Link download Contoh RKJM SD SMP SMA SMK Tahun 2023-2024


Link download Contoh RKJM SD SMP SMA SMK Tahun 2023-2024 akan admin sajikan pada akhir tulisan ini. Rencana Kerja Jangka Menengah (RKJM) merupakan rencana yang disusun untuk kerja selama 4 (empat ) tahun. RKJM ini meliputi pelaksanaan 8 standar yaitu standat isi, SKL, proses, sarana prasarana, pendidik dan tenaga kependidikan, pengelolaan, penilaian, pembiayaan.

 

Sebelum Admin menyampaikan Link download Contoh RKJM SD SMP SMA SMK Tahun 2023-2024 format PDF/Doc/Word. Perlu diketahu bahwa Penyusunan Rencana Kerja Jangka Menengah (RKJM) sesuai amanat dari Permendikbud tentang standar Pengelolaan Pendidikan oleh Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah merupakan gambaran tujuan yang akan dicapai oleh satuan pendidikan dalam kurun waktu empat tahun yang berkaitan dengan mutu lulusan yang ingin dicapai dan perbaikan komponen yang mendukung peningkatan mutu lulusan. RKJM sebagai salah satu proses dan prosedur pengelolaan sekolah untuk menentukan tindakan masa depan yang tepat, melalui urutan pilihan, dengan memperhitungkan ketersediaan sumber daya. Selain dari pada itu RKJM merupakan dokumen tentang gambaran kegiatan sekolah di masa depan untuk mencapai tujuan dan sasaran sekolah yang telah ditetapkan.

 

Materi dasar penyusunan RKJM adalah hasil Evaluasi Diri Sekolah (EDS) berkaitan dengan 8 (delapan) standar pendidikan yang telah ditetapkan acuannya dalam Peraturan Pemerintah tentang Standar Nasional Pendidikan (SNP) Pasal 2 ayat (1) yaitu meliputi: standar isi, standar proses,  standar kompetensi lulusan, standar pendidik dan tenaga kependidikan,  standar sarana prasarana, standar pengelolaan, standar pembiayaan serta standar penilaian. Dari delapan standar tersebut jika belum memenuhi angka minimal maka sekolah harus memprioritaskan rencana kerja pada aspek-aspek yang belum memenuhi SNP.

 

Berikut adalah salah satu Contoh RKJM SD SMP SMA SMK Tahun 2023-2024 format PDF/Doc/Word. Jika Contoh ini ada manfaatnya dan sesuai dengan yang Anda cari silahkan didownload untuk diadaptasi sesuai kebutuhan sekolah.

  

BAB I

PENDAHULUAN

 

A. Latar Belakang

Kondisi ideal  yang diharapkan dalam sebuah lembaga pendidikan khususnya SD SMP SMA SMK ................. Kecamatan ...................  adalah terselenggaranya pelayanan pendidikan  yang  dapat memenuhi ketentuan dari  PP 19 tahun 2007 tentang Standar Nasional Pendidikan   dengan pemenuhan 8 standar nasional pendidikan yaitu standar isi, standar kompetensi lulusan, standar proses, standar pendidik dan tenaga kependidikan, standar, pengelolaan, standar sarana dan prasarana, standar penilaian dan standar pembiayaan.

Aka tetapi kondisi yang ada yang dialami oleh SD SMP SMA SMK .............. hingga saat ini belum dapat memenuhi dari apa yang disyaratkan oleh ketetntua PP 19 tahun 2007. Dari kedelapan standar tidak satupun yang dapat terpenuhi. Setiap standar masih ada bagian-bagian yang masih perlu ditingkatkan dan dikembangkan agar dapat mencapai standar nasional.Berangkat dari kesenjangan antara harapan dan kenyataan yang ada di sekolah kami maka kami susun program kegiatan/kerja untuk dapat mencapai kondidi yang diharapkan dalam jangka waktu tertentu yaitu selama  empat tahun . Program kerja 4 tahunan ini kami namakan dengan Rencana Kerja Jangka Menengah (RKJM)

Rencana Kerja Jangka Menengah (RKJM)ini sebagai acuan Pendidikan di satuan pendidikan dan sebagai dasar untuk melaksanakan proses pendidikan  serta untuk meningkatkan mutu pendidikan dalam usaha mencerdaskan anak bangsa di SD SMP SMA SMK ,,,,,,, pada khususnya dan di Negara Kesatuan Republik Indonesia pada umumnya. Rencana Kerja Sekolah ini diharapkan dapat menjadi pedoman dan tuntunan arah langkah bagi seluruh sumber daya manusia di SD SMP SMA SMKdalam mengembangkan berbagai kegiatan pembelajaran yang lebih operasional serta mampu mewujudkan keunggulan sekolah secara akademik maupun non akademik.

