Latest

SERBA SERBI GURU

Berita Pendidikan AKtual, Informatif, Normatif dan Aspiratif

Juknis atau Panduan Penggunaan SIM Masook Simpatika

Petunjuk Teknis Juknis atau Panduan Penggunaan SIM Masook Simpatika

Juknis atau Panduan Penggunaan SIM Masook Simpatika



Dalam rangka peningkatan tatakelola dokumentasi kehadiran Guru, Kepala dan Pengawas Sekolah pada Madrasah untuk penyaluran tunjangan profesi guru berbasis SIMPATIKA, saat ini telah dirilis aplikasi tambahan berupa pengelolaan absensi/kehadiran mandiri yang disebut MASOOK, sebagai alternatif dalam membantu beban kerja administrator SIMPATIKA pada satuan pendidikan dan Kantor Kementerian Agama Kabupaten/Kota.

 

Pengisian kehadiran melalui MASOOK dilakukan secara mandiri oleh Guru, Kepala dan Pengawas Sekolah pada Madrasah melalui perangkat seluler masing-masing setelah melakukan aktivasi pada akun SIMPATIKA; Pengisian kehadiran berbasis MASOOK akan langsung tersinkronisasi dengan daftar hadir pada SIMPATIKA. Proses pengisian kehadiran dilakukan setiap hari oleh Guru, Kepala dan Pengawas Sekolah pada Madrasah untuk konfirmasi kehadiran pada hari tersebut.


Dalam hal Guru, Kepala dan Pengawas Sekolah pada Madrasah lupa melakukan pengisian kehadiran pada MASOOK, dapat berkoordinasi dengan administrator pada satuan pendidikannya untuk perbaikan selambatlambatnya tanggal 3 setiap bulan sebagaimana regulasi yang berlaku.

 

Pengisian kehadiran SIMPATIKA saat ini difokuskan pada konfirmasi hadir/tidak hadir tanpa isian jam masuk dan jam pulang hingga Tunjangan Kinerja diimplementasikan. Untuk mengetahui penjelasan teknis terkait MASOOK silahkan mendownload dan membaca Juknis atau Panduan Penggunaan SIM Masook Operator Simpatika melalui link yang tersedia di akhir artikel ini,

 

Perlu diktehui bahwa untuk periode bulan November dan seterusnya, pola pengisian kehadiran guru pada SIMPATIKA dapat dilakukan dengan salah satu dari 2 (dua) metode, yaitu : a) Pengisian kehadiran berbasis MASOOK oleh individu; b) Pengisian kehadiran oleh Administrator SIMPATIKA secara kolektif. Guru, Kepala dan Pengawas Sekolah pada Madrasah diminta untuk memberikan perhatian lebih terhadap data dan akun masing-masing.

 

Sebagaimana diketahui MASOOK Aplikasi Presensi Online Terintegrasi Dengan SIMPATIKA. Aplikasi presensi online adalah platform yang bisa digunakan oleh pegawai (dalam hal ini di SIMPATIKA adalah Guru dan Tenaga Kependidikan) untuk mencatatkan kehadirannya. MASOOK adalah salah sistem layanan absensi biometrik online yang menggunakan face detection and lifeness detection sebagai autentifikasi. Masook memudahkan untuk kelola kehadiran di institusi.

 

Untuk menggunakan layanan MASOOK silahkan mendownload dan membaca Juknis atau Panduan Penggunaan SIM Masook Operator Simpatika. Adapun isi petunjuk teknis atau Juknis atau Panduan Penggunaan SIM Masook Simpatika antara lain tentang Tata Cara Membuat kode aktivasi dari Simpatika, tata sara Aktivasi layanan Masook, tata cara guru melakukan unduh aplikasi Masook di Google Playstore untuk memulai presensi.

 

Link download Juknis atau Panduan Penggunaan SIM Masook Operator Simpatika (DIISNI)

 

Demikian informasi tentang Petunjuk Teknis (Juknis) atau Panduan Penggunaan SIM Masook Operator Simpatika. Semoga ada manfaatnya.



= Baca Juga =



Tidak ada komentar:

Posting Komentar