Contoh Program Kerja Wakasek (Wakil Kepala Sekolah) Sarana Prasarana SMP SMA SMK tahun pelajaran 2023-2024


Link download Contoh Program Kerja Wakasek (Wakil Kepala Sekolah) Sarana Prasarana SMP SMA SMK tahun pelajaran 2023/2024. Proker ini dikhsusukan bagi guru yang mendapat tugas tambahan sebagai wakil kepala sekolah bidang sarana dan prasarana untuk menunjang keberhasilan pelaksanaan tugas yang diberikan. Umumnya tujuan dibuatnya Program Kerja Wakasek Sarana Prasarana di SMP SMA SMK adalah 1) Untuk mengetahui rencana dan program kerja yang akan di laksanakan sehingga dapat mencapai tujuan yang optimal; 2) Agar dapat melaksakan tugas secara rinci, efektif dan efisien sesuai dengan bidang tugas wakasek urusan sarana dan prasarana.

 

Berikut ini Contoh Program Kerja Wakil Kepala Sekolah (Wakasek) Sarana Prasarana SMP SMA SMK tahun pelajaran 2023/2024 versi DOC/WORD dan PDF yang link downloadnya kami sediakan di akhir tulisan ini.

 

KATA PENGANTAR

Puji syukur kehadirat Allah SWT kita panjatkan, bahwasanya sampai saat ini kita senantiasa dalam keadaan sehat walafiat. Tidak lain karena Rahmat, taufik serta hidayah Allah SWT, Mudah-mudahan kita senantiasa dalam lindunganya, Amiin.

Selanjutnya kita ucapkan syukur Alhamdulillah bahwa tahun pelajaran 2023/2024 telah berakhir dengan selamat dan sukses, tidak lain karena partitsipasi, kerjasama, bantuan dan do’a restu dari semua pihak terutama pihak yang menangani urusan sarana dan prasarana. Begitu pula sampai saat ini dengan bekal, petunjuk saran dan pengarahan bapak kepala SMP SMA SMK ..., Saya dapat menyelesaikan program sarana dan prasarana sekalipun sangat sederhana dan masih banyak kekuranganya.

Sesuai dengan keterbatasan kemampuan Saya, tentu saja banyak kekurangan dan kelemahanya. Oleh karena itu teguran kritik dan saran yang bersifat membangun dari berbagai pihak sangat kami harapkan.

Atas segala bantuan, do’a dan restu para teman sejawat, disampaikan terima kasih.

 

DAFTAR ISI

 

HALAMAN PENGESAHAN

KATA PENGANTAR

DAFTAR ISI

BAB I PENDAHULUAN

A. Dasar       

B. Maksud Dan Tujuan  

1. Maksud        

2. Tujuan

C. Ruang Lingkup Dan Sasaran      

1. Ruang lingkup       

2. Sasaran       

BAB II PROGRAM KERJA  

A. Program Umum        

B. Program Khusus      

C. Program Jangka Pendek  

1. Kebersihan dan Keindahan meliputi :     

2. Penyediaan dan penambahan sarana dan prasarana     

D. PROGRAM JANGKA PANJANG       

E. LAIN-LAIN       

1. Jadwal Pelaksanaan Kegiatan

2. Photo Pelaksanaan Kegiatan

BAB III PENUTUP

 

BAB I

PENDAHULUAN

 

A. DASAR

1.   Surat keputusan kepala SMP SMA SMK ...  Nomor: 390/2021 tanggal 25 Juli 2021 tentang pembagian tugas guru dalam kegiatan proses belajar mengajar, guru pembimbing dan konseling, wali kelas dan guru pembina tahun Pelajaran 2023/2024.

2.   Surat keputusan Kepala SMP SMA SMK ... Nomor:390/2023 tanggal 27 Juli 2023 tentang penetapan wakil kepala sekolah, Guru pembina dan Koordinator BP/BK.

3.   Bahwa dalam memperlancarkan pelaksanaan tugas kepala SMP SMA SMK ... , maka wakil kepala SMP SMA SMK ... dipandang perlu menyusun kerja tahunan sebagai pedoman kerja untuk membantu sebagian tugas-tugas kepala SMK Bina Insanu.

