Contoh Bukti Fisik Akreditasi Sekolah Madrasah Tahun 2023-2024

link Download Contoh Bukti Fisik Akreditasi Sekolah Madrasah Tahun 2023-2024 Sesuai IASP 2020


Pada kesempatan ini saya akan membagikan link Download Contoh Bukti Fisik Akreditasi Sekolah Madrasah Tahun 2023-2024 Sesuai IASP 2020. Sebagaimana diketahui Akreditasi merupakan proses penilaian secara komprehensif terhadap kelayakan satuan atau program pendidikan, yang hasilnya diwujudkan dalam bentuk pengakuan dan peringkat kelayakan dalam bentuk yang diterbitkan oleh suatu lembaga yang mandiri dan profesional. Menurut Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 13 Tahun 2018 tentang Badan Akreditasi Nasional Sekolah/Madrasah dan Badan Akreditasi Nasional Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Nonformal, pasal 1, bahwa Akreditasi adalah suatu kegiatan penilaian kelayakan satuan pendidikan dasar dan pendidikan menengah, dan satuan pendidikan anak usia dini dan Pendidikan nonformal berdasarkan kriteria yang telah ditetapkan untuk memberikan penjaminan mutu pendidikan.

 

Satuan Pendidikan formal yang dimaksud meliputi Sekolah Dasar (SD), Madrasah Ibtidaiyah (MI), Sekolah Menengah Pertama (SMP), Madrasah Tsanawiyah (MTs), Sekolah Menengah Atas (SMA), Madrasah Aliyah (MA), Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), Madrasah Aliyah Kejuruan (MAK), Sekolah Luar Biasa (SLB), Madrasah Luar Biasa (MLB), Satuan Pendidikan Kerja Sama (SPK), dan Satuan Pendidikan formal lain yang sederajat.

 

Sebelum admin membagikan link Download Contoh Bukti Fisik Akreditasi Sekolah Madrasah Tahun 2023-2024 perlu diketahui bahwa Kelayakan satuan pendidikan mengacu pada standar nasional pendidikan, karena standar nasional pendidikan merupakan kriteria minimal tentang sistem pendidikan di seluruh wilayah hukum Negara Kesatuan Republik Indonesia. Menurut Peraturan Pemerintah No. 57 Tahun 2021 tentang Standar Nasional Pendidikan pasal 3 ayat (1) menyebutkan bahwa lingkupnya meliputi: (1) standar kompetensi lulusan;(2) standar isi; (3); standar proses (4) standar penilaian pendidikan; (5) standar tenaga kependidikan; (6) standar sarana dan prasarana; (7) standar pengelolaan; dan (8) standar pembiayaan. Untuk selanjutnya oleh BAN SM, kedelapan Standar tersebut diukur melalui Komponen Mutu Lulusan, Komponen Pembelajaran, Komponen Mutu Guru dan Komponen Manajemen Sekolah.

 

Kegiatan Akreditasi diharapkan menjadi pendorong dan dapat menciptakan suasana kondusif bagi perkembangan pendidikan serta memberikan arahan dalam melakukan penjaminan mutu sekolah/madrasah yang berkelanjutan, guna mencapai mutu yang diharapkan.

 

Peraturan Pemerintah Nomor 17 Tahun 2010 Tentang Pengelolaan dan Penyelenggaraan Pendidikan mewajibkan akreditasi bagi seluruh sekolah/madrasah sebagai bagian dari upaya penjaminan mutu pendidikan. Oleh karena itu, akreditasi merupakan proses evaluasi terhadap berbagai aspek penyelenggaraan pendidikan dalam upaya menjamin terselenggaranya layanan pendidikan bermutu. Selain itu, akreditasi juga berfungsi memberdayakan sekolah/madrasah, sehingga dapat menghasilkan lulusan sesuai dengan standar yang ditetapkan.

 

Lalu apa manfaat akreditasi sekolah? Bagi Pemerintah dan pemerintah daerah hasil akreditasi dapat dijadikan sebagai bahan pertimbangan dalam menyusun kebijakan peningkatan mutu pendidikan yang menjadi tanggung jawabnya. Bagi kepala sekolah/madrasah, hasil akreditasi diharapkan dapat dijadikan bahan informasi untuk pemetaan indikator kelayakan mutu sekolah/madrasah, kinerja warga sekolah/madrasah, termasuk kinerja kepala sekolah/madrasah selama periode kepemimpinannya. Di samping itu, hasil akreditasi juga diperlukan kepala sekolah/madrasah sebagai bahan masukan untuk penyusunan program serta anggaran pendapatan dan belanja sekolah/madrasah.