Rencana Kerja Jangka Menengah (RKJM)  disusun  untuk  panduan pelaksanaan program selama 4 tahun ke depan. Penyusunan program  ini dimaksudkan untuk mengembangkan 8 standar nasional pendidikan   yaitu standar isi, standar kompetensi lulusan, standar proses, standar pendidik dan tenaga kependidikan, standar, pengelolaan, standar sarana dan prasarana, standar penilaian dan standar pembiayaan. Penyusunan program peningkatan mutu  dilaksananakan dengan mempertimbangkan masukan dari pemangku kepentingan  pendidikan  yaitu semua dewan guru, komite sekolah dan unsur dinas  pendidikan . Penyususnan RKJM juga dilakukan melalui proses analisis lingkungan baik internal maupun eksternal dengan memperhatikan kekuatan dan kelemahan yang ada. Disamping itu juga mempertimbangkan hasil evaluasi diri sekolah serta analisis  kebutuhan sekolah.

 

B. Landasan Hukum

  Rencana Kerja Jangka Menengah (RKJM) SD SMP SMA SMK .............. ini dilandasi oleh kebijakan-kebijakan yang dituangkan dalam peraturan perundang-undangan sebagai berikut:

1.     Undang-undang No. 20 tahun 2003; tentang Sistem Pendidikan Nasional;

2.     Undang-undang No. 25 tahun 2005 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional;

3.     Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No. 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan.

4.     Permendiknas No. 16 Tahun 2007 tentang Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru

5.     Permendiknas No. 13 Tahun 2007 tentang Kualifikasi Kepala Sekolah

6.     Permendiknas No. 22, 23, dan 24 Tahun 2006 tentang SI dan SKL

7.     Permendiknas No. 41 Tahun 2007 tentang Standar Proses

8.     Permendiknas No. 19 Tahun 2007 tentang Standar Pengelolaan

9.     Permeniknas nomor 28 tahun 2010 tentang Tugas Tambahan Guru sebagai Kepala Sekolah

10. Permendiknas No. 20 Tahun 2007 tentang Standar Penilaian

11. Permendiknas No. 24 Tahun 2007 tentang Standar Sarana dan Prasarana

12. Permendiknas No. 69 Tahun 2009 tentang Standar Pembiayaan

13. Kalender Pendidikan Tahun Pelajaran 2023/2023

 

C.Maksud dan Tujuan

1.Maksud

Rencana Kerja Jangka Menengah (RKJM) ini dibuat dengan maksud :

a.   Sebagai acuan bagi sekolah untuk menyelenggarakan pendidikan dan pembelajaran

b.   Dapat digunakan sebagai panduan bagi sekolah dalam menentukan kebijakan sekolah

c.   Sebagai sumber inspirasi bagi seluruh warga sekolah dalam memajukan pendidikan

d.   Sebagai tolak ukur bagi keberhasilan pendidikan baik akademik maupun non akademik

 

2. Tujuan

a.   Menjamin agar perubahan atau tujuan sekolah yang telah ditetapkan dapat dicapai dengan tingkat kepastian yang tinggi dan resiko kecil.

b. Tersedianya panduan bagi sekolah dalam memanfaatkan subsidi baik subsidi dari pemerintah maupun dari nonpemerintah.

c.  Pedoman untuk terciptanya integrasi, sinkronisasi, dan sinergi baik antar pelaku sekolah, antar sekolah, Dinas Pendidikan Kabupaten dan antar waktu

d. Menjamin tercapainya penggunaan sumber daya secara efisien, efektif, berkeadilan, dan berkelanjutan

e. Dapat dijadikan tolak ukur bagi keberhasilan implementasi berbagai program peningkatan mutu pendidikan di sekolah

f.   Membantu sekolah dalam menyusun anggaran secara bijaksana untuk meningkatkan kualitas pendidikan

g. Untuk memberikan gambaran keadaan sekolah secara menyeluruh di masa empat tahun mendatang

h. Sebagai pedoman dalam menemukan arah kebijakan sekolah dan landasan komitmen bersama seluruh komponen sekolah.

