Contoh Soal SJT PPPK Guru 2023

Contoh Soal SJT PPPK Guru Tahun 2023 - 2024


Apa dan Bagaimana Contoh Soal SJT PPPK Guru 2023 atau yang dikenal dengan Soal Seleksi Kompetensi Teknis Penilaian Situasi Kerja Sederhana (SJT) PPPK Guru 2023. Situational judgement test (SJT) adalah penilaian yang dirancang untuk mengukur penilaian kandidat dalam setting peran yang relevan atau setting. Situational judgement test (SJT) juga dapat dikatakan sebagai adalah metode terstandar yang dilakukan untuk mengukur kompetensi dan prediksi keberhasilan pegawai dalam suatu jabatan dengan menggunakan beberapa alat ukur atau simulasi berdasarkan kompetensi jabatan dan dilakukan oleh beberapa instrument tertentu.

 

Situational judgement test (SJT) merupakan metode yang berbasis kompetensi yang didesain dengan mengikuti standar internasional. Mengacu pada defenisi konseptual yang diakui secara universal, maka metode Situational judgement test (SJT) juga diartikan sebagai proses sistematis untuk menilai ketrampilan, pengetahuan dan kemampuan individu yang dianggap kritikal bagi keberhasilan kinerja unggul.

 

Situational judgement test (SJT) sebagai metodologi merupakan evaluasi terstandar mengenai perilaku individu dengan menggunakan beragam simulasi dan instrumen tes perilaku. Melalui beragam materi tes dan instrumen yang mengukur perilaku para peserta asesmen dan kemudian memberikan penilaian akhir asesmen serta umpan balik pengembangan. Hasil nilai asesmen dan umpan balik diharapkan akan memberikan sumbangan berharga bagi peningkatan mutu pegawai.

 

Mengacu pada Peraturan Badan Kepegawaian Negara Nomor 26 Tahun 2019 Tentang Pembinaan Penyelenggaraan Penilaian Kompetensi PNS, Situational judgement test (SJT) merupakan salah satu satu dari model Assessment Center. Sebagaimana diketahui ada 3 (tiga) metode Assessment Center yakni:

1. Metode Sederhana yang dikenal dengan Penilaian Situasi Kerja Sederhana digunakan untuk menilai kompetensi jabatan Pelaksana, Pengawas, serta jabatan fungsional yang setara dengan menggunakan alat ukur paling kurang wawancara kompetensi tingkat sederhana, tes psikologi dan/atau ditambah dengan paling kurang satu simulasi tingkat sedehana.

2. Metode Sedang digunakan untuk menilai kompetensi jabatan Administrator dan JPT Pratama instansi pusat atau Provinsi, Kabupaten, Kota serta jabatan fungsional yang setara dengan menggunakan alat ukur paling kurang wawancara kompetensi tingkat sedang, tes psikologi dan/atau ditambah dengan paling kurang dua simulasi tingkat sedang.

3. Metode Kompleks digunakan untuk menilai kompetensi JPT Pratama Sekretaris Daerah di Kabupaten dan Kota, JPT Madya Sekretaris Daerah di Provinsi, dan JPT Madya dan Utama pada Instansi Pusat serta jabatan fungsional yang setara dengan menggunakan alat ukur paling kurang wawancara kompetensi tingkat kompleks, tes psikologi dan/atau ditambah dengan paling kurang tiga simulasi tingkat kompleks.

 

Soal Situational judgement test (SJT) PPPK tentu disusun berdasarkan persyaratan kompetensi jabatan yang akan atau sedang diduduki. Kisi Situational judgement test (SJT) PPPK Guru disusun berdasarkan Permen PAN & RB No. 38 Tahun 2017 tentang Standar Kompetensi Jabatan Aparatur Sipil Negara dimana terdapat delapan kompetensi manajerial dan satu kompetensi sosial kultural. Kompetensi tersebut adalah integritas, kerjasama, komunikasi, orientasi pada hasil, pelayanan publik, pengembangan diri dan orang lain, mengelola perubahan, pengambilan keputusan dan perekat bangsa yang setiap kompetensi memiliki level sesuai dengan jabatan seperti, level satu untuk pelaksana, level dua untuk pengawas, level tiga untuk administrator, level empat untuk JPT pratama, dan level lima untuk JPT madya dan utama.

