Latest

Manfaat Hutan Mangrove atau Bakau Serta Upaya Menjaga Kelestarian Sumber Daya Alam

Manfaat Hutan Mangrove atau Bakau Serta Upaya Menjaga Kelestarian Sumber Daya Alam


Apa Manfaat Hutan Mangrove atau Bakau serta bagaimana Upaya Menjaga Kelestarian Sumber Daya Alam. Di Indonesia terdapat cukup banyak Wisata Alam Konservasi Kawasan Wisata Alam Konservasi adalan kawasan wisata yang memfokuskan pada pelestarian dan perlindungan jangka panjang terhadap lingkungan, memastikan bahwa habitat alami suatu area dapat dipertahankan, sementara keanekaragaman genetik dari suatu spesies dapat tetap ada dengan mempertahankan lingkungan alaminya.

 

Di Jakarta ada Taman Wisata Alam Angke Kapuk atau Hutan Mangrove Pantai Indah Kapuk (PIK). Hutan mangrove disebut juga hutan bakau. Hutan mangrove ini merupakan salah satu kawasan wisata alam yang cukup sejuk. Di sini para wisatawan bisa mendapatkan suasana angin sepoi-sepoi yang sejuk ketika berada di area hutan mangrove tersebut. Kawasan wisata ini digunakan untuk konservasi hutan bakau yang asri dan alami. Selain itu, hutan mangrove berfungsi sebagai tempat menahan abrasi dari ombak laut yang ada si sekitar laut.

 

Pantai, air laut, hutan mangrove (bakau) adalah sumber daya alam yang sangat penting bagi negara kita. Indonesia adalah negara kepulauan yang memiliki garis pantai yang sangat panjang. Indonesia memiliki hutan mangrove terbesar di dunia.

 

Secara umum hutan bakau atau mangrove artinya hutan yang tumbuh di atas rawarawa yang berair payau yang terletak di garis pantai dan dipengaruhi oleh pasangsurut air laut.

 

Adapun manfaat hutan mangrove atau bakau adalah

● Mencegah perembesan (instrusi) air laut ke daratan.

● Mencegah pengikisan (abrasi ) pantai oleh ombak laut

● Tempat hidup dan sumber makanan bagi beberapa jenis satwa

● Membantu mempercepat proses penguraian pencemaran laut.

 

Keberadaan sumber daya alam sangat penting. Menjaga kelestarian sumber daya alam juga sangat penting. Kelestarian sumber daya alam perlu dijaga agar dimanfaatkan di masa sekarang dan yang akan datang. Untuk menjaga kelestarian alam harus dilakukan secara bersama-sama, dimulai dari lingkungan terkecil sampai ke lingkungan lebih luas. Kita bisa memulai dari rumah masing-masing.

 

Upaya Menjaga Kelestarian Sumber Daya Alam

Pelestarian sumber daya alam adalah upaya pengelolaan sumber daya alam yang bertujuan untuk mempertahankan sifat dan bentuknya, perubahan yang terjadi diserahkan atau dikembalikan pada alam. Kegiatan manusia yang akan mengganggu kelestarian alam:

● Penebangan liar

● Ladang berpindah

● Perburuan binatang secara liar

● Penangkapan ikan dengan cara tidak tepat

● Membuang sampah sembarangan

 

Sumber daya alam jumlahnya terbatas. Apabila dimanfaatkan secara terus-menerus akan habis. Akibatnya akan terjadi kemiskinan dan bencana yang akan dirasakan oleh generasi yang akan datang. Oleh karena itu dibutuhkan berbagai upaya manusia untuk menjaga kelestarian sumber daya alam tersebut

1.    Penanaman kembali hutan yang gundul

2.    Menjaga kebersihan lingkungan

3.    Membuat terasering pada lahan miring

4.    Menghemat penggunaan sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui. Seperti mematikan listrik bila tidak digunakan.

 

Selain itu upaya lain untuk melestarikan sumber daya alam juga dapat dialkukan dengan cara-cara di bawah ini:

1. Menghemat penggunaan air

2. Mematikan lampu ketika tidak dibutuhkan

3. Menjaga kebersihan lingkungan

4. Mendaur ulang barang-barang bekas

5. Pengolahan sampah

 

Itulah pembelajaran kita tentang Apa Manfaat Hutan Mangrove atau Bakau serta bagaimana Upaya Menjaga Kelestarian Sumber Daya Alam Semoga ada manfaatnya.



= Baca Juga =



No comments:

Post a Comment