Latest

LATIHAN SOAL UKK PAT SMP MTS KELAS 8 (VIII) TAHUN 2022 SEMUA MAPEL

Latihan Daring (Online) Soal UKK PAT SMP MTS Kelas 8 (VIII) Semua Mapel Tahun 2022

Latihan Daring (Online) Soal UKK PAT SMP MTS Kelas 8 (VIII) Semua Mapel Tahun 2022.  Dalam buku itu, penilaian hasil belajar oleh pendidik penilaian terdiri dari pelaksanaan penilaian harian (PH) dan penilaian tengah semester (PTS). Sedangkan penilaian hasil belajar oleh satuan pendidikan (sekolah) dilakukan dalam bentuk penilaian akhir semester (PAS), penilaian akhir tahun (PAT), dan ujian sekolah (US).

Penilaian Harian (PH), sebelumnya disebut Ulangan Harian/UH) adalah proses pengumpulan dan peng­olahan informasi hasil belajar peserta didik yang digunakan untuk menetapkan program perbaikan atau pengayaan berdasarkan tingkat penguasaan kompetensi dan memperbaiki proses pem­belajaran (assessment as dan for learning), dan mengetahui tingkat penguasaan kompetensi serta menetapkan ketuntasan penguasaan kompetensi (assessment of learning). Penilaian Tengah Semester (PTS, sebelumnya disebut Ulangan Tengah Semester/UTS) adalah penilaian yang dilaksa­nakan pada pekan ke­-8 atau ke­-9 dalam satu semester. Adapun materi PTS meliputi semua KD yang sudah dipelajari sampai dengan pekan ke­-7 atau ke­-8.

Penilaian Akhir Tahun (PAT), sebelumnya disebut Ulangan Kenaikan Kelas/UKK) adalah penilaian yang dilaksanakan pada akhir semester genap dengan materi semua KD pada semes­ter genap. Sedangkan Penilaian Akhir Semester (PAS, sebelumnya disebut Ulangan Akhir Semester/UAS) adalah penilaian yang dilaksa­nakan pada akhir semester gasal dengan materi semua KD pada semester tersebut.

Adapun beberapa manfaat dari Penilaian Akhir Tahun (PAT), antara lain 1) melatih siswa menghargai pentingnya waktu, siswa yang akan melaksanakan ujian harus mengetahui waktu kapan jadwal ujian akan dilaksanakan. Siswa harus meluangkan waktu untuk belajar diperpustakaan, belajar kelompok, belajar dirumah, atau bahkan belajar dibimbel. Saat pelaksanaan ulangan jangan sampai terlambat datang ke sekolah/kelas untuk ujian. 2) memahami arti pentingnya belajar, melalui ulangan, apabila siswa ingin memperoleh nilai baik maka harus belajar. jika tidak belajar dapat dipastikan remedial. Materi-materi yang dipelajari apabila keluar saat ulangan akan menjadi kebahagiaan tersendiri bagi siswa dan ada rasa bangga bahwa mendapatkan nilai tinggi dan tidak harus mengikuti remedial. Dengan demikian akan memahami secara mendalam pentingnya belajar. 3) memiliki rasa tanggungjawab, melalui ujian siswa harus bertanggungjawab, belajar adalah suatu keharusan apabila ingin menjadi yang terbaik, apabila tidak belajar maka nilainya rendah dan harus remedial. Apabila mencontek siap mendapatkan sanksi karena sudah berbuat curang. Dengan demikian siswa akan memahami bahwa dirinya harus bertanggungjawab terhadap pelajaran yang akan ujian, sehingga dapat diterapkan pada kehidupannya yang lain, 3) melatih kejujuran, ujian melatih kejujuran pada siswa, saat ulangan siswa harus mengerjakan sendiri soal-soal dari hasil belajar yang sudah dilakukan. Apabila sudah terbiasa dapat diterapkan pada kehidupannya yang lain. 4) menghargai hasil usaha, apapun hasil ujiannya maka siswa harus menerimanya. Nilai rendah atau tinggi itu merupakan hasil usaha setelah belajar. 5) semangat juang, melalui ujian siswa dituntut memiliki semangat Juang yang gigih untuk hasil belajar maksimal. Ikhtiar maksimal hasilnya mendekati akan harapan, dan 6) mengetahui cara meraih prestasi, melalui ulangan siswa dapat mengetahui step-step bagaimana meraih prestasi terbaik dalam hal perolehan nilai tertinggi sehingga berpeluang menjadi juara kelas. Hal tersebut juga dapat diaplikasikan pada bidang lainnya dalam kehidupan mereka bahwa untuk meraih prestasi apapun harus ada perencanaan yang matang dan proses yang baik.

Berikut ini kumpulan Latihan Daring (Online) Soal UKK (PAT) SMP/MTS Kelas 8 (VIII) tahun 2022, semoga masih bisa diakses dan dipergunakan sebagai bahan latihan atau dalam rangka memperkaya wawasan pengetahuan.

Latihan Daring (Online) Soal PAT (UKK) PPKN Kelas 8 (VIII) SMP-MTS Kurikulum 2013 Tahun 2022 (Disini)
Latihan Daring (Online) Soal PAT (UKK) PAI Kelas 8 (VIII) SMP-MTS Kurikulum 2013 Tahun 2022 (Disini)
Latihan Daring (Online) Soal PAT (UKK) Bahasa Indonesia Kelas 8 (VIII) SMP-MTS Kurikulum 2013 Tahun 2022 (Disini)
Latihan Daring (Online) Soal PAT (UKK) Matematika Kelas 8 (VIII) SMP-MTS Kurikulum 2013 Tahun 2022 (Disini)
Latihan Daring (Online) Soal PAT (UKK) IPA Kelas 8 (VIII) SMP-MTS Kurikulum 2013 Tahun 2022 (Disini)
Latihan Daring (Online) Soal PAT (UKK) IPS Kelas 8 (VIII) SMP-MTS Kurikulum 2013 Tahun 2022 (Disini)
Latihan Daring (Online) Soal PAT (UKK) Bahasa Inggris Kelas 8 (VIII) SMP-MTS Kurikulum 2013 Tahun 2022 (Disini)
Latihan Daring (Online) Soal PAT (UKK) Penjas (PJOK) Kelas 8 (VIII) SMP-MTS Kurikulum 2013 Tahun 2022 (Disini)
Latihan Daring (Online) Soal PAT (UKK) Prakarya Kelas 8 (VIII) SMP-MTS Kurikulum 2013 Tahun 2022 (Disini)
Latihan Daring (Online) Soal PAT (UKK) Seni Budaya Kelas 8 (VIII) SMP-MTS Kurikulum 2013 Tahun 2022 (Disini)

Itulah infonya yang dapat Admin sampaikan tentang Latihan Daring (Online) Soal UKK (PAT) SMP/MTS Kelas 8 (VIII) tahun 2022, semoga dapat digunakan sebagai bahan latihan untuk menghadapi pelaksanaan ujian atau sekedar untuk menambah pengetahuan. Terima kasih atas kesedian adik-adik kelas 8 untuk berkunjung ke blog kakak.



= Baca Juga =



No comments:

Post a Comment