 

Bagi guru, hasil akreditasi merupakan dorongan untuk selalu meningkatkan diri dan bekerja keras dalam memberikan layanan terbaik bagi peserta didik guna mempertahankan dan meningkatkan mutu sekolah/madrasah. Bagi peserta didik, hasil akreditasi yang unggul akan menumbuhkan rasa percaya diri bahwa mereka memperoleh pendidikan yang bermutu, dan sertifikat akreditasi merupakan bukti bahwa mereka mengikuti pendidikan di sekolah/madrasah yang bermutu.

 

Bagi masyarakat dan khususnya orang tua peserta didik, hasil akreditasi diharapkan menjadi informasi yang akurat tentang layanan pendidikan yang diberikan oleh setiap sekolah/madrasah, sehingga secara sadar dan bertanggung jawab masyarakat dan khususnya orang tua dapat membuat keputusan dan pilihan yang tepat terkait pendidikan anaknya sesuai kebutuhan dan kemampuannya.

 

Selanjutnya untuk referensi Bapak/Ibu yang membutuhkan Berikut ini lik download Contoh Bukti Fisik Akreditasi Sekolah Madrasah Tahun 2023-2024 sesuai IASP 2020

 

A. Link Download Contoh Bukti Fisik Akreditasi Sekolah Komponen Mutu Lulusan sesuai IASP 2020

Link Download Contoh Tata Tertib Sekolah,

Link Download Contoh Buku Piket,

Link Download Catatan Guru tentang Kedisplinan Siswa.

DokumenPerilaku Religius

DokumenTugas siswa, laporan dan foto prestasi siswa, portofolio karya dan kreasi siswa

Dokumen Laporan Pencegahan Perundungan

Dokumen Keterampilan Berkominikasi

Dokumen Kegiatan Berkolaborasi (di sekolah maupun luar sekolah)

Dokumen Keterampilan Berpikir Kritis

Dokumen Keterampilan Kreatif & Inovatif

Dokumen Pengembangan Minat & Bakat Siswa

Dokumen Prestasi Belajar Siswa

Dokumen Laporan Kepuasan Pemangku Kepentingan

  

B. Link Download Contoh Bukti Fisik Akreditasi Sekolah Komponen Proses Pembelajaran sesuai IASP 2020

Dokumen Perangkat Pembelajaran

Dokumen Penilaian Proses Dan Hasil Belajar 

Dokumen Program Remidi Dan Pengayaan 

Dokumen Pelaksanaan Dan Program Literasi Sekolah 

Dokumentasi Suasana Belajar Yang Nyaman, Bersih Dan Aman

Dokumen Sarpras Pembelajaran  

 

C. Link Download Contoh Bukti Fisik Akreditasi Sekolah Komponen Mutu Guru sesuai IASP 2020

Dokumen RPP aktif, kreatif dan inovatif dan pemanfaatan TIK 

Dokumen Guru  Melakukan Refleksi dan Evaluasi Diri

Dokumen pelaksanaan kegiatan pengembangan profesi berkelanjutan 

Dokumen strategi pembelajaran yang kreatif dan inovatif

 

D. Link Download Contoh Bukti Fisik Akreditasi Sekolah Komponen Manajemen Sekolah sesuai IASP 2020

Dokumen Visi, Misi dan Tujuan Sekolah

Dokumen program supervisi akademik

Dokumen penyusunan RKS, RKT, RKJM dll

Dokumen program kerja komunikasi internal dan eksternal

Dokumen kegiatan Pembiasaan kebersihan, dll

Dokumen kegiatan program perencanaan, pelaksanaan dan pengawasan

Dokumen pengembangan dan evaluasi kurikulum

Dokumen manajemen tenaga kependidikan

Dokumen manajemen keuangan secara transparan dan akuntabel 

Dokumen kegiatan minat dan bakat kesiswaan 

Dokumen program bimbingan konseling

 

Demikian informasi tentang download Contoh Bukti Fisik Akreditasi Sekolah Madrasah Tahun 2023-2024 sesuai IASP 2020. Semoga ada manfaatnya.

 

 



= Baca Juga =


No comments

Theme images by ainamulyana. Powered by Blogger.