Latest

LATIHAN SOAL TES CALON FASILITATOR DAERAH PROGRAM PENGEMBANGAN KEPROFESIAN BERKELANJUTAN (PKB)

Contoh atau Latihan Soal Tes Tertulis atau Online Calon Fasilitator Daerah Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB)


Berikut ini Contoh atau Latihan Soal Tes Tertulis atau Online Calon Fasilitator Daerah Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) Kabupaten/Kota dan Provinsi

 

1.    Kebijakan pendidikan program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan bertujuan untuk ....

A.     Menambah wawasan dan kompetensi guru sesuai dengan sertifikasinya

B.     Meningkatkan hasil belajar siswa secara optimal

C.     Meningkatkan kompetensi dan profesionalitas guru madrasah melalui kegiatan pengembangan diri , publikasi ilmiah, dan karya inovasi.

D.     Melaksanakan program renstra

 

2.    Kebijakan Pendidikan Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan bertujuan untuk....

A. Meningkatkan kompetensi dan profesionalitas guru madrasah melalui kegiatan pengembangan diri , publikasi ilmiah, dan karya inovasi.

B. Menambah wawasan dan kompetensi guru sesuai dengan sertifikasinya

C. Meningkatkan hasil belajar siswa secara optimal

D. Melaksanakan program renstra

 

3.     Sasaran Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan adalah....

A. Madrasah-madrasah seluruh Indonesia

B. Kepala Madrasah

C. Tenaga kependidikan madrasah

D. Guru-guru madrasah melalui moda KKM

 

4.    Penyelenggaraan PKB dengan Moda KKM adalah untuk membangun sistem PKB yang dekat dengan guru dan tempat tugasnya, dan secara lebih besar, membangun masyarakat belajar yang efektif, terarah, dan berkelanjutan bagi ....

A.     Guru-guru

B.     Guru, kepala madrasah dan pengawas madrasah

C.     Para kepala madrasah

D.     Para pengawas madrasah

 

5.    Pernyataan yang benar mengenai Asesmen Nasional yaitu….

A.    Digunakan sebagai dasar perbaikan kualitas pembelajaran

B.    Digunakan sebagai penilaian untuk penentuan nilai individu

C.    Diberikan di akhir jenjang sebagai penentuan kelulusan siswa

D.    Diberikan untuk menilai prestasi pendidikan setiap daerah

 

6.    Dalam Asesmen Nasional pemetaan aspek pendukung kualitas pembelajaran di lingkungan sekolah dilakukan melalui….

A.     Survei karakter

B.     Survei lingkungan belajar

C.     Asesmen Kompetensi Minimum

D.     Survei kualitas sekolah

 

7.    Salah satu instrumen Asesmen Nasional adalah survei karakter. Dalam pelaksanaannya survei karakter memiliki tujuan utama yaitu….

A.     Mengukur kualitas pembelajaran dan iklim di sekolah yang menunjang pembelajaran siswa

B.     Mengukur hasil belajar non kognitif menyangkut sikap, kebiasaan, dan nilai-nilai pancasila

C.     Mengukur hasil belajar secara kognitif melalui kompetensi dasar literasi membaca dan numerasi

D.     Mengukur kemampuan akademik siswa dilihat dari nilai akhir siswa sebagai penentu kualitas sekolah

 

8.    Perbedaan Asesmen Nasional dengan Ujian Nasional adalah….

A.     Ujian Nasional dilakukan pada siswa kelas V, VII, dan XI sedangkan Asesmen Nasional untuk tingkat akhir

B.     Ujian Nasional dilakukan selama 1 minggu sedangkan Asesmen Nasional dilakukan selama 4 hari

C.     👍Ujian Nasional dilakukan pada semua siswa sedangkan Asesmen Nasional pada siswa sampel

D.     Ujian Nasional dilakukan secara daring, luring, dan blended sedangkan Asesmen Nasional dilakukan secara daring

 

9.    Arah program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) ini untuk dapat memperkecil jarak antara ….

A.     Pengetahuan, keterampilan yang mereka miliki sekarang dengan tuntutan ke depan yang berkaitan dengan profesinya itu