 

Penggunaan Soal Situational judgement test (SJT) dalam seleksi PPPK Guru memiliki kesempatan untuk mengobservasi perilaku kompleks seperti bagaimana cara pegawai (guru) berkomunikasi dengan orang lain, bagaimana cara dalam mengatasi masalah, dan bagaimana cara mengambil keputusan. Pembuatan Simulasi bukan keharusan untuk mereplika dari keseluruhan situasi kerja yang harus dihadapi pegawai sehari-hari, namun dapat dibuat dalam bagian tertentu dan menggambarkan sebagian dari kondisi kerja yang realistis. Point terpenting adalah, bagaimana simulasi mampu mendorong pegawai mengeluarkan perilaku yang dapat diobservasi terkait dengan dimensi, aspek, atau indikator penting dari tujuan yang telah ditetapkan. Adapun beberapa bentuk simulasi yang biasa digunakan dalam Situational judgement test (SJT) adalah:

1. Analisa Kasus adalah simulasi yang menugaskan pegawai untuk menyelesaikan kasus yang diberikan.

2. In-Tray/In-Basket adalah simulasi disusun dari situasi yang dihadapi pegawai dalam menjalankan tugas keseharian dengan cara pengerjaan untuk merespon masalah yang terkandung pada berkas soal.

3. Presentasi adalah simulasi yang menugaskan pegawai menyampaikan informasi dan penyelesaian permasalahan didepan orang lain secara sistematis.

4. Proposal Writing adalah simulasi membuat proposal secara tertulis tentang perumusan permasalahan beserta langkah penanganan.

5. Leaderless Group Discussion Simulasi secara berkelompok dengan penyelesaian permasalahan secara bersama pegawai lain.

6. Role Play adalah simulasi dimana pegawai berperan sesuai dengan instruksi dan perintah.

 

Situational judgement test (SJT) memiliki peranan besar dalam kontribusi evaluasi kompetensi dan potensi pegawai, tetapi tidak terbatas hanya kepada pelaksanaan rekrutmen, lebih jauh penggunaan metode Situational judgement test (SJT) dapat digunakan untuk pembinaan, promosi, mapping, Talen Pool, dan pengembangan pegawai. Kedepannya setelah pegawai telah melalui tahapan Situational judgement test (SJT)dapat diintegrasikan kedalam sistem merit serta mendorong terlaksananya manajemen talenta ASN yang siap menduduki jabatan target berdasarkan tingkatan potensial dan kinerja tertinggi, untuk memenuhi kebutuhan Instansi Pemerintah secara nasional dalam rangka akselerasi pembangunan nasional.

 

Untuk sekedar berlatih Contoh Soal SJT PPPK Guru 2023 atau yang dikenal dengan Soal Seleksi Kompetensi Teknis Penilaian Situasi Kerja Sederhana (SJT) PPPK Guru 2023. Bisa diakses melalui Link download Contoh Soal SJT PPPK Guru 2023 (DISINI)

 

Baca Juga Terbaru Contoh Soal Tes PPPK Guru Kelas SD MI sesuai Kisi-kisi (disini)


Demikian informasi tentang Contoh Soal SJT PPPK Guru 2023-2024 atau yang dikenal dengan Soal Seleksi Kompetensi Teknis Penilaian Situasi Kerja Sederhana (SJT) PPPK Guru 2023. Moga-moga ada manfaatnya dan menjadi bekal bagi rekan-rekan guru untuk berjuang menjadi pegawai pemerintah.


= Baca Juga =


1 comment:

Theme images by ainamulyana. Powered by Blogger.