Latest

SOAL DAN JAWABAN SOAL PAT SD KELAS 5 KURIKULUM 2013 TAHUN 2021

Soal dan Jawaban Soal PAT SD Kelas 5 Kurikulum 2013 Tahun 2021-2022



Soal dan Jawaban Soal PAT SD Kelas 5 Kurikulum 2013 Tahun 2021-2022. Ulangan Akhir Semester atau Ulangan Kenaikan Kelas merupakan tahapan bentuk penilaian yang dilakukan di semester genap. Akan tetapi saat ini Istilah Ulangan Akhir Semester Genap berubah menjadi Penilaian Akhir Tahun disingkat PAT. Hal ini didasarkan pada Permendikbud No. 23 tahun 2016 dan Panduan Penilaian dari Direktorat Pembinaan Sekolah Dasar Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan tahun 2016 bahwa Penilaian hasil belajar oleh satuan pendidikan dilakukan dalam bentuk penilaian akhir semester, penilaian akhir tahun, dan ujian sekolah.


Penilaian Akhir Tahun (PAT) adalah kegiatan yang dilakukan di akhir semester genap untuk mengukur pencapaian kompetensi peserta didik pada akhir semester genap. Cakupan penilaian meliputi seluruh indikator yang merepresentasikan KD pada semester genap. Hasil penilaian akhir tahun selanjutnya diolah dan dianalisis untuk mengetahui ketuntasan belajar peserta didik. Hasil penilaian ini dapat dimanfaatkan antara lainuntuk pengisian rapor.

 

Sebelum Admin membagikan Latihan Soal dan Jawaban Soal PAT SD Kelas 5 Kurikulum 2013 Tahun 2021-2022, berikut tip sukses menghadapi soal Penilaian Kahir Tahun (PAT) Kelas 5 SD

 

1. Membuat Jadwal Belajar

Setiap musim PAT akan tiba, pihak sekolah pasti akan memberitahukan beberapa pekan sebelumnya. Persiapan belajar untuk menghadapi PAT bisa dilakukan dengan membuat jadwal belajar. Bisa dengan membuat timeline belajar di kertas ataupun di aplikasi smartphone.

 

Caranya dengan menghitung berapa pekan dan berapa hari yang dipunya sampai ke masa-masa PAT. Lalu bisa membuat skala prioritas materi apa saja yang paling dimengerti dan tidak mengerti. Selanjutnya, menentukan dalam sehari akan belajar materi apa saja sesuai dengan skala prioritas materi yang telah dibuat. Saran Admin, bisa membuat jadwal dalam satu hari untuk belajar dua mata pelajaran.

 

Setelah menetapkan hari, aturlah kapan waktunya. Satu mata pelajaran bisa di pelajari selama satu sampai dua jam. Misalnya, mengatur waktu belajar mulai dari jam 5 sore. Pada jam 5 sore merupakan waktu yang tepat untuk memulai belajar, setelah istirahat sebentar dari pulang sekolah. Pemilihan waktu belajar ini penting. Maka dari itu jangan sampai belajar saat sudah larut malam. Kalau terlalu malam yang ada malah begadang dan besoknya sulit bangun tidur atau malah mengantuk di sekolah.

 

2. Hindari Menggunakan Sistem Kebut Semalam

Sistem kebut semalam dimana besoknya ada ulangan, malam harinya baru belajar itu sangat merugikan. Kita akan terburu-buru untuk memahami materi ujian dan bisa mengakibatkan banyak materi ujian yang terlewatkan atau materi ujian yang masih belum paham. Sistem kebut semalam ini juga membuat seseorang mengantuk dan sulit berkonsentrasi saat ujian esoknya. Kenapa? Karena menghabiskan waktu semalaman belajar untuk memahami semua materi ujian sehingga akibatnya akan kurang istirahat.

 

3. Mengurangi Aktivitas yang Tidak Begitu Penting

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal saat PAT, maka kamu harus fokus belajar. Cara efektif agar seseorang fokus belajar yaitu dengan mengurangi aktivitas yang tidak begitu penting, seperti bermain bersama teman-teman, bermain game online atau yang lainnya. Anggaplah hal ini sebagai bagian dari latihan untuk menentukan skala prioritas dalam hidup.