B.     Keterampilan, kompetensi sosial dan kepribadian yang mereka miliki sekarang dengan tuntutan ke depan yang berkaitan dengan profesinya itu

C.     Pengetahuan, keterampilan, kompetensi sosial dan kepribadian yang mereka miliki sekarang dengan tuntutan ke depan yang berkaitan dengan profesinya itu

D.     Pengetahuan, keterampilan, kompetensi sosial dan kepribadian yang mereka miliki sekarang dengan tuntutan profesinya itu

 

10. Dimensi kompetensi dalam Asesmen Peningkatan Kompetensi Guru Madrasah (APKGM) ....

A.     Menguasai karakteristik Tenaga Kependidikan dari aspek fisik, moral, sosial, kultural, emosional, dan intelektual

B.     Menguasai teori belajar, model-model pembelajaran, teknik dan prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik

C.     Mengembangkan kurikulum yang terkait dengan mata pelajaran/bidang pengembangan yang diampu

D.     Menyelenggarakan pembelajaran yang mengutamakan aspek prestasi dan profesi

 

Saat ini Anda sedang membaca Contoh atau Latihan Soal Tes Tertulis atau Tes Online Calon Fasilitator Daerah (Fasda) Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) Kabupaten/Kota dan Provinsi. Semoga dapat menambah wawasan.

 

11. Untuk mengukur dan menilai kinerja kepala madrasah sebagaimana diatur dalam Juknis 1111/2019 dibutuhkan perangkat penilaian kinerja yang meliputi antara lain:

A.     Juknis, Instrumen hasil analisis rekomendasi, Instrumen prioritas, Instrumen rekap kebutuhan PKB Kepala Madrasah

B.     Juknis, Instrumen, Portopolio, Rubrik Penilaian dan Format persetujuan hasil Penilaian

C.     Instrumen hasil analisis rekomendasi,Instrumen pioritas PKB, Instrumen rekap kebutuhan PKB Kepala Madrasah

D.     Laporan hasil PKKM, Instrumen hasil analisis rekomendasi,Instrumen pioritas PKB, Instrumen rekap kebutuhan PKB Kepala Madrasah, Berita acara dan Jadwal PKKM

 

12. Sesuai PMA 58/2017 dan Permendiknas 13 tahun 2007 bahwa Kepala Madrasah harus selalu melakukan inovasi dalam menggerakkan dinamika madrasah. Kompetensi kepala Madrasah yang revelan adalah kompetensi kewirausahaan yakni :

A.     Menciptakan inovasi yang berguna bagi pengembangan madrasah.

B.     Bekerja keras untuk mencapai keberhasilan madrasah sebagai organisasi pembelajar yang efektif.

C.     Memiliki motivasi yang kuat untuk sukses dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsinya sebagai pemimpin

D.     Selalu melakukan improvisasi dan memperkuat networking

 

13. Yang tidak termasuk karakteristik kepala madrasah yang inovatif dalam implementasi gerakan membangun madarasah adalah ....

A.     Mengerjakan tugas dengan cara yang tidak konvensional

B.     Menemukan masalah dan memecahkannya dengan cara yang tidak linier

C.     Lebih tertarik pada hasil dari pada proses

D.     Senang pada pekerjaan yang bersifat rutin dan kesepakatan

 

14. Kompetensi kepala madrasah yang urgen dalam mencapai mutu madrasah yang hebat dan bermartabat adalah kompetensi manajerial. Sebagai manajer maka kepala madrasah memiliki ciri-ciri sebagai berikut, kecuali :

A.     Menciptakan perubahan yang kuat

B.     Adanya kemauan yang kuat untuk mengubah situasi oleh diri sendiri

C.     Mengedepankan team work dan konsep dari tim

D.     Membangun harga diri, memantapkan pelaksanaan program yang didukung dengan jadwal yang jelas dan instumen yang terukur

 