i.   Sebagai acuan dalam menentukan skala prioritas program sekolah.

j.   Untuk memacu peningkatan prestasi sekolah dalam bentuk pengembangan fisik maupun non fisik

k.  Untuk membangkitkan partisipasi orang tua dan masyarakat dalam upaya berinteraksi secara aktif dalam pengembangan program sekolah.

l.   Untuk mendorong pemerintah dan instansi terkait lainnya agar memberikan pembinaan maupun kerjasamanya dalam program pengembangan sekolah.

 

D. Metode Penyusunan

1. Pemahaman bersama pengetahuan Rencana Kerja Jangka Menengah (RKJM)  kepada semua warga sekolah. 

2. Penyusunan Rencana Kerja Jangka Menengah (RKJM)   melalui diskusi dan musyawarah bersama guru dan komite sekolah

3. Sosialisasi Rencana Kerja Jangka Menengah (RKJM) kepada  wali murid atau masyarakat pada umumnya dan semua pihak (stake holder ) yang berkepentingan terhadap sekolah

 

E. Kerangka Pemikiran

1. Kesinambungan Antar Program

           Penyelenggaraan pendidikan berjalan dengan efektif dan efisien serta terarah diperlukan perencanaan yang baik. Program dan perencanaan  disusun bertahab dan hirarkhis. Bertahab dimaksudkan bahwa program disusun berdasarkan waktu pencapaian, dicapai dalam waktu satu tahun ( Rencana Kerja Tahunan ), Program yang diselesaikan selama kurun waktu  4 (empat ) tahun disebut Rencana  Kerja Jangka menengah ( RKJM), sedangkan jika selesai mebutuhkan waktu  8 ( delapan ) tahun atau lebih disebut Program jangka Panjang. Rencana Kerja Tahunan, Rencana Kerja Jangka Menengah (RKJM) saling kerkaitan dan berkelanjutan. Keberhasilan Rencana Kerja Tahunan akan berpengaruh terhadap Rencana Kerja Jangka Menengah (RKJM), dan keberhasilan Rencana Kerja Jangka Menengah (RKJM) akan memberikan dampak keberhasilan rencana Program jangka Panjang.

 

2. Kegiatan dalan Rencana Kerja Jangka Menengah (RKJM)

           Rencana Kerja Jangka Menengah (RKJM) merupakan rencana yang disusun untuk kerja selama 4 (empat ) tahun. RKJM ini meliputi pelaksanaan 8 standar yaitu standat isi, SKL, proses, sarana prasarana, pendidik dan tenaga kependidikan, pengelolaan, penilaian , pembiayaan.

Penyusunan Rencana Kerja Jangka Menengah (RKJM) sesuai amanat dari Peraturan Menteri Nomor 19 Tahun 2007 tentang standar Pengelolaan Pendidikan oleh Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah merupakan gambaran tujuan yang akan dicapai oleh satuan pendidikan dalam kurun waktu empat tahun yang berkaitan dengan mutu lulusan yang ingin dicapai dan perbaikan komponen yang mendukung peningkatan mutu lulusan. RKJM sebagai salah satu proses dan prosedur pengelolaan sekolah untuk menentukan tindakan masa depan yang tepat, melalui urutan pilihan, dengan memperhitungkan ketersediaan sumber daya. Selain dari pada itu RKJM merupakan dokumen tentang gambaran kegiatan sekolah di masa depan untuk mencapai tujuan dan sasaran sekolah yang telah ditetapkan.

Materi dasar penyusunan RKJM adalah hasil Evaluasi Diri Sekolah (EDS) berkaitan dengan 8 (delapan) standar pendidikan yang telah ditetapkan acuannya dalam Peraturan Pemerintah RI No 19 Th 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan (SNP) Pasal 2 ayat (1) yaitu meliputi: standar isi, standar proses,  standar kompetensi lulusan, standar pendidik dan tenaga kependidikan,  standar sarana prasarana, standar pengelolaan, standar pembiayaan serta standar penilaian. Dari delapan standar tersebut jika belum memenuhi angka minimal maka sekolah harus memprioritaskan rencana kerja pada aspek-aspek yang belum memenuhi SNP.