4.   Program kerja tahunan SMP SMA SMK ... tahun pelajaran 2023/2024.

5.   Program kerja kepala SMP SMA SMK ... tahun pelajaran 2023/2024.

6.   Undang- Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang sistem Pendidikan Nasional

7.   Kalender pendidikan tahun pelajaran 2023/2024 dari Dinas Pendidikan

8.   Hasil rapat penerimaan siswa baru dan kalender pendidikan tahun pelajaran 2023/2024

9.   Sesuai Hasil keputusan rapat pada tanggal 25 Juli 2023 tentang pembagian tugas mengajar, tugas tambahan dan piket di SMP SMA SMK ...  tahun pelajaran 2023/2024.

 

B. Maksud Dan Tujuan

a. Maksud

Sebagai pedoman kerja wakil kepala SMP SMA SMK ...  urusan sarana dan prasarana dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya selama tahun pelajaran 2023/2024.

 

b. Tujuan

1.   Untuk mengetahui rencana dan program kerja yang akan di laksanakan sehingga dapat mencapai tujuan yang optimal.

2.   Agar dapat melaksakan tugas secara rinci, efektif dan efisien sesuai dengan bidang tugas wakasek urusan sarana dan prasarana.

 

C. Ruang Lingkup Dan Sasaran

1. Ruang lingkup

Adapun ruang lingkup rencana dan program kerja tahunan, selama tahun pelajaran 2023/2024 Wakil kepala sekolah urusan sarana dan prasarana adalah :

a)       Program umum.

b)       Program khusus.

c)        Program jangka pendek.

d)       Program jangka panjang.

 

2. Sasaran

Sasaran dari program tahunan wakil kepala SMP SMA SMK ...  urusan sarana dan prasarana adalah untuk membantu sebagian tugas-tugas kepala SMP SMA SMK ... dalam kelancaran kegiatan proses belajar mengajar di SMP SMA SMK ... . Tugas utama wakil kepala SMP SMA SMK ...  urusan sarana dan prasarana adalah melakukan analisis tingkat kerusakan dan kebutuhan sarana prasarana untuk diadakan perbaikan atau pengadaaan sarana prasarana yang baru.

 

BAB II

PROGRAM KERJA

 

Tugas utama wakil kepala SMP SMA SMK ...  urusan sarana dan prasarana adalah melakukan analisis tingkat kerusakan dan kebutuhan sarana parsarana untuk dilakukan perbaikan atau pengadaaan sarana parasana yang baru.

 

Di dalam penyusunan program kerja Wakil kepala SMP SMA SMK ...  urusan sarana dan prasarana dapat kami kemukakan sebagai berikut:

 

A. Program Umum

1.   Membantu tugas kepala SMP SMA SMK ... di dalam penyelenggaraan kegiatan SMK sehari-harinya terutama menyangkut urusan penyediaan dan pemeliharaan sarana dan prasarana.

2.   Menyediakan,  mengatur,  memelihara  sarana  dan  prasarana SD SMP SMA SMK  ……… dengan pelaksanaan kegiatan sekolah dan proses belajar mengajar dapat berjalan dengan tertib dan lancar. Tentu saja hal ini tidak lepas dari pengawasan.

3.   Mengupayakan kepada seluruh aparat penyelenggara sekolah (guru, staf, maupun siswa) akan pentingnya kesadaran diri untuk ikut memelihara keindahan dan kebersihan lingkungan sekolah sebagai unsur ketahanan.

4.   Memikirkan, mengusahakan sarana dan prasarana yang belum ada, rusak, diadakan serta mengganti memperbaiki sarana dan prasarana yang telah rusak.

5.   Menyusun rencana kebutuhan sarana dan prasarana sekolah.

6.   Mengkoordinasikan pendayagunaan sarana dan prasarana sekolah.

7.   Mengelola dalam pembiyaan alat-alat pengajaran.

8.   Menyusun laporan pelaksanaan urusan sarana dan prasarana sekolah

 

B. Program Khusus

Program khusus ini dilaksanakan secara rutin yang meliputi :

1.        Pemeliharaan kebersihan dan keindahan sekolah serta lingkungan secara teratur dengan meningkatkan tugas kerja.

2.        Menyediakan sarana dan prasarana yang dibutuhkan dalam menyelenggarakan sekolah seperti alat tulis menulis serta kertas dan lain-lain.