15. Ada beberapa unsur yang terlibat secara sinergis dalam pelaksanaan PKB Moda KKM yaitu ....

A.     Kankemenag, pengawas, kepala madrasah, dan guru sebagai masyarakat pembelajar secara berkelanjutan

B.     Kankemenag, pengawas, komite, kepala madrasah, dan guru sebagai masyarakat pembelajar secara berkelanjutan

C.     Pengawas, Kepala madrasah, dan guru sebagai masyarakat pembelajar secara berkelanjutan

D.     Pengawas, Komite, dan guru sebagai masyarakat pembelajar secara berkelanjutan

 

16.    Dalam pelaksanaan Asesmen Kompetensi Minimum (AKM), konten dalam literasi membaca mencakup….

A.     Teks informasi dan teks fiksi

B.     Teks prosedur dan teks prosedur kompleks

C.     Teks observasi dan teks deskripsi

D.     Teks wacana dan teks argumentasi

 

17. Salah satu dari kegiatan pelaksanaan asesmen peningkatan kompetensi guru madrasah :

A.     Membuat desain informasi tentang guru pada dimensi kompetensi pedagogik dan sumber daya manusia

B.     APKGM yang merupakan bagian dari penilaian kompetensi guru tidak menjadi bahan pertimbangan penyusunan kebijakan dalam memberikan penghargaan dan apresiasi kepada guru

C.     APKGM sebagai upaya analisis komepetnsi guru dalam menguasai bahan ajar

D.     Mendapatkan peta kompetensi guru yang akan menjadi bahan pertimbangan dalam menentukan jenis pembinaan profesional guru yang harus diikuti oleh guru dalam program pengembangan keprofesian berkelanjutan (PKB)

 

18. Guru Rani memberikan pembelajaran mengenai pola pada barisan bilangan dan konfigurasi objek hal ini merupakan konten pembelajaran….

A.     Bilangan

B.     Pengukuran dan geometri

C.     Aljabar

D.     Data dan ketidakpastian

 

19.  Asesmen numerasi untuk tingkat MTS, terdapat berapa level pembelajaran….

A.     1 level pembelajaran

B.     2 level pembelajaran

C.     3 level pembelajaran

D.     4 level pembelajaran

 

20. Guru Sandi memberikan sebuah bacaan sastra, kemudian Guru Sandi meminta siswanya untuk menganalisis perubahan pada kejadian, karakter, setting, alur cerita serta konflik yang terjadi. Hal yang dilakukan oleh Guru Sandi merupakan bagian dari tingkat kognitif dalam asesmen literasi yaitu….

A.     Menemukan informasi

B.     Memahami informasi

C.     Mengevaluasi dan merefleksi

D.     Menyusun inferensi


Saat ini Anda sedang membaca Contoh atau Latihan Soal Tes Tertulis atau Online Calon Fasilitator Daerah (Fasda) Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) Kabupaten/Kota dan Provinsi. Semoga dapat menambah wawasan.

 

21. Kebijakan dan strategi yang akan ditempuh Kementerian Agama dalam merencanakan dan mengimplementasikan berbagai program layanan pendidikan berciri khas agama Islam yang dapat diakses, dengan jaminan mutu, serta kesesuaian dengan bakat minat dan kekhasan setiap anak bangsa merupakan ....

A.     Tujuan Grand Design Madrasah

B.     Pengertian Grand Design Madrasah

C.     Prinsip Grand Design Madrasah

D.     Strategi Grand Design Madrasah

 

22. Dalam implementasinya kegiatan PKB guru terdapat 3 jenis Moda PKB yaitu :

A.     Moda PPKB Wilayah, Kabupaten/Kota, dan KKM

B.     Moda PPKB Pusat, Wilayah, dan MGMP

C.     Moda PKB Pusat, Moda PKB Wilayah, dan Moda PKB KKM

D.     Moda PPKB Pusat, Kota/Kabupaten, dan MGMP

 

23. Guru Ratna memberikan sebuah teks informasi kepada siswanya kemudian Guru Sandi meminta siswanya menjelaskan ide pokok dan beberapa ide pendukung pada teks informasi, hal yang dilakukan Guru Ratna termasuk dalam kegiatan kognitif literasi yaitu….

