Contoh Modul P5 SMP MTs Fase D

Contoh P5 SMP MTs atau Fase D


Pada share kali ini admin akan berbagi Contoh P5 SMP MTs atau Fase D. Sebagaiaman di ketahui untuk jenjang SMP MTS terdapat 7 pilihan tema dalam pelaksanaan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5). Ketujuh tema tersebut adalah 1) Gaya Hidup Berkelanjutan; 2) Kearifan lokal; 3) Bhinneka Tunggal Ika; 4) Bangunlah Jiwa dan Raganya; 5) Suara Demokrasi; 6): Berekayasa dan Berteknologi untuk Membanguan NKRI; 7) Kewirausahaan


1) Tema P5: Gaya Hidup Berkelanjutan

Memahami dampak dari aktivitas manusia, baik jangka pendek maupun panjang, terhadap kelangsungan kehidupan di dunia maupun lingkungan sekitarnya. Penerapan Tema ini mulai dari SD/MI sd SMA/MA dan SMK/MAK. Tema P5 SMP MTs Fase D Gaya Hidup Berkelanjutan ini dapat membantu peserta didik untuk: 1) mengembangkan kemampuan berpikir sistem untuk memahami keterkaitan aktivitas manusia dengan dampak-dampak global yang menjadi akibatnya, termasuk perubahan iklim; 2) membangun kesadaran untuk bersikap dan berperilaku ramah lingkungan serta mencari jalan keluar untuk masalah lingkungan serta mempromosikan gaya hidup serta perilaku yang lebih berkelanjutan dalam keseharian; 3) mempelajari potensi krisis keberlanjutan yang terjadi di lingkungan sekitarnya (bencana alam akibat perubahan iklim, krisis pangan, krisis air bersih dan lain sebagainya), serta mengembangkan kesiapan untuk menghadapi dan memitigasinya.

2) Tema P5: Kearifan lokal
Membangun rasa ingin tahu dan kemampuan inkuiri melalui eksplorasi tentang budaya dan kearifan lokal masyarakat sekitar atau daerah tersebut, serta perkembangannya. Tema ini dapat diterapkan mulai dari SD/MI sd SMA/MA dan SMK/MAK. Tujuan Tema P5 SMP MTS Fase D Kearifan lokal: 1) Peserta didik mempelajari bagaimana dan mengapa masyarakat lokal/ daerah berkembang seperti yang ada, bagaimana perkembangan tersebut dipengaruhi oleh situasi/konteks yang lebih besar (nasional dan internasional), serta memahami apa yang berubah dari waktu ke waktu apa yang tetap sama; 2) Peserta didik juga mempelajari konsep dan nilai-nilai dibalik kesenian dan tradisi lokal, serta merefleksikan nilai-nilai apa yang dapat diambil dan diterapkan dalam kehidupan mereka; 3) dan Peserta didik juga belajar untuk mempromosikan salah satu hal yang menarik tentang budaya dan nilai-nilai luhur yang dipelajarinya.

3) Tema P5: Bhinneka Tunggal Ika
Mengenal belajar membangun dialog penuh hormat tentang keberagaman kelompok agama dan kepercayaan yang dianut oleh masyarakat sekitar dan di Indonesia serta nilai-nilai ajaran yang dianutnya. Tema ini dapat diterapkan mulai dari SD/MI sd SMA/MA dan SMK/MAK. Tujuan Tema P5 SMP MTS Fase D Bhinneka Tunggal Ika: 1) Peserta didik mempelajari perspektif berbagai agama dan kepercayaan tentang fenomena global, misalnya masalah lingkungan, kemiskinan, dan sebagainya; 2) Peserta didik secara kritis dan reflektif menelaah berbagai stereotip negatif yang biasanya dilekatkan pada suatu kelompok agama, dan dampaknya terhadap terjadinya konflik dan kekerasan. Melalui projek ini, peserta didik mengenal dan mempromosikan budaya perdamaian dan antikekerasan.

4) Tema P5: Bangunlah Jiwa dan Raganya
Membangun kesadaran dan keterampilan untuk memelihara kesehatan fisik dan mental, baik untuk dirinya maupun orang sekitarnya. Tema ini dapat diterapkan di SMP/MTS dan SMA/MA serta SMK/MAK. Tujuan Tema P5 SMP MTS Fase D Bangunlah Jiwa dan Raganya: 1) Peserta didik melakukan penelitian dan mendiskusikan masalah-masalah terkait kesejahteraan diri (wellbeing) mereka serta mengkaji fenomena perundungan (bullying) yang terjadi di sekitar mereka, baik dalam lingkungan fisik maupun dunia maya, serta berupaya mencari jalan keluarnya. 2) Peserta didik juga menelaah masalah-masalah yang berkaitan dengan kesehatan dan kesejahteraan fisik dan mental, termasuk isu narkoba, pornografi, dan kesehatan reproduksi. Peserta didik merancang kegiatan dan komitmen untuk senantiasa menjaga kesejahteraan dirinya dan orang lain, serta berusaha untuk mengampanyekan isu terkait.

