Latest

DOWNLOAD CONTOH KURIKULUM OPERASIONAL SATUAN PENDIDIKAN TK PAUD SD SMP SMA

Download Contoh Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan (KOSP) TK PAUD SD SMP SMA


Download Contoh Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan (KOSP) TK PAUD SD SMP SMA. Kurikulum operasional yang digunakan di satuan pendidikan untuk pembelajaran dikembangkan dan dikelola oleh satuan pendidikan dengan mengacu kepada kerangka dasar kurikulum dan struktur kurikulum satuan pendidikan pelaksana Program Sekolah Penggerak yang ditetapkan oleh Pemerintah. Kurikulum yang dikembangkan menunjukkan kesesuaian dengan karakteristik daerah, satuan pendidikan, dan peserta didik. Dalam mengembangkan dan mengelola kurikulum operasional, satuan pendidikan sebaiknya melibatkan komite sekolah dan masyarakat. Kurikulum operasional satuan pendidikan disahkan oleh kepala dinas pendidikan sesuai dengankewenangannya.

 

Adapun prinsip pengembangan kurikulum operasional di satuan pendidikan sebagai berikut:

1. berpusat pada peserta didik, yaitu pembelajaran harus memenuhi keragaman potensi, kebutuhan perkembangan, dan tahapan belajar, serta kepentingan peserta didik. Profil Pelajar Pancasila selalu menjadi rujukan pada semua tahapan dalam penyusunan kurikulum operasional sekolah;

2. kontekstual, yaitu menunjukkan kekhasan dan sesuai dengan karakteristik satuan pendidikan dan peserta didik, serta konteks sosial budaya dan lingkungan;

3. esensial, yaitu memuat semua unsur informasi penting/utama yang dibutuhkan dan digunakan di satuan pendidikan. Bahasa yang digunakan lugas, ringkas, dan mudah dipahami;

4. akuntabel, yaitu dapat dipertanggungjawabkan karena berbasis data dan aktual; dan

5. melibatkan berbagai pemangku kepentingan, yaitu pelibatan komite satuan pendidikan dan berbagai pemangku kepentingan antara lain orang tua/wali, organisasi, dan masyarakat, di bawah koordinasi dan supervisi dinas pendidikan.

 

Komponen Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan baik jejang TK PAUD SD SMP SMA terdiri atas karakteristik satuan pendidikan, visi, misi, tujuan, pengorganisasian pembelajaran, rencana pembelajaran, dan pendampingan evaluasi dan pengembangan profesional. Ketentuan lebih lanjut mengenai pengembangan kurikulum operasional satuan pendidikan diatur dalam panduan yang ditetapkan oleh pimpinan unit utama yang membidangi kurikulum, asesmen, dan perbukuan.

 

Sebelum Admin membagikan contoh Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan (KOSP) baik jejang TK PAUD SD SMP SMA. Perlu diketahui juga terkait Evaluasi pembelajaran pada Sekolah Penggerak karena ini juga berkaitan dengan evalusi terhadap Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan khususnya terkait kerangka dasar kurikulum dan perangkat ajar. Berdasarkan Keputusan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi Republik Indonesia (Kepmendikbudristek) Nomor  162/M/2021 Tentang Program Sekolah Penggerak, Evaluasi pembelajaran pada Sekolah Penggerak merupakan serangkaian kegiatan terencana dan sistematis dalam mengumpulkan dan mengolah informasi dan data yang valid dan reliabel.  Evaluasi pembelajaran pada Sekolah Penggerak bertujuan untuk menguji efektivitas, efisiensi, relevansi, dan kelayakan (feasibility) rancangan dan implementasi pembelajaran pada Sekolah Penggerak.

 

Hasil evaluasi dapat dijadikan referensi dalam memperbaiki dan menentukan tindak lanjut pengembangan Pembelajaran pada pelaksanaan Program Sekolah Penggerak. Evaluasi dilakukan terhadap komponen-komponen Pembelajaran pada Program Sekolah Penggerak, yaitu:

a. kerangka dasar kurikulum yang terdiri dari capaian pembelajaran, struktur kurikulum, dan prinsip pembelajaran dan asesmen;

b. perangkat ajar yang terdiri dari buku teks pelajaran, modul ajar, dan pembelajaran melalui projek untuk penguatan profil pelajar Pancasila; dan

c. kurikulum operasional sekolah.

 

Evaluasi pembelajaran dilaksanakan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. Dalam melaksanakan evaluasi pembelajaran pada Sekolah Penggerak, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi dapat melibatkan:

a. dinas pendidikan;

b. komite satuan pendidikan;

c. dewan pendidikan;

d. satuan pendidikan; dan

e. masyarakat, sesuai dengan kewenangan.

Evaluasi Pembelajaran pada Sekolah Penggerak dilakukan secara berkala setiap tahun.

 

Bagi Anda yang membutuhkan Contoh Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan TK PAUD SD SMP SMA silahkan download melalui link yang tersedia di bawah ini.


Link download Download Contoh Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan TK PAUD (disini)

Link download Download Contoh Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan SD (disini)

Link download Download Contoh Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan SMP (disini)

Link download Download Contoh Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan SMA (disini)

 

Demikian informasi tentang Download Contoh Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan (KOSP) TK PAUD SD SMP SMA. Semoga ada manfaatnya, terima kasih.




= Baca Juga =



No comments:

Post a Comment