Download CP ATP Modul Ajar Bahasa Indonesia Kelas 7 Semester 1

Download CP ATP Modul Ajar Bahasa Indonesia Fase D Kelas 7 SMP MTs Semester 1 edisi Lengkap


Download CP ATP Modul Ajar Bahasa Indonesia Fase D Kelas 7 SMP MTs Semester 1, Modul ajar adalah sejumlah alat atau sarana media, metode, petunjuk, dan pedoman yang dirancang secara sistematis dan menarik. Modul ajar merupakan implementasi dari Alur Tujuan Pembelajaran yang dikembangkan dari Capaian Pembelajaran dengan Profil Pelajar Pancasila sebagai sasaran. Modul ajar disusun sesuai dengan fase atau tahap perkembangan peserta didik, mempertimbangkan apa yang akan dipelajari dengan tujuan pembelajaran, dan berbasis perkembangan jangka panjang. Guru perlu memahami konsep mengenai modul ajar agar proses pembelajaran lebih menarik dan bermakna.


Sebelun Anda mendownload Download CP ATP Modul Ajar Bahasa Indonesia Fase D Kelas 7 SMP MTs Semester 1 edisi Lengkap, terlebih sebaiknya mengetahui komponen - komponen yang terdapat dalam modul ajar. Adapun komponen - komponen modul ajar terdiri dari informasi umum, komponen inti, dan lampiran. Secara lengkap penjelasan terkait komponen – komponen modul ajar adalah sebagai berikut :

a) Informasi Umum

Identitas Modul berisi Informasi tentang modul ajar yang dikembangkan terdiri dari: Nama penyusun, institusi, dan tahun disusunnya Modul Ajar.Jenjang sekolah (SD/SMP/SMA), Kelas, Alokasi waktu (penentuan alokasi waktu yang digunakan adalah alokasi waktu sesuai dengan jam pelajaran yang berlaku di unit kerja masing-masing), Kompetensi Awal yakni pengetahuan dan/atau keterampilan yang perlu dimiliki siswa sebelum mempelajari topik tertentu. Kompetensi awal merupakan ukuran seberapa dalam modul ajar dirancang, Profil Pelajar Pancasila, yakni tujuan akhir dari suatu kegiatan pembelajaran yang berkaitan erat dengan pembentukan karakter peserta didik. Sarana dan Prasarana; Target Peserta Didik; dan Model Pebelajaran


Modul Ajar Bahasa Indonesia Fase D Kelas 7 SMP MTs Semester 1 edisi Lengkap

 

Sedangkan Komponen Inti Modul Ajar Bahasa Indonesia Fase D Kelas 7 SMP MTs Semester 1 serta modul ajar lainnya terdiri dari:

1. Tujuan Pembelajaran

Tujuan pembelajaran harus mencerminkan hal-hal penting dari pembelajaran dan harus bisa diuji dengan berbagai bentuk asesmen sebagai bentuk dari unjuk pemahaman. Tujuan pembelajaran menentukan kegiatan belajar, sumber daya yang digunakan, kesesuaian dengan keberagaman murid, dan metode asesmen yang digunakan. Tujuan pembelajaran bisa dari berbagai bentuk, yaitu pengetahuan yang berupa fakta dan informasi, dan juga prosedural, pemahaman konseptual, pemikiran dan penalaran keterampilan, dan kolaboratif dan strategy komunikasi.

 

2. Pemahaman Bermakna

Pemahaman bermakna adalah informasi tentang manfaat yang akan peserta didik peroleh setelah mengikuti proses pembelajaran. Manfaat tersebut nantinya dapat peserta didik terapkan dalam kehidupan sehari-hari. Contoh kalimat pemahaman bermakna: 1) Manusia berorganisasi untuk memecahkan masalah dan mencapai suatu tujuan; 2) Makhluk hidup beradaptasi dengan perubahan habitat.

 

3. Pertanyaan Pemantik

Pertanyaan pemantik dibuat oleh guru untuk menumbuhkan rasa ingin tahu dan kemampuan berpikir kritis dalam diri peserta didik. Pertanyaan pemantik memandu siswa untuk memperoleh pemahaman bermakna sesuai dengan tujuan pembelajaran. Contohnya pada pembelajaran menulis cerpen, guru dapat mendorong pertanyaan pemantik sebagai berikut: 1) Apa yang membuat sebuah cerpen menarik untuk dibaca? 2)_ Jika kamu diminta untuk membuat akhir cerita yang berbeda, apa yang akan kamu usulkan?

