Permenpan RB Tahun 2022 atau Peraturan Menpan RB Tahun 2022



Kumpulan Permenpan RB Tahun 2022 atau Peraturan Menpan RB Tahun 2022. Dalam rangka menyelenggarakan tugas pemerintahan, Pemerintah dapat menetapkan kebijakan selain kebijakan yang bersifat terikat (gobonden beleids) berdasarkan peraturan perundang-undangan, yaitu kebijakan yang bersifat bebas ditetapkan oleh Pemerintah berdasarkan kewenangan kebebasan bertindak (freis ermessen / discretionary pouien.

 

Untuk menjamm adanya kepastian hukum dan menegakkan asas konsistensi, kebijakan pemerintah yang bersifat bebas tersebut perlu dituangkan dalam suatu instrumen hukum berupa peraturan kebijakan ibeleidsreqeb atau legislasi semu (Pseudowetgeving). Berbeda dengan ketentuan peraturan perundang-undangan, peraturan kebijakan ibeleidsreqeli atau legislasi semu dapat tidak didasarkan pada suatu ketentuan perundangundangan yang secara tegas memberikan kewenangan kepada pemerintah untuk membentuk atau menerbitkannya, melainkan pembentukannya dapa didasarkan dalam rangka menjalankan tugas umum pemerintahan.

 

Bahwa Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi bertugas dalam merumuskan dan menetapkan kebijakan di bidang reformasi birokrasi, akuntabilitas aparatur dan pengawasan, kelembagaan dan tata laksana, sumber daya manusia aparatur dan pelayanan publik. Untuk mendukung percepatan dalam menjalankan tugasnya tersebut, perlu dibentuk suatu Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi yang dikenal dengan Permenpan RB.

 

Berikut ini Permenpan RB Tahun 2022 atau Peraturan Menpan RB Tahun 2022. semoga membantu da nada manfaatnya. 





Post a Comment

Previous Post Next Post