Latihan Soal TKA Kimia SMA Tahun 2025 2026. Mata Pelajaran Kimia adalah salah satu mata pelajaran pilihan dalam pelaksanaan TKA jenjang SMA MA SMK. Kimia adalah ilmu yang mempelajari materi dan energi serta perubahan yang menyertainya. Secara filosofis, kimia berpijak pada keyakinan bahwa segala sesuatu di alam semesta tersusun atas partikel-partikel kecil (atom dan molekul) yang dapat mengalami transformasi melalui interaksi dan reaksi kimia.
Transformasi ini senantiasa
melibatkan energi, baik dalam bentuk pelepasan maupun penyerapan. Prinsip-prinsip
dasar ini menuntun kita untuk memahami dunia secara sistematis, mengungkap
keteraturan dalam perubahan zat, serta menyadari keterkaitan antara struktur,
sifat, dan fungsi suatu materi.
Ilmu kimia memiliki peran
sentral dalam pengembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi. Pemahaman kimia
memungkinkan integrasi pengetahuan dari berbagai bidang untuk menyelesaikan
masalah kompleks di dunia nyata.
Berbagai inovasi dalam
bidang energi, kesehatan, lingkungan, pangan, material, dan manufaktur berbasis
pada prinsip-prinsip kimia. Oleh karena itu, pembelajaran Kimia tidak hanya
relevan secara akademik, tetapi juga strategis dalam mempersiapkan murid dalam
menghadapi tantangan global seperti krisis energi, perubahan iklim, dan
pengembangan teknologi hijau. Ilmu kimia memiliki keterkaitan yang erat dengan
bidang ilmu lainnya.
Dalam bidang biologi,
pemahaman reaksi biokimia sangat bergantung pada konsep kimia. Dalam bidang
Fisika, teori atom, termodinamika, spektroskopi, dan mekanika kuantum digunakan
untuk menjelaskan ikatan kimia dan struktur molekul. Di bidang geografi dan
geologi, kimia diperlukan untuk memahami siklus materi dan unsur di bumi.
Bahkan dalam ekonomi dan kebijakan publik, kimia menjadi pertimbangan dalam
pengambilan keputusan yang berkaitan dengan industri dan lingkungan. Hal ini
menunjukkan bahwa kimia berfungsi sebagai jembatan konseptual antar bidang
ilmu.
Pembelajaran Kimia tidak
berhenti pada penguasaan konsep dan rumus secara mekanistik, melainkan perlu
diarahkan untuk membangun pemahaman konseptual yang mendalam, keterampilan
berpikir kritis, serta kemampuan memecahkan masalah yang kompleks. Oleh karena
itu, pendekatan pembelajaran mendalam sangat relevan diterapkan dalam mata
pelajaran Kimia. Melalui pendekatan ini, murid didorong untuk mengeksplorasi
keterkaitan antar konsep, mengaplikasi dalam kehidupan nyata, serta
mengembangkan pertanyaan-pertanyaan reflektif yang mendorong penalaran dan
pengambilan keputusan berbasis ilmiah.
Pada jenjang SMA/MA/Program
Paket C, Kimia ditetapkan sebagai mata pelajaran yang mulai diajarkan sejak
kelas XI. Penetapan ini mempertimbangkan beberapa aspek penting yang berkaitan
dengan kesiapan murid dan struktur kurikulum. Dari sisi karakteristik ilmu
kimia, pembelajaran Kimia memerlukan pemahaman konseptual yang kuat, penalaran
logis, sertaketerampilan berpikir abstrak. Oleh karena itu, mata pelajaran
kimia lebih tepat diberikan setelah murid memperoleh dasar-dasar pengetahuan
IPA umum, mereka sudah memiliki pondasi kognitif yang memadai untuk mendalami konsep-konsep
kimia yang lebih kompleks. Pembelajaran Kimia memberi ruang bagi murid untuk
mempersiapkan pembelajaran lebih lanjut sesuai dengan minat, bakat, dan rencana
karir masa depan. Bagi murid yang berminat pada rumpun saintek, seperti
kedokteran, teknik, farmasi, pertanian, atau bidang sains murni, Kimia menjadi
mata pelajaran penting dan relevan. Model pembelajaran Kimia pada Fase F
dirancang untuk lebih mengembangkan pemahaman yang mendalam dan aplikatif.
Pembelajaran tidak hanya berfokus pada penguasaan konsep teoritis, tetapi juga
pada pemecahan masalah, kerja laboratorium, studi kasus, dan proyek
kontekstual. Hal ini sejalan dengan pendekatan pembelajaran mendalam yang
menekankan keterkaitan antar konsep, pemikiran reflektif, serta penerapan ilmu
kimia dalam kehidupan nyata.
Mata pelajaran Kimia
merupakan sarana yang strategis dalam mengembangkan dimensi profil lulusan.
Dimensi-dimensi tersebut meliputi keimanan dan ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha
Esa, kewargaan, penalaran kritis, kreativitas, kolaborasi, kemandirian,
kesehatan, dan komunikasi. Melalui pembelajaran kimia, murid tidak hanya
mengembangkan pengetahuan ilmiah, tetapi juga membangun karakter dan
keterampilan hidup yang dapat diterapkan dalam berbagai konteks, baik secara
individu maupun dalam kolaborasi. Untuk itu, pendidik perlu merancang
pengalaman belajar yang tidak hanya informatif, tetapi juga transformatif yang
mendorong murid untuk terlibat aktif dalam eksperimen, proyek berbasis masalah,
diskusi kontekstual, dan refleksi terhadap makna pembelajaran.
Kimia mempelajari susunan
dan struktur materi, sifat-sifat materi, bagaimana dan mengapa materi tergabung
atau terpisah untuk membentuk materi baru, serta energi yang menyertai
perubahannya. Karakter utama ilmu Kimia terletak pada kemampuannya menjembatani
antara dunia makroskopik (yang dapat diamati secara langsung), dengan dunia
submikroskopik (yang melibatkan atom, molekul, dan ion yang tidak tampak oleh
indera). Untuk menjelaskan fenomena ini, pembelajaran Kimia juga menggunakan
representasi simbolik berupa rumus kimia, persamaan reaksi, diagram, dan model,
sehingga menuntut murid untuk berpikir abstrak dan terampil menghubungkan
berbagai bentuk representasi secara terpadu.
Mata pelajaran Kimia di SMA
MA diorganisasikan dalam 2 (dua) elemen, yaitu pemahaman kimia dan keterampilan
proses. Pemahaman kimia mencakup semua materi yang dipelajari yang meliputi
termokimia, struktur atom, ikatan kimia, bentuk molekul, gaya intermolekuler,
larutan, laju reaksi, kesetimbangan kimia, sel elektrokimia, senyawa karbon,
dan makromolekul. Keterampilan proses mencakup keseluruhan proses ilmiah dari
mengamati fenomena sampai dengan mengomunikasikan hasil penyelidikan. Dalam
melaksanakan pembelajaran, elemen keterampilan proses adalah cara yang dilakukan
untuk memperoleh pemahaman kimia sehingga kedua elemen ini disampaikan dalam
satu kesatuan yang utuh yang tidak diturunkan menjadi tujuan pembelajaran yang
terpisah
Sebelum Admin membagikan Latihan
Soal TKA Kimia SMA, berikut ini. Tujuan dari mata pelajaran Kimia di SMA MA.
Mata pelajaran Kimia bertujuan untuk membekali murid agar dapat:
1.
Membentuk sikap religius dengan menyadari keteraturan dan keindahan alam serta
mengagungkan kebesaran Tuhan Yang Maha Esa;
2.
Menumbuhkan sikap ilmiah yang bertanggung jawab; mengembangkan rasa ingin tahu,
integritas, kejujuran, adil, sikap saling menghormati, memahami kekuatan dan
keterbatasan diri dan menjadi pembelajar sepanjang hayat;
3.
Memahami konsep-konsep dasar kimia secara menyeluruh dan mendalam melalui
serangkaian keterampilan proses dan keterampilan berpikir, serta mampu
menerapkan pengetahuan kimia dalam menganalisis dan memecahkan masalah baik
secara konseptual maupun praktis, dengan pendekatan kontekstual yang relevan
dengan kehidupan sehari-hari, lingkungan, dan perkembangan teknologi;
4.
Mengembangkan keahlian dalam melakukan serangkaian investigasi ilmiah terhadap
fenomena sehari-hari maupun yang teramati di laboratorium secara mandiri maupun
kolaboratif, mulai dari merumuskan masalah secara kritis, mengajukan dan
menguji hipotesis, merancang dan menyusun instrumen percobaan, mengumpulkan,
mengolah, menganalisis, data kualitatif maupun kuantitatif, serta
mengomunikasikan berbagai hasil investigasi secara lisan dan tertulis secara
utuh dan sistematis.
Link download Naskah Latihan
Soal TKA Kimia SMA yang disertai dengan Kunci Jawaban atau Pembahasannya (KLIK DISINI)
Demikian informasi tentang
Link download Latihan Soal TKA Kimia SMA Tahun 2025 2026. Semoga ada
manfaatnya.
Post a Comment for "Soal TKA Kimia SMA Tahun 2025 2026"