Latest

KUMPULAN SOAL DAN PEMBAHASAN TENTANG TEORI EVOLUSI

contoh Soal dan Pembahasan Tentang Teori Evolusi


Berikut ini beberapa contoh Soal dan Pembahasan Tentang Teori Evolusi (Teori Darwin, Teori Lamarck, Teori evolusi August Weissman) mata pelajaran Biologi SMA/MA.

1.  Pernyataan di bawah ini menyebabkan perubahan leher jerapah :

contoh Soal dan Pembahasan Tentang Teori Evolusi

1)       Jerapah berleher panjang berasal dari induk jerapah berleher pendek
2)       Pada masa lampau terdapat jerapah berleher pendek maupun berleher panjang
3)       Memanjangnya leher jerapah karena pengaruh lingkungan
4)       Jerapah berleher pendek mati, sedangan jerapah berleher panjang tetap lestari hidup
Menurut teori evolusi Darwin yang ada hubungannya dengan evolusi jerapah adalah ...
A.         1 dan 2
B.         1 dan 4
C.         2 dan 3
D.        2 dan 4
E.         3 dan 4


Pembahasan :
Ada dua pendapat yang berbeda tentang perubahan leher jerapah. Pendapat itu dicetuskan oleh Darwin dan Lamarck. Perbedaan tersebut ada dasarnya adalah perbedaan teori evolusi antara Lamarck dan Darwin.
Berikut perbedaan antara kedua teori tersebut :
Teori Lamarck
Menurut Lamarck, evolusi terjadi karena adanya pertumbuhan individu sebagai mekanisme adaptasi terhadap lingkungan, dan perubahan ini diwariskan.
Jadi, menurut Lamarck perubahan panjang leher jerapah terjadi akibat tertarik atau teregang selama bertahun-tahun untuk mencapai daun-daun di pucuk pohon guna memenuhi kebutuhan nutrisinya.
Menurut Lamarck, moyang jerapah pada awalnya berleher pendek namun karena pepohonan semakin tinggi dan sulit untuk emncari dedaunan, maka jerapah mencoba beradaptasi dengan cara memanjangkan leher untuk menjangkau daun.

Teori Darwin
Menurut Darwin, evolusi terjadi karena seleksi alam. Individu yang mampu beradaptasi dengan lingungannya akan bertahan hidup sebaliknya individu yang tidak adaptif akan punah.
Jadi, menurut Darwin pada awalnya jerapah memang memiliki panjang leher yang bervariasi. Namun karena sleeksi alam jerapah berleher panjanglah yang lebih adaptif sehingga mampu berkembang biak.

Jerapah berleher panjang dapat mencapai daun-daun yang tinggi untuk makanannya sedangkan jerapah berleher pendek kekurangan pagan akibat tidak dapat menjangkau daun-daunan.
Karena seleksi alam tersebut, jerapah berleher pendek tidak mampu mempertahankan hidup dan punah sedangkan jerapah berleher panjang tetap bertahan hingga saat ini.
Jadi, menurut teori Darwin, pernyataan yang ada hubungannya dengan evolusi jerapah adalah pernyataan 2 dan 4.
Jawaban : D

2. Perhatikan beberapa kejadian-kejadian yang terdapat di alam antara lain :
1)      Banyak ditemukan Biston betularia hitam di Inggris setelah revolusi industri
2)      Paruh burung menjadi lebih pendek karena mencari biji di antara batuan
3)      Ditemukan lebih banyak belalang hijau di lapangan rumput
4)      Kaki kuda bertambah panjang karena digunakan untuk berlari
Kejadian yang merupakan hasil dari proses seleksi alam adalah ...
A.       1 dan 2
B.       1 dan 3
C.       2 dan 3
D.       2 dan 4
E.       3 dan 4

Pembahasan :
Menurut Darwin, ada beberapa kondisi yang diperlukan untuk terjadinya evolusi melalui proses seleksi alam, yaitu :
·          Semua organisme menghasilkan banyak keturunan tetapi hanya sedikit yang mampu bertahan hidup hingga dewasa dan bereproduksi.
·          Dalam satu generasi keturunan selalu terjadi variasi dan sebagain besar variasi tersebut dapat diwariskan
·          Di antara anggota suatu spesies terjadi kompetisi dalam hal makanan, pasangan, dan wilayah kekuasaan
·          individu-individu dengan sifat-sifat yang menguntungkan dalam kompetisi lebih mampu bertahan hidup untuk mencapai kematangan reproduksi, sedangkan individu lainnya mati karena penyakit atau dimangsa oleh predator