 

 

BAB II

KONDISI UMUM

 

A.  Kondisi Masa Lalu

Kualitas sumber daya manusia  dan sumber daya lingkungan yang ada belum dapat memenuhi  amanat dari standar nasional  pendidikan.   Dalam menentukan Rencana Kerja Jangka Menengah (RKJM) diperlukan analisis . Analisis lingkungan strategis yang ada dari mulai dari kondisi sosial, kondisi ekonomi, kondisi politik, kondisi keamanan, kondisi budaya, pengembangan IPTEK. Semua kondisi yang ada di lingkungan ini memberikan pengaruh terhadap kkeberhasilan program pendidikan di sekolah. Pada awal didirikan SD SMP SMA ……… masih jauh dari standar yang diatur dalam Standar Nasional Pendidikan (SNP) maupun Standar Pelayanan Minimal (SPM).

 

B. Kondisi Sekarang

Cita-cita Kemendiknas dalam pembangunan pendidikan nasional lebih menekankan pada pendidikan transformatif, yaitu menjadikan pendidikan sebagai motor penggerak perubahan dari masyarakat berkembang menuju masyarakat maju. Untuk mewujudkan hal tersebut kemudian pemerintah kemudian menetapkan Standar Nasional Pendidikan (SNP) sebagai acuan pelaksanaan pendidikan di seluruh Indonesia dan dalam rangka menjamin mutu pendidikan nasional.

       Analisis kondisi saat ini menggambarkan tingkat ketercapaian pelaksanaan program dengan segala kelebihan dan kekurangan yang ada. Keberhasilan saat ini akan menjadi pedoman dan petunjuk waktu yang akan datang , sedangkan kekurangan merupakan kesenjangan antara harapan dan kenyatan yang ada  sehingga perlu direfleksi aktor ketidak berhasilan dan menjadikan progran bagi waktu/tahun berikutnya. Berikut secara lengkap digambarkan analisis kondisi saat ini yang meliputi 8standar nasional pendidikan .

Berdasarkan hasil evaluasi diri sekolah (EDS) di SD SMP SMA SMK ,,,,,,, Jika dibandingkan dengan SNP maka kondisi saat ini dapat dideskripsikan sebagai berikut:

 

No

Standar Nasional Pendidikan

Hasil Evaluasi Diri

1

Standar Isi

·        Dokumen Kurikulum sudah tersusun

·        Perlu adanya revisi agar penyususan KTSP/KOSP lebih disesuaikan dengan RPP

·        Perlu adanya revisi dokumen RPP/Modul Ajar agar disusun sesuai dengan RPP

2

Standar Proses

·        Pembelajaran sesuai jadwal yang ditetapkan

·        Perlu ada peningkatan mutu pembelajaran, baik dari segi guru maupun fasilitas pendukung

·        Perlu ada peningkatan literasi dalam pembelajaran

3

Standar Komptenetsi Lulusan

·        Perlu peningkatan Nilai ANBK.

·        Perlu peningkatan Kompetensi siswa terkait kompetensi Abad 21

4

Standar Pendidikan dan Tenaga Kependidikan

·        Jumlah guru sudah memadai

·        Belum memiliki guru BK

·        Jumlah guru yang sudah bersertifikat pendidikan masih kurang

·        Perlu peningkatan kompetensi guru baik melalui pelatihan dan lainnya

·        Belum memiliki tenaga pepustakaan yang peofesional

 

5

Standar Pengelolaan

·        Pengelolan sekolah sudah baik

·        Penilaian Kierja Sudah dilaksanakan

·        Supervisi pembelajaran sudah berjalan secara terprogram

·        Perlu dibuatkan SOP untuk pengelolaan guru dan tendik, serta untuk kepenting lainnya agar kegiatan lebih efektif

·        Perlu adanya sistem informasi manajemen yang mudah diakses oleh warga sekolah

6

Standar Sarana dan Prasanan

·        Lahan Sekolah memadai

·        Ruang belajar memadai

·        Media pembelajaran perlu ditambah

·        Sarana pendudung pemebalajaran perlu ditambah

7

Standar Pembiayaan

·        Pembiayaan hanya bersumber darai dana BOS  PUSAT

8

Standar Penilaian

·        Sudah terlaksana penilaian Formatif dan Sumatif secara terprogram

·        Perlu adanya inovasi dalam pelaksanaan penilaian menggunakan moda CBT minimal menggunakan google form.