3.        Mencatat dan mangawasi penggunaan sarana dan prasarana sekolah secara teratur agar setiap saat dapat diketahui.

4.        Pembinaan kebersihan maupun bagian pemeliharaan sarana dan prasarana sekolah agar sadar dan mampu meningkatkan partisipasi di dalam menunjang penyelenggaraan sekolah sesuai dengan tugas.

5.        Mengkoordinir kebersihan ruangan kelas, ruang waka/tu, ruang guru dan ruiang kepala sekolah setiap hari.

6.        Mengkoordinir kebersihan halaman sekolah, kebersihan taman, kebersihan kamar kecil serta kebutuhan air kamar kecil setiap hari.

 

C. Program Jangka Pendek

1.   Kebersihan dan Keindahan meliputi :

1)   Kebersihan dan keindahan di dalam dan di luar ruang dan seluruh ruang yang ada disekolah dengan cara:

a)   Mengkoordinir dan melakukan pengawasan terlaksananya budaya kerja 5R (Ringkas, Rapi, Resik, Rawat, Rajin )

b)   Bekerja sama dengan wali kelas agar setiap ruangan dibersihkan pagi hari oleh siswa yang menempat ruangan tersebut sebelum jam 07.30 dan sampai jam 15.00.

c)   Mengawasi petugas kebersihan agar ruang guru, ruang kepala sekolah dan ruang TU dibersihkan oleh petugas kebersihan sebelum jam 07.30 setiap harinya.

d)   Bekerja sama dengan wali kelas agar lorong-lorong kelas atau ruangan dan halaman sekitar dibersihkan oleh siswa setiap harinya.

e)   Bekerja sama dengan wali kelas agar  halaman  depan  dan  belakang  ruang  kelas dibersihkan  oleh masing-masing siswa yang menempati ruangan tersebut setiap hari.

2)   Kebersihan kamar kecil

a)   Memantau agar   selalu   terpelihara   kebersihannya   dengan penyediaan air yang cukup sehingga tidak menimbulkan bau yang dapat mengganggu pada ruang sekitarnya.

b)   Memantau agar ruang kamar kecil ini dibersihkan minimal 1 kali dalam satu minggu oleh petugas keberrsihan.

3)   Kebersihan dan keindahan taman Secara rutin kebersihan dan keindahan taman dilakukan dengan cara:

a)   Memastikan petugas kebersihan sekolah menjaga kebersihannya taman dihalaman depan dan belakang sekolah

b)   Memastikan siswa atau petugas piket kelas menjaga Taman yang berada di depan ruangan kelas masing-masing.

 

2.   Penyediaan dan penambahan sarana dan prasarana

Sarana dan prasarana yang sangat diperlukan untuk kelengkapan sekolah yang diprioritaskan antara lain:

a)   Perlengkapan

1)   Memperbaiki atap yang bocor.

2)   Memperbaiki plafon ruangan dan teras yang rusak

3)   Memperbaiki tegel/ubin ruangan dan teras yang rusak.

4)   Memperbaiki got/saluran air yang tersumbat.

5)   Memasang atau mengganti kran air yang rusak.

6)   Penataan ruangan dan halaman laboraturium.

7)   Penataan dan penggunaan alat dan bahan laboraturium

8)    Memperbaiki/mengganti kaca jendela ruang kelas, dan ruangan yang lainya yang pecah.

9)   Penambahan meja-kursi kuliah siswa

 

b)   Peralatan

1)    Pengadaan alat kebersihan dan keindahan kelas.

2)    Pengadaan alat olahraga dan kesenian untuk meningkatkan prestasi dan kegiatan pengembangan diri siswa.

3)    Pengadaan papan white board untuk ruang kelas dan untuk data pengelolaan laboraturium.

4)    Pengadaan meja dan kursi siswa /meubler siswa.

5)    Pengadaan meja dan kursi guru /meubler guru.

6)    Pengadaan meja dan kursi pegawai /meubler pegawai.

7)    Pengadaan lemari rak untuk guru.

8)    Pengadaan lemari rak untuk barang inventaris.

9)    Pengadaan AC/Kipas untuk ruang KBM.

10) Pengadaan karpet untuk ruang komputer.

11) Pengadaan buku-buku perpustakaan/buku pelajaran untuk siswa dan pegangan guru.

12) Pengadaan spidol dan isi ulang untuk guru.

