Link Download Latihan SOAL KSM MI MTS MA Tingkat Nasional Tahun 2022-2023


www.ainamulyana.id Link Download Latihan SOAL KSM MI MTS MA Tingkat Nasional Tahun 2022-2023. Sebagaimana diketahui Kompetisi Sains Madrasah (KSM) adalah sebuah ajang berkompetisi dalam bidang sains yang diselenggarakan oleh Kementerian Agama Republik Indonesia. Kompetisi Sains Madrasah diselenggarakan mulai dari tahun 2012 hingga tahun 2017 dilakukan secara konvensional dan pelaksanaan Kompetisi Sains Madrasah berbasis teknologi dimulai sejak tahun 2018 sampai dengan sekarang.

 

Deras laju perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi mulai menimbulkan rasa khawatir kalangan masyarakat, terutama  ekses negatif yang muncul dan tidak dapat dinafikan sebagai akibat perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi tersebut. Menyikapi kondisi ini, masyarakat mulai berpaling dan menaruh harapan besar kepada madrasah agar dapat menjawab tantangan itu. Sebab di mata masyarakat, madrasah dapat memberikan benteng bagi anak-anak mereka karena madrasah tidak hanya membekali ilmu pengetahuan dan teknologi, namun juga memberikan bekal ilmu agama.

 

Sahabat www.ainamulyana.id, Indikator paling tampak dari kondisi tersebut adalah semakin besar minat orang tua memasukkan putra-putri ke madrasah. Fakta ini tentu menjadi tantangan tersendiri bagi pengelola madrasah yang harus dijawab dengan langkah-langkah konkret. Proses pembelajaran dan sarana pembelajaran di madrasah harus semakin ditingkatkan, ditunjang dengan guru-guru madrasah yang juga harus senantiasa ditingkatkan kualifikasinya. Selain itu, guna meningkatkan iklim kompetisi di kalangan siswa madrasah juga perlu dikembangkan/dibangun kegiatan-kegiatan yang dapat mengakomodir siswa untuk mengaktualisasikan potensi yang dimiliki. Dengan cara ini maka madrasah dapat semakin mengejar ketertinggalan dari sekolah umum, bahkan sangat mungkin mengunggulinya.

 

Kompetisi Sains Madrasah (KSM) merupakan sebuah kegiatan yang digelar dan diadakan oleh Kementerian Agama sebagai wahana membangun ghirah kompetisi sains di kalangan siswa madrasah. Sejak awal digelar (tahun 2012), KSM telah menjadi ajang yang positif dalam membangun budaya kompetisi dan mulai tahun 2018 KSM berupaya mengelaborasi sains dengan konteks nilai-nilai Islam.

Sebelum Admin membagikan Link Download Latihan SOAL KSM MI MTS MA Tingkat Nasional Tahun 2022-2023, perlu diketahui bahwa proses pendaftaran dan seleksi administrasi KSM Tahun 2022-2023 hingga pelaksanaan tes memanfaatkan Teknologi Informasi guna meningkatkan akuntabilitas dan transparansi dalam pelaksanaan kompetisi. Kompetisi Sains Madrasah 2022 dibuka untuk Satuan Pendidikan baik dari Madrasah (MI,MTs,MA) ataupun dari Sekolah (SD/SMP/SMA Sederajat).

 

KSM Nasional Tahun 2022-2023 merupakan puncak tahapan seleksi KSM di tingkat nasional yang dimulai dari KSM Satuan Pendidikan, KSM Kabupaten/Kota, dan KSM Provinsi. Tahapan ini dimaksudkan untuk menjaring siswa terbaik per bidang studi KSM yang akan mendapatkan Medali Emas, Medali Perak, Medali Perunggu, atau penghargaan lainnya. Adapun ketentuan dalam tahapan KSM Nasional ini adalah sebagai berikut: 1) KSM Nasional diikuti oleh 1 orang siswa terbaik tiap provinsi per-bidang studi; 2) Pelaksanaan KSM Nasional dilaksanakan secara nasional serentak menggunakan sistem yang disiapkan dan di bawah kendali Komite KSM Nasional berbasis elektronik, eksplorasi dan eksperimen; 3) Penilaian soal KSM dilaksanakan oleh Tim Juri yang ditetapkan oleh Komite KSM Nasional dengan mempertimbangkan nilai tes dan nilai integritas peserta selama mengikuti tes; 4) Penilaian soal eksplorasi dan eksperimen dilaksanakan oleh Tim Juri yang ditetapkan oleh Komite KSM Nasional; 5) Hasil KSM Nasional dipublikasikan di Portal Resmi KSM; 6) Siswa terbaik hasil KSM Nasional akan diberikan Medali Emas, Perak, atau Perunggu dan penghargaan lain yang akan ditetapkan.

 

Adapun Pembiayaan KSM Nasional MI MTS MA dan Sekolah tahun 2022-2023 dapat bersumber dari DIPA Ditjen Pendidikan Islam atau sumber lain yang sah.

 

Adapun Persyaratan peserta KSM Nasional MI MTS MA dan Sekolah tahun 2022-2023 adalah 1) Siswa berkewarganegaraan Indonesia yang terdaftar secara resmi di madrasah yang dibuktikan dengan kartu pelajar dan surat keterangan kepala madrasah atau sekolah serta raport terakhir; 2) Siswa MI/SD kelas 4, 5 dan 6; siswa MTs/SMP kelas 7, 8 dan 9; dan siswa MA/SMA kelas 10, 11, dan 12 pada tahun pelajaran 2022/2023; 3) Setiap siswa yang diusulkan oleh Kepala Madrasah/Sekolah berdasarkan hasil seleksi KSM Satuan Pendidikan hanya dapat mengikuti satu bidang kategori lomba; 4) Peserta yang melanggar ketentuan di atas, akan didiskualifikasi secara otomatis oleh sistem KSM.

 

Untuk Anda yang lolos pada seleksi nasional, berikut ini Link Download Latihan SOAL KSM MI MTS MA Tingkat Nasional Tahun 2022-2023 yang terdiri dari:

Latihan SOAL KSM Matematika MI Tingkat Nasional Tahun 2022-2023 (download disini)

Latihan SOAL KSM IPA MI Tingkat Nasional Tahun 2022-2023 (download disini)

Latihan SOAL KSM Matematika MTS Tingkat Nasional Tahun 2022-2023 (download disini)

Latihan SOAL KSM IPA MTS Tingkat Nasional Tahun 2022-2023 (download disini)

Latihan SOAL KSM IPS MTS Tingkat Nasional Tahun 2022-2023 (download disini)

Latihan SOAL KSM Matematika MA Tingkat Nasional Tahun 2022-2023 (download disini)

Latihan SOAL KSM Biologi MA Tingkat Nasional Tahun 2022-2023 (download disini)

Latihan SOAL KSM Ekonomi MA Tingkat Nasional Tahun 2022-2023 (download disini)

Latihan SOAL KSM Fisika MA Tingkat Nasional Tahun 2022-2023 (download disini)

Latihan SOAL KSM Geografi MA Tingkat Nasional Tahun 2022-2023 (download disini)

Latihan SOAL KSM Kimia MA Tingkat Nasional Tahun 2022-2023 (download disini)

 

Demikian informasi tentang Link Download Latihan SOAL KSM MI MTS MA Tingkat Nasional Tahun 2022-2023. Semoga ada manfaatnya, terima kasih. (https://www.ainamulyana.id/)

 



= Baca Juga =



1 Comments

  1. Mantap bro, terima kasih lanjutan berbagi posting yang bermanfaat

    ReplyDelete

Post a Comment

Previous Post Next Post