Latihan Soal Pretest PPG tahun 2022



Latihan Soal Pretest (Seleksi Akademik) PPG Daljab tahun 2022. Program Pendidikan Profesi Guru (PPG) belakangan ini santer dibicarakan dan menjadi perbincangan hangat dikalangan tenaga pendidik seantero nusantara. PPG merupakan salah satu program pengembangan kompetensi guru untuk bisa menjadi tenaga pendidik yang handal dan profesional. Program PPG juga bisa dikatakan sebagai program sertifikasi zaman now menggantikan program zaman old yakni PLPG.

Sebelum Admin berbagi Latihan Soal Pretest PPG tahun 2022, Perlu diketahui bahwa ada beberapa model program PPG yang meliputi; PPG Dalam Jabatan (daljab), PPG Pra Jabatan (prajab), dan PPG Bersubsidi. Lalu, apa bedanya? PPG Dalam Jabatan ini diperuntukan bagi guru-guru yang sebelumnya sudah mengajar (honorer/pns) di sekolah-sekolah dalam kurun waktu tertentu (2-5 tahun) dan sudah masuk di SIMPKB. Secara otomatis nantinya akan mendapat undangan untuk mengikuti PPG melalui SIMPKB. Namun untuk bisa mengikuti PPG sebelumnya harus bisa lulus pretest dan post test. Adapun untuk jangka waktu perkuliahannya kurang lebih akan dilaksanakan selama 6 bulan. Sedangkan PPG Prajabatan ini terbagi lagi menjadi dua, yakni PPG Prajabatan SM-3T dan PPG Prajabatan Reguler (umum). Sebelumnya (sejak tahun 2013) program PPG Prajabatan ini dirintis melalui program SM-3T (hingga angkatan VI). Dimana pesertanya adalah seluruh alumni SM-3T yang sebelumnya sudah mengabdi menjadi guru di daerah 3T selama 1 tahun. Selesai mengabdi, mereka ditarik kembali oleh LPTK untuk di PPG kan berasrama (beasiswa + tunjangan). Selesai PPG, mereka bisa mengikuti program Guru Garis Depan (GGD) dan langsung menjadi PNS/ASN. Sekarang PPG Prajabatan hamper dibuka di semua Perguruan Tinggi Negeri.

Latihan Soal Pretest PPG tahun 2022Seleksi Kemampuan Akademik PPG Dalam Jabatan pada untinya adalah Seleksi Kompetensi pedagogik dan profesional. Pada penentuan kelulusan calon peserta  PPG Daljab tahun 2022-2023, tes kemampuan akademik memiliki peranan yang penting. Jadi pentingnya seleksi Kemampuan Akademik PPG Dalam Jabatan untuk menentukan keberhasilan sesorang menjadi Calon Guru profesional. Jadi Tes Kemampuan Akademik PPG Dalam Jabatan pada initinya dimungkinkan mirip dengan Uji kompetensi guru (UKG). 

Untuk Sekedar diketahui Latihan Soal Pretest PPG tahun 2022 tidak akan jauh berbeda dengan Soal Tes UKG Guru saat mengikuti Pelatihan atau Pendidikan Profesi Guru. Itulah sebabnya guru yang sudah lulus PPG atau telah memiliki sertifikat PPG tidak diwajibkan mengikuti tes SKB CPNS Guru baik Guru Mata Pelajaran maupun Guru Kelas. 

Untuk Latihan Soal Pretest (Seleksi Akademik) PPG Daljab tahun 2022. Hasil pencarian dari mbah google yang admin lakukan berikut ini beberapa link Contoh Soal UKG Guru, baik Soal Kompetensi Paedagogik maupun soal kompetensi Profesional. 

Latihan Latihan Soal Pretest PPG tahun 20223 Bidang Paedagogik

Latihan Soal Pretest PPG tahun 2022 Bidang Kompetensi Pedagogik untuk Guru SD SMP SMA SMK (Disini)
Latihan Soal Pretest PPG tahun 2022 Bidang TES POTENSI AKADEMIK untuk Guru SD SMP SMA SMK (Disini)
Latihan Soal Pretest PPG Daljab tahun 2022 - 2023 Bidang Kompetensi Profesional Guru IPA SMP (Disini)
Latihan Soal Pretest PPG Daljab tahun 2022 - 2023 Bidang Kompetensi Profesional Guru Matematika SMP / MTS (DISINI)
Latihan Soal Pretest PPG Daljab tahun 2022 - 2023 Bidang Kompetensi Profesional Guru Bahasa Indonesia SMP / MTS (DISINI)
Latihan Soal Pretest PPG Daljab tahun 2022 - 2023 Bidang Kompetensi Profesional  Guru Bahasa Inggris SMP / MTS (DISINI)
Latihan Soal Pretest PPG Daljab tahun 2022 - 2023 Bidang Kompetensi Profesional Guru Bahasa Inggris SMA / SMK (DISINI)
Latihan Soal Pretest PPG Daljab tahun 2022 - 2023 Bidang Kompetensi Profesional Guru Bahasa Indonesia SMA / SMK (DISINI)
Latihan Soal Pretest PPG Daljab tahun 2022 - 2023 Bidang Kompetensi Profesional Guru Matematika SMA / SMK (DISINI)
Latihan Soal Pretest PPG Daljab tahun 2022 - 2023 Bidang Kompetensi Profesional Guru Seni Budaya SMP / SMA (DISINI)
Latihan Soal Pretest PPG Daljab tahun 2022 - 2023 Bidang Kompetensi Profesional Guru Penjas Orkes SMP / SMA (DISINI)
Latihan Soal Pretest PPG Daljab tahun 2022 - 2023 Bidang Kompetensi Profesional Guru IPS SMP / SMA (DISINI)
Latihan Soal Pretest PPG Daljab tahun 2022 - 2023 Bidang Kompetensi Profesional Guru PPKn SMP / SMA (DISINI)

Itulah beberapa link terkait Latihan Soal Pretest PPG tahun 2022. Semoga latihan tersebut dapat diamnfaatkan untuk meningkatkan Bapak/Ibu guru yang sedang menghadapi pelaksanaan Seleksi Kompetensi Akademik Calon Peserta PPG Dalam Jabatan Tahun 2022.

Demikian informasi tentang Latihan Soal Pretest (Seleksi Akademik) PPG Daljab tahun 2022. Terima kasih, semoga ada manfaatnya. 





= Baca Juga =



8 Comments

  1. Terima kasih telah berbagi latihan soal pretes PPG Guru tahun 2022. Posting Anda sangat bermanfaat buat saya

    ReplyDelete
  2. Terima kasih infonya sangat bermanfaat bagi saya

    ReplyDelete
  3. Mantap bro luar telah berbagi Latihan Soal Pretes PPG 2022 , biasa namun sayang Pendaftaran dan Seleksi Administrasi PPG Dalam Jabatan (Daljab) Tahun 2022 ditunda ya. Mudah-mudahan penundaan membawa berkah bagi kami.

    ReplyDelete
  4. Mantap bro luar telah berbagi Latihan Soal Pretes PPG 2022 , Makacih ya

    ReplyDelete
  5. Terima kasih telah berbagi Contoh Soal Pretest PPG tahun 2022 semoga informasi ini dapat membantu rekan-rekan guru yang sedang berjuang mengikuti seleksi PPG 2022

    ReplyDelete
  6. Mantap bro. soal soal latihan pretest ppg tahun 2022 betul-betul orginal dan bisa mengasah otak

    ReplyDelete

Post a Comment

Previous Post Next Post