5) Tema P5: Suara Demokrasi
Dalam “negara kecil” bernama satuan pendidikan, sistem demokrasi dan pemerintahan yang diterapkan di Indonesia dicoba untuk dipraktikkan, namun tidak terbatas pada proses pemilihan umum dan perumusan kebijakan. Tema ini dapat diterapkan di SMP/MTS dan SMA/MA serta SMK/MAK. Tujuan Tema P5 Fase D SMP MTs Suara Demokrasi: 1) Peserta didik merefleksikan makna demokrasi dan memahami implementasi demokrasi serta tantangannya dalam konteks yang berbeda, termasuk dalam organisasi satuan pendidikan dan/atau dalam dunia kerja; 2) Menggunakan kemampuan berpikir sistem, peserta didik menjelaskan keterkaitan antara peran individu terhadap kelangsungan demokrasi Pancasila.

6) Tema P5: Berekayasa dan Berteknologi untuk Membanguan NKRI
Berkolaborasi dalam melatih daya pikir kritis, kreatif, inovatif, sekaligus kemampuan berempati untuk berekayasa membangun produk berteknologi yang memudahkan kegiatan dirinya dan juga sekitarnya. Tema ini dapat diterapkan mulai dari SD/MI sd SMA/MA dan SMK/MAK. Tujuan Tema P5 SMP MTS Fase D Berekayasa dan Berteknologi untuk Membanguan NKRI: 1) Peserta didik mengasah berbagai keterampilan berpikir (berpikir sistem, berpikir komputasional, atau design thinking) dalam mewujudkan produk berteknologi; 2) Peserta didik dapat mempelajari dan mempraktikkan proses rekayasa (engineering process) secara sederhana, mulai dari menentukan spesifikasi sampai dengan uji coba, untuk membangun model atau prototipe produ bidang rekayasa (engineering). 3) Peserta didik juga dapat mengasah keterampilan coding untuk menciptakan karya digital, dan berkreasi di bidang robotika. Harapannya, para peserta didik dapat membangun budaya smart society dengan menyelesaikan persoalan-persoalan di masyarakat sekitarnya melalui inovasi dan penerapan teknologi, mensinergikan aspek sosial dan aspek teknologi.


7) Tema P5: Kewirausahaan
Mengidentifikasi potensi ekonomi di tingkat lokal dan masalah yang ada dalam pengembangan potensi tersebut, serta kaitannya dengan aspek lingkungan, sosial, dan kesejahteraanmasyarakat. Tema ini dapat diterapkan mulai dari SD/MI sd SMA/MA dan SMK/MAK. Tujuan Tema P5 SMP MTs atau Fase D Kewirausahaan adalah 1) Peserta didik kemudian merancang strategi untuk meningkatkan potensi ekonomi lokal dalam kerangka pembangunan berkelanjutan. 2) Melalui kegiatan dalam projek ini seperti terlibat dalam kegiatan ekonomi rumah tangga, berkreasi untuk menghasilkan karya bernilai jual, dan kegiatan lainnya, yang kemudian diikuti dengan proses analisis dan refleksi hasil kegiatan mereka. 3) Melalui kegiatan ini, kreatifitas dan budaya kewirausahaan akan ditumbuhkembangkan. Peserta didik juga membuka wawasan tentang peluang masa depan, peka akan kebutuhan masyarakat, menjadi problem solver yang terampil, serta siap untuk menjadi tenaga kerja profesional penuh integritas.



Berikut ini Link download Contoh Modul Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) untuk jenjang SMP MTs atau Fase D

Link download Contoh Modul Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5): Tema Kearifan Lokal – Tradisi yang Ditinggalkan untuk jenjang SMP MTs atau Fase: D (DISINI)

Link download Contoh Modul P5: Tema Berekayasa Dan Berteknologi Untuk Membangun Jenjang SMP MTS Fase D (Disini)

Link download Contoh Modul P5: Tema Bhinneka Tunggal Ika Untuk Jenjang SMP MTS Fase D (Disini)

Link download Contoh Modul P5: Tema Kewirausahaan Untuk Jenjang SMP MTS Atau Fase: D (Disini)

Link download Contoh Modul P5: Tema Bangunlah Jiwa dan Raga Untuk Jenjang SMP MTS Atau Fase: D (Disini)

Link download Contoh Modul P5: Tema Suara Demokrasi Untuk Jenjang SMP MTS Atau Fase: D (Disini)

Link download Contoh Modul P5: Tema Gaya Hidup Berkelanjutan Untuk Jenjang SMP MTS Atau Fase: D (Disini)


Demikian info tentang Contoh Modul P5 *Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila) untuk jenjang SMP MTs atau Fase D. Semoga ada manfaatnya.


= Baca Juga =



No comments

Theme images by ainamulyana. Powered by Blogger.