Latest

JUKNIS PENGISIAN APLIKASI E-SUPERVISI DIREKTORAT SMP KEMENDIKBUD MELALUI https://supervisidev.ipb.ac.id/

Panduan atau Juknis Pengisian Aplikasi E-Supervisi Direktorat SMP Kemdendikbud


Petunjuk Teknis atau Juknis Pengisian Aplikasi E-Supervisi Direktorat SMP Kemendikbud Melalui https://supervisidev.ipb.ac.id/. Supervisi adalah suatu usaha atau kegi atan pembinaan yang direncanakan untuk membantu para guru dan pegawai sekolah atau lembaga pendidikan lainnya dalam melakukan pekerjaan mereka secara efektif dan efisien. Berbagai macam usaha atau kegiatan yang dapat dilakukan berkaitan dengan supervisi, antara lain pertemuan kelompok, pembicaraan perorangan, kunjungan ke las, ceramah, lokakarya, demonstrasi tentang teknik-teknik dan metode-metode me ngajar yang baru, penilaian yang dilakukan secara sistematis, dan pertukaran pengalama n serta pikiran-pikiran baru. Semua ini bermaksud untuk membimbing guru, dalam meningkatkan kesanggupan dan memperluas pandangan mereka.


Supervisi dalam hal ini mempunyai penge rtian yang luas, yakni segala macam bentuk bantuan dari para pimpinan se kolah yang tertuju kepada perkembangan kepemimpinan guru-guru dan para pegawai sekolah lainnya di dalam mencapai tujuan-tujuan pendidikan. Bantuan tersebut be rupa bimbingan, dorongan, dan kesempatan bagi pertumbuhan keahlian dan kecakapan guru-guru.  Sebagai contoh, misalnya bimbingan dalam usaha dan pelaksanaan pembaharuan da lam pendidikan dan pengajaran, pemilihan alat-alat pelajaran dan metode-metode mengaja r yang baik terhadap fase dari seluruh proses pengajaran.

 

Supervisi sebagai suatu bentuk pengawasan langsung biasanya dilakukan secara berhadap-hadapan antara pengawas dan para guru. Supervisi termasuk kewajiban terpokok dalam administrasi dan merupakan pusat perhatian bagi perkembangan para siswa dan perbaikan pengajaran deng an segala aspek-aspeknya.

 

Petunjuk Teknis atau Juknis Pengisian Aplikasi E-Supervisi Direktorat SMP Kemendikbud (Kemdikbud) Melalui https://supervisidev.ipb.ac.id/. Untuk membantu Pengawas sekolah melakukan supervise akademik dan manajerial Direktorat SMP Kemendikbud (Kemdikbud) telah menerbitkan Aplikasi E-Supervisi. Untuk dapat mengisi aplikasi tersebut terlebih dahulu silahkan download 3 Juknis Pengisian Aplikasi E-Supervisi Direktorat SMP Kemendikbud, berikut ini.


Juknis Pengisian atau Manual Pengguna Pengawas (disini)

Juknis Pengisian atau Manual Pengguna Kepala Sekolah (disini)

Juknis Pengisian atau Manual Pengguna Guru (disini)

 

Link menuju Aplikasi E-Supervisi Direktorat SMP Kemendikbud Melalui https://supervisidev.ipb.ac.id/

 

Demikian informasi tentang Panduan, Petunjuk Teknis atau Juknis Pengisian Aplikasi E-Supervisi Direktorat SMP Kemendikbud (Kemdikbud) Melalui https://supervisidev.ipb.ac.id/. Semoga ada manfaatnya, terima kasih.



= Baca Juga =



No comments:

Post a Comment