Jadwal Wawancara Seleksi CGP (Calon Guru Penggerak) Angkatan 10 Tahun 2023


Kapan Jadwal Wawancara CGP (Calon Guru Penggerak) Angkatan 10 Tahun 2023. Calon Guru Penggerak atau CGP adalah salah satu tahapan untuk mengikuti Pendidikan Guru Penggerak (PGP). Pendidikan Guru Penggerak adalah program pendidikan kepemimpinan bagi guru untuk menjadi pemimpin pembelajaran. Program ini meliputi pelatihan daring, lokakarya, konferensi, dan Pendampingan selama 6 bulan bagi calon Guru Penggerak. Selama program, guru tetap menjalankan tugas mengajarnya sebagai guru.

 

Sebagaimana diketahui ada Kriteria atau Persyaratan umum dan khusus untuk dapat mengikuti CGP (Calon Guru Penggerak). Kriteria Umum adalah 1) Guru ASN maupun NON ASN baik dari sekolah negeri maupun sekolah swasta, pada satuan pendidikan formal jenjang TK, SD, SMP, SMA, SMK, dan SLB yang memiliki SK Mengajar; 2) Kepala sekolah yang belum memiliki Nomor Registrasi Kepala Sekolah (NRKS),berstatus definitif dari ASN maupun NON ASN baik dari sekolah negeri maupun sekolah swasta, pada satuan pendidikan formal jenjang TK, SD, SMP, SMA, SMK, dan SLB; 3) Memiliki akun guru di Data Pokok Pendidikan (Dapodik); 4) Memiliki kualifikasi pendidikan minimal S1/D4; 5) Memiliki pengalaman mengajar minimal 5 (lima) tahun; dan 6) Memiliki masa sisa mengajar tidak kurang dari 10 (sepuluh) tahun atau memiliki usia tidak lebih dari 50 tahun saat registrasi.

 

Adapun Kriteria Seleksi adalah 1) Menerapkan pembelajaran yang berpusat pada murid; 2) Memiliki kemampuan untuk fokus pada tujuan; 3) Memiliki kompetensi menggerakkan orang lain dan kelompok; 4) Memiliki daya juang (resilience) yang tinggi; 5) Memiliki kompetensi kepemimpinan dan bertindak mandiri; 6) Memiliki kemampuan untuk belajar hal baru, terbuka pada umpan balik, dan terus memperbaiki diri; 7) Memiliki kemampuan berkomunikasi dengan efektif dan memiliki pengalaman mengembangkan orang lain; 8) Memiliki kedewasaan emosi dan berperilaku sesuai kode etik

.

Kapan Jadwal Wawancara seleksi CGP (Calon Guru Penggerak) Angkatan 10 Tahun 2023 ? Berdasarkan informasi resmi jadwal pelaksanaan Wawancara CGP Angkatan 10 akan dimulai 6 November sampai dengan 6 Desember 2023. Sebelum pelaksanaan wawancara, Asesor CGP akan melakukan set jadwal yang di mulai tanggal 2 sd 3 November jam 23.59 WIB dan tanggal 4 november 2023 tim SIMPKB akan melakukan Generate. Olehkan itu untuk mengetahui kapan Jadwal Wawancara seleksi CGP untuk Bapak/Ibu Kandidat silahkan cek AKUN SIMPKB tanggal 5 Nopember 2023.

 

Berikut ini Petunjuk Pelaksanaan Wawancara, yakni sebagai berikut

1. Peserta akan mengikuti seleksi wawancara sesuai jadwal wawancara yang diberikan.

2. Peserta meletakkan komputer atau perangkat elektronik yang mampu menangkap suara dan gambar calon peserta dengan baik.

3. Wawancara akan berlangsung kurang lebih 60 menit, dimana kandidat akan diwawancara oleh 2 orang tim asesor pada saat yang bersamaan.

4. Selama wawancara calon peserta diharapkan untuk memberikan jawaban berdasarkan pengalaman dan pengetahuan yang dimiliki.