Contoh yang paling umum tentang seleksi alam adalah ngengat Biston betularia. Ngengat tersebut terdapat dalam dua bentuk yaitu nngengat berwarna gelap dan ngengat berwarna terang.
Sebelum revolusi insudtri, ngengat berwarna terang mendominasi hampir seluruh wilayah Inggris namun setelah revolusi, ngengat berwarna gelap meningkat hingga 98% dari sebelumnya.
Peningkatan itu terjadi karena selama revolusi industri asap hitam dari tungku pembakaran batu bara telah membunuh lumut kerak pada batang-batang pohon dan menghitamkannya.
Menghitamnya batang pepohonan memberikan keuntungan bagi ngengat hitam karena ketika ngengat hinggap di batang, warna mereka yang gelap sulit terlihat oleh burung sehingga mereka tidak dimangsa oleh burung.
Selain ngengat, contoh seleksi alam lainnya adalah ditemukannya banyak belalang di lapangan rumput hijau. Warna belalang yang hampir sama dengan rumput memberikan keuntungan pada belalang karena membuat belalang sulit terlihat oleh pemangsa.
Jawaban : B

3. Salah satu penyebab tidak terbentuknya spesies baru yang disebabkan oleh masa kawin atau kematangan gamet yang berbeda, contohnya pada lalat buah, dapat terjadi karena adanya isolasi ….
A. ekologi
B. musim
C. perilaku
D. mekanik
E. geografi

Pembahasan:
Masa kawin atau kematangan gamet yang berbeda akan membuat dua dua species simpatrik tidak dapat melakukan interhibridasi. Kondisi ini disebut dengan isolasi musim (pematangan gamet jantan dan gamet betina tidak sama).
Dalam kata lain, Isolasi musim terjadi apabila dua species simpatrik tidak dapat melakukan interhibridisasi karena masing – masing species mempunyai masa pemakasan kelamin yang berbeda.
Contoh isolasi musim:
Pinus radiata dan Pinus muricata keduanya terclapat di beberapa tempat di California dan tergolong simpatrik, kedua jenis pinus tersebut dapat disilangkan tetapi perkawinan silang ini boleh dikatakan tidak pernah terjadi di alam. Hal ini disebabkan karena perbedaan masa berbunga Pinus radiata terjadi pada awal Februari sedang Pinus muricata pada bulan April.
Kemudian empat jenis katak yang tergolong pada genus Rana. Meskipun hidup di daerah yang sama tetapi tidak terjadi persilangan, karena perbedaan masa aktif perkawinan.
Jadi, salah satu penyebab tidak terbentuknya spesies baru yang disebabkan oleh masa kawin atau kematangan gamet yang berbeda, contohnya pada lalat buah, dapat terjadi karena adanya isolasi musim.
Jawaban: B

4. Berikut ini sejumlah organ hewan :
1)         Tangan manusia
2)         Sayap lalat
3)         Kaki depan kuda
4)         Sayap capung
5)         Sayap burung
6)         Kaki depan anjing
Pasangan organ yang homolog adalah ...
A.         1 dan 3
B.         2 dan 3
C.         2 dan 4
D.        1 dan 6
E.         1 dan 5

Pembahasan :
Homolog adalah organ-organ yang mempunyai bentuk asal sama tetapi berubah struktur sehingga fungsinya berbeda. Jadi, untuk melihat mana yang homolog lihat saja fungsinya.
Berikut beberapa contoh homolog :
·          Tangan manusia (1) homolog dengan kaki depan kuda (3)
·          Organ gerak manusia homolog dengan organ gerak kelelawar
·          Sayap burung homolog dengan sirip depan ikan
·          Sayap burung (5) homolog dengan kaki depan anjing (6)
·          Kaki depan buaya homolog dengan sirip dada ikan paus
Dengan demikian, pasangan organ yang homolog adalah 1 dan 3 atau 5 dan 6.
Jawaban : A

5. Mekanisme seleksi alam tidak selalu berjalan karena ….
A. seleksi alam merupakan satu – satunya kekuatan yang membawa variabelitas gen
B. adaptasi pada organisme menyebabkan adanya evolusi
C. mutasi menyebabkan variasi genetik akibat dari faktor lingkungan
D. seleksi alam hanya terjadi pada organisme tertentu
E. setiap mutasi menghasilkan variasi genetik, yang tidak selalu dibebani seleksi alam

