Latest

SERBA SERBI GURU

Berita Pendidikan AKtual, Informatif, Normatif dan Aspiratif

Logo Hari Guru Nasional (HGN) Tahun 2022

Tema dan Logo Hari Guru Nasional (HGN) Tahun 2022 versi Kemendikbud dan Kemenag


Logo Hari Guru Nasional (HGN) Tahun 2022. Hari Guru Nasional (HGN) diperingati setiap 25 November. Sebagaimana diketahui tanggal 25 November ditetapkan sebagai Hari Guru Nasional berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 78 tahun 1994. Adapun sejarah yang melatarbelakangi ditetapkan tanggal 25 November ditetapkan sebagai Hari Guru Nasional karena pada tanggal tersebut bertepatan dengan terbentuknya Persatuan Guru Republik Indonesia atau PGRI.

 

Persatuan Guru Republik Indonesia atau PGRI terbentuk pada 25 November 1945 oleh Rh. Koesnan, Djajeng Soegianto, Amin Singgih, Soetono, Soemidi Adisasmito, Ali Marsaban, dan Abdullah Noerbambang. Namun sebelum akhirnya menjadi persatuan para guru, perkumpulan ini bernama Persatuan Guru Hindia Belanda (PGHB). PGHB ini didirikan pada 1912 dan beranggotakan kepala sekolah, guru bantu, guru desa, sampai perangkat sekolah lainnya. Keanggotaan mereka makin berkembang dan makin nasionalis.

 

Mereka pun memutuskan untuk mengubah nama PGHB menjadi persatuan Guru Indonesia (PGI). Nama ini tak ayal membuat pemerintah Belanda kaget. Pasalnya ada nama Indonesia di dalamnya. Bagi pemerintah Belanda, hal ini dianggap sebagai sebuah ancaman untuk pemerintahan mereka. Perubahan nama ini dilakukan pada 1932. Perjuangan untuk memerdekakan Indonesia pun makin kuat bersama para guru. Satu per satu jalan makin terbuka.

 

Namun saat zaman pendudukan Jepang, PGI tidak lagi melakukan aktivitas dan organisasi pun dilarang. Setelah Indonesia merdeka pada 17 Agustus 1945, membuat PGI menggelar Kongres Guru Indonesia yang pertama kalinya pada 24-25 November 1946 di Surakarta, Jawa Tengah. Salah satu hasil Kongres adalah untuk menghapuskan perbedaan suku, ras, agama, politik, dan lainnya untuk bergabung menjadi satu Indonesia. Pada 25 November 1945, mereka mensahkan terbentuknya PGRI. Sebagai salah satu bentuk penghormatan pada para guru, pemerintah pun menetapkan hari lahir PGRI sebagai Hari Guru Nasional

 

Pada kesempatan ini admin akan membagikan Tema dan Logo Hari Guru Nasional (HGN) Tahun 2022 versi Kemenag. Pada peringatan Hari Guru Nasional (HGN) tahun 2022 ini, Kementerian Agama mengangkat tema “Berinovasi Mendidik Generasi”.  Dalam rangkaian ini, Kementerian Agama telah merilis logo Peringatan HGN 2022. Logo tersebut merangkum tujuh bentuk dan empat warna. Ketujuh bentuk itu adalah bunga tulip, matahari, pendidik, pena, buku, daun, dan garis zigzag. Sementara empat warna digunakan adalah emas, hijau, biru, dan crimson.

 

Direktur Jenderal Pendidikan Islam Muhammad Ali Ramdhani, menjelaskan bahwa tema peringatan HGN 2022 mengandung beberapa makna. Kata “berinovasi” mengandung pesan keluwesan dalam menyikapi atau menghadapi kondisi, tercakup juga menyelaraskan teks dan konteks tanpa meninggalkan esensi.  Menurutnya, pandemi Covid 19 yang melanda seluruh dunia menyebabkan hampir seluruh sektor terkena dampak, tidak terkecuali dunia pendidikan. Sementara proses pendidikan harus tetap berjalan untuk memastikan bahwa para generasi unggul bangsa Indonesia harus tetap terpenuhi haknya dengan mendapatkan pendidikan terbaik.

 

Kalimat “mendidik generasi” memberi pesan tentang tanggung jawab bersama yang berkesinambungan untuk mempersiapkan SDM unggul di masa mendatang. Tidak hanya memahami dan menguasai pengetahuan, melainkan harus diimbangi dengan implementasi nyata yang berjalan beriringan dengan etika.

 

Adapun filosofi bentuk dan warna Tema dan Logo Hari Guru Nasioal (HGN) Kementerian Agama Tahun 2022:

1. Bunga Tulip

Simbol kasih sayang yang tak terhingga, merepresentasikan kasih sayang guru yang mendalam kepada muridnya.

 

2. Matahari

Melambangkan cahaya atau ilmu, bahwa seorang guru madrasah harus memiliki ilmu yang luas dan dalam. al-Ilmu Nuurun (Ilmu adalah cahaya).

 

3. Pendidik

Pendidik yang terdiri dari Guru dan Tenaga Kependidikan yang secara ikhlas mendidik (pahlawan tanpa tanda jasa) untuk melahirkan generasi-generasi yang unggul, cerdas, dan berprestasi.

 

4. Pena

Melambangkan kreativitas guru madrasah yang mampu memecahkan masalah-masalah pembelajaran dan pendidikan.

 

5. Buku

Jendela ilmu yang merupakan media dan sumber informasi untuk menemukan ide-ide seger sehingga menghasilkan inovasi-inovasi baru sesuai dengan kebutuhan zaman.

 

6. Daun

Melambangkan kontribusi guru guru madrasah yang memiliki dedikasi dan pengabdian yang tulus dalam mengajar dan mendidik siswa.

 

7. Garis Zigzag

Transformasi guru madrasah yaitu kemauan beradaptasi di segala kondisi untuk menjadi guru yang hebat (great teachers).

 

8. Warna Logo

Ragam warna pada logo merepresentasikan sifat-sifat yang dimiliki guru.

Emas : Ceria dan optimis

Hijau : Religius dan harmonis

Biru : Cerdas dan bijaksana

Crimson : Hangat (simpati dan empati).

 

Direktur Guru dan Tenaga Kependidikan Madrasah Muhammad Zain, menambahkan peringatan HGN Kemenag tahun 2022 dirangkai dengan sejumlah kegiatan. Pertama, upacara bendera pada 25 November 2022 yang digelar serentak di pusat dan daerah. Kedua, Madrasah Expo untuk memberi ruang aktualisasi atas inovasi dan kreativitas Madrasah Plus Keterampilan dan Kejuruan. Ketiga, launching buku Guru Madrasah Mendulang Prestasi, Buku Integrasi Moderasi Beragama dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Isla. (PAI). Keempat, Launching Superapp/ Aplikasi PUSAKA agar guru dapat lebih mudah dalam memanfaatkan Big Data. Kelima, International Conference tentang Guru dan Tenaga Kependidikan. Keenam, Guru Madrasah Menulis. Dan ketujuh, Lomba Foto dan Short video pembelajaran.

 

Link download Tema dan Logo Hari Guru Nasional (HGN) Tahun 2022 versi Kemenag (DISINI)

 

Demikian informasi tentang Tema dan Logo Hari Guru Nasional (HGN) Tahun 2022 versi Kemenag (Kementerian Agama). Semoga ada manfaatnya, terima kasih.

 



= Baca Juga =



1 komentar: