Latest

JUKNIS KBMK (KOMPETISI MAHASISWA NASIONAL BIDANG ILMU BISNIS, MANAJEMEN DAN KEUANGAN) TAHUN 2021

Petunjuk Teknis atau Juknis KBMK (Kompetisi Mahasiswa Nasional Bidang Ilmu Bisnis, Manajemen dan Keuangan) Tahun 2021


Petunjuk Teknis atau Juknis KBMK (Kompetisi Mahasiswa Nasional Bidang Ilmu Bisnis, Manajemen dan Keuangan) Tahun 2021. Peningkatan kualitas sumber daya manusia merupakan salah satu fokus pembangunan pada Kabinet Indonesia Maju. Kualitas sumber daya manusia dapat ditingkatkan melalui perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi secara terencana, terprogram, dan tersistem. Sistem Pendidikan Tinggi diperkokoh dengan diterbitkannya Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2012, yang melandasi pengembangan kualitas lulusan melalui kegiatan intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler. Mahasiswa tidak hanya dibekali pengetahuan dan keterampilan, melainkan juga dua unsur yang menyempurnakan kinerja di kehidupan masyarakat, yaitu hard skills dan soft skills, karena sinergi di antara keduanya sangat diperlukan. Kehadiran pengembangan teknologi yang demikian cepat mendorong para lulusan untuk mampu beradaptasi dengan perubahan, bersemangat untuk belajar sepanjang hayat, dan memiliki kepedulian terhadap pembangunan yang berkelanjutan. Kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang digagas oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan mendorong mahasiswa untuk tidak hanya unggul dalam akademik, namun juga menjadi individu yang kreatif, inovatif, berdaya saing tinggi, dan berkarakter.

 

Sehubungan dengan itu, Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) bertugas untuk menyiapkan kebijakan teknis, melaksanakan, memantau, mengevaluasi, dan melaporkan berbagai program di bidang pengembangan prestasi satuan pendidikan. Salah satu program yang berkaitan dengan tugas tersebut adalah Kompetisi Bisnis Manajemen dan Keuangan atau disebut dengan KBMK.

 

Semoga Petunjuk Teknis atau Juknis KBMK (Kompetisi Mahasiswa Nasional Bidang Ilmu Bisnis, Manajemen dan Keuangan) Tahun 2021 di bawah koordinasi Puspresnas, Sekretariat Jenderal Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, ini dapat disosialisasikan, dipahami, diterapkan, serta dievaluasi untuk mendapatkan umpan balik dalam rangka peningkatan program yang bermutu dan berkelanjutan. Kami mengucapkan terima kasih dan apresiasi yang sebesar-besarnya kepada para kontributor dari berbagai perguruan tinggi dan dedikasi semua staf Puspresnas. Semoga pedoman ini bermanfaat bagi penyelenggaraan KBMK.

 

Kompetisi Mahasiswa Nasional bidang ilmu Bisnis, Manajemen dan Keuangan merupakan kompetisi yang tidak hanya mengevaluasi kemampuan akademik dan nalar mahasiswa dalam bidang ilmu, tetapi juga merupakan sebuah upaya untuk mendekatkan kemitraan antara akademisi, dunia usaha dan pemerintah.

 

Kompetisi Mahasiswa Nasional Bidang Ilmu Bisnis, Manajemen dan Keuangan (KBMK) Tahun 2021 ini memilih tema: Inovasi Anak Bangsa untuk Menghapus Kemiskinan serta Pemberdayaan Potensi Ekosistem Energi Bersih dan Terjangkau pada Konteks Persiapan Era Pasca Covid-19 dalam Kerangka Bidang Ilmu Bisnis, Manajemen dan Keuangan, pelaksanaan rangkaian kegiatan pada kompetisi ini dibagi menjadi dua yakni rangkaian kegiatan utama dan rangkaian kegiatan pendamping.