Pembahasan:
Seleksi alam adalah teori bahwa makhluk hidup yang tidak mampu beradaptasi dengan lingkungannya lama kelamaan akan punah.
Seleksi alam merupakan satu – satunya kekuatan yang membawa variabelitas gen merupakan ciri seleksi alam.
Adaptasi pada organisme menyebabkan adanya evolusi merupakan penyebab dari evolusi yang brkaitan dengan seleksi alam sesuai teori Darwin.
Mutasi menyebabkan variasi genetik akibat dari faktor lingkungan , Mutasi yang dikarenakan faktor lingkungan itulah yang merupakan dampak seleksi alam.
Seleksi alam hanya terjadi pada organisme tertentu menunjukkan ciri makhluk hidup.
Tidak semua mutasi dipengaruhi oleh lingkungan, ada beberapa mutasi yang disebabkan oleh kelainan genetis pada kromosom, dan materi genetik lainnya.
Jadi, mekanisme seleksi alam tidak selalu berjalan karena setiap mutasi menghasilkan variasi genetik, yang tidak selalu dibebani seleksi alam.
Jawaban: E

6. Sayap burung dan sayap serangga merupakan organ yang dapat dijadikan petunjuk adanya evolusi. Berdasarkan perbandingannya organ tersebut tergolong ...
A.      Analog
B.      Homolog
C.      Comparative
D.     Organologi
E.      Speciasi

Pembahasan :
Lewat kajian evolusi ditemukan fakta bahwa berbagai makhluk hidup yang kelihatannya berbeda jauh ternyata menunjukkan suatu kesamaan. Salah satu unsur kesamaan yang dimiliki selruh sel makhluk hidup adalah adanya protoplasma.
Adanya unsur persamaan dapat digunakan untuk menentukan hubungan kekerabatan. Semakin banyak persamaan antar makhluk hidup, maka semakin dekat hubungan kekerabatannya.

Berdasarkan pada fakta tersebut, maka ada dua istilah yang umum digunakan untuk membandingkan makhluk hidup satu dengan makhluk hidup lainnya, yaitu :
Homologi
Organ-organ dari berbagai makhluk hidup yang menpunyai bentuk asal sama dan selanjutnya berubah struktur sehingga fungsinya berbeda disebut homolog. Beberapa contoh untuk homologi adalah sayap burung dengan kaki depan mamalia dan sirip depan ikan, organ gerak bagian depan dari vertebrata, dan sebagainya. Homologi merupakan bukti terjadinya evolusi divergen yaitu evolusi dari satu spesies menghasilkan beberapa spesies dengan anatomi (bentuk dasar) yang sama.

Analogi
Organ-organ dari berbagai makhluk hidup yang mempunyai bentuk dasar berbeda tetapi mempunyai fungsi yang sama disebut analog. Analog merupakan ebalikan dari homolog. Contoh organ-organ tubuh yang analog antara lain sayap burung dengan sayap kupu-kupu, sayap kelelawar dengan sayap kupu-kupu, dan sebagainya.
Analogi merupakan bukti terjadinya evolusi konvergen yaitu evolusi beberapa spesies berbeda yang menempati lingkungan sama dan akhirnya memiliki organ tubuh yang sama fungsinya, meskipun secara anatomi bentuknya berbeda.
Jadi, berdasarkan perbandingannya sayap burung dan sayap serangga tergolong analog. Sayap burung dan sayap serangga sama-sama berfungsi untuk terbang tetapi asalnya berbeda.
Jawaban : A

7. Teori evolusi Darwin menyatakan: “Alam akan mengadakan seleksi terhadap makhluk yang ada di dalamnya, hanya makhluk hidup yang mampu beradaptasi dengan lingkungan yang dapat bertahan hidup.”
Fenomena evolusi yang sesuai pendapat Darwin tersebut adalah ….
A. populasi kupu – kupu Biston betularia sayap gelap lebih banyak dibandingkan kupu – kupu Biston betularia sayap cerah saat revolusi industri
B. populasi jerapah leher panjang lebih banyak setelah populasi pohon berbatang pendeng sebagai penyedia makanan berkurang
C. usus buntu pada manusia mengalami penyusutan dan mengecil karena manusia menjadi pemakan segala (omnivora)
D. populasi ular semakin menurun ketika berada di lingkungan yang terdapat banyak predatornya
E. populasi tikus berekor pendek menurun seiring menurunnya jumlah makanan yang tersedia di lingkungannya

