Latest

SERBA SERBI GURU

Berita Pendidikan AKtual, Informatif, Normatif dan Aspiratif

Download TP, ATP Dan Modul Ajar SKI MI MTS MA Kurikulum Merdeka

Link Download TP, ATP Dan Modul Ajar SKI MI MTS MA Kurikulum Merdeka Pada Madrasah


Link Download TP, ATP Dan Modul Ajar SKI MI MTS MA Kurikulum Merdeka Pada Madrasah. Tujuan Pembelajaran (TP) adalah deskripsi pencapaian tiga aspek kompetensi, yakni pengetahuan, keterampilan, dan sikap, yang diperoleh murid dalam satu atau lebih kegiatan pembelajaran.

 

Tujuan pembelajaran (TP) disusun dengan memperhatikan eviden atau bukti yang dapat diamati dan diukur pada murid, sehingga murid dapat dinyatakan mencapai suatu tujuan pembelajaran. Penulisan tujuan pembelajaran sebaiknya memuat 2 komponen utama, yaitu kompetensi dan lingkup materi.

 

1. Kompetensi

Kompetensi merupakan kemampuan yang perlu didemonstrasikan oleh murid untuk menunjukkan dirinya telah berhasil mencapai tujuan pembelajaran. Pertanyaan panduan yang bisa digunakan guru dalam menyusun tujuan pembelajaran, antara lain: Secara konkret, kemampuan apa yang perlu didemonstrasikan oleh murid? Tahap berpikir apa yang perlu didemonstrasikan oleh murid?

2. Lingkup materi

Lingkup materi merupakan konten dan konsep utama yang perlu dipahami pada akhir satu unit pembelajaran. Pertanyaan panduan yang bisa digunakan guru dalam menyusun tujuan pembelajaran, antara lain:

 

Hal apa saja yang perlu dipelajari murid dari suatu konsep besar yang dinyatakan dalam CP? Apakah lingkungan sekitar dan kehidupan keseharian murid dapat digunakan sebagai konteks untuk mempelajari konten dalam CP? (misal: proses pengolahan hasil panen digunakan sebagai konteks untuk belajar tentang persamaan linear di SMA). Contoh Capaian Pembelajaran: Menganalisis hubungan antara kegiatan manusia dengan perubahan alam di permukaan bumi dan menarik kesimpulan penyebab-penyebab utamanya (akhlak kepada alam).


Download TP, ATP Dan Modul Ajar SKI MI MTS MA Kurikulum Merdeka

 

Sebelum admin membagikan Link Download TP, ATP Dan Modul Ajar SKI (Sejarah Kebudayaan Islam) MI MTS MA Kurikulum Merdeka Pada Madrasah, juga perlu Anda ketahui apakah itu ATP dan Modul Ajar?  Jika Capaian Pembelajaran adalah kompetensi yang diharapkan dapat dicapai murid di akhir fase, maka Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) adalah rangkaian tujuan pembelajaran yang tersusun secara sistematis dan logis di dalam fase pembelajaran.

 

Alur menjadi panduan guru dan murid untuk mencapai Capaian Pembelajaran di akhir suatu fase. Tujuan pembelajaran disusun secara kronologis berdasarkan urutan pembelajaran dari waktu ke waktu. Guru dapat menyusun ATP masing-masing, yang terdiri dari rangkaian tujuan pembelajaran. Pemerintah akan menyediakan beberapa contoh ATP yang bisa langsung digunakan atau dimodifikasi, dan membuat panduan untuk penyusunan perangkat ajar.

 

Lalu apa yang dimaksud Modul ajar ? Modul ajar merupakan salah satu jenis perangkat ajar yang memuat rencana pelaksanaan pembelajaran, untuk membantu mengarahkan proses pembelajaran mencapai Capaian Pembelajaran (CP). Jika satuan pendidikan menggunakan modul ajar yang disediakan pemerintah, maka modul ajar tersebut dapat dipadankan dengan RPP Plus, karena modul ajar tersebut memiliki komponen yang lebih lengkap dibanding RPP. Jika satuan pendidikan mengembangkan modul ajar secara mandiri, maka modul ajar tersebut dapat dipadankan dengan RPP.


Satuan pendidikan dapat menggunakan berbagai perangkat ajar, termasuk modul ajar atau RPP, dengan kelengkapan komponen dan format yang beragam sesuai dengan karakteristik dan kebutuhan murid.

 

Pengembangan modul ajar bertujuan untuk menyediakan perangkat ajar yang dapat memandu guru melaksanakan pembelajaran. Dalam penggunaannya, guru memiliki kemerdekaan untuk: memilih atau memodifikasi modul ajar yang sudah disediakan pemerintah untuk menyesuaikan dengan karakteristik murid, atau Menyusun sendiri modul ajar sesuai dengan karakteristik murid

 

Kriteria yang harus dimiliki modul ajar adalah: Esensial: pemahaman konsep dari setiap mata pelajaran melalui pengalaman belajar dan lintas disiplin. Menarik, bermakna, dan menantang: menumbuhkan minat belajar dan melibatkan murid secara aktif dalam proses belajar; berhubungan dengan pengetahuan dan pengalaman yang dimiliki sebelumnya sehingga tidak terlalu kompleks, namun juga tidak terlalu mudah untuk tahap usianya. Relevan dan kontekstual: berhubungan dengan pengetahuan dan pengalaman yang dimiliki sebelumnya, serta sesuai dengan konteks waktu dan lingkungan murid. Berkesinambungan: keterkaitan alur kegiatan pembelajaran sesuai dengan fase belajar murid.

 

Adapun Komponen Modul Ajar sekurang-kurangnya berisi tujuan pembelajaran, langkah pembelajaran (yang mencakup media pembelajaran yang akan digunakan), asesmen, serta informasi dan referensi belajar lainnya yang dapat membantu guru dalam melaksanakan pembelajaran. Komponen modul ajar bisa ditambahkan sesuai dengan mata pelajaran dan kebutuhannya. Guru di satuan pendidikan diberi kebebasan untuk mengembangkan komponen dalam modul ajar sesuai dengan konteks lingkungan dan kebutuhan belajar murid.

 

Bagi yang membutuhkan Tujuan Pembelajaram (TP), Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) dan Modul Ajar SKI (Sejarah Kebudayaan Islam) Kurikulum Merdeka Pada Madrasah silhkan download Link Download TP, ATP Dan Modul Ajar SKI (Sejarah Kebudayaan Islam) MI MTS MA Kurikulum Merdeka Madarasah Pada Madrasah pada link yang tersedia di bawah ini

 



Link Download TP, ATP Dan Modul Ajar SKI (Sejarah Kebudayaan Islam) MI MTS MA Kurikulum Merdeka Madarasah (disini)

 

Demikia informasi tentang Link Download TP, ATP Dan Modul Ajar SKI (Sejarah Kebudayaan Islam) MI MTS MA Kurikulum Merdeka Madarasah. Semoga ada manfaatnya. Terima kasih atas kunjungan Anda. 

 



= Baca Juga =



Tidak ada komentar:

Posting Komentar