13) Pembuatan tong pembakaran sampah.

14) Pengadaan kitab suci Al-Qur’an untuk kegiatan IMTAK dan pengembangan diri siswa.

15) Pengadaan sajadah/karpet shalat untuk mushola.

16) Pengadaan meja dan kursi / meubler perpustakaan.

17) Perbaikan lemari rak untuk alat dan bahan praktikum laboraturium Kewirausahaan

18) Pengadaan alat-alat dan bahan praktikum IPA/Kewirausahaan

19) Pengadaan gordin pada ruang perpustakaan / ruang laboraturium

20) Pengadaan kotak pesan kritik dan saran pada ruangan TU, UKS/Piket, Bimbingan Konselling, Perpustakaan.

 

c)   Pemeliharaan

Pemeliharaan sarana dan prasarana sekolah dengan pencatatan yang teratur serta pengecekan setiap akhir bulan.

1)    Perbaikan lemari mueubler perpustakaan.

2)    Perbaikan lemari untuk penyimpanan karpet lapangan kegiatan pembiasaan tadarus qur’an

3)    Perbaikan cat atap ruangan lab yang bocor

4)    Perbaikan pc pada lab computer

5)    Perbaikan dan penambahan saluran sumur resapan dan lubang biopori

6)    Pemeliharaan keramik yang rusak dan terbongkar

7)    Pemeliharaan pintu ruang kelas

8)    Pemeliharaan AC berkala per tri-wulan

9)    Perbaikan kursi dan meja siswa

10) Pemeliharaan kunci pintu kamar mandi siswa

11) Perbaikan meja dan kursi siswa dan guru yang rusak secara rutin dan teratur.

12) Perbaikan meja-kursi kuliah siswa

13) Pemeliharaan display running text

14) Penggantian lampu-lampu yang mati

 

D. Program Jangka Panjang

1)      Memperbaiki jalan masuk sekolah sarana lapangan SMP SMA SMK ...

2)      Memperbaiki kramik yang rusak dengan mengganti kramik yang sesuai.

3)      Pembuatan sumur resapan 2 buah

4)      Pembuatan lubang biopori 20 buah

5)      Memperbaiki lubang tiang bola volly

6)      Pengecatan lapangan olahraga (batminton, basket) yang permanent untuk menunjang kegiatan proses belajar mengajar dan pengembangan diri siswa

7)      Memperbaiki pembangunan musholah untuk menunjang kegiatan IMTAQ dan pengembangan diri siswa.

8)      Memperbaiki sarana pembatas wudhu perempuan dengan tiolet perempuan

9)      Perawatan taman depan pinggir lapagan halaman

10)  Pembuatan taman baru pada halaman belakang ruang kelas

11)  Perbaikan WC/kamar mandi siswa, guru dan staff terutama saluran air bersih

12)  Memperbaiki installasi air bersih, khususnya air PDAM

13)  Memperbaiki installasi air bersih, khususnya air Tanah

14)  Memperbaiki jaringan internet, wifi dan penambahan bandwith intenet

15)  Membudayakan 10K ( Keamanan, Ketertiban, Keindahan, Kebersihan, Kesehatan, Kekeluargaan, Kerindangan, Kelestarian, Kedisiplinan, Keteladanan )

16)  Membudayakan kerja 5R ( Ringkas, Rapi, Resik, Rawat, Rajin )

17)  Membudayakan Sikap 5S (Senyum, Sapa, Salam, Salim, Santun)

 

E. Lain-Lain

Apabila ada yang termasuk dalam susunan rencana diatas dan hal tersebut ternyata memang perlu/diperlukan, serta anggaran masih memungkinkan, maka hal tersebut dapat dilakukan/dilaksanakan sesuai persetujuan kepala Sekolah.

 

Selengkapnya silahkan download Contoh Program Kerja Wakasek Sarana Prasarana SMP SMA SMK. Link download Contoh Program Kerja Wakasek Sarana Prasarana SMP SMA SMK tahun pelajaran 2023/2024 (DISINI)

 

Demikian informasi tentang Link download Contoh Program Kerja Wakasek Sarana Prasarana SMP SMA SMK tahun pelajaran 2023/2024 versi DOC/WORD dan PDF. Semoga ada manfaatnya



= Baca Juga =


Post a Comment

Previous Post Next Post