Latihan Contoh Soal AKM SMA MA SMK tentang Literasi Numerasi

Latihan Contoh Soal AKM SMA MA SMK tentang Literasi Numerasi. Sahabat https://guroe.blogspot.com/,  Kemendikbud pada tahun 2021 akan menyelenggarakan Asesmen Kompetensi Minimum dan Survei Karakter. Asesmen tersebut tidak dilakukan berdasarkan mata pelajaran atau penguasaan materi kurikulum seperti yang selama ini diterapkan dalam ujian nasional, melainkan melakukan pemetaan terhadap dua kompetensi minimum siswa, yakni dalam hal literasi dan numerasi.


Literasi dan numerasi yang dimaksud sendiri hendaknya dimaknai sebagai lintas mata pelajaran. Jadi sebenarnya fokus literasi, numerasi, pendidikan karakter ini membutuhkan pemikiran yang tidak terikat pada satu disiplin. Jadi guru-guru perlu untuk mendorong bagaimana bisa menciptakan ruang-ruang terjadinya apakah itu project bersama-sama dan lain sebagainya.


Tetap memang begini literasi, numerasi ini menurut saya perlu kita kuatkan. Literasi terutama dalam pemahaman ilmu pendidikan pada saat ini, literasi kan bukan sekadar ilmu bahasa. Literasi ini lintas mapel sebenarnya. Memang dalam konteks guru-guru perlu kita belajar bersama-sama bagaimana memaknai literasi dan numerasi ini dalam konteks yang lintas disiplin tersebut.

 

Literasi dan numerasi intinya adalah bagaimana memaknai informasi yang bermacam-macam. Kalau literasi, informasi dalam bentuk teks. Kalau numerasi, informasi dalam bentuk angka dan kemudian maknanya seperti apa, kemudian memproduksi makna seperti apa. Fokusnya pada meaning.

 

Ada pun terkait survei karakter, hal tersebut sejalan dengan upaya mewujudkan Profil Pelajar Pancasila. Pendidikan karakter tentunya yang paling penting nilai-nilai Pancasila tadi yang merupakan pondasi dari negara kita. Nilai Pancasila yang berketuhanan yang maha esa, berkemanusiaan yang adil dan beradab, cinta tanah air–persatuan Indonesia, kerakyatan-demokrasi, dan keadilan sosial itu merupakan nilai-nilai yang tumbuh kembang di dalam sistem pendidikan kita. Tidak harus ada mata pelajaran tersendiri menurut saya. Ini bisa ada di setiap mapel atau setiap bentuk kegiatan, ini sangat mungkin sekali.

 

Seperti apa Contoh Latihan Soal AKM SMA MA SMK tentang Literasi Numerasi? Sebelumnya https://guroe.blogspot.com/, akan memberikan penjelasan tentang AKM itu sendiri.  Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) mengandung kata Minimum yang mengacu kepadat idak semua konten di dalam kurikulum diukur di dalam AKM.  AKM akan mengukur keterampilan dasar: literasi dan numerasi. Kemampuan bernalar tentang teks dan angka. Kompetensi tersebutd ibangun dari jenjang dasar sampai menengah dalam suatu learning progression.AKM berbentuk survey dengan sample siswa kelas 5, kelas 8, dan kelas11tidak melaporkan hasil individu siswa namun laporan agrega tyang berfokus kepada peningkatan internal dari waktu ke waktu bukan komparasi antar kelompok. Untuk jenjang SMA MA SMK akan ada AKM Individu. AKM Individu Kelas 12 bertujuan untuk pengakuan kompetensi. Peserta didik kelas12 yang memerlukan akan mendaftarkan diri untuk AKM  individu/siswa

 

Contoh Soal AKM SMA MA SMK tentang Literasi Numerasi, seperti diketahui Literasi Membaca  dan Literasi Numerasi. Literasi Membaca adalah Kemampuan untuk memahami, menggunakan, mengevaluasi, merefleksikan berbagai jenis teks untuk menyelesaikan masalah dan  mengembangkan kapasitas individu sebagai warga Indonesia dan warga dunia agar dapat berkontribusi secara produktif kepada masyarakat. Literasi Numerasi adalah Kemampuan berpikir menggunakan konsep, prosedur, fakta, dan alat matematika untuk menyelesaikan masalah sehari-hari pada berbagai jenis konteks yang relevan untuk individu sebagai warga negara Indonesia dan dunia.

 

Bagi kamu yang ingin mencoba kemampuan numerasi berikut ini Contoh Latihan Soal AKM SMA MA SMK tentang Literasi Numerasi (Numerik).

 



Link download Contoh Soal AKM SMA MA SMK tentang Literasi Numerasi (Numerik)


Demikian informasi tentang Latihan Soal AKM SMA MA SMK Tentang Literasi Numerasi, semoga ada manfaatnya. Terima kasih.



= Baca Juga =



Post a Comment

Previous Post Next Post