Latest

JUKNIS KKCTBN (KONTES KAPAL CEPAT TAK BERAWAK NASIONAL) TAHUN 2021

Petunjuk Teknis atau Juknis KKCTBN (Kontes Kapal Cepat Tak Berawak Nasional) Tahun 2021


Petunjuk Teknis atau Juknis KKCTBN (Kontes Kapal Cepat Tak Berawak Nasional) Tahun 2021. Pandemi COVID 19 masih sedang berlangsung, vaksin sedang dalam tahap pengembangan dan penyuntikan. Hal tersebut berdampak pada perubahan kehidupan geopolitik, sosial, ekonomi, dan semakin memanasnya konflik antar negara berebut wilayah laut untuk mengeksploitasi sumber daya alam dan menguasai jalur transportasi laut. Laut Cina Selatan menjadi salah satu sumber konflik antar negara ASEAN, dan negara besar lain di luar ASEAN.


Indonesia mempunyai kepentingan menjaga wilayah lautnya yang luas agar tidak diinvasi negara lain dan juga ikut menjaga perdamaian dunia. Selaku generasi muda bangsa, mahasiswa dapat ikut berperan dalam pemikiran mengenai kemandirian hankam laut Indonesia. Pusat Prestasi Nasional memfasilitasi pemikiran mahasiswa tersebut dengan mengadakan lomba KKCTBN 2021 yang bertema “INOVASI KEMARITIMAN MELALUI TEKNOLOGI DIGITAL UNTUK MENDUKUNG KEMANDIRIAN PERTAHANAN DAN KEAMANAN NASIONAL”.

 

KKCTBN 2021 diselenggarakan untuk mahasiswa dan didukung oleh akademisi, praktisi dan institusi untuk memberikan sumbangsih pemikiran. Perlombaan KKCTBN Tahun 2021 secara umum terbagi atas tiga kategori kontes: 1) Lomba Desain Kapal Militer, 2) Lomba Pembuatan dan Performa Prototipe Kapal Militer ASSV, ERC, FERC dan 3) Poster untuk menyampaikan inovasi yang dibuat. Inovasi yang ingin dihadirkan pada lomba kali ini antara lain: pembuatan desain kapal surface submarine, surface vehicle, persenjataan torpedo, misil dan teknologi kontrol autonom.

 

Mengingat pentingnya kegiatan ini, Pusat Prestasi Nasional mengundang partisipasi mahasiswa dan mengharapkan dukungan perguruan tinggi untuk mensukseskan kegiatan perlombaan tersebut. Harapan kami KKCTBN 2021 dapat memberikan manfaat kepada mahasiswa, masyarakat dan bangsa dalam sumbangsih pemikiran pembuatan inovasi teknologi kemaritiman untuk mendukung kemandirian pertahanan dan keamanan

 

Petunjuk Teknis atau Juknis KKCTBN (Kontes Kapal Cepat Tak Berawak Nasional) Tahun 2021. Pelaksanaan Kontes Kapal Cepat Tak Berawak (KKCTBN) merupakan salah satu agenda penting bidang kemahasiswaan yang diselengarakan oleh Pusat Prestasi Nasional, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia, dalam hal pengembangan inovasi teknologi kemaritiman digital guna ikut andil dalam ide untuk mendukung kemandiran hankam yang sekarang ini sedang menjadi isu utama di Indonesia. Kegiatan ini akan melibatkan mahasiswa dan dosen dari bidang-bidang ilmu terkait guna memberikan sumbangsih pemikiran di bidang kemandirian hankam dilihat dari perspektif teknologi kemaritiman dan perkapalan. Pada tahun 2021 ini terdapat 3 kategori yang akan dilombakan yaitu 1) Lomba Desain Penumpang Kapal Militer 2) Lomba Kontes Model Kapal Militer ASSV, ERC, FERC dan 3) Poster, sesuai dengan tema yang telah ditetapkan.

 

Berdasarkan Petunjuk Teknis atau Juknis KKCTBN (Kontes Kapal Cepat Tak Berawak Nasional) Tahun 2021, Tujuan penyelenggaraan KKCTBN 2021 adalah: 1) Ikut andil dalam sumbangsih pemikiran pembuatan inovasi desain, pembuatan prototipe dan kontes performa prototipe kapal selam dan kapal permukaan dengan dilengkapi dengan teknologi digital, 2) Menumbuhkan dan melatih mahasiswa untuk kreatif, inovatif dan produktif dalam hal membuat inovasi teknologi inovasi desain, pembuatan prototipe dan kontes performa prototipe kapal selam dan kapal permukaan, 3) Menumbuhkan jiwa nasionalisme dan patriotisme untuk menjaga kedaulatan NKRI, 4) Melatih mahasiswa untuk melakukan kerjasama team, pembagian tugas dan komunikasi yang akan memberi bekal softskill untuk kemajuan internal mahasiwa dan bekal kepemimpinan bangsa dan negara di masa yang akan datang.

 



Link download Petunjuk Teknis atau Juknis KKCTBN (Kontes Kapal Cepat Tak Berawak Nasional) Tahun 2021 (disini)

 

Demikian informasi tentang Petunjuk Teknis atau Juknis KKCTBN (Kontes Kapal Cepat Tak Berawak Nasional) Tahun 2021. Semoga ada manfaatnya.



No comments:

Post a Comment