 

Rangkaian kegiatan utama terdiri dari 8 kategori umum kompetisi yang mencakup Kompetisi Perencanaan Bisnis dengan Aspek Ekosistem Energi Terbarukan, Kompetisi Analisis Kasus Aspek Manajemen Operasi, Kompetisi Analisis Kasus Aspek Manajemen Manusia, Kompetisi Analisis Kasus Aspek Manajemen Pemasaran, Kompetisi Riset Investasi, Kompetisi Keuangan Audit Investigatif, Kompetisi Bidang Komersialisasi Riset dan Teknologi Tepat Guna, dan Kompetisi Penulisan Karya Tulis Ilmiah dengan Aspek Inovasi dalam Pengurangan Kemiskinan. Terdapat 1 kategori khusus yaitu Kompetisi Eksibisi Internasional. Kegiatan di setiap bidang kompetisi ini diharapkan dapat memberikan akselerasi pembelajaran untuk menganalisis kasus bisnis/manajemen secara menyeluruh baik dari sisi mahasiswa maupun dosen.

 

Sebagai keberlanjutan dari kompetisi nasional yang diadakan Kementeriran Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia di tingkat Pendidikan Menengah (DIKMEN) maka peserta finalis Kompetisi Penelitian Siswa Indonesia (KoPSI) atau Festival Inovasi Kewirausahaan Siswa Indonesia (FIKSI) dapat berpartisipasi dalam 2 (dua) kategori yaitu pada Kategori Perencanaan Bisnis dan Kategori Bidang Komersialisasi Riset dan Teknologi Tepat Guna dengan mengikuti seluruh ketentuan dan persyaratan pada kedua kategori tersebut. Peserta harus menyertakan surat persetujuan seluruh tim inisiator awal proposal KoPSI atau FIKSI tersebut dengan format sesuai Lampiran pada Petunjuk Teknis atau Juknis KBMK (Kompetisi Mahasiswa Nasional Bidang Ilmu Bisnis, Manajemen dan Keuangan) Tahun 2021 ini.

 

Proses seleksi rangkaian kompetisi dimulai dengan seleksi administratif di mana setiap perguruan tinggi mengirimkan maksimal 8 kelompok peserta dengan melampirkan surat pengantar resmi dari perguruan tinggi yang bersangkutan. Untuk kategori khusus eksibisi internasional, akan diatur dalam peraturan khusus tersendiri. Setelah proses administrasi selesai, panitia akan mengirimkan informasi akun ke setiap peserta yang lolos syarat administrasi agar mereka bisa mengunggah jawaban mereka. Jawaban setiap kelompok untuk kategori umum dibuat dalam bentuk naskah/tulisan/makalah dan video presentasi (kecuali submisi untuk Kategori Penulisan Karya Tulis Ilmiah yang berbentuk naskah tanpa video) terkait dengan tugas dari kompetisi yang kemudian diunggah ke situs resmi melalui akun yang sudah diberikan. Seluruh jawaban peserta kompetisi akan dinilai oleh tim penilai untuk dapat menentukan tim peserta mana yang lolos ke babak final. Tim yang lolos ke babak final akan mengikuti rangkaian babak final dengan dua tahapan (semi final dan grand final) dengan tugas yang akan dibagikan sebelum babak final tersebut dimulai. Pada babak grand final, peserta akan mengerjakan tugas tambahan khusus dari juri yang bersifat impromptu. Proses penilaian pada rangkaian kegiatan kompetisi hingga babak grand final di tingkat nasional dilakukan oleh tim yang terdiri dari kelompok akademisi, praktisi bisnis, dan pemerintah/BUMN/asosiasi.

 



Link download Petunjuk Teknis atau Juknis KBMK (Kompetisi Mahasiswa Nasional Bidang Ilmu Bisnis, Manajemen dan Keuangan) Tahun 2021 (disini)

 

Demikian informasi tentang Petunjuk Teknis atau Juknis KBMK (Kompetisi Mahasiswa Nasional Bidang Ilmu Bisnis, Manajemen dan Keuangan) Tahun 2021. Semoga ada manfaatnya.




No comments:

Post a Comment