 

Dengan adanya skala prioritas, kita akan dapat mengetahui mana kebutuhan yang harus didahulukan dan mana kebutuhan yang bisa ditunda terlebih dahulu. Selain itu, mengurangi aktivitas lainnya yang tidak begitu penting terutama di waktu belajar yang sudah ditentukan semata mata agar bisa fokus dalam memahami materi ujian. Sehingga bisa mendapatkan nilai maksimal pada PAT kelak.

 

4. Menetapkan Komitmen

Apa itu komitmen? Komitmen adalah janji kamu dengan dirimu sendiri. Janji itu tidak boleh dilanggar. Jika melanggar, tentu saja target tidak akan tercapai. Kita bisa memberikan konsekuensi untuk diri sendiri jika melanggar. Sebaliknya, jika sudah menjalankan komitmen, maka kita bisa mendapatkan penghargaan untuk diri kita sendiri. Tentukan komitmen agar dapat mencapai target dengan proses yang baik.

 

5. Membuat Kelompok Belajar

Kalau kamu adalah tipe siswa siswi yang tidak suka belajar sendirian, cobalah belajar berkelompok bersama teman-teman. Cukup empat sampai lima orang saja dalam sebuah kelompok belajar agar bisa tetap berkonsentrasi dan fokus belajar bersama. Selain membuat belajar jadi lebih menyenangkan, belajar bareng juga bisa saling membantu memahami materi ujian dan akan mendapatkan banyak sudut pandang baru dalam memahami materi ujian.

 

Selain belajar bersama teman-teman, belajar juga bisa ditemani dengan anggota keluarga. Orangtua atau kakak bisa membantu dalam memahami materi ujian. Belajar bersama keluarga ini bisa mempererat hubungan antar anggota keluarga.

 

6. Perbanyak Latihan Soal untuk Persiapan PAT

Untuk mengukur seberapa paham dengan materi ujian adalah dengan mengerjakan latihan soal. Latihan soal juga jadi penting sekali untuk persiapan PAT karena soal PAT dibuat oleh guru masing-masing. Jadi, tiap guru pasti punya kreativitasnya masing-masing dalam membuat soal. Semakin banyak kita latihan soal, kita akan terekspos dengan banyak variasi soal, sehingga lebih siap menghadapi bentuk soal yang mungkin muncul.

 

Tapi pasti kamu juga ingin memastikan jawaban dari soal yang kamu kerjakan kan? Nah jangan khawatir, Admi akan menemani dalam persiapan menghadapi PAT. Admin memiliki latihan soal PAT lengkap yang bisa kamu download gratis!

 

Berikut ini daftar lengkap contoh Latihan Soal dan Jawaban Soal PAT SD Kelas 5 Kurikulum 2013 Tahun 2021-2022, semoga dapat digunakan sebagai bahan untuk persiapan kamu dalam pelaksanaan Penilaian Akhir Tahun kali ini


Latihan Soal dan Jawaban soal PAT Kelas 5 SD Tema 6 Kurikulum 2013 Tahun 2021 (DISINI)
Latihan Soal dan Jawaban soal PAT Kelas 5 SD Tema 7 Kurikulum 2013 Tahun 2021 (DISINI 
Latihan Soal dan Jawaban soal PAT Kelas 5 SD Tema 8 Kurikulum 2013 Tahun 2021 (DISINI 
Latihan Soal dan Jawaban soal PAT Kelas 5 SD Tema 9 Kurikulum 2013 Tahun 2021 (DISINI)

Latihan Soal PAT Kelas 5 SD Tema 6 Kurikulum 2013 Tahun 2021 (DISINI)

Latihan Soal PAT Kelas 5 SD Tema 7 Kurikulum 2013 Tahun 2021 (DISINI 
Latihan Soal PAT Kelas 5 SD Tema 8 Kurikulum 2013 Tahun 2021 (DISINI 
Latihan Soal PAT Kelas 5 SD Tema 9 Kurikulum 2013 Tahun 2021 (DISINI 

Demikian informasi tentang Latihan Soal dan Jawaban Soal PAT SD Kelas 5 Kurikulum 2013 Tahun 2021-2022. Semoga ada manfaatnya, terima kasih.




= Baca Juga =



No comments:

Post a Comment