 

4. Kegiatan Pembelajaran

Urutan kegiatan pembelajaran inti dalam bentuk langkah-langkah kegiatan pembelajaran yang dituangkan secara konkret, disertakan opsi/pembelajaran alternatif dan langkah untuk menyesuaikan dengan kebutuhan belajar siswa. Langkah kegiatan pembelajaran ditulis secara berurutan sesuai dengan durasi waktu yang direncanakan, meliputi tiga tahap, yakni pendahuluan, inti, dan penutup berbasis metode pembelajaran aktif.

 

5. Asesmen

Asesmen digunakan untuk mengukur capaian pembelajaran di akhir kegiatan. Kriteria pencapaian harus ditentukan dengan jelas sesuai dengan tujuan pembelajaran yang ditetapkan. Jenis asesmen yang bisa dilakukan ada 3, yaitu 1) Asesmen sebelum pembelajaran (diagnostik); 2) Asesmen selama proses pembelajaran (formatif); 3) Asesmen pada akhir proses pembelajaran (sumatif).

Bentuk asesmen yang bisa dilakukan: 1) Sikap terkait Profil Pelajar Pancasila dapat berupa: observasi, penilaian diri, penilaian teman sebaya, dan anekdotal. 2) Performa (presentasi, drama, pameran hasil karya, jurnal, dsb.); 3) Tertulis (tes objektif: essay, pilihan ganda, isian, jawaban singkat, benar-salah).

 

6. Pengayaan dan Remedial

Pengayaan adalah kegiatan pembelajaran yang diberikan pada peserta didik dengan capaian tinggi agar mereka dapat mengembangkan potensinya secara optimal. Remedial diberikan kepada peserta didik yang membutuhkan bimbingan untuk memahami materi atau pembelajaran mengulang. Saat merancang kegiatan pengayaan, perlu diperhatikan mengenai diferensiasi contohnya lembar belajar/kegiatan yang berbeda dengan kelas.

 

Sedangkan komponen lampiran Modul ajar antara lain terdiri dari: a. Lembar Kerja Peserta Didik b) Glosarium; c). Daftar Pustaka

 

Dalam menyusun Modul Ajar ada beberapa hal yang perlu diperhitungkan yaitu : Karakteristik, kompetensi dan minat peserta didik di setiap fase. Perbedaan tingkat pemahaman, dan variasi jarak (gap) antar tingkat kompetensi yang bisa terjadi di setiap fase. Melihat dari sudut pandang pelajar, bahwa setiap peserta didik itu unik. Bahwa belajar harus berimbang antara intelektual, sosial, dan personal dan semua hal tersebut adalah penting dan saling berhubungan. Tingkat kematangan setiap peserta didik tergantung dari tahap perkembangan yang dilalui oleh seorang peserta didik, dan merupakan dampak dari pengalaman sebelumnya.

 

Selain hal di atas, ada 4 kriteria yang harus diiliki bahan ajar, yaitu 1) Esensial yakni Pemahaman konsep dari setiap mata pelajaran melaluipengalaman belajar dan lintas disiplin.; 2) Menarik, Bermakna, dan Menantang yakni Menumbuhkan minat untuk belajar dan melibatkan peserta didik secara aktif dalam proses belajar. Berhubungan dengan pengetahuan dan pengalaman yang dimiliki sebelumnya, sehingga tidak terlalu kompleks, namun juga tidak terlalu mudah untuk tahap usianya; 3) Relevan dan Kontekstual, yakni Berhubungan dengan pengetahuan dan pengalaman yang dimiliki sebelumnya, dan sesuai dengan konteks di waktu dan tempat peserta didik berada; dan Berkesinambungan yakni Keterkaitan alur kegiatan pembelajaran sesuai dengan fase belajar peserta didik.

Bagi Anda yang akan men- Download CP ATP Modul Ajar Bahasa Indonesia Fase D Kelas 7 SMP MTs Semester 1 edisi Lengkap silahan download melalui link yang tersedia

 

Demikian informasi tentang Download CP ATP Modul Ajar Bahasa Indonesia Fase D Kelas 7 SMP MTs Semester 1. Semoga ada manfaatnya.


= Baca Juga =


Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama


































Free site counter


































Free site counter