Pembahasan:
Teori evolusi Darwin sering dikaitkan dengan teori:
·          Jerapah berleher panjang dan pendek
·          Kupu – kupu Biston betulatria pada era Revolusi Industri
·          Ketika terjadi revolusi industri muncul banyak asap berwarna hitam akibat pembakaran mesin sebagai pembanngkit tenaga. Asap kemudian menempel pada pohon sehingga membuat warnanya menjadi cenderung berwarna hitam. Kupu – kupu berwarna hitam menjadi susah untuk dilihat oleh predatornya akibat tersamar pohon yang berwarna gelap, sehingga predatornya tidak bisa mengetahi keberadaan kupu – kupu.
Jadi, Fenomena evolusi yang sesuai pendapat Darwin tersebut adalah populasi kupu – kupu Biston betularia sayap gelap lebih banyak dibandingkan kupu – kupu Biston betularia sayap cerah saat revolusi industri.
Jawaban: A

8. Perhatikan pernyataan tentang teori evolusi berikut!
(1) Memanjangnya leher jerapah karena pengaruh lingkungan.
(2) Jerapah berleher panjang berasal dari jerapah berleher pendek.
(3) Nenek moyang jerapah berleher panjang dan berleher pendek.
(4) Jerapah berleher pendek mati kelaparan, sedangkan jerapah berleher panjang tetap hidup.
Adaptasi menurut Lamarck ditunjukkan oleh nomor ….
A. (1) dan (2)
B. (1) dan (3)
C. (2) dan (3)
D. (3) dan (4)
E. (4) dan (5)

Pembahasan:
Teori Evolusi Lamarck:
·          Makhluk sederhana merupakan nenek moyang dari makhluk yang lebih sempurna.
·          Makhluk hidup akan selalu beradaptasi dengan menggunakan organ tubuhnya.
·          Organ tubuh yang sering digunakan akan berkembang terus sedangkan organ yang tidak digunakan akan menghilang.
·          Perubahan organ tubuh dari suatu organisme akan diwariskan kepada keturunannya.
Jadi, adaptasi menurut Lamarck ditunjukkan oleh nomor (1) dan (2).
Jawaban: A

9. Pernyataan yang mendukung teori evolusi karena terjadi mekanisme seleksi alam adalah ….
A. jerapah semula berleher pendek karena mengambil daun – daun yang tinggi akhirnya leher menjadi panjang
B. beberapa jenis bebek memiliki kaki berselaput untuk berenang karena hidup di tempat yang berair
C. burung elang memiliki otot dada yang besar dan kuat akibat sering terbang tinggi
D. ngengat berwarna cerah punah dan ngengat berwarna gelap dapat berkembang biak pada saat revolusi industri
E. kaki ular menyusut akibat tidak digunakan dan meningkatnya predator hewan tersebut

Pembahasan:
Pernyataan yang mendukung teori evolusi karena terjadi seleksi alam adalah ngengat berwarna cerah punah dan ngengan berwarna gelap dapat berkembang saat revolusi industri.
Kondisi ini disebabkan banyaknya polusi yang membuat tumbuhan berwarna gelap sehingga ngengat dengan warna terang akan lebih terlihat oleh predator, sedangkan ngengat berwarna gelap akan terlindung dari incaran predator.
Jawaban: D

10. Faktor utama yang menyebabkan penurunan populasi Biston betularia bersayap cerah setelah revolusi industri di Inggris adalah ….
A. warna gelap lebih adaptif dengan lingkungan
B. perubahan warna cerah menjadi gelap
C. Persilangan dalam hal pangan
D. adaptasi terhadap lingkungan
E. seleksi alam

Pembahasan:
Salah satu contoh model evolusi mikro adalah perubahan frekuensi gen – gen pada ngengat inggris,  Biston betularia. Ada dua macam ngengat, yaitu yang bersayap gelap dan terang.
Pada masa sebelum industri meningkat jumlahnya di inggris, ngenat bersayap terang jumlahnya lebih banyak dibandingkan ngengat bersayap gelap. Hal ini terjadi karena pohon berlumut kerak yang terang akan melindungi ngenat bersayap terang. Akibatnya, ngengat gelap akan lebih mudah dimakan (diseleksi) oleh predator.

Saat jumlah industri meningkat di inggris, jelaga cerobong asap merusak lumut kerak di pohon yang mengakibatkan kulit pohon berubah menjadi warna yang gelap. Kondisi tersebut menyebabkan ngengat bersayap gelap lebih terlindungi dari predator, sehingga terjadi penurunan frekuensi ngengat warna gelap lebih dominan dalam lingkungan berjelaga.
Jadi, faktor utama yang menyebabkan penurunan populasi Biston betullaria bersayap cerah setelah revolusi industri di Inggris adalah warna gelap lebih adaptif dengan lingkungan.
Jawaban: A

11. Pernyataan yang mengandung teori evolusi:
1)         Tikus berekor panjang dipotong ekornya, beberapa generasi berikutnya ekornya tetap panjang.
2)         Jerapah berleher pendek berubah menjadi jerapah berleher panjang untuk mendapatkan makanan.
3)         Perubahan suatu organisme disebabkan adanya perubahan faktor dalam yang diturunkan.
4)         Mutasi merupakan salah satu mekanisme dalam evolusi.
5)         Proses evolusi merupakan perubahan yang dipengaruhi oleh faktor lingkungan
Pernyataan yang mendukung teori evolusi August Weismann ditunjukkan oleh nomor ….
A. 1 dan 2
B. 1 dan 3
C. 2 dan 4
D. 2 dan 4
E. 3 dan 5

Pembahasan:
Teori evolusi August Weissman menyatakan bahwa perubahan sel tubuh karena pengaruh lingkungan tidak akan diwariskan kepada keturunannya. Jadi, pernyataan yang mendukung teori evolusi August Weissman adalah tikus berekor panjang  dipotong ekornya, beberapa generasi berikutnya ekornya tetap panjang 1
Perubahan suatu organisme disebabkan adanya perubahan faktor dalam yang diturunkan 3
Jadi, pernyataan yang mendukung teori evolusi August Weismann ditunjukkan oleh nomor 1 dan 3.
Jawaban: B

12. Beberapa fakta yang terjadi di alam antara lain :
1)         Semua spesies mempunyai potensi reproduksi yang tinggi
2)         Terdapat variasi yang diturunkan di antara individu satu spesies
3)         Terdapat banyak homologi organ
4)         Ditemukannya binatang yang sama di daerah yang tidak sama
Fakta yang menjadi dasar teori evolusi yakni ...
A.         1 dan 2
B.         1 dan 4
C.         2 dan 3
D.        2 dan 4
E.         3 dan 4

Pembahasan :
Evolusi yakni proses perubahan struktur makhluk hidup dari bentuk yang sederhana menjadi bentuk yang lebih kompleks dan berlangsung dari generasi ke generasi dalam jangka waktu yang sangat lama. Evolusi ialah salah satu cabang ilmu biologi yang seringkali mengakibatkan pro dan kontra. Hal ini berafiliasi dengan teori Charles Darwin yang menyatakan bahwa insan mempunyai kekerabatan kekerabatan yang sangat bersahabat dengan kera.
Berikut pokok-pokok fikiran Darwin wacana evolusi :
·          Mahluk hidup bervariasi dan beberapa variasi sifatnya sanggup diturunkan
·          Setiap populasi cenderung bertambah banyak alasannya yakni bisa berkembang biak
·          Pertambahan populasi tidak terjadi terus menerus
·          Individu-individu berkompetisi untuk memperoleh sumber daya agara bertahan hidup
·          Sifat-sifat yang diwariskan membuat sanggup ebertahan hidup dan bereproduksi pada lingkungan tertentu
·          Hanya individu yang adaptif yang sanggup hidup dan melewati seleksi alam

Melalui atau bersama ini pemikiran-pemikiran tersebut, maka ditemukanlah fakta-fakta yang mendukung teori evolusi, yaitu :
·          Peninggalan fosil
·          Homologi dan analogi
·          Embriologi perbandingan
·          Variasi individu
·          Perbandingan fisiologi
·          Petunjuk secara biokimia
·          Adanya alat-alat badan yang tersisa

Fakta nomor 4 sesuai dengan pernyataan nomor 2 pada soal yaitu terdapat variasi yang diturunkan di antara individu satu spesies. Fakta nomor 2 sesuai dengan pernyataan nomor 3 yaitu terdapat banyak homologi organ. Melalui atau bersama ini demikian, fakta yang menjadi dasar teori evolusi yakni 2 dan 3.
Jawaban : C

Demikian kumpulan Contoh Soal Dan Pembahasan Tentang Teori Evolusi Biologi SMA/MA ((Teori evolusi Darwin, Teori evolusi Lamarck, Teori evolusi August Weissman). Terima kasih semoga bermanfaat.




No comments:

Post a Comment