

f.     Memanggil siswa / siswi yang terlambat mengembalikan buku pinjaman

g.       Membuat laporan bulanan

JUNI

a.   Pengolahan bahan pustaka yang baru

b.   Membuat NIB, Pengklasifikasian buku, katalog, Cap, Nomor punggung buku, Sampul

c.   Memperbaiki buku yang rusak

d.   Melayani pendaftaran anggota baru

e.   Melayani peminjaman dan pengembalian

f.     Memanggil siswa / siswi yang terlambat mengembalikan buku pinjaman

g.       Melayani peminjaman dan pengembalian buku paket Membuat laporan bulanan, semester kedua dan tahunan

 

2.   Program jangka pendek

 

1)   Menyediakan dan menghimpun bahan pustaka, informasi, sesuai kurikulum sekolah

2)   Menyediakan dan melengkapi fasilitas perpustakaan sesuai kebutuhan

3)   Mengolah dan mengorganisasikan bahan pustaka dengan system tertentu sehingga memudahkan penggunaannya

4)   Melaksanakan layanan perpustakaan yang sederhana, mudah dan menarik

5)   Meningkatkan minat baca murid, guru, dan staf tata laksana

6)   Menambahkan koleksi bahan pustaka secara berkala untuk memenuhi kebutuhan pegguna layanan perpustakaan

7)   Pembuatan proposal permintaan buku/majalah/jurnal pada beberapa lembaga/instansi/penerbit tertentu

8)   Memelihara bahan pustaka agar tahan lama dan tidak cepat rusak

9)   Menerbitkan kartu perpustakaan bagi siswa, guru dan staf tata laksana

10)      Menerbitkan berbagai administrasi perpustakaan (kartu buku, kantong, labeling, catalog OPAC, dll

11)      Inventarisasi, klasifikasi dan katalogisasi bahan pustaka

12)      Entry data anggota perpustakaan pada Sistim Informasi Perpustakaan (SIP)

13)      Pelayanan peminjaman buku perpustakaan

14)      Penerbitan Surat Tandan Bebas Perpustakaan (STBP) bagi siswa kelas IX sebagai syarat pengambilan Ijazah

15)      Mengikuti beberapa lomba perpustakaan sekolah, baik tingkat kabupaten, provinsi atau nasional

3. Program Jangka Panjang

1)   Menerapkan system layanan perpustakaan berbasis ICT

2)   Menerapkan E-Library learning

3)   Merealisasikan kualitas dan kuantitas buku minimal 5000 Judul buku

4)   Terciptanya ruangan perpustakaan yang memadai, kondusif dan menyenangkan

 

 

BAB IV

PENUTUP

 

Kami menyadarai bahwa apa yang direncanakan tidak harus selalu terlaksana sesuai dengan jadwal dan program, yang telah kami susun. Rencana program/kegiatanyang kami susun berguna dalam memberikan petunjuk dan penuntun bagi kami dalam menjalankan program/kegiatan

di Sekolah kami. Sehingga kemana arah perpustakaan sekolah ini akan melangkah, bisa terarah dengan jelas.  

 

Demikian Contoh Program Kerja Kepala Perpustakaan Sekolah SD SMP SMA SMK telah kami paparkan secara rinci. Kami menyadari dalam penyusunan program masih terdapat banyak kekurangan, untuk kelengkapannya, kritik dan saran kami terma dengan senang hati untuk perbaikan di masa yang akan dating.

 

Link download Contoh Program Kerja Kepala Perpusataan Sekolah SD SMP SMA SMK versi PDF (DISINI)

 

Link download Contoh Program Kerja Kepala Perpustakaan Sekolah SD SMP SMA SMK versi WORD (DISINI)

 

Demikian informasi Link Contoh Program Kerja Kepala Perpustakaan Sekolah SD SMP SMA SMK. Semoga ada manfaatnya

 

 

 



= Baca Juga =


Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama


































Free site counter


































Free site counter