 

Rincian hasil Evaluasi Diri lihat dokumen Contoh RKJM SD SMP SMA SMK Tahun 2023-2024 secara lengkap.

 

 

BAB III

PROGRAM KERJA JANGKA MENENGAH

 

A.        Visi Sekolah

        “CERDAS, BERPRESTASI DAN BERWAWASAN GLOBAL”.

 

B.     Misi Sekolah

1.    Menciptakan Kegiatan Belajar Mengajar yang aktif, kreatif dan inovatif untuk mencapai daya serap dan ketuntasan belajar yang tinggi

2.    Mengoptimalkan bimbingan untuk mengembangkan bakat dan kemampuan siswa

3.    Menumbuhkembangkan penghayatan serta pengamalan ajaran agama untuk meningkatkan keimanan dan ketaqwaan serta memiliki budi pekerti luhur.

4.    Mengoptimalkan pelaksanaan pendidikan lokal dan global

5.    Menumbuhkembangkan minat dan budaya membaca

6.    Tetap mengupayakan, mempertahankan keunggulan lokal dan global (Komputer/TI dan Bahasa Inggris)

7.    Membekali ketrampilan hidup di dalam masyarakat sesuai dengan kemampuan dan potensi yang ada.

8.    Mewujudkan sekolah yang bersih dan sehat

9.    Mempersiapkan diri menjadi  sekolah berwawasan lingkungan

10. Mengoptimalkan kegiatan ektrakurikuler

11. Meningkatkan pembinaan tim olahraga (sepak bola, bulutangkis dan tenis meja),

12. Meningkatkan pembinaan lomba mata pelajaran / olimpiade MIPA

 

B.        TUJUAN SEKOLAH

Tujuan Sekolah SD SMP SMA SMK ,,,,,,, dalam tahun 2023/2023

1.    Meningkatanya nilia rata-rata ANBK minimal 0,50 dalam setiap tahun.

2.    Katagori Nilai ANBK berwarna hijau

3.    Mampu menyiapkan siswa untuk melanjutkan ke sekolah yang lebih tinggi.

4.    Mampu meraih prestasi  kejuaraan olahraga bulu tangkis, sepak bola dan tenis meja, dan sepak takraw di tingkat Kabupaten dan propinsi

5.  Mampu meraih prestasi kejuaraan dalam kegiatan kompetisi/lomba keagamaan di tingkat kecamatan

6.    Mampu meraih prestasi kejuaraan dalam kegiatan kompetisi/lomba MIPA dan mata pelajaran lain di tingkat kabupaten

7.    Mampu membiasakan pola hidup bersih dan sehat

8.    Mampu menjadi  sekolah Adiwiyata kabupaten

9.    Mampu meraih prestasi juara dokter kecil tingkat nasional

10.Mampu meraih prestasi juara lomba Kesenian di tingkat kabupaten

11.Mampu membiasakan siswa membaca buku di perpustakaan

12.Memiliki kepribadian dan budi pekerti yang luhur, jujur, tanggung jawab, disiplin

13.Memiliki akhlak yang mulia, dapat mengamalkan ajaran agama hasil proses pembelajaran dan kegiatan pembiasaan

14.Memiliki dasar keterampilan dan kesenian sebagai bekal untuk  hidup mandiri

 

C.  Sasaran Sekolah

Berdasarkan tantangan nyata yang dihadapi, dapat dirumuskan sasaran sekolah sebagai berikut:

1.   Setiap tahun rata-rata ANBK meningkat minimal 0,50

2.   Pada tahun 2024 dapat menambah ruang kelas baru, dan ruang computer, perbaikan ruuang perpustakaan

3.   Pada tahun 2025  melengkapi sarana dan fasilitas ruang ibadah, kantin, komputer di sekolah

4.   Tahun pelajaran 2023 sudah dapat mengikuti kegiatan OSN, O2SN, FLS2N dan Kegiatan lainnya yang diadakan secara resmi maupun tidak resmi. Tahun 2024 sekolah sudah dapat memperoleh peringkat pada kegiatan OSN, O2SN, FLS2N di tingkat Kabupaten/Kota. Tahun 2026 sekolah sudah dapat memperoleh peringkat pada kegiatan OSN, O2SN, FLS2N di tingkat Provinsi. Tahun 2027 sekolah sudah dapat memperoleh peringkat pada kegiatan OSN, O2SN, FLS2N di tingkat Nasional

5.   Tahun 2023 membentuk dan melaksanakan tim pelaksana sekolah adiwiyata,  Tahun 2024 dapat penghargaan sekolah adiwiyata tingkat Kabupaten, Tahun 2025 dapat penghargaan sekolah adiwiyata tingkat Provinsi, dan Tahun 2026 dapat penghargaan sekolah adiwiyata tingkat Nasional.