A.     Menemukan informasi

B.     Memahami informasi

C.     Mengevaluasi dan merefleksi

D.     Menilai kualitas dan kredibilitas informasi


24. Guru Reza meminta siswanya untuk menilai kesesuaian pemilihan warna, tata letak, dan pendukung visual yang digunakan oleh penulis dalam menyampaikan pesan. Dalam asesmen literasi hal yang dilakukan oleh guru Reza merupakan tingkat kognitif literasi yaitu….

A.     Menemukan informasi

B.     Memahami informasi

C.     Menyusun inferensi

D.     Mengevaluasi dan merefleksi

 

25. Berbagai pihak yang terlibat secara sinergis dalam pelaksanaan PKB Moda KKM, adalah ....

A.     Kankemenag, pengawas, kepala madrasah, dan guru sebagai masyarakat pembelajar secara berkelanjutan

B.     Kankemenag, pengawas, komite, kepala madrasah, dan guru sebagai masyarakat pembelajar secara berkelanjutan

C.     Pengawas, Kepala madrasah, dan guru sebagai masyarakat pembelajar secara berkelanjutan

D.     Pengawas, Komite, dan guru sebagai masyarakat pembelajar secara berkelanjutan

 

26. Peran penting kepala madrasah dalam kegiatan proses pembelajaran adalah :

A.     Memfasilitasi guru dalam menjalankan tugas mengajar

B.     Melakukan proses pembimbingan kepada guru

C.     Mengembangkan kurikulum yang cocok dan tanggap terhadap kebutuhan siswa

D.     Menjamin adanya komunikasi yang baik dengan guru

 

27. Diantara peran dan tugas KKM dalam kegiatan PKB adalah ….

A.     Memantau dan mengevaluasi pelaksanaan PPKB madrasah

B.     Mendorong terjadinya komunitas belajar bagi madrasah

C.     Membina dan melaksanaan PPKB di madrasah

D.     Menentukan kebijakan pelaksanaan PPKB di madrasah

 

28. Berikut ini yang tidak termasuk manfaat dari instrument monitoring dan evaluasi pelatihan Penilaian Kinerja Kepala Madrasah (PKKM), kecuali:

A.     Mengetahui reaksi peserta relevansi dan efektivitas pelatihan

B.     Alat monitoring bagi fasilitator untuk memastikan semua data dan instrumen peserta OJL lengkap

C.     Reaksi peserta untuk WI memperbaiki proses pelatihan setiap hari

D.     Perbaikan diri fasilitator

 

29. Konsep cara berpikir guru dengan murid Millenial adalah sebagai berikut:

A.     Murid lebih aktif daripada guru

B.     Guru lebih banyak menjelaskan ke murid dengan berbagai macam materi

C.     Guru lebih aktif daripada murid

D.     Guru memberikan materi di papan tulis sesuai dengan silabus yang berlaku

 

30. Yang tidak termasuk syarat umum calon kepala madrasah menurut PMA 58 tahun 2017 adalah ....

A.     Berusia paling tinggi 56 (lima puluh enam) tahun pada saat pertama kali diangkat

B.     Memiliki pengalaman mengajar paling singkat 9 (sembilan) tahun sedangkan untuk calon Kepala Madrasah pada Madrasah di daerah terdepan, terluar, dan tertinggal memiliki pengalaman mengajar paling singkat 4 (empat) tahun

C.     Memiliki kemampuan baca tulis Al qur’an

D.     Memiliki sertifikat pendidik

 

Saat ini Anda sedang membaca Contoh atau Latihan Soal Tes Tertulis atau Tes Online Calon Fasilitator Daerah (Fasda) Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) Kabupaten/Kota dan Provinsi. Semoga dapat menambah wawasan.

 

31. Dalam keseharian di lembaga pendidikan, kerapkali ditemukan sekolah/madrasah memiliki standar ganda dalam impelementasi peraturan, untuk guru berbeda berbeda pula untuk peserta didik berbeda. Atau dalam implementasi terjadi inkonsistensi penerapan sanksi karena lemahnya komitmen sekolah/madrasah. Penerapan strategi penguatan pendidikan yang perlu ditekankan dalam pelaksanaaan di sekolah/madrasah adalah:

A.     Pendidikan karakter berbasis kelas

B.     Pendidikan karakter berbasis budaya sekolah/madrasah

C.     Pendidikan karakter berbasis Masyarakat

D.     Pendidikan karakter berbasis budaya kelompok/komunitas

 

32. Yang termasuk prinsip umum pengembangan Keprofesian Guru Berkelanjutan adalah ....

A.     Diselenggarakan secara demokratis dan berkeadilan serta tidak diskrimiatif dengan menjunjung tinggi hak asasi manusia, nilai keagamaan, nilai kultural, dan kemajemukan bangsa

B.     Diselenggarakan sebagai satu kesatuan yang sistemik dengan sistem tertutup

C.     Diselenggarakan sebagai suatu proses pensejahteraan guru

D.     Diselenggarakan dengan memberdayakan masyarakat sekitar

 

33. Kepala Madrasah sebagaimana amanah PMA 58/2017 adalah berperan central dalam mengembangkan aspek manajerial madrasah. Dengan manajemen Kepala madrasah yang mumpuni dan baik maka yang hebat akan mudah tercapai. Ciri-ciri manajerial kepala madrasah yang baik, kecuali ....

A.     Menciptakan budaya dan iklim madrasah yang kondusif dan inovatif bagi pembelajaran peserta didik

B.     Mengelola guru dan staf dalam rangka pendayagunaan sumber daya manusia secara optimal

C.     Mengelola hubungan madrasah dan masyarakat dalam rangka pencarian dukungan ide, sumber belajar, dan pembiayaan madrasah

D.     Mengelola peserta didik dan tenaga kependidikan secara sesuai standar

 

34. Penyelenggaraan PPKB dengan Moda KKM adalah untuk membangun sistem PPKB yang dekat dengan guru dan tempat mengajarnya, dan secara lebih besar, membangun masyarakat belajar yang efektif, terarah, dan berkelanjutan bagi....

A. Guru-guru

B. Para kepala madrasah

C. Para pengawas madrasah

D. Guru, kepala madrasah dan pengawas madrasah

 

35. Arah Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PPKB) ini untuk dapat memperkecil jarak antara … .

A. Pengetahuan, keterampilan, kompetensi sosial dan kepribadian yang mereka miliki sekarang dengan tuntutan ke depan yang berkaitan dengan profesinya itu.

B. Pengetahuan, keterampilan yang mereka miliki sekarang dengan tuntutan ke depan yang berkaitan dengan profesinya itu.

C. Keterampilan, kompetensi sosial dan kepribadian yang mereka miliki sekarang dengan tuntutan ke depan yang berkaitan dengan profesinya itu.

D. Pengetahuan, keterampilan, kompetensi sosial dan kepribadian yang mereka miliki sekarang dengan tuntutan profesinya itu.

 

36. Untuk mengukur dan menilai kinerja Kepala Madrasah dibutuhkan Perangkat penilaian kinerja yang meliputi, antara lain:

A. Juknis, Instrumen, Portopolio, Rubrik Penilaian dan Format persetujuan hasil Penilaian

B. Juknis, Instrumen hasil analisis rekomendasi,Instrumen pioritas, Instrumen rekap kebutuhan PKB Kepala Madrasah

C. Instrumen hasil analisis rekomendasi,Instrumen pioritas PKB, Instrumen rekap kebutuhan PKB Kepala Madrasah

D. Laporan hasil PKKM, Instrumen hasil analisis rekomendasi,Instrumen pioritas PKB, Instrumen rekap kebutuhan PKB Kepala Madrasah, Berita acara dan Jadwal PKKM

 

37. Dibawah ini yang tidak termasuk sebagai alat Monitoring dan Evaluasi dalam pelatihan PKKM dan PKB Kepala Madrasah adalah:

A. Pre test, Pos test, smile face, Evaluasi peserta dan fasilitator pelatihan, Chek list pelaksanaan diklat, Uji Kompetensi, instruimen monitoring OJL, Instrumen PKKM

B. Pre test, Pos test, Bull eye, Uji Kompetensi(UK), Quality of Training, instruimen monitoring OJL, Pelaporan dan dokumentasi

C. Pre test, Pos test, Bull eye, smile face,, Quality of Training, instruimen monitoring OJL, Evaluasi peserta dan fasilitator pelatihan,Pelaporan dan dokumentasi

D. Pre test, Pos test, smile face, Evaluasi peserta dan fasilitator pelatihan, Instrumen pendampingan Kepala Madrasah, instruimen monitoring OJL, Pelaporan dan dokumentasi

 

38.  ntuk menilai tingkat ketercapaian kompetensi pada penilaian PKB BPU RKJM/ RKAM, Tagihan yang perlu dinilai adalah:

A. Hasil review dan identifikasi kekurangan komponen RKJM/ RKAM berdasarkan SNP dan SPM serta analisis konteks (EDM)

B. Hasil analisis konteks (EDM) dan RKJM

C. Hasil review dan identifikasi kekurangan komponen RKJM/ RKAM berdasarkan SNP dan SPM dan dokumen RKJM

D. Dokumen EDM dan RKJM

 

39. Dibawah ini yang tidak termasuk sebagai alat Monitoring dan Evaluasi dalam pelatihan PKKM dan PKB Kepala Madrasah adalah:

A. Perbedaan pendapat selalu disikapi dengan budaya kekerasan dan menutup peluang mengemukakan kritik yang Pre test, Pos test, smile face, Evaluasi peserta dan fasilitator pelatihan, Chek list pelaksanaan diklat, Uji Kompetensi, instruimen monitoring OJL, Instrumen PKKM

B. Pre test, Pos test, Bull eye, Uji Kompetensi(UK), Quality of Training, instruimen monitoring OJL, Pelaporan dan dokumentasi

C. Pre test, Pos test, Bull eye, smile face,, Quality of Training, instruimen monitoring OJL, Evaluasi peserta dan fasilitator pelatihan,Pelaporan dan dokumentasi

D. Pre test, Pos test, smile face, Evaluasi peserta dan fasilitator pelatihan, Instrumen pendampingan Kepala Madrasah, instruimen monitoring OJL, Pelaporan dan dokumentasi

 

40. Berikut ini termasuk manfaat dari instrument Monitoring dan Evaluasi Pelatihan Penilaian Kinerja Kepala Madrasah (PKKM), kecuali:

A. Mengetahui reaksi peserta relevansi dan efektivitas pelatihan

 

B. Reaksi Peserta-Untuk WI memperbaiki proses pelatihan setiap hari

C. Perbaikan diri fasilitator

D. Alat monitoring bagi Fasilitator untuk memastikan semua data dan instrumen peserta ojl lengkap

 

Saat ini Anda sedang membaca Contoh atau Latihan Soal Tes Tertulis atau Online Calon Fasilitator Daerah Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) Kabupaten/Kota dan Provinsi. Semoga dapat menambah wawasan.

 

41. Manakah diantara kegiatan numerasi berikut yang termasuk dalam konten aljabar?

A.    Memahami pola pada barisan bilangan dan konfigurasi objek

B.    Menghitung volume bangun ruang dan luas permukaan

C.    Memahami bilangan cacah maksimal 6 angka

D.    Menentukan dan menggunakan mean, median, modus

 

42. Guru Cleo memberikan soal teks dan ditemukan siswa mampu mengintegrasikan beberapa informasi teks pada bacaan yang berbeda maka siswa tersebut dapat dikategorikan dalam kelompok….

A.    Perlu intervensi khusus

B.    Dasar

C.    Cakap

D.    Mahir

 

43. Dalam asesmen numerasi siswa dituntut untuk bernalar menggunakan konsep matematika dan memberikan solusi yang lebih aplikatif sehingga soal yang diberikan akan mendorong  siswa untuk….

A.    Menyelesaikan soal sesuai konsep matematika

B.    Mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari

C.    Memahami data dalam bentuk tabel maupun grafik

D.    Memahami fakta, prosedur, serta alat matematika

 

44. Peraturan Menteri Agama (PMA) No. 58 Tahun 2017 pada pasal 17 ayat 5 mengamanatkan tentang Penilaian Kinerja Kepala Madrasah (PKKM) meliputi ....

A. Pengembangan Madrasah, Manajerial, Kewirausahaan dan Supervise Manajerial

B. Pengembangan Madrasah, Kepribadian Sosial, Manajerial, Kewirausahaan dan Supervise Manajerial

C. Pengembangan Madrasah, Manajerial, Kewirausahaan dan Supervise Akademik

D. Pengembangan Madrasah, Manajerial, Kewirausahaan dan Supervise Manajerial, Kepribadian Sosial dan Kepemimpinan

 

45. Penguatan Pendidikan Karakter dapat dilakukan dengan langkah-langkah ....

A. Mengintegrasikan proses pembelajaran di dalam kelas melalui isi kurikulum dalam mata pelajaran, baik itu secara tematik maupun terintegrasi

B. Memperkuat manajemen kelas dan pilihan metodologi dan evaluasi pengajaran

C. Mengembangkan muatan lokal sesuai dengan kebutuhan daerah

D. Meningkatkan pengetahuan tentang karakter

 

46. Manakah di antara materi berikut ini yang menunjukkan hubungan antara numerasi dengan mata pelajaran IPA MI/MTS atau Fisika MA ?

A.    Menghitung persentase pajak

B.    Menghitung luas segitiga dan lingkaran

C.    Mengurutkan bilangan cacah

D.    Membandingkan berat berbagai benda

 

47. Bahan pembelajaran utama (BPU) adalah salah satu bentuk diklat dalam pengembangan diri pada PKB KS/M. BPU berbentuk buku yang memuat lima bagian, yaitu:

A. Penjelasan Umum BPU, Metode Pembelajaran, Lembar Kerja, Bahan Bacaan, Penilaian

B. Penjelasan Umum BPU, Kegiatan Pembelajaran, Lembar Kerja, Bahan Bacaan, Evaluasi

C. Penjelasan Umum BPU, Kegiatan Pembelajaran, Lembar Kerja, Bahan Bacaan, Penilaian

D. Penjelasan Umum BPU, Model dan tekhnik Pembelajaran, Lembar Kerja, Bahan Bacaan, Penilaian

 

48. Lima nilai utama karakter yang perlu dikembangkan sebagai prioritas Gerakan Penguatan Pendidikan Karakter adalah: 1) Religius 2) Nasionalis 3) Mandiri 4) Gotong Royong 5) Integritas   Dari lima nilai utama karakter yang merupakan budaya kerja kementeriaan agama adalah.....

A. Religius

B. Nasionalis

C. Mandiri

D. Integritas

 

49.  Dalam keseharian di lembaga pendidikan, kerapkali ditemukan  sekolah/madrasah memiliki standar ganda dalam impelementasi peraturan, untuk guru berbeda berbeda pula untuk peserta didik berbeda. Atau dalam implementasi terjadi inkonsistensi penerapan sanksi karena lemahnya komitmen sekolah/madrasah. Penerapan strategi penguatan pendidikan yang perlu ditekankan dalam pelaksanaaan di sekolah/madrasah adalah:

A. Pendidikan karakter berbasis kelas

B. Pendidikan Karakter berbasis budaya sekolah/madrasah

C. Pendidikan Karakter berbasis Masyarakat

D. Pendidikan Karakter berbasis budaya kelompok/komunitas

 

50. Perhatikan macam-macam kegiatan PPKB berikut: 

              I.           Membuat publikasi buku

             II.           Mengikuti diklat fungsional

           III.           Membuat publikasi ilmiah atas hasil penelitian

          IV.           Melaksanakan kegiatan kolektif guru

            V.           Menemukan/menciptakan karya seni

          VI.           Mengikuti pengembangan pentusunan standar, pedoman, soal dan sejenisnya

Kegiatan yang termasuk dalam pengembangan diri adalah ....

A. I dan II

B. II dan III

C. II dan IV

D. IV dan VI

 

Saat ini Anda sedang membaca Contoh atau Latihan Soal Tes Tertulis atau Online Calon Fasilitator Daerah Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) Kabupaten/Kota dan Provinsi. Semoga dapat menambah wawasan.

 

51. Setiap guru madrasah berhak mendapat kesempatan untuk mengembangkan diri yang perlu diimplementasikan secara teratur, sistematis, dan berkelanjutan. Untuk menghindari kemungkinan pengalokasian kesempatan pengembangan yang tidak merata, proses penyusunan PPKB harus dimulai dari madrasah. Pernyataan di atas merupakan ...

A. Prinsip PPKB

B. Pengertian PPKB

C. Komponen PPKB

D. Perencanaan PPKB

 

52. Kegiatan pengembangan diri yang mencakup diklat fungsional dan kegiatan kolektif guru harus mengutamakan kebutuhan guru. Kebutuhan tersebut mencakup antara lain ... kecuali:

A. Kompetensi penyusunan RPP

B. Penguasaan materi dan kurikulum

C. Penguasaan teknologi informatika

D. Penguasaan pengelolaan keuangan madrasah

 

53.  Kebijakan dan strategi yang akan ditempuh Kementerian Agama dalam merencanakan dan mengimplementasikan berbagai program layanan pendidikan berciri khas agama Islam yang dapat diakses, dengan jaminan mutu, serta kesesuaian dengan bakat minat dan kekhasan setiap anak bangsa merupakan ....

A. Pengertian Grand Design Madrasah

B. Tujuan Grand Design Madrasah

C. Prinsip Grand Design Madrasah

D. Strategi Grand Design Madrasah

 

54. Menyediakan peta arah bagi pengembangan madrasah selama lima tahun ke depan dalam rangka peningkatan akses, mutu, dan relevansi layanan pendidikan kepada warga negara merupakan ....

A. Strategi Grand Design Madrasah

B. Langkah-langkah implementasi Grand Design Madrasah

C. Tujuan Grand Design Madrasah

D. Prinsip-prinsip Grand Design Madrasah

 

55. Tiga jenis Moda PPKB, adalah ....

A. Moda PPKB Pusat, Wilayah, dan KKM

B. Moda PPKB Wilayah, Kabupaten/Kota, dan KKM

C. Moda PPKB Pusat, Wilayah, dan MGMP

D. Moda PPKB Pusat, Kota/Kabupaten, dan MGMP

 

56. Unsur-unsur yang terlibat secara sinergis dalam pelaksanaan PPKB Moda KKM, adalah ....

A. Kankemenag, pengawas, kepala madrasah, dan guru sebagai masyarakat pembelajar secara berkelanjutan

B. Kankemenag, pengawas, komite, kepala madrasah, dan guru sebagai masyarakat pembelajar secara berkelanjutan

C. Pengawas, Komite, dan guru sebagai masyarakat pembelajar secara berkelanjutan

D. Pengawas, Kepala madrasah, dan guru sebagai masyarakat pembelajar secara berkelanjutan

 

57. Peran kepala madrasah dalam proses pembelajaran adalah ....

A. Mengembangkan kurikulum yang cocok dan tanggap terhadap kebutuhan siswa

B. Memfasilitasi guru dalam menjalankan tugas mengajar

C. Melakukan proses pembimbingan kepada guru

D. Menjamin adanya komunikasi yang baik dengan guru

 

58. Kepala madrasah sebagai eduaktor melakukan peran ....

A. Membimbing guru

B. Membimbing karyawan

C. Membimbing siswa

D. Semua benar

 

59.  PMA nomer 2 Tahun 2012 mengamanatkan bahwa Pengawas Madrasah bertugas ....

A. Membina dan membimbing guru

B. Membimbing Kepala Madrasah

C. Membimbing siswa

D. Membimbing dan membina kepala madrasah dan guru

 

60. Yang termasuk peran pemerintah daerah Kab./Kota dalam pelaksanaan PPKB adalah ….

A. Menyetujui program kerja PPKB dari pengawas madrasah

B. Mengusulkan rencana PPKB melalui KKM

C. Mengusulkan rencana PPKB melalui Kanwil

D. Mengusulkan rencana pembiayaan PPKB Kab./Kota

 

Demikian posting tentang Saat ini Anda sedang membaca Contoh atau Latihan Soal Tes Tertulis atau Online Calon Fasilitator Daerah Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) Kabupaten/Kota dan Provinsi. Semoga ada manfaatnya untuk dapat menambah wawasan.

 




= Baca Juga =



No comments:

Post a Comment