Latest

DOWNLOAD CONTOH PROGRAM KERJA PENGAWAS SEKOLAH DI MASA COVID-19

Download Contoh Program Kerja Pengawas Sekolah (SD SMP SMA SMK) Di Masa Covid-19


Download Contoh Program Kerja Pengawas Sekolah (SD SMP SMA SMK) Di Masa Covid-19. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 74 Tahun 2008 tentang Guru Pasal 15 ayat (4) menyatakan bahwa guru yang diangkat dalam jabatan pengawas satuan pendidikan melakukan tugas pembimbingan dan pelatihan profesional guru dan tugas pengawasan. Tugas pengawasan yang dimaksud adalah melaksanakan kegiatan pengawasan akademikdan pengawasan manajerial. Implementasi tugas tersebut tertuang dalam Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 21 Tahun 2010 tentang Jabatan Fungsional Pengawas Sekolah dan Angka Kreditnya. Untuk memperjelas implementasi Peraturan Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 21 Tahun 2010 dan Peraturan Bersama Menteri Pendidikan Nasional dan Kepala Badan Kepegawaian Negara Nomor 01/III/PB/2011, Nomor 6 Tahun 2011 telah terbit Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 143 Tahun 2014 tentang Petunjuk Teknis Pelaksanaan Jabatan Fungsional Pengawas Sekolah dan Angka Kreditnya.

 

Download Contoh Program Kerja Pengawas Sekolah (SD SMP SMA SMK) Di Masa Covid-19. Program kerja ini berisi rencana kerja pengawas sekolah dalam rangka melaksanakan tugas pokok dan fungsi pengawas sekolah, sebagaimana diatur di dalam Peraturan Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 21 Tahun 2010, yakni . Membantu Kepala Sekolah/Madrasah dalam mengelola Sekolah/Madrasah dan mengelola administrasi Sekolah/Madrasah; Membantu Kepala Sekolah/Madrasah dalam melaksanakan 8 Standar Nasional Pendidikan; Membantu guru meningkatkan profesionalitasnya dalam (1) merencanakan pembelajaran; (2) melaksanakan pembelajaran; (3) menilai hasil pembelajaran; (4) membimbing dan melatih peserta didik, dan (5) melaksanakan tugas tambahan yang melekat pada pelaksanaan kegiatan pokok sesuai dengan beban kerja guru (PP 74/2008)

 

Selain itu, program kepengawasan juga akan menjadi dokumen atau berkas kepengawasan yang akan dinilai angka kreditnya. Berdasarkan Permendikbud 143 tahun 2014, tentang Pengawas Sekolah dan angka kreditnya disebutkan bahwa Menyusun Program pengawasan untuk Pengawas muda = 0,60, Pengawas madya = 0,90 dan Pengawas utama =1,20.

 

Dalam Contoh Program Kerja Pengawas Sekolah (SD SMP SMA SMK) Di Masa Covid-19, sasaran pengawasan dalam rangka implementasi tugas pokok dan fungsi pengawas meliputi kegiatan:

a. Pembinaan guru / kepala Sekolah/Madrasah;

b. Pemantauan 8 Standar Nasional Pendidikan;

c. Penilaian kinerja guru / kepala Sekolah/Madrasah;

d. Pembimbingan dan Pelatihan profesional guru dan kepala Sekolah/Madrasah

 

Strategi pengawasan dalam Contoh Program Kerja Pengawas Sekolah (SD SMP SMA SMK) Di Masa Covid-19 disini berisi cara-cara yang dilakukan oleh pengawas Sekolah/Madrasah dalam melaksanakan tugas-tugas kepengawasan, yang meliputi tugas pembinaan, pemantauan / monitoring, penilaian kinerja, pembimbingan dan pelatihan profesional guru yang dilaksanakan secara Online (Daring) dan Luring. meliputi:

a. Strategi kepengawasan untuk pembinaan pada bidang akademik dan manajerial dilakukan melalui :

1). Kegiatan individu dengan kepala Madrasah, Guru dan Tenaga Kependidikan lainnya, dengan alternatif pola daring dan luring

2). Kegiatan kelompok melalui rapat guru, MGMP, dan KKM dengan alternatif pola daring dan luring

3). Melalui kegiatan pelatihan, diskusi, bimtek, workshop dsb yang dilakukan dengan alternatif pola daring dan luring

b. Strategi kepengawasan untuk pemantauan pelaksanaan 8 SNP dilakukan melalui:

1). Studi dokumen tentang pelaksanaan 8 SNP dengan alternatif pola daring dan luring;

2). Wawancara dengan kepala Madrasah guru, tenaga kependidikan, komite Madrasah, dan peserta didik dengan alternatif pola daring dan luring

3). Observasi terhadap kegiatan peserta didik, proses pembelajaran, keadaan sarpras, dan situasi lingkungan satuan pendidikan dengan alternatif pola daring dan luring

c. Strategi kepengawasan untuk penilaian kinerja pada bidang akademik dan manajerial dilakukan melalui :

1). Penilaian akademik dilakukan melalui kegiatan supervisi terhadap guru dalam membuat/mempersiapkan perangkat pembelajaran, melaksanakan pembelajaran, pelaksanaan penilaian hasil belajar/bimbingan siswa serta pelaksanaan tindak lanjut dengan alternatif pola daring dan luring

2). Penilaian manajerial dilakukan melalui kegiatan supervisi, observasi, wawancara dan dokumentasi terhadap data-data administrasi sekolah/madrasah maupun pengelolaan sekolah/madrasah, baik yang dilakukan oleh Kepala sekolah/madrasah maupun oleh tenaga kependidikan lainnya dengan alternatif pola daring dan luring.

d. Strategi pengawasan dalam pembimbingan dan pelatihan profesional guru dan/atau kepala Madrasah dilakukan melalui: MGMP dengan alternatif pola daring dan luring.

 

Link Download Contoh Program Kerja Pengawas Sekolah (SD SMP SMA SMK) Di Masa Covid-19 (disini)

 

Baca Juga Contoh Laporan Kegiatan Pelaksanaan Pengawasan Pada Masa Covid-19 (Disini)

 

Demikian informasi tentang Download Contoh Program Kerja Pengawas Sekolah (SD SMP SMA SMK) Di Masa Covid-19, semoga ada manfaatnya, terima kasih.



= Baca Juga =



No comments:

Post a Comment