6.    Pada tahun 2027 nilai akreditasi adalah A dengan peningkatan nilai/skor

7.   Pada tahun 2023/2024 sudah terbentuk tim pengembang kurikulum dan tim penjamin mutu sekolah.

8.   Meningkatanya prosentase siswa yang lancar membaca Al Quran dan rutinitas menjalankan shalat lima waktu.

9.   Tahun 2023/2024 diadakan pelatihan pengembangan kompetensi guru, Tahun 2025 diadakan pelatihan atau workshop penulisan best practice dan/atau penelitian tindakan kelas. Tahun 2026 sudah ada guru yang membuat best practice dan/atau penelitian tindakan kelas, Tahun 2027 sudah ada guru yang mengikuti lomba best practice dan/atau penelitian tindakan kelas.

 

D.  Identifikasi Fungsi-Fungsi yang Diperlukan Setiap Sasaran

Untuk mencapai sasaran sekolah maka diperlukan identifikasi fungsi-fungsi dari setiap sasaran sebagaimana tertuang dalam tabel berikut:

Tabel 1

Identifikasi Fungsi-Fungsi Setiap Sasaran

NO

SASARAN

FUNGSI-FUNGSI

1.

Nilai rata-rata nilai ANBK siswa pada tahun 2023 meningkat

Pendidik, Peserta didik, Kurikulum, Sarana Prasarana, Pembiayaan

2.

Menambah ruang kelas baru, dan fasilitas ruang lain dan laboratorium

Penyelenggara Sekolah, Pemerintah

3.

Melengkapi fasilitas  sarana ibadah

Sarana prasarana

4.

Memfasilitasi siswa mengikuti OSN, O2SN, FLS2N

Peserta didik, pendidik,

5.

Nilai akreditasi adalah A  atau meningkat dari perolehan tahun sebelumnya

Pendidik, Tenaga kependidikan

6.

Terbentuk tim pengembang kurikulum dan tim pelaksana

Kurikulum, pendidik, penyelenggara pendidikan

7.

Peningkatan prosentase siswa lancar baca Al Quran, dan rutinitas shalat lima waktu

Peserta didik, Kurikulum, Pendidik,

8.

Terlaksananya Pengembangan Diri guru secara berkelanjutan

Kurikulum, Pendidik

 

E.    Analisis SWOT

Setiap fungsi yang terdapat dalam setiap sasaran kemudian dianalisis lebih lanjut tingkat kesiapannya dengan mengacu  pada kriteria ideal yaitu Standar Nasional Pendidikan, naskah akademik atau konsep dan pedoman lainnya yang relevan. selain itu dapat juga dilakukan justifikasi sendiri pada kriteria ideal yang bersifat umum. Bila hasil analisis ternyata tingkat kesiapan ”siap” pada faktor internal (kondisi telah memenuhi kriteria ideal) berarti merupakan kekuatan, dan jika ”tidak siap” merupakan kelemahan. Bila hasil analisis ternyata tingkat kesiapan ”siap” pada faktor eksternal (kondisi telah memenuhi kriteria ideal) berarti merupakan peluang, dan jika ”tidak siap” merupakan tantangan.

 

Selengkapnya terkait contoh analisis SWOT silahkan Anda download Contoh RKJM SD SMP SMA SMK Tahun 2023-2024 format Pdf Doc atau Word melalui link yang tersedia di bawah ini

 

 

Link download Contoh RKJM SD SMP SMA SMK Tahun 2023-2024 format PDF/Doc/Word

 

Demikian informasi tentang Link download Contoh RKJM SD SMP SMA SMK Tahun 2023-2024 format PDF/Doc/Word. Semoga ada manfaatnya.



= Baca Juga =


Post a Comment

Previous Post Next Post