Latest

DOWNLOAD CONTOH KURIKULUM OPERASIONAL SATUAN PENDIDIKAN (KOSP) SMA

Download Contoh Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan (KOSP) Jenjang SMA


Download Contoh Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan (KOSP) Jenjang SMA. Dalam penyelenggaraannya, kurikulum operasional sekolah perlu menjadi dokumen yang hidup; menjadi referensi dalam keseharian, direfleksikan, dan terus dikembangkan. Penyusunan dokumen kurikulum operasional sekolah dari awal, hendaknya dimulai dengan memahami secara utuh kerangka dasar kurikulum yang ditetapkan oleh Pemerintah, antara lain Tujuan Pendidikan Nasional, Profil Pelajar Pancasila, SNP, Struktur Kurikulum, Prinsip Pembelajaran dan Asesmen, serta Capaian Pembelajaran. Khusus untuk SMK ditambah dengan memahami kompetensi yang dibutuhkan oleh dunia kerja terkait.

 

Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam penyusunan dan peninjauan atau revisi Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan (KOSP) Jenjang SMA, adalah sebagai berikut. Dalam Penyusunan dokumen KOSP SMA yang perlu diperhatikan antara lain: Siapa yang akan memfasilitasi penyusunan ini? Siapa yang akan dilibatkan dalam penyusunan ini? Apakah sudah pernah dilakukan pembahasan kurikulum operasional oleh pemangku kepentingan internal? (pimpinan sekolah dan guru); Apakah sudah pernah dilakukan pembahasan kurikulum operasional sekolah oleh pemangku kepentingan eksternal, (meliputi: orang tua, komite satuan pendidikan dan pemangku kepentingan lainnya yaitu, organisasi, berbagai sentra, serta industri dan dunia kerja untuk SMK)? Sedangkan dalam peninjauan dan revisi KOSP SMA yang perlu diperhatikan antara lain: Siapa yang akan memfasilitasi peninjauan dan revisi ini? Siapa yang akan dilibatkan dalam peninjauan dan revisi? Apakah satuan pendidikan memiliki dokumen kurikulum operasional sekolah yang sebagian atau seluruh isinya merepresentasikan satuan pendidikan? Apakah ada diskusi/kerja kolaborasi untuk menyusun kurikulum operasional sekolah yang setidaknya melibatkan para pimpinan atau perwakilan guru? Apakah ada informasi atau pembahasan yang disampaikan pada orangtua mengenai kurikulum dan/ atau program-program? Khusus untuk SMK, apakah subtansi kurikulum yang ada masih sesuai dengan kebutuhan dunia kerja

 

Sebelum admin membagikan Link Download Contoh Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan (KOSP) Jenjang SMA, berikut beberapa informasi tambahan terkait penyusunan KOSP SMA. Dalam menyusun kurikulum operasional satuan pendidikan, setiap komponennya dapat dikembangkan melalui proses reversibel (bolak balik) antara analisis lingkungan belajar satuan pendidikan, visi-misi satuan pendidikan, serta tujuan dan strateginya. Dalam perencanaan, penting bagi sekolah untuk mengumpulkan berbagai data untuk mendapatkan informasi yang komprehensif. Informasi ini kemudian dianalisis untuk memberikan kesimpulan yang tepat bagi perencanaan yang optimal. Satuan pendidikan dapat menggunakan berbagai cara yang dinilai sesuai dengan kebutuhan berproses selama hasilnya selaras antarkomponennya.

 

Untuk SMK visi dan misi disusun untuk lingkup sekolah, sedangkan tujuan disusun untuk lingkup program keahlian berdasarkan analisis kebutuhan dunia kerja. Dalam menyusun kurikulum satuan pendidikan, setiap komponennya dikembangkan melalui proses reversibel (bolak balik) antara analisis lingkungan belajar satuan pendidikan, visi-misi sekolah, serta tujuan dan strategi program keahlian. Dalam perencanaan, penting bagi sekolah untuk mengumpulkan berbagai data untuk mendapatkan informasi yang komprehensif. Informasi ini kemudian dianalisis untuk memberikan kesimpulan yang tepat bagi perencanaan yang optimal. Setiap sekolah dan program keahlian dapat menggunakan berbagai cara yang dinilai sesuai dengan kebutuhan berproses selama hasilnya selaras antarkomponennya.

 

Sebelum mengembangkan kurikulum satuan pendidikan, sekolah perlu melakukan analisis karakteristik dan lingkungan belajar dengan menampung aspirasi anggota komunitas, dan menjadikan visi dan misi sebagai arahan yang disepakati oleh seluruh warga satuan pendidikan. Prinsip-prinsip analisis lingkungan belajar adalah Melibatkan perwakilan warga satuan pendidikan; Menggunakan data-data yang diperoleh dari situasi nyata/kondisi satuan pendidikan; Mengalokasikan waktu yang cukup untuk pengumpulan, pengorganisasian, analisis dan dokumentasi data; Memilah informasi yang relevan dan menyimpulkan untuk mengembangkan strategi atau solusi.

 

Berikut ini contoh informasi yang perlu didapatkan dalam analisis lingkungan belajar satuan pendidikan: a) Apa kekhasan daerah setempat yang penting untuk dilestarikan?; b) Bagaimana peran satuan pendidikan sebagai bagian dari masyarakat setempat?; c) Apa dampak dari satuan pendidikan yang sudah dapat dirasakan saat ini (baik oleh warga masyarakat maupun warga satuan pendidikan itu sendiri)?; d) Bagaimana peran satuan pendidikan dalam menyiapkan peserta didik mencapai profil Pelajar Pancasila?; e) Khusus SMK Apa potensi daerah dan kondisi dunia kerja yang relevan

 

Dalam Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan, Visi, misi, dan tujuan menjadi referensi arah pengembangan dan menunjukkan prioritas satuan pendidikan. Merumuskan visi, misi, dan tujuan satuan pendidikan merupakan langkah awal yang sangat penting sebagai acuan utama dalam merancang pembelajaran yang berkualitas. Untuk satuan pendidikan, visi, misi, dan tujuan harus berpusat pada peserta didik.

 

Berikut ini beberapa tips membuat visi sekolah, yakni Sesuaikan pertanyaan untuk peserta didik dengan tahapan perkembangan/belajarnya; Tenaga kependidikan terkadang tidak melihat dirinya sebagai pendidik. Berikan pengantar bahwa bekerja di satuan pendidikan adalah pendidik, apapun perannya; Untuk wakil orang tua, perlu cermat memilih perwakilan agar perwakilan representatif (orang tua baru dan lama, orang tua yang kritis terhadap tujuan pendidikan untuk peserta didik dan paham alasan memilih satuan pendidikan tersebut); Untuk membuat kalimat aksi yang jelas dan misi satuan pendidika, gunakan kata kerja operasional yang bersifat umum yang masih bisa diterjemahkan menjadi pernyataan spesifik. Contoh: 1) Menjadi satuan pendidikan yang menginspirasi perubahan; dan 2) Menginisiasi aksi-aksi nyata dalam rangka mendidik masyarakat mengenai cara hidup ramah lingkungan, dan lainnya.

 

Untuk Anda yang membutuhkan Contoh Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan (KOSP) Jenjang SMA, dapat mendownload melalui link yang tersedia di abwah ini.

 



Link download Contoh Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan (KOSP) Jenjang SMA Contoh 1 (disini)


Link download Contoh Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan (KOSP) Jenjang SMA Contoh 2 (disini)


Link download Contoh Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan (KOSP) Jenjang SMA Contoh 3 (disini)

 

Demikian informasi tentang Link download Contoh Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan (KOSP) Jenjang SMA. Semoga ada manfaatnya, terima kasih.

 






= Baca Juga =



1 comment:

  1. Terima kasih, informasi sangat bermanfaat. Kami menunggu update informasi lainnya.

    ReplyDelete