5. Berikut adalah contoh jawaban yang diharapkan saat wawancara:

“Saya mengalami beberapa hambatan saat menjalankan program pola hidup sehat untuk anak murid. Pihak sekolah, orangtua murid, pihak kantin, tidak mendukung implementasi program ini karena beberapa kendala di masing-masing pihak. Selama dua tahun saya melakukan berbagai cara untuk merangkul masing-masing pihak, misalnya dengan memberikan pemahaman mengapa program ini perlu diterapkan, bagaimana cara menerapkannya, apa yang bisa didukung dari masing-masing pihak untuk keberhasilan program ini. Bagaimana mengatasi kekhawatiran yang ditakutkan masing-masing pihak, dan sebagainya. Hasilnya di akhir tahun kedua dan memasuki tahun ketiga ini masing-masing pihak menunjukkan dukungannya terhadap program saya.”

 

Apa yang dinilai dalam Wawancara seleksi CGP (Calon Guru Penggerak) Angkatan 10 Tahun 2023 ? Unsur Penilaian Seleksi Calon Guru Penggerak

1) Tujuan/Misi. Menjalani panggilan hidup sebagai pengajar yang memberi dampak positif secara luas, baik bagi anak didik maupun lingkungan sekitar, sehingga terjadi proses transformasi yang menunjukkan kemajuan positif baik bagi dirinya sendiri maupun anak didik dan lingkungan sekitar

2) Membangun Hubungan yang Positif. Mengembangkan dan menggunakan hubungan kolaboratif untuk memfasilitasi pencapaian tujuan kerja sebagai pengajar.

3) Daya Juang/Resiliensi. Sebagai pengajar yang terus berupaya, fokus, dan positif saat mencapai tujuan yang ingin dicapai, serta bangkit kembali saat menghadapi kegagalan mencapai tujuan

4) Inisiatif untuk Mengambil Tindakan. Sebagai pengajar yang bertindak segera untuk mencapai tujuan; melakukan tindakan untuk meraih sasaran yang melampaui persyaratan minimum; bersikap proaktif dan mandiri.

5) Pembelajaran yang Berkelanjutan. Sadar akan area kekuatan dan area yang perlu diperbaiki sebagai pengajar; aktif menemukan cara-cara efektif untuk terus mengembangkan dan memperbaiki diri melalui proses pembelajaran yang dilakukan secara terus menerus.

6) Mengembangkan Orang Lain. Melibatkan diri dan berkomitmen dalam proses mengembangkan perilaku, keterampilan, atau pengetahuan spesifik yang dibutuhkan coachee (anak didik, rekan kerja, pengajar, atau orang lain), serta memastikan munculnya sikap positif dari coachee (anak didik, rekan kerja, pengajar, atau orang lain) yang kelak membantu dan menunjangnya untuk sukses dimasa depan.

7) Kematangan Etika. Kapasitas diri sebagai pengajar yang menunjukkan kematangan emosi dalam berkarya melalui keterbukaan dan kejujuran, berperilaku dengan kebijaksanaan serta kasih sayang, selaras antara perkataan dengan tindakan dan sesuai dengan petunjuk moral,spiritual, nilai, etika profesi, dan kebijakan yang ada.

8) Pengambilan Keputusan. Sebagai pengajar yang mampu mengidentifikasi dan memahami masalah serta peluang dalam berkarya, dengan cara mengumpulkan, menganalisis, dan menafsirkan informasi kuantitatif dan kualitatif; memilih tindakan terbaik dengan menetapkan kriteria keputusan yang jelas, menghasilkan dan mengevaluasi alternatif, dan membuat keputusan tepat waktu; mengambil tindakan yang konsisten dengan fakta dan kendala yang tersedia serta mengoptimalkan konsekuensi yang mungkin muncul.

 

Demikian informasi tentang Jadwal Wawancara CGP (Calon Guru Penggerak) Angkatan 10 Tahun 2023 yang akan dimulai 6 November sampai dengan 6 Desember 2023, silahkan cek AKUN SIMPKB  pada tanggal 5 Nopember 2023. Semoga ada manfaatnya.


= Baca Juga =


Post a Comment